Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Yang Benar 2021

  • Bagikan
Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Sangat penting bagi para murid siswa maupun wali murid untuk mengetahui Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah yang Benar untuk beberapa alasan. Tidak jarang bagi Wali Murid mengalami kebingungan ketika diarahkan untuk membuat Surat Izin yang baik dan benar berdasar Kaidah Bahasa Indonesia yang benar.

Meski media telah berkembang begitu Pesat, Menulis Surat Izin Sekolah masih perlu dilakukan dengan baik dan sopan. Serta tidak secara acak menulis Izin dengan kaidah yang kurang seolah-olah Guru-lah yang lebih membutuhkan Surat tersebut dari pada Murid itu sendiri.

Surat Izin berisi keterangan untuk meminta izin seseorang untuk melakukan sesuatu. Dalam konteks Sekolah Surat Izin Sakit di tujukan untuk memberitahu kepada pihak sekolah bahwa anak atau siswa didiknya saat ini tidak dapat mengikuti pelajaran dikarenakan suatu hal yang mendesak. Misalnya sakit, atau ada urusan keluarga.

Dan dalam membuatnya pun kamu perlu memperhatikan beberapa hal penting seperti Kaidah Bahasa, Susuna Kop, Penulisan dan lain sebagainya. Biasanya, surat izin dibuat dengan tulisan tangan atau diketip biar terlihat lebih rapi. Tapi ada juga yang menulis dan mengirim Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Lewat Whatsapp atau Telegram dalam beberapa keadaan.

Nah, untuk membuat Surat izin Tidak Masuk Sekolah Yang Baik dan Benar. Berikut kamu jelaskan petunjuk selengkapnya untuk kamu semua.

Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Dalam membuat Surat Izin Tidak Masuk, Ada beberapa hal penting yang perlu kamu perhatikan diantaranya:

  • Surat dibuat karena alasan yang benar adanya tidak dibuat-buat.
  • Perhatikan kaidah bahasa yang digunakan.
  • Sebaiknya ditulis dengan tulisan tangan atau bila memang kesulitan bisa di ketik.
  • Menyertakan Surat Sakit dari Dokter Untuk alasan sakit bisa menyusul setelah 3 hari izin.
  • Tuliskan jangka waktu tidak masuk.
  • Surat izin merupakan Surat dalam Kategori Formal. Sehingga dalam penulisannya harus menggunakan bahasa resmi dan benar sesuai EYD.

Selanjutnya setelah mengetahui apa saja yang harus diperhatikan saat membuat surat izin sekolah. Berikutnya adalah langkah-langkah cara membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah yang benar.

Pengirim Surat Izin

Pengirim surat izin tidak masuk sekolah harus diwakili oleh Wali Murid atau Orangtua, sangat penting dalam sebuah surat izin untuk setidaknya terdapat Nama Pengirim. Untuk nama Pengirim sendiri harus memuat informasi siapa pengirim surat dengan jelas.

Seperti yang kami bahas, Umumnya dalam didalam surat izin sekolah nama pengirim setidaknya mencantumkan atas nama dari wali atau orang tua dari siswa yang berhalangan tidak masuk sekolah.

Alasan Dalam Surat Izin

Bagian ini alasan menjelaskan kenapa, sebab siswa tidak dapat mengikuti pembelajaran hari ini. Misalnya karena sakit, urusan keluarga, atau bisa juga untuk kebutuhan penting yang tidak bisa ditinggalkan.

Tujuan Untuk Siapa Surat Izin Ini Dibuat

Pada bagian ini ialah memuat informasi kepada siapa surat ini ditujukan. Pada konteks Surat Izin Tidak Masuk Sekolah biasanya Surat ditujukan langsung kepada Bapak/Ibu Guru di Kelas atau kepada Wali kelas masing masing.

Perlu kamu tahu bahwa, Surat izin sekolah juga termasuk dalam kategori surat resmi. Untuk membuatnya pastikan memuat poin-poin berikut ini.

  • Tanggal Surat
  • Alamat Surat
  • Salam Pembuka
  • Kalimat Pembuka Surat
  • Isi Surat
  • Salam Penutup
  • Nama Pengirim
  • Surat izin sakit

Baca juga: Nama Grup WA Kelas Yang Keren Tingkat SMP, SMA dan SMK

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Adapun untuk contoh-contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah sendiri kamu bisa perhatikan detail tersebut dibawah dengan baik.

Jakarta, 06 September 2021

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas V
SDN 2 Jakarta
di Tempat

Dengan hormat,
Saya selaku orang tua/wali murid dari :
Nama :
Kelas :
Alamat :
NISN : (Opsional)

Ingin Memberitahukan bahwa anak kami yang bernama (Riyan) tidak dapat mengikuti pelajaran (Online) seperti biasa pada hari ini Senin, 06 September 2021 dikarenakan (Sakit). Oleh karena itu, kami selaku Orangtuan ingin meminta izin pada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas V agar memberikan izin.
Demikian yang dapat kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terimakasih.

Hormat kami,
Orang tua/Wali murid,

(Nama Lengkap)

Contoh Surat izin Tidak Masuk Sekolah Alasan Sakit

Jakarta, 07 September 2021

Hal : Surat Izin Sakit
Lampiran : 1 Lembar

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Guru SMA Negeri 1 Jakarta
Ditempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini, orang tua dari :
Nama :
Kelas :
Alamat :
NISN : (Opsional)
Dengan ini bermaksud untuk memberitahukan bahwa anak kami dengan nama (Ryan) Tidak Dapat mengikuti Pembelajaran di Kelas Dikarenakan Sakit.

Atas saran dokter, siswa tersebut diatas pun harus beristirahat total selama 3 – 7 hari Kedepan. Adapun bersama surat ini saya juga telah melampirkan surat keterangan izin dengan berfomat PDF dibawah. Demikian surat permohonan izin kami perbuat, atas perhatian Bapak/Ibu guru kami mengucapkan banyak terimakasih.

Hormat Kami,
Orang tua Siswa,

(Nama & tanda tangan)

Contoh Surat izin Lainnya

Jakarta, ………………………
Kepada Yth. Bapak / Ibu Wali Kelas 8
di SMPN…………..
Dengan hormat,
Yang bertanda tangan dibawah ini saya Orang Tua / Wali dari :
Nama :……………………………..
Kelas :……………………………..
Bersama ini saya memberitahukan bahwa anak kami saat ini tidak dapat
mengikuti pelajaran dikarenakan sakit. Oleh karena itu saya harap bapak/ibu memberikan izin.
Demikianlah surat ini saya buat. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.
Hormat saya,

(Nama Orang Tua)

Akhir Kata

Demikianlah informasi yang bisa kami tuliskan tentang cara membuat surat izin tidak masuk sekolah karena dengan tulisan tangan semoga bermanfaat dan bisa jadi referensi kamu dalam menulis surat izin yang benar dan baik.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.