2 Cara Membatalkan Pesanan di TikTok Shop dengan Mudah

2 Cara Membatalkan Pesanan di TikTok Shop dengan Mudah

Anda terlanjur melakukan pesanan barang Di TikTok Shop tetapi ingin membatalkan pesanan, gini Anda tak perlu khawatir sebab cara membatalkan pesanan di TikTok Shop bisa Anda lakukan dengan mudah. Simak penjelasannya di bawah ini.

Cara Membatalkan Pesanan di TikTok Shop

Ada beberapa metode yang bisa Anda lakukan dalam cara membatalkan pesanan TikTok Shop sesuai dengan kebutuhannya:

1. Membatalkan Pesanan TikTok Shop yang Belum Dibayar

Metode pertama ialah cara membatalkan pesanan yang baru saja dipesan, belum dibayar ataupun bukan pesanan metode COD. Untuk membatalkan pesanan TikTok Shop yang belum dibayar bisa Anda ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

Masuk ke Halaman Akun

Pertama-tama untuk membatalkan barang yang telah dipesan, Anda bisa masuk ke akun Anda terlebih dahulu. Setelah masuk ke akun TikTok, silahkan buka halaman menu profil.

Masuk ke Halaman Akun

Beralih ke Bagian Daftar Pesanan

Di sini Anda bisa memilih menu options, kemudian klik opsi Setting dan Privacy. Selanjutnya pilih sub menu orders. Untuk melihat daftar produk yang sudah dibeli atau dipesan Anda bisa klik tombol all. Di sini Anda bisa melihat daftar pesanan termasuk pesanan yang ingin Anda batalkan.

Beralih ke Bagian Daftar Pesanan

Pilih dan Batalkan Pesanan Produk

Pilih produk yang ingin dibatalkan, di sini Anda akan melihat tulisan ‘awaiting payment’ kemudian pilih Cancel untuk membatalkannya. Untuk menyetujui dan membatalkan pesanan sesegera Anda bisa pilih alasan yang tersedia saat muncul pertanyaan “tell us why you canceled?”. Pilih salah satu alasan lalu klik tombol submit untuk menyelesaikannya.

Pilih dan Batalkan Pesanan Produk

Setidaknya dengan tiga langkah di atas Anda bisa membatalkan pesanan produk yang belum Anda bayar di TikTok Shop.

Baca juga:

2. Membatalkan Pesanan TikTok Shop yang Sudah Dibayar dan COD

Membatalkan Pesanan TikTok Shop yang Sudah Dibayar dan COD

Jika barang pesanan Anda terlanjur sudah dibayar atau pesanan tersebut adalah COD, tetapi Anda ingin membatalkan pesanan tersebut, maka Anda bisa melakukan 2 cara di bawah ini:

Hubungi Penjual

Cara membatalkan pesanan di TikTok Shop termudah yang Anda bisa lakukan untuk membatalkan pesanan ialah dengan menghubungi penjual atau seller dari toko yang Anda beli barang pesannya.

Meski di TikTok tidak menyediakan fitur khusus untuk mengkonfirmasi pembatalan pesanan kepada penjual. Anda bisa menghubungi penjual atau seller toko dengan fitur chat pribadi.

Lakukan komunikasi dan tunggu respon persetujuan dari seller. Sebab, seller tidak bisa asal membatalkan pesanan, membutuhkan dan pengajuan ke TikTok terlebih dahulu.

Hubungi Customer Service TikTok Shop

Cara selanjutnya adalah menghubungi customer service TikTok Shop. Di sini Anda bisa mengirimkan permintaan bantuan untuk pembatalan pesanan barang yang sudah Anda lakukan.

Hubungi Customer Service TikTok Shop

Setelah Anda mengajukan permohonan pembatalan order, Anda bisa menuliskan alasan Anda terkait mengapa harus membatalkan produk yang telah dipesan tersebut.

Pastika  alasan yang ditulis dapat dimengerti dan diterima oleh pihak TikTok Shop.

Jika TikTok Shop menyetujui permintaan Anda, maka akan secara otomatis dan segera TikTok Shop ikut membantu membatalkan pesanan tersebut.

Jika Anda ingin membatalkan pesanan barang yang telah dibayar atau pesan sistem COD ini akan lebih sulit untuk membatalkannya.

Baca juga:

Tips Cara Memesan Barang Agar Menyesal

Barang yang telah dipesan kemudian dibatalkan bermula pada rasa menyesal. Agar rasa sesal tersebut hilang maka pembeli pun membatalkannya, bahkan sejumlah pembeli online tak jarang mengajukan pembelian barang yang telah dipesannya.

Dengan demikian Anda perlu tahu tips memesan barang anti rasa menyesal yang akan dijelaskan di bawah ini

Cari Informasi Tentang Penjual

Langkah pertama agar Anda tidak menyesal untuk membeli produk pastikan Anda sudah mengetahui informasi penjual atau seller dari toko terkait.

Lihat Bagaimana pelayanan yang diberikan oleh si penjual kepada para pelanggannya. 

Gambaran Bagaimana pelayanan ini bisa Anda lihat pada Interaksi yang dilakukan atau penilaian yang diberikan oleh pelanggannya.

Mencari tahu tentang domisili penjual pun tak kalah penting untuk diketahui, hari ini membantu Anda untuk memperkirakan kapan barang tersebut akan sampai.

Cek Informasi Produk yang Ingin Dibeli

Selain mengetahui informasi mengenai si penjual, Anda pun perlu tahu terkait informasi produk yang ingin Anda beli.

Sebagai konsumen Anda memiliki hak untuk mengenali informasi produk tersebut nah jika di dalam etalase online tidak terdapat informasi yang rinci Anda bisa mempertanyakannya kepada si penjual.

Amati dan simak penjelasan pada deskripsi produknya sebelum Anda menanyakannya secara pribadi.

Pertimbangkan dan Pastikan Produk Tersebut adalah Kebutuhan

Setelah mendapatkan informasi yang lebih rinci mengenai produk yang akan Anda beli tersebut maka sebagai konsumen yang bijak, sebaiknya pertimbangkan lebih dahulu Apakah produk tersebut memang kebutuhan Anda atau tidak.

Misalnya saja Anda ingin membeli sebuah produk makanan silahkan melihat secara terperinci mengenai komposisi makanan tersebut Apakah ada kandungan zat yang memicu alergi Anda atau tidak. Jika dirasa aman dan memang sesuai kebutuhan Anda Anda bisa melanjutkannya untuk memesan produk tersebut.

Sebagai cara untuk mengenali kualitas produk Anda bisa melihat bagaimana sih pelanggan memberikan penilaian pada produk yang dijual oleh seller TikTok Shop.

Pertimbangkan dan Pastikan Produk Tersebut adalah Kebutuhan

Biasanya TikTok Shop menyediakan kolom komentar atau review khusus para pelanggannya Nah di sini Anda bisa melihat berbagai jenis penilaian yang diberikan oleh pelanggan mulai dari nilai terendah hingga nilai tinggi (kualitas baik).

Nah setelah melihat berbagai rasa penilaian dan pertimbangkan produk tersebut sesuai kebutuhan Anda atau tidak Anda bisa mengambil keputusan Anda, membeli atau tidak.

Melaporkan Pelanggaran atau Kerugian

Setelah menyimak tips-tips di atas  dan Anda memang benar-benar yakin, Anda bisa melanjutkannya untuk klik buy dan lakukan proses pembesaran hingga akhir isi informasi alamat secara detail agar tidak salah pengiriman. Tunggu barang sampai ditangan Anda. 

Jika Anda merasa barang yang Anda pesan merasa ada yang kurang atau Anda dirugikan dengan barang yang sudah ada pesan tersebut sebab tidak sesuai dengan deskripsi yang ada Anda bisa melaporkan pelanggaran atau kerugian yang Anda alami.

Kita sebagai konsumen berhak untuk mengajukan komentar dan protes yang Anda pesan tidak sesuai. 

Anda bisa melaporkan hal tersebut kepada pihak terkait atau pihak penjual tersebut maupun pihak yang berwenang.

Nah itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan dalam memesan barang di platform online termasuk TikTok Shop.

Diharapkan dengan adanya tips cara pesan barang di TikTok Shop yang telah dijelaskan sebelumnya, Anda bisa lebih bijak dalam membeli produk online.

Jual beli secara online memang membutuhkan perhatian yang ekstra jika Anda tidak ingin menyesal pada akhirnya dan berujung pada pembatalan pemesanan barang.

TikTok Shop adalah salah satu platform marketing online yang banyak digunakan untuk membeli produk secara praktis dan mudah. Namun tak sedikit konsumen menyesal dan melakukan pembatalan pesanan barang. 
Dengan cara membatalkan pesanan TikTok Shop diatas diharapkan konsumen Tik Tok akan terbantu untuk mengatasi hal tersebut.

Tinggalkan komentar