Frekuensi Metro TV SD dan HD di Telkom 4 Terbaru

Frekuensi Metro TV

Beberapa orang sempat mengeluhkan bahwa frekuensi Metro TV mendadak hilang. Channel salurannya tiba-tiba menjadi gelap pada layar TV. Tentu menjadi kepanikan tersendiri untuk para penggemar setia channel Metro TV.

Pada dasarnya hilangnya channel tersebut bukan karena terjadi masalah, namun kode frekuensi Metro TV mengalami perubahan. Perubahan tersebut sebagai upaya peningkatan kualitas mutu channel dan menjadikan hasil video agar lebih jernih.

Penyebab Frekuensi Metro TV Hilang

Metro TV merupakan stasiun televisi penyiaran milik swasta nasional Indonesia. Saluran ini ada sejak 25 November 2000 di Jakarta. Pendirinya PT Media Televisi Indonesia pimpinan Surya Paloh.

Tidak perlu cemas jika saluran Metro TV di rumah Anda mendadak hilang. Hal tersebut hal yang biasa terjadi. Untuk mendapatkannya kembali juga mudah dilakukan.

Pada dasarnya sebelum tiba-tiba saluran Metro TV menghilang, pasti telah ada upaya pemberitahuan informasi sebelumnya. Pemberitahuan tersebut biasanya ada di layar Metro TV sebelum akhirnya hilang. Jika tidak mengetahui informasinya tentu bingung.

Banyak orang menyangka saluran Metro TV hilang, padahal tidak mengetahui informasi tersebut. Jika Anda cermat pada semua informasi yang dibagikan di layar televisi maka dengan mudah Anda tinggal mengikuti petunjuk arahan tersebut.

Baca juga: Frekuensi RCTI Terbaru di Satelit Telkom 4

Hilangnya sinyal yang terjadi pada Desember 2017 kemarin menjadikan frekuensi Metro TV di transponder Palapa D tidak lagi berfungsi. Hal itu menjadikan para pengguna parabola banyak yang kebingungan karena saluran Metro TV hilang.

Anda dapat mencari informasi terlebih dahulu tentang frekuensi Metro TV yang baru, agar dapat menghubungkan ke televisi Anda. Setelah itu ikuti petunjuk arahan kode yang baru. Saluran Metro TV dapat Anda nikmati dengan kualitas mutu lebih baik.

Kode transponder Metro TV sekarang ini memiliki dua. Keduanya dapat dipilih sesuai kebutuhan masing-masing, yakni SD dan HD. Maksudnya SD untuk penerimaan siaran dengan receiver Mpeg -2 dan HD untuk receiver Mpeg -4.

Pada dasarnya kualitas pemakaian SD atau biasa disebut Standard Definition sudah bagus. Akan tetapi akan lebih jernih lagi videonya jika memakai HD atau High Defenition. Dari keduanya ini, Anda dapat memilih sesuai kebutuhan.

Pentingnya memahami kode transponder agar Anda tidak binggung seperti dahulu pernah hilang salurannya. Saat satelit Palapa berhenti operasi di koordinat 113E dan semua saluran televisi beralih ke satelit Telkom 4.

Saat melakukan pengaturan kode transponder pastikan dish parabola dan receiver yang akan digunakan. Data receiver dari berbagai merek yang terkenal diantaranya Getmecom Ethernet, KVision, Matrix Garuda, Next Parabola, dan merek lainnya.

Untuk mendapatkan frekuensi Metro TV posisi antena parabola sejajar dengan koordinat satelit Telkom 4 108E. Cara menambahkan salurannya dapat secara otomatis atau blind scan, yakni dengan memanfaatkan menu TP receiver yang ada.

Baca juga: Frekuensi Trans TV Telkom 4 di Era TV Digital

Daftar Frekuensi Metro TV Terbaru

Frekuensi Metro TV

Penting untuk mengetahui kode transponder Metro TV baik SD maupun HD. Hal tersebut akan memudahkan Anda untuk mengisikan kode transpondernya secara manual. Berikut penjelasan seputar kode transponder SD dan HD.

1. Frekuensi Metro TV SD Mpeg 2 Telkom 4

Nama salurannnya adalah Metro TV SD FTA, dengan satelit Telkom 4, dan posisinya di titik 108BT. Kode transpondernya 4081 H 32679, dengan frekuensinya 4081, dan polaritas horizontal. Untuk symbolrate 32679, video VID 35, dan audio VID 36.

PCR video pada angka 35 dan memiliki kode transponder alternatif yakni 4080 H 32677. Kode alternatif ini dapat digunakan apabila kode transponder yang di atas tidak dapat digunakan untuk masuk. Frekuensi Metro TV dengan mudah dapat dilacak.

2. Frekuensi Metro TV HD Mpeg 4Telkom 4

Frekuensi HD dari segi kualitas lebih bagus dari SD. Sekarang ini dari saluran namanya Metro TV HD FTA. Menggunakan satelit Telkom 4, posisi 108BBT, dan kode transpondernya 4081 H 32679. Untuk frekuensinya 4081 dan polaritas horizontal.

Symbolrate sebesar 32679, video VID sebesar 65, audio VID sebesar 64, dan PCR video sebanyak 65. Spesifikasi inilah yang menjadikan Metro TV menjadi saluran berita terdepat dibanding saluran lainnya dari segi kualitas.

Pada dasarnya yang membedakan Metro TV SD dengan HD hanyalah seputar kode PCR PID, audio PID, dan video PID. Selain itu semuanya sama sama berkualitas tinggi.

3. Frekuensi Metro TV Pada Receiver TV Parabola

Frekuensi Metro TV masih bisa menggunakan receiver TV Parabola. Cara menangkap siaran dapat dilakukan receiver khusus dari provider TV Satelit Pay TV. Hal ini mudah dilakukan, Anda hanya perlu memasukkan hasil tangkapan dan kode.

Beberapa nama decoder dan kode transpondernya yakni Next Parabola dengan kode transpondernya 4180 V 29800 HD. KVision memiliki dua kode transponder, yakni 4060 V 31000 SD dan 3860 V 31000 HD.

Decoder lainnya yakni Nusantara HD, kodenya 3934 H 10000 HD. Untuk Matrix Garuda kodenya 3900 V 29800. Akan tetapi semua kode di atas tidak menutup kemungkinan jika suatu saat berubah. Peningkatan kualitas menjadi tujuan utama.

Biasanya pergantian kode frekuensi Metro TV bisa pindah ke transponder lainnya. Terkadang satu saluran TV dapat berganti-ganti kode frekuensinya. Dengan kata lain hal ini harap dimaklumi karena banyak terjadi di saluran televisi lainnya.                                                                                                                                             

4. Frekuensi Metro TV di UHF

Frekuensi Metro TV kini dapat dijangkau menggunakan UHF. Antena UHF tidak akan kalah dengan parabola. Kode frekuensi setiap kota berbeda-beda jika menggunakan UHF. Untuk itu Anda harus memilih kode frekuensi sesuai Anda bertempat tinggal.

Jakarta kodenya 57, MHz 795.25. Untuk Bandung 56, MHz 751.25. Wilayah Yogyakarta 42, MHz 639.25. Semarang 43, MHz 647.25. Surakarta 42, MHz 639.25. Surabaya 54, MHz 735.25. dan Malang kode frekuensinya 56, MHz 751.25.

Baca juga: Frekuensi Net TV Pada Satelit Tekom 4

Cara Memasukkan Metro TV FTA Manual

Menggunakan cara manual pada receiver dapat dikatakan cukup mudah. Banyak yang menggunakan cara manual karena lebih praktis. Berikut beberapa langkah yang harus Anda lakukan jika ingin mengatur secara manual.

1. Cari Saluran Lama Metro TV

Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah cari saluran Metro TV lama yang telah tidak berfungsi. Setelah itu masukkan kode transponder yang terbaru. Cara masuk ke pengaturan receiver melalui remote kontrol. Setelah itu tekan pilihan “Menu”.

2. Daftarkan

Cara mendaftarkan, yakni pilih bagian “Menu Instalasi”, lalu klik “Daftar TP”. Setelah itu akan muncul banyak data angka seperti 4680 MHz 7199 Ks/s. Selanjutnya klik pilihan “Ubah” yang akan muncul pada layar.

Jika menggunakan remote kontrol biasanya warna tombol akan sama seperti warna yang muncul pada layar televisi. Setelah itu masukkan kode transponder yang baru dengan cara klik nomor pada remote kontrol. Pastikan benar kode transpondernya.

3. Cek Sekali Lagi

Menghindari terjadinya masalah dengan cara mengecek ulang semua hal yang telah Anda lalukan. Jika yakin telah benar, maka klik “Simpan”. Banyak hal yang dapat Anda pelajari bersama dari cara manual ini.

Frekuensi Metro TV semakin hari bertambah maju dan banyak penontonnya. Saluran berita teraktual ini selalu ditunggu-tunggu oleh penggemarnya. Pemilihan receiver baik SD maupun HD pada dasarnya disesuaikan dengan kebutuhan televisi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.