Apa itu LRP dan Bagaimana Cara LRP di Telegram? Cek Disini!

Cara LRP di Telegram

Akhir-akhir ini, istilah LRP di Telegram sedang marak di tengah-tengah masyarakat. Kata LRP sendiri berhubungan dengan istilah RP atau Roleplayer. Lalu, apa itu LRP di Telegram? Apa itu LRP di RP? Dan Bagaimana pula cara LRP di Telegram?

LRP atau Left Role Player merupakan suatu ungkapan bosan dari  pengguna dalam memainkan suatu peran di dunia maya. Sedangkan LRP di RP adalah orang yang berhenti memainkan peran roleplayer-nya di dunia maya dengan banyak cara.

Cara LRP di Telegram

Bagi Anda yang masih bingung tentang LRP dan RP, sejatinya kedua istilah ini merupakan bentuk permainan peran melalui platform Telegram.

Apa itu RP di Telegram? Singkatnya, RP adalah orang yang memainkan suatu peran  atau roleplayer di Telegram. Sementara LRP adalah orang yang berhenti memainkan suatu peran (roleplayer) di Telegram.

Bagaimana cara main role player? Pada pembahasan kali ini, Anda akan fokus dalam memahami cara LRP di Telegram dengan efektif. Untuk mempermudah pembaca awam, anggap saja istilah LRP dengan makna ‘berhenti bermain RP’.

Baca juga: Cara Download Lagu di Telegram Lewat HP dan Laptop

Mengapa Anda harus berhenti bermain RP? Apakah main RP dosa? Dalam Islam, tidak ada pernyataan jelas tentang halal dan haramnya perkara ini. Namun, secara garis besar, permainan RP merupakan suatu perkara yang syubhat atau tidak memiliki kejelasan secara hukum.

Sebaiknya Anda perlu menjauhi semua jenis perkara yang belum jelas dasar hukumnya. Lagi pula, RP juga kerap menjurus pada berbagai perbuatan yang tidak baik.

Jika sudah terlanjur ‘nyemplung’ di dunia RP, ada baiknya Anda perlu segera  melakukan LRP dan beralih ke aktivitas lain yang lebih berfaedah.

Terkait cara LRP (berhenti bermain RP) di Telegram, sebenarnya ada banyak jalan keluar yang bisa pengguna lakukan. Sehingga Anda bisa benar-benar berhenti bermain roleplayer dan tidak akan kembali lagi. Berikut adalah beberapa cara LRP di Telegram yang ampuh dan mudah, antara lain:

1. Perbanyak Melakukan Sosialisasi di Dunia Nyata

Pada dasarnya, RP merupakan peran yang dimainkan oleh seorang pengguna untuk bisa saling berinteraksi dengan peran-peran lainnya di dunia maya.

Untuk bisa lepas dari ‘jeratan’ RP, Anda perlu memperbanyak interaksi dengan orang-orang asli yang ada di dunia nyata. Anda bisa mulai dengan sering-sering bercengkrama dan memperbaiki kualitas hubungan bersama anggota keluarga, kerabat, teman, dll.

Anda bisa menerapkan jadwal quality time di suatu tempat atau berkunjung langsung ke rumah kerabat untuk curhat, berdiskusi, dsb.

Memang, manusia merupakan makhluk sosial yang butuh bersosialisasi dengan orang lain, baik di dunia nyata maupun dunia maya. Akan tetapi, terlalu lama berkecimpung di dunia maya membuat orang-orang jadi sering lupa diri, lupa waktu, hingga lupa pekerjaan.

Baca juga: 5 Aplikasi Translate Bahasa Banjar (Banjarmasin) Gratis Terbaik

2. Mengalihkan Perhatian dengan Mencari Kesibukan

Alasan utama mengapa orang-orang sering kecanduan bermain RP adalah karena mereka tidak memiliki banyak kegiatan di dunia nyata. Untuk itu, Anda perlu melakukan cara LRP di Telegram dengan mengganti kebiasaan bermain RP menjadi aktivitas-aktivitas positif.

Contohnya, mempelajari ilmu baru, mengasah keterampilan tertentu, mengurus kebun atau taman di pekarangan rumah, hingga membaca buku favorit.

Silakan cari tahu kegiatan positif apa yang bisa membuat Anda senang dan enjoy dalam menjalaninya. Ingat, kegiatan tersebut harus bisa menghasilkan suatu output positif. Misalnya, menambah pemasukan uang, wawasan, kesehatan badan, ketajaman skill, hasil karya, dll.

Selama bisa keep up dengan kebiasaan-kebiasaan positif tersebut, lama kelamaan Anda akan merasakan nikmatnya menjalani kegiatan yang lebih produktif. Maka Anda pun akan lupa dengan permainan RP di Telegram dan lebih fokus menjalani kesibukan positif yang sedang Anda geluti.

3. Mencari Teman di Dunia Nyata

Salah satu alasan mengapa orang-orang suka menghabiskan waktunya dengan bermain RP atau di platform dunia maya lainnya adalah karena kesepian. Orang-orang ini biasanya akan cenderung mencari teman ngobrol di dunia maya untuk memenuhi fitrahnya sebagai makhluk sosial.

Daripada harus ‘memalsukan’ identitas diri melalui permainan RP, alangkah baiknya menjadi diri sendiri dan mencari orang asli di dunia nyata. Caranya, ikuti berbagai event di sekitar kawasan tempat tinggal, bergabung komunitas, atau terlibat dalam acara sosial.

Anda hanya perlu melibatkan diri dalam suatu perkumpulan yang terdiri dari orang-orang nyata dengan ketertarikan sama. Dengan begitu, Anda bisa menemukan teman ngobrol asyik di dunia nyata, sehingga tidak terlena lagi dengan permainan RP di Telegram.

Baca juga: 5 Aplikasi Translate Bahasa Manado Gratis Terbaru!

4. Deak Akun Telegram

Cara LRP di Telegram yang paling efektif adalah dengan berhenti menggunakan akun Telegram alias men-deactivate akun Telegram secara permanen. Bagaimana cara menonaktifkan akun Telegram?

Anda bisa menggunakan cara penghapusan akun Telegram menggunakan fitur self-destructs bawaan aplikasi Telegram. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi Telegram.
  • Buka Menu, lalu klik opsi Pengaturan.
  • Kemudian, klik bagian Privasi dan Keamanan.
  • Fokus pada panel Hapus akun saya, lalu klik Jika berjarak dan pilih kurun waktu self-destructs atau penghapusan akun Telegram sesuai keinginan Anda.
  • Setelah itu, jangan gunakan akun Telegram selama kurun waktu self-destructs yang Anda pilih.
  • Setelah tiba waktunya, akun Telegram Anda akan terhapus secara permanen secara otomatis.

Sekarang Anda sudah tahu cara LRP di Telegram melalui 4 tips di atas. Selanjutnya, hal terpenting yang perlu Anda terapkan adalah tanamkan keinginan kuat untuk tidak kembali lagi ke permainan RP di Telegram. Lebih baik fokus menjalani aktivitas lain yang lebih berfaedah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.