Javasiana.com Pecandu teknologi, Suka berbagi tips dan trik bermanfaat untuk anda semua.

Roleplayer: Pengertian, Istilah – Istilah dan Tips Cara Bermain RP

3 min read

Roleplayer

Bagi sebagian orang yang kurang mengikuti perkembangan dunia sosial media pasti bertanya – tanya apa itu RP Roleplayer? Namun bagi mereka yang aktif bersosial media, terutama di Twitter atau Telegram istilah RP alias RolePlayer mungkin bukanlah hal baru. Kisah cinta Adora, Hilman, Aliana yang viral di awal 2018 bisa menjadi contoh nyata tentang fenomena RP di sosial media.

Permainan RP biasa dilakukan oleh anak-anak usia remaja karena pada dasarny seorang remaja lebih ekspresif ketika kagum terhadap sesuatu termasuk tokoh idolanya. Ketika melakkukan Roleplayer, seseorang akan memainkan peran bak tokoh idolanya.

Mereka akan mmulaii membuat akun sosial media dengan mengunggah foto beserta hal – hal lain yang terkait dengan idola yang diperankan. Untuk mengetahui lebih jauh tentang apa itu RP, kita akan memulainya dengan memahami arti dari RP  itu sendiri.

Apa itu Roleplayer?

RP diadopsi dari istilah dalam dunia teater yakni Role Playing alias Roleplayer secara istilah Roleplayer adalah keterampilan dasar yang memungkinkan aktor untuk sukses memerankan sebuah peran tokoh. Role Playing memungkinkan seorang aktor untuk menjiwai sebuah karakter. Ini adalah keterampilan yang membutuhkan banyak latihan sebelum seorang aktor dapat melakukannya dengan nyaman.

Tak jauh berbeda dengan dunia teater, di dunia sosial media RP alias Roleplayer juga merupakan istilah untuk sebuah akun yang memainkan peran tertentu. Biasanya akun yang mengerti apa itu RP  dan berniat memainkannya akan mengambil peran sebagai karakter idolanya, yang tak terbatas pada aktor atau penyanyi namun bisa juga karakter superhero, komik atau anime. Sebenarnya Role playing memiliki artian yang cukup luas, meskipun lebih sering dijumpai di dunia sosial media dan game.

Jika memainkan peran sebagai seorang idola, maka RP bakal bertindak layaknya sang idola. Misalnya, jika seseorang mengidolai seorang aktor atau penyanyi, maka mereka akan bersosial media selayaknnya seorang artis dimana mereka akan mengunggah kegiatan mereka sehari – hari serta informasi penting seperti jadwal konser atau jadwal acara lain.

Baca juga: Apa Itu NN di RP?

Istilah Istilah Dalam Dunia Roleplayer

Untuk mengetahui lebih jauh tentang apa itu RP, ada baiknya kita memahami istilah – istilah populer dalam dunia RP. Dengan mengetahui istilah – istilah ini kalian akan terhindar dari interaksi yang keluar dari topik alias nggak nyambung.

1. Chara

Chara merupakan kependekan dari character atau karakter, singkatnya tokoh inilah yang akan diperankan seorang RP. Dengan begitu seorang RP akan menggunakan nama – nama sesuai chara, misal Suga BTS atau Kai EXO.

2. Angst

Dari terjemahan bebas Angst memiliki arti cemas. Namun dalam dunia RP istilah ini biasa digunakan sebagai sebuatan untuk sebuah genre RP yang penuh dengan emosi.

3. RL

Kebalikan dari apa itu RP , RL memilki arti Real Life atau dunia nyata. Artinya akun tersebut tak sedang memainkan RP. Akun – akun RL biasanya memposisikan diri sebagai penggemar.

4. AU (Alternate Universe)

AU berada diantara RP dan RL, pemain AU masih menggunakan Chara namun tak sepenuhnya. Sebagai contoh sebuah akun AU memerankan Chara seorang idol KPOP namun memodifikasi karakter menggunakan  domisili atau elemen lain yang berbeda.

Baca juga: Apa itu Twibbon, Fungsi dan Bagaimana Cara Membuatnya di Canva

5. Fanstalks

Fanstalks merupakan istilah yang dipakai saat RP melakukan interaksi dengan akun lain.

6. Fanservices

Fanservices merupakan istilah yang dipakai saat RP memberikan sesuatu yang spesial kepada para penggemarnya yang bertujuan untuk mengambil hati para fans.

7. IC (In Character)

IC atau biasa disebut juga sebagai Less OOC merupakan RP yang memainkan chara yang sangat mirip dengan karakter tokoh yang dimainkan. RP jenis ini memiliki totalitas dalam hal penjiwaan dan sama sekali tak akan mengungkap kehidupannya pribadi mereka.

8. OC (Original Character)

RP jenis ini biasanya hanya menggunakan foto dan bio tokoh yang diperankan, namun hal – hal lain seperti identitas serta latar belakangnya tak sesuai dengan karakter aslinya.

9. OOC (Out Of Character)

RP jenis ini dianggap telah melenceng terlalu jauh dari karakter tokoh yang diperankan. Umumnya mereka terbawa ke kehidupan aslinya dan melakukan hal – hal yang seenaknya sendiri.

10. Semi Less OOC

Pemain RP jenis ini hampir mirip dengan IC, namun terkadang menjadi OOC.

11. Fambest

Fambest adalah gabungan dari kata family dan bestie.

12. CP

CP adalah couple atau pasangan.

Baca juga: Cara Main RP di Telegram

Tips Cara Bermain RP di Telegram

Memainkan peran layaknya idola kita tentu akan menyenangkan. Disini  ada beberapa tips yang mungkin dapat dilakukan agar menambah seru permainan RP kalian. Untuk mewadahi kegiatan ini anda bisa menggunakan aplikasi WhatsApp, Telegram atau beberapa aplikasi messenger lainnya.

1. Kenali Karakter Asli

Hanya karena menyukai seorang tokoh, bukan berarti kalian harus segera memainkan RP. Jika telah memilih sebuah karakter, ada baiknya untuk membaca dan menontonton semua hal tentang idola kalian untuk memahami lebih dalam siapa mereka sebenarnya.

Tentu saja, kalian boleh sedikit berbeda dari karakter mereka. Namun kaliian wajib memahami sifat dan kepribadian dasar mereka.

2. Perhatikan Dengan Baik Setiap Interaksi

Pada dasarnya apa itu RP adalah tentang menanggapi apa yang dikatakan oleh lawan main Anda. Jika kalian tidak mau membaca balasan teman atau fans dengan cermat, maka kalian bisa mengacaukan hubungan dengan RP lain.

3. Ingat Bahwa Roleplay Berbeda Dengan Kehidupan Nyata

Ingat, setiap orang memiliki kehidupan di luar dunia RP, dan kehidupan nyata selalu menjadi yang utama. Bersabarlah kepada teman atau kalian untuk menjaga hubungan tetap harmonis. Ada baiknya untuk membatasi waktu agar tidak selalu aktif memainkan RP sepanjang waktu.

Berkomunikasi satu sama lain sebelum memutuskan memiliki pasangan RP. Kalian harus berkomitmen tentang kapan kalian aktif. Pastikan untuk selalu mengabari pasangan, agar mereka tidak penasaran.

4. Jangan Bawa Kesedihan Ke Dunia Nyata atau Sebaliknya

Kalian akan kesulitan menemukan pasangan jika kalian membawa kesengsaraan kehidupan nyata ke dalam akun RP. Kesedihan yang terbawa ke dunia RL akan mengakibatkan Out-Of-Character (OOC), yang menyebabkan teman atau pasangan kalian menjadi malas. Sebaliknya, membawa masalah dunia RP ke kehidupan pribadi juga bakal menyebabkan masalah kedepannya.

5. Sesuaikan Dengan Dunia Nyata

Sebisa mungkin untuk jangan merubah jenis kelamin kalian ketika memainkan RP. Misal jika kalian seorang cewe, maka ada baiknya untuk memainkan chara cewe. Perbedaan karakter dasar cewe dan cowo akan membuatmu  mudah ketahuan oleh karakter lawan.

6. Bermain Dengan Bijak

Jika bermain RP kalian harus melakukan segala sesuatunya dengan bijak. Pertama kalian harus  menjaga nama baik idola yang kalian jadikan chara. Jangan mudah terbawa suasana hingga baper atau emosi. Gunakan permainan RL sebagai sarana melatih kontrol emosi kalian.

Baca juga: Apa Itu YJ, NJ di RP (Roleplayer)?

Akhir Kata

Itulah penjelasan tentang apa itu RP alias Roleplayer beserta tips – tips untuk memainkannya. Selalu ingat untuk menyesuaikan segala sesuatunya seuai dengan umur kalian di dunia nyata. Hal itu untuk menjaga perilaku kalian selama bermain RP agar tidak menyimpang dari norma yang berlaku.

Javasiana.com Pecandu teknologi, Suka berbagi tips dan trik bermanfaat untuk anda semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.