Javasiana.com Beyond Blogging!!!

Modem Adalah: Pengertian, Macam Jenis dan Fungsinya

3 min read

Modem Adalah

Modem adalah perangkat keras untuk mengubah sinyal informasi agar diterima dengan baik. Yuk simak apa itu modem selengkapnya 

Modem atau singkatan dari modulator demodulator. Perangkat keras modem adalah sebuah alat komunikasi dua arah, maksudnya yaitu sebuah perangkat keras gabungan dari modulator dan demodulator

Modulator ini merupakan sebuah pengubah sinyal informasi kepada sinyal pembawa, sedangkan demodulator merupakan sebuah sinyal informasi yang dipisahkan dari sinyal pembawa, tujuannya agar informasi itu dapat diterima dengan bagus. 

Modem ini sangat memberikan manfaat bagi sistem internet, terlebih lagi pengaksesan sangat mudah bahkan memberikan hal positif. 

Tidak bisa dipungkiri lagi di zaman sekarang akses internet sangat dibutuhkan untuk berbagai pengguna sebuah alat komunikasi, dan tentunya jika Anda mengakses modem ini, Anda akan mendapatkan akses internet cukup baik.

Baca juga: Router adalah, Pengertian, Fungsi, Cara Kerja dan Jenisnya

Modem memberikan fasilitas provider unggul, dalam kecepatan pengaksesan internet ini pun terlihat lebih membawa kenyamanan bagi si pengguna . Banyak tipe modem yang mungkin Anda juga mengaksesnya.

Fungsi Modem

Setelah mengetahi apa itu Perangkat Modem saya rasa informasi selanjutnya mengenai fungsi dari Perangkat tersebut tidak kalah penting, Ingormasi lebih lengkap tentang Fungsi Modem bisa anda dapatkan dibawah ini.

  • Fungsi Modem untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog.
  • Untuk Menghubungkan Perangkat dengan jaringan.
  • Penggunaan Modem untuk proses modulasi juga demodulasi.
  • Penggunaam Modem untuk pengecekkan data dan komunikasi.
  • Untuk kompresi data yang dikirimkan dengan sinyal.

Jenis-jenis modem

Berikut jenis-jenis modem adalah :

1. Eksternal modem

Sebuah jaringan yang berada diluar pc Anda terdapat berbagai fungsi eksternal modem ini yaitu untuk mengakses jaringan internet dengan mengubah sinyal digital ke analog dan Anda dapat langsung mengakses jaringan internetnya. Fungsinya hampir sama dengan definisi modem itu sendiri. Banyak kelebihan dari pengaksesan external modem adalah :

  1. modem eksternal ini sangat mudah untuk dipindahkan ke pada PC lain hanya dengan slot USB.
  2. mempunyai lampu status yang berguna untuk melihat koneksi internet itu sendiri apakah jaringan internet yang sudah connect atau tidak.
  3. Lebih efisiensi tempat dan lebih mudah untuk digunakan.

Dari kelebihan itu sendiri terdapat kekurangannya antara lain : 

  1. Harga dari modem eksternal ini lebih mahal di bandingkan modem internal.

2. Internal modem 

Internal modem adalah sebuah perangkat jaringan yang digunakan sebagai perantara komunikasi. Internal modem ini terletak di antara komponen dalam mesin yang terhubung langsung ke motherboard. Nah, untuk fungsi internal modem sendiri yaitu sama perihalnya dengan eksternal modem, yaitu mengubah sinyal digital ke analog. Adapun kelebihan dari penggunaan internal modem ini di antaranya :

  1. Harganya lebih ekonomis, sehingga tidak perlu mengeluarkan banyak uang jika kita membeli modem internal ini.
  2. Memiliki sistem yang lebih simple, sehingga tidak menyebabkan kabel berantakan.
  3. Untuk  modem internal tentunya tidak memerlukan sebuah adaptor, karena sistemnya pun sudah terpasang ke CPU.

Untuk kekurangannya antara lain :

  1. Tidak memiliki lampu status atau lampu indikator, sehingga tidak memudahkan untuk melihat status modem.
  2. Penambahan suhu pada CPU, menyebabkan kontak CPU menjadi panas.

3. GSM modem

GSM modem adalah suatu sistem jaringan yang memang serupa dengan modem eksternal modem. Nah, untuk cara pemakaian GSM modem yaitu Anda di haruskan memasang kartu GSM yang sudah ada kuota.jenis modem ini termasuk berdasarkan jenis koneksi atau teknologi. Modem GSM juga memiliki beberapa keunggulan di antaranya yaitu : terdapat fitur 3G, 4G dan HSPA, yang menjadikan akses internet Anda akan berjalan dengan lancar dan cepat.

4. Modem CDMA

Modem ini juga sama, masuk berdasarkan jenis koneksi atau teknologi, tetapi modem CDMA ini hanya di lengkapi dengan fitur 2G dan 3G saja. Tetapi meskipun begitu modem ini masih memiliki keunggulan tersendiri, yaitu dengan adanya sistem proteksi, yang membuat jenis modem Anda sudah untuk di sadap.namun karena fitur jaringan CDMA tak memumpuni untuk Indonesia, maka jarang sekali orang yang memakai jenis modem ini.

Baca juga: Pengertian, Fungsi dan Bagaimana Cara Kerja VPN

5. Modem DSL (Digital Subscriber Line)

Modem jenis ini sering dipakai dibanyak PC pengguna. Jaringan yang di hantarkan dari modem ini sangat cepat. Terlebih bagus untuk dipakai nelpon ataupun yang lainnya. ada dua tipe modem DSL ini, yang pertama yaitu ADSL dan yang kedua yaitu SSL

6. Modem analog

Selanjutnya jenis modem adalah modem analog. Modem analog ini dapat disebut juga sebagai modem dial up, yang bisa kita tafsirkan sebagai jenis modem yang menerima data dalam bentuk analog. Jika Anda menginginkan fungsi modem ini berjalan secara optimal, Anda harus menggunakannya bersama jaringan telepon.

Daftar Modem 4G Terbaik 

Dalam pengaksesan jaringan internet dari modem pun tentunya menjadi patokan si pengguna untuk mempertimbangkan kualitas dan kuantitas yang terbaik untuk digunakan, apalagi kecepatan dalam pengaksesan, berikut beberapa daftar modem 4G terbaik yang Anda sendiri dijamin puas untuk mengaksesnya.

Modem Adalah
  1. Di urutan yang pertama yaitu kita di hadirkan dengan jenis modem berfitur 4G yaitu Huawei B315, cara kerja modem ini yaitu sangat cocok untuk teknologi cat 4 karena untuk kecepatan downloadnya pun mencapai 150 Mbps.

Baca juga: Pengertian, Jenis, Dan Fungsi Firewall

Untuk ukuran modem ini sendiri cukup besar. Dan jika Anda akan mengkoneksikan internet, Anda bisa terlebih dahulu memasang kartu SIM 4G. Untuk harga nya mungkin relatif mahal , dengan kisaran 1 juta.

Modem Adalah
  1. Di urutan yang kedua yaitu ada Huawei E5673, untuk ukuran modem ini sendiri lebih kecil dibandingkan dengan Huawei B315. 

Untuk pengaksesan kecepatan jaringannya pun sangat bagus, untuk kecepatan internet nya itu sendiri sama dengan yang Huawei B315 yaitu 150 Mbps, bahkan dapat di akses secara bersamaan oleh 16 orang tanpa menghambat kinerja jaringan internetnya. Untuk harganya anda bisa mendapatkan mulai dari harga 550 ribu saja.

  1. Selanjutnya yaitu Smartfren modem S1 , jaringan internet dari modem ini cukup tinggi dan dapat di sebut sebagai modem 4G terbaik. Smartfren modem ini memiliki antena 4G kelas Cat 7, atau bisa kita sebut kecepatan men-download bisa mencapai 220 Mbps, wah cepat sekali bukan cara akses jaringan internetnya. 

Untuk fiturnya pun bisa terbilang cukup lengkap dengan di fasilitasi USB on the go, power bank, dan untuk baterainya pun kapasitas nya mencapai 3.250 mAh

  1. TP-LINK M7350 modem adalah suatu jenis modem yang memiliki beberapa keunggulan menarik, salah satunya  mempunyai mode plug adn play,jadi Anda bisa dengan mudah memasangnya ke PC Anda dan bisa langsung mendapatkan koneksi internetnya. 

Untuk kapasitas baterainya sendiri yaitu mencapai 2.000 mAH. Modem TP-LINK juga dapat mengakses 10 orang sekaligus dengan atau tanpa hambatan internet, dan pengaksesannya pun sangat bagus dan rekomended. Untuk harganya sendiri di patok dengan harga 950 ribu.

Modem adalah sebuah perangkat keras yang ternyata tanpa kita ketahui banyak sekali jenis-jenis modem yang menyediakan kualitas terbaik, bahkan mengakses kecepatan internet sangat baik, sehingga tidak ada salahnya lagi jika anda akan menggunakan modem jenis apapun, karena semuanya memiliki keunggulannya tersendiri. Apalagi di era sekarang ini, sudah banyak juga modem 4G yang hadir dengan kualifikasi yang unggul.

Javasiana.com
Javasiana.com Beyond Blogging!!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.