5 Cara Mengecek BPOM Kosmetik Asli atau Palsu Termudah

Cara Mengecek BPOM Kosmetik Asli atau Palsu

Tren skincare kini semakin meluas. Berbagai brand kosmetik baru pun bermunculan dengan menawarkan beragam khasiat yang bikin pelanggan melirik. Berburu produk skincare boleh saja. Tapi pastikan Anda memilih produk yang aman dengan cara mengecek BPOM kosmetik asli atau palsu.

Ciri-Ciri Kosmetik Berbahaya

Sebelum membahas bagaimana cara cek no BPOM? Ketahui terlebih dahulu ciri-ciri kosmetik palsu. Sebab, indikatornya bukan hanya telah terdaftar di BPOM atau belum. Perhatikan juga beberapa ciri kosmetik berbahaya berikut ini.

1. Tidak Terdaftar BPOM

Kebanyakan produk kosmetik berbahaya tidak terdaftar BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). BPOM ini sendiri adalah lembaga yang berwenang untuk menguji dan memberikan izin edar berbagai jenis produk makanan dan obat-obatan.

Salah satu tanda bahwa produk terdaftar BPOM yaitu memiliki nomor registrasi BPOM yang tercantum pada kemasannya. Nomornya terdiri dari 2 huruf dan 11 digit angka dan biasanya tercetak pada bagian bawah atau belakang kemasan dengan ukuran kecil.

2. Berwarna Mencolok

Ciri krim atau kosmetik berbahaya yang kedua yaitu memiliki warna mencolok. Biasanya produk kosmetik seperti ini menggunakan pewarna berbahaya untuk menarik perhatian, seperti warna kuning cerah atau putih pearly yang mengkilap seperti mutiara.

Warna-warna cerah seperti itu memang lebih menarik. Namun, jika terbuat dari pewarna berbahaya tentu akan berpengaruh buruk bagi kesehatan kulit.

3. Tekstur Krim Terasa Lengket

Krim wajah yang memiliki tekstur lengket pasti tidak terasa nyaman saat digunakan. Anda perlu waspada jika menjumpai krim yang terasa lengket seperti lem. Karena krim tersebut sulit meresap ke kulit dan justru membahayakan lapisan penting pada kulit Anda.

Beberapa krim wajah memang ada yang bertekstur lengket. Namun, biasanya efek tersebut hanya sementara dan bisa langsung hilang. Jadi, berhati-hatilah jika produk kosmetik yang Anda gunakan menimbulkan efek lengket cukup lama.

4. Menjanjikan Khasiat Secara Instan

Ciri produk kosmetik berbahaya lainnya yang perlu Anda waspadai adalah menjanjikan banyak khasiat secara instan. Mulai dari iming-iming mencerahkan kulit, menghilangkan jerawat atau tanda-tanda penuaan dini dalam waktu singkat. Atau bahkan hanya dalam sekali pemakaian.

Karena setiap produk kosmetik tentu butuh pemakaian rutin agar khasiatnya terasa maksimal. Jadi, jangan mudah percaya dengan produk yang menjanjikan khasiat instan. Apalagi jika harganya sangat murah dan nama brand-nya belum terlalu terkenal.

5. Menimbulkan Efek Samping dalam Waktu Lama 

Biasanya beberapa produk kosmetik atau skincare memang menimbulkan efek samping seperti munculnya jerawat dan iritasi kulit di awal pemakaian. Tapi, lama kelamaan efek samping tersebut menghilang dan kulit pun normal kembali dan bahkan menunjukkan hasil lebih baik.

Akan tetapi, Anda perlu waspada jika merasakan efek samping berkelanjutan usai memakai produk kosmetik tertentu. Mulai dari munculnya ruam kemerahan, jerawat, atau kulit iritasi dalam waktu lama. Segera hentikan pemakaian produk dan konsultasikan ke dokter terdekat.

Baca juga: Cara Cek Resi BPOM Online

Cara Mengecek BPOM Kosmetik Asli atau Palsu

Jika ingin mendapatkan produk kosmetik aman, cari yang terdaftar di BPOM. Memangnya, kosmetik apa saja yang sudah terdaftar di BPOM? Langsung saja simak cara mengecek BPOM kosmetik asli atau palsu berikut ini.

1. Perhatikan Nomor BPOM pada Kemasan Kosmetik

Langkah pertama untuk cek produk kosmetik telah terdaftar di BPOM atau belum yaitu perhatikan nomor BPOM pada kemasannya. Biasanya nomor tersebut terletak di bagian bawah atau belakang dengan ukuran cetak yang lumayan kecil.

Urutan nomor BPOM ini sendiri terdiri dari 2 huruf serta 11 digit angka yang mengikutinya. Apabila jumlah nomornya kurang atau justru tidak ada sama sekali, maka Anda patut waspada. Bisa jadi, produk kosmetik atau skincare tersebut belum terdaftar di BPOM.

2. Kunjungi Website BPOM

Cara mengecek BPOM kosmetik asli atau palsu tidak cukup hanya dengan memperhatikan nomor yang tertera pada kemasan. Cek juga nomor tersebut benar-benar asli atau tidak di website pengecekan dari BPOM.

Apa website resmi badan BPOM? Khusus pengecekan nomor BPOM produk tertentu, kunjungi website yang beralamat di https://cekbpom.pom.go.id. Jadi, bukan di alamat https://pom.go.id.

Pada halaman depan website tersebut Anda bisa melihat data statistik produk apa saja yang telah terdaftar di BPOM. Di sana juga terdapat daftar produk terbaru yang mendapatkan izin edar dari BPOM selama 7 hari, 1 bulan, atau 1 tahun terakhir.

Baca juga: 7 Cara Edit Twibbon Online Buat Pemula

3. Masukkan Nomor BPOM

Jika mengecek daftar produk yang terdaftar BPOM satu per satu tentu sangat lama dan menyulitkan. Tapi, tidak perlu khawatir. Anda bisa memastikan nomor BPOM pada kemasan produk kosmetik Anda asli atau tidak hanya dengan memasukkan nomor tersebut ke website. 

Setelah mengunjungi https://cekbpom.pom.go.id, ketik nomor BPOM pada kolom pencarian yang tersedia, lalu tekan “cari”. Tunggu beberapa saat dan nantinya akan tampil hasil pencarian dari nomor tersebut.

Jika nomor BPOM tersebut asli, maka akan muncul informasi seputar produk bersangkutan. Tapi jika nomor tersebut palsu, nantinya akan tampil keterangan nomor invalid atau tidak terdaftar.

Sebelumnya, pastikan juga Anda telah mengetik nomor BPOM dengan benar. Karena bisa jadi data produknya tidak muncul akibat salah ketik nomor. Jadi, tak ada salahnya untuk mengulangi pengecekan nomor dengan memastikan telah memasukkan nomor yang tepat.

4. Sesuaikan Hasil Pencarian dengan Produk yang Anda Gunakan  

Jangan langsung lega ketika nomor BPOM yang Anda masukkan menunjukkan data produk. Karena belum tentu nomor tersebut sesuai dengan produk yang Anda cek tadi. Jadi, pastikan terlebih dahulu data produknya sesuai dengan produk yang nomornya Anda cek tadi.

Cek data produk yang ada pada hasil pencarian apakah sesuai dengan identitas produk bersangkutan. Mulai dari nama, tipe, kemasan hingga jenis tekstur, dll. Jika datanya sama, maka produk tersebut benar-benar telah terdaftar di BPOM.

Selain mengecek nomor BPOM yang ada pada kemasan, Anda juga bisa mengecek berdasarkan nama brand atau produsennya. Jadi, cara ini bisa menjadi alternatif jika produk yang ingin Anda cek tidak memiliki tulisan nomor BPOM atau kemasan yang memuat tulisan tersebut telah hilang.

Baca juga: 5 Cara Membuat Twibbon Online di Canva

5. Scan Barcode 

Selain mengecek keaslian nomor BPOM melalui website, Anda juga bisa mengeceknya melalui aplikasi cek produk bernama BPOM Mobile. Download aplikasinya secara gratis di Play Store, lalu install di HP Anda.

Cara mengecek BPOM kosmetik asli atau palsu lewat aplikasi ini lebih mudah lagi. Karena Anda bisa langsung memanfaatkan fitur scan cek. Cukup scan barcode atau QR code yang ada pada kemasan produk menggunakan kamera HP, lalu aplikasi akan menunjukan data produk tersebut.

Selain mengecek keaslian produk, Anda juga bisa mengecek izin edar dan mengajukan pengaduan suatu produk  lewat aplikasi BPOM Mobile ini. Jadi, Anda bisa ikut berkontribusi mengurangi produk palsu yang membahayakan.

Cara mengecek BPOM kosmetik asli atau palsu sangatlah mudah. Bahkan, Anda bisa melakukannya hanya dalam genggaman dengan memanfaatkan HP dan jaringan internet. Cukup kunjungi website resmi BPOM dan cari nomor registrasi kosmetik bersangkutan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.