Javasiana.com Pecandu teknologi, Suka berbagi tips dan trik bermanfaat untuk anda semua.

4 Cara Memblokir Akun FB (Facebook) Kita Sendiri di HP dan PC

3 min read

Cara Memblokir Akun FB

Cara memblokir akun FB dapat dilakukan dengan sangat mudah dan cepat oleh siapa saja. Facebook atau FB merupakan salah satu raja media sosial pada zamannya walaupun sekarang mungkin sudah mulai tergantikan oleh Instagram atau Tik Tok.

Walaupun begitu Facebook masih memiliki penggunaannya cukup banyak di dunia.

Alasan Pengguna Facebook Banyak Yang Memblokir Akun FB Miliknya

Salah satu hal yang menyebabkan Facebook mungkin kurang dipercaya oleh para penggunanya yaitu karena kasus penyalahgunaan data pengguna yang kerap menerpa Facebook.

Karena kasus penyalahgunaan data pengguna tersebut sampai-sampai ada banyak sekali pengguna Facebook yang akhirnya memutuskan untuk menonaktifkan akun Facebook mereka.

Tentu ada berbagai macam alasan mengapa seseorang memutuskan untuk tidak lagi menggunakan Facebook. Cara blokir akun FB dapat dilakukan melalui aplikasi di smartphone atau juga menggunakan browser di PC.

Melindungi data pribadi adalah sesuatu hal yang sangat penting untuk dilakukan di era modern. Karena data-data pribadi yang disalahgunakan mungkin akan menyebabkan kerugian untuk diri sendiri atau bahkan orang lain.

Oleh karena itu, kita memang harus semakin pintar pintar dalam memilih media sosial. Data-data kita sangat rentan untuk disalahgunakan ketika berselancar di dunia maya.

Baca juga: 6 Cara Melihat Kata Sandi Facebook Kita Sendiri dan Orang Lain

Cara Memblokir Akun FB Orang Lain dengan Menggunakan PC

Media sosial Facebook bisa digunakan oleh siapa saja. Terkadang ada orang-orang yang mungkin membuat Kamu kurang nyaman atau ingin orang tersebut melihat postingan yang kamu bagikan.

Cara yang bisa dilakukan untuk membuat orang-orang tertentu tidak bisa menemukan profil Kamu di Facebook yaitu dengan cara memblokirnya. Berikut langkah-langkah cara blokir akun FB orang lain dengan menggunakan FB.

1. Login akun Facebook menggunakan Browser

  • Langkah pertama yang harus Kamu lakukan yaitu adalah membuka akun Facebook dengan menggunakan browser di laptop atau PC.
  • Selanjutnya login menggunakan akun milikmu. Kamu bisa membuka Facebook menggunakan berbagai macam browser seperti misalnya Chrome atau Mozilla Firefox.

2. Pilih orang atau halaman yang ingin di blok

  • Jika sudah memasuki halaman Kamu Kamu akan melihat ikon profile pada pojok kanan atas.
  • Setelah itu pilih menu setting and privacy.
  • Selanjutnya kamu pilih setting atau pengaturan.
Cara Memblokir Akun FB
  • Pada bagian panel sebelah kiri layar maka kamu akan menemukan menu pemblokiran. Langsung saja klik, lalu kamu akan melihat beberapa pilihan pemblokiran seperti misalnya akun atau halaman Facebook.
Cara Memblokir Akun FB
  • Untuk blokir akun FB orang lain Kamu bisa memilih menu pemblokiran pengguna. Setelah itu nantinya akan ada menu pop up untuk memasukkan orang ke daftar blokir. Langkah terakhir Kamu perlu mengklik tombol blokir.

Jika sudah nantinya akan muncul pop-up notifikasi Konsekuensi apa saja yang diterima ketika memblokir seseorang di Facebook.

3. Selesai

Kamu tinggal klik konfirmasi ketika pop-up muncul notifikasi mengenai konsekuensi memblokir seseorang di Facebook. Jika nantinya Kamu berubah pikiran dan ingin membuka kembali akun yang sudah diblokir juga bisa dilakukan.

Baca juga: 11+ Cara Hack Facebook Orang Lain dengan Mudah dan Aman

Cara Memblokir Akun Facebook Orang Lain dengan Menggunakan HP

Cara memblokir akun Facebook dengan menggunakan HP tidak jauh berbeda seperti ketika memblokir dengan menggunakan PC atau laptop. Berikut langkah-langkah cara memblokir akun Facebook orang lain dengan menggunakan aplikasi di HP.

1. Buka aplikasi Facebook

Langkah pertama yang harus Kamu lakukan yaitu adalah membuka aplikasi Facebook terlebih dahulu. Setelah itu kunjungi profil pengguna yang ingin diblokir agar tidak bisa atau tidak memiliki akses ke akun Kamu.

2. Pilih menu blokir

Pada halaman utama profil pengguna yang ingin Kamu blokir langsung saja klik titik tiga atau more untuk melihat menu blokir. Langsung saja klik, kemudian akan muncul notifikasi risiko atau konsekuensi memblokir orang lain di Facebook.

3. Selesai

Jika kamu sudah mengkonfirmasi menerima setiap konsekuensi memblokir seseorang itu artinya Kamu sudah berhasil memblokir orang tersebut. Kamu bisa membukanya kembali jika suatu saat berubah pikiran.

Cara Memblokir Akun FB Sendiri di HP

Jika Kamu sudah merasa bosan menggunakan Facebook opsi untuk memblokir Akun sendiri atau Atau menonaktifkan bisa menjadi opsi terbaik. Kamu bisa melakukan pemblokiran sementara atau melakukan pemblokiran secara permanen.

Pemblokiran sementara cocok digunakan Ketika Kamu ingin menggunakan media Facebook untuk sementara saja dan mungkin ada keinginan untuk menggunakannya kembali suatu saat nanti. Berikut cara blokir akun FB diri sendiri dengan menggunakan aplikasi di HP.

1. Buka aplikasi Facebook

  • Langkah pertama yang harus Kamu lakukan yaitu adalah membuka aplikasi Facebook yang ingin Kamu blokir.
  • Pada halaman beranda nantinya kamu akan melihat garis tiga untuk membuka menu privacy and setting.

2. Pilih pengaturan akun

Cara Memblokir Akun FB
  • Setelah itu, Kamu perlu masuk ke menu pengaturan kemudian pilih manage account.
  • Pilih Kepemilikan dan Kontrol Akun. Lalu Pilih opsi untuk menonaktifkan Facebook sementara.
  • Setelah itu Kamu akan diminta untuk memilih alasan menonaktifkan akun Facebook.
  • Kamu bisa memilih untuk tidak menerima pemberitahuan email dari Facebook dengan ke checkbox yang disediakan. Setelah itu langsung saja klik deactivate atau nonaktifkan.

3. Selesai

  • Cara blokir akun FB diri sendiri sudah berhasil kamu lakukan. Langkah terakhir yang perlu Kamu lakukan yaitu adalah klik ok untuk keluar dari akun Facebook.
  • Adapun untuk membatalkan pemblokiran akun anda diberi tenggat waktu 30 hari setelah penonaktifan akun facebook itu sendiri. Ketentuan yang sama juga berlaku untuk trik dibawah ini.

Baca juga: 4 Cara Tutup Akun FB (Facebook) Sementara dan Permanen

Cara Memblokir Akun Facebook Sendiri Secara Permanen

Menghapus akun Facebook adalah pilihan yang tepat ketika memang sudah siap digunakan atau Kamu tidak ingin menggunakan Facebook lagi. Berikut langkah-langkah jika kamu ingin menghapus atau memblokir akun Facebook diri sendiri secara permanen.

1. Buka akun Facebook

  • Langkah pertama yang harus Kamu lakukan yaitu adalah membuka akun Facebook baik melalui aplikasi mobile atau menggunakan PC.
  • Lalu silahkan login seperti ke akun seperti biasanya.

2. Pilih menu penghapusan akun

  • Jika sudah berhasil masuk atau login silahkan Kamu pilih pengaturan.
  • Pada menu pengaturan silahkan pilih saja menonaktifkan dan penghapusan akun.
  • Jika Kamu berniat untuk menghapus akun pilih menu hapus akun.

3. Konfirmasi kata sandi dan ikuti langkah selanjutnya

Setelah itu Kamu akan diminta untuk mengisi kata sandi yang digunakan kemudian klik lanjutkan. Jika sudah silahkan lanjutkan prosesnya sampai dengan selesai. Akun yang sudah dihapus nantinya ada datanya akan hilang sudah dari Facebook dan tidak bisa dikembalikan lagi.

Bagaimana cara menghapus akun Facebook yang sudah lama ? Bisa kamu lakukan dengan sangat mudah menggunakan PC atau aplikasi mobile. Melakukan pengawasan akun Facebook jika sudah tidak digunakan adalah pilihan tepat daripada membiarkannya tidak terurus.

Aktivitas berselancar di media sosial memang sangat menyenangkan. Akan tetapi sangat penting bagi kamu untuk menggunakan media sosial secara bijak.

Jika ada orang-orang yang membuat Kamu merasa terganggu di media sosial melakukan pemblokiran adalah salah satu jalan pintas untuk mengatasinya. Apalagi saat ini ada banyak orang yang mungkin menuliskan komentar komentar negatif dan lain sebagainya di media sosial.

Di era sekarang ada harus pintar pintar dalam memilih pertemanan di media sosial. Ini sangat penting agar nantinya Kamu bisa nyaman menggunakan media sosial. Cara memblokir akun FB yang kami bagikan, semoga bisa berguna untuk mengatasi pengguna Facebook yang toxic menurut kamu.

Javasiana.com Pecandu teknologi, Suka berbagi tips dan trik bermanfaat untuk anda semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.