Cara Mempromosikan Diri di Jobstreet Dengan Kalimat Yang Benar

Cara Mempromosikan Diri di Jobstreet

Banyak yang mencari informasi mengenai bagaimana cara mempromosikan diri di jobstreet dengan kalimat yang benar. Meskipun melamar di jobstreet bisa dibilang caranya sangat mudah, akan tetapi supaya para pelamar berhasil dipanggil oleh pemberi kerja maka harus bisa mempromosikan dirinya dengan baik.

Meskipun setiap perusahaan sekarang ini memberikan cara yang sangat mudah untuk proses melamar kerja, namun hal tersebut ternyata menyelesaikan sejumlah pelamar. Mengapa demikian? Dengan kemudahan untuk melamar tersebut artinya persaingan lebih ketat. Dengan sistem online jarak tidak menjadi penghalang bagi untuk ikut serta melamar pekerjaan.

Salah satu situs melamar pekerjaan yang paling populer adalah JobStreet. Situs ini menjadi salah satu yang paling mudah digunakan untuk mencari dan melamar pekerjaan. Setiap orang disini bisa membuat akun dan melamar sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Selain itu, banyak tersedia informasi lowongan kerja bisa diperoleh.

Cara Mempromosikan Diri di Jobstreet

Cara Mempromosikan Diri di Jobstreet

Di dalam JobStreet, hal yang penting juga dimiliki adalah kreativitas. Maksudnya di sini adalah Anda harus mampu mempromosikan diri kepada pemberi kerja dengan kalimat. Sehingga, mereka akan tertarik untuk mengikutsertakan harga tahapan berikutnya. Cara mempromosikan diri di jobstreet, Anda diminta untuk menggambarkan diri sendiri di dalam 300 karakter.

Di dalam 300 karakter tersebut harus mampu menggambarkan dan mempromosikan diri Anda sebaik mungkin. Jika berhasil, perusahaan akan melirik anda untuk menjadi salah satu kandidat yang diterima pekerjaan.

Ada beberapa poin penting seputar cara mempromosikan diri di jobstreet dengan jumlah 300 kata. Inilah hal-hal yang harus menjadi perhatian Anda:

  • Mampu menulis dengan gaya bahasa baik. Tulisan yang anda buat adalah hal yang akan memberikan kesan pertama tentang diri yang akan dipelajari oleh HRD.
  • Menyesuaikan posisi pekerjaan. Hal berikutnya yang harus anda ceritakan adalah mengenai posisi yang dilamar tersebut apakah memang telah sesuai dengan kompetensi atau kemampuan yang dimiliki. Contohnya, perusahaan ingin kandidat yang benar-benar competent.
  • Menghindari kalimat general. Sebaiknya Anda menghindari kalimat umum yang banyak dipakai orang. Contohnya kalimat seperti “saya akan berusaha keras….”. Kalimat general tersebut akan memberikan kesan anda kurang unik dan kreatif.

Baca juga: Aplikasi dan Situs Penggaris Online

Contoh Mempromosikan Diri di Jobstreet

Cara mempromosikan diri di jobstreet dengan 300 karakter saja memang bisa dibilang cukup sulit jika belum terbiasa. Namun, kalau sebelumnya sudah pernah atau sering membuat kalimat promosi untuk diri sendiri tentu akan mudah dilakukan. Ada dua poin yang perlu Anda lakukan.

Karena memang contoh yang tersedia tidak selalu sesuai dengan posisi yang hendak dilamar, maka dalam ulasan kali ini akan dijelaskan 2 poin ini. Nantinya, akan memperoleh gambaran lebih baik tentang bagaimana menyusun kalimat mandiri. Berikut ini kedua hal tersebut ;

Memperkenalkan Diri

Cara mempromosikan diri di jobstreet pada poin pertama ini bukan berarti lebih spesifik atau mendalam tentang siapa diri Anda. Alasannya, sudah tergambar dalam surat lamaran kerja atau curriculum vitae. Ini yang lebih menitikberatkan pada kemampuan atau skill yang dimiliki.

Anda bisa menceritakan lulusan dari kampus mana serta informasikan langsung tentang kemampuan yang dimiliki. Alasannya, ini akan semakin menarik minat HRD. Berikut ini adalah contoh untuk memperkenalkan diri.

“Saya adalah lulusan jurusan bahasa Inggris yang memiliki pemahaman tentang menulis artikel yang mumpuni jika berkaitan dengan soft selling dan hard selling, begitupun saya mempelajari dan banyak praktik tentang penggunaan SEO untuk artikel, selain itu saya mampu menerjemahkan dengan baik dan lancar dalam Bahasa inggris”

Ceritakan Seperti Apa Pengalaman Yang Dimiliki

Cara mempromosikan diri di jobstreet poin kedua ini merupakan hal yang menceritakan Seperti apa pengalaman anda. Pengalaman tersebut dapat bersifat bukti yang bisa langsung diamati oleh pihak HRD. Contoh di atas merupakan pengalaman yang menggambarkan bukti skill atau kemampuan.

Bagi Anda yang fresh graduate atau belum punya pengalaman bekerja di perusahaan, tentunya punya pengalaman ketika sekolah atau kuliah. Terlebih lagi jika memang merupakan lulusan SMK, langkah pasti banyak pengalaman magang. Contoh teks bagi fresh graduate yaitu sebagai berikut.

“Saat semester V, saya magang di salah satu perusahaam media yaitu Medika Suara. Selama magang saya mendapatkan pengalaman yang luar biasa, bahkan di akhir pertemuan ternyata saya terpilih menjadi pemagang paling rajin”

Beberapa contoh kalimat promosi lainnya yaitu sebagai berikut:

Desain Grafis

“Kemampuan saya terkait desain adalah saya bisa mengoperasikan banyak aplikasi desain seperti Adobe Ilustrator dan banyak yang lainnya. Disamping itu juga mempunyai pengalaman freelance desain grafis”

Marketing

“Lulusan SMK Pembangunan jaya. Mempunyai pengalaman marketing kurang lebih 6 bulan pada PT Wings Indonesia”

Staff IT

“Di penghujung semester V, saya mengikuti magang di salah satu perusahaan IT terbesar di Indonesia yaitu Tekomcel. Selama magang saya pernah memegang beberapa job desk yang dilakukan oleh IT support, kemudian dipercaya sebagai asisten programmer dan masih banyak lainnya”

Content writer

“Saya lulusan sarjana di Universitas Trisakti, mempunyai keahlian membuat artikel soft selling. Paham tentang seo dan mampu menerjemahkan dari bahasa Inggris ke Indonesia. Pernah magang di situs berita kompas.com”.

Baca juga: Symbol Aesthetic RP

Tips Dalam Mempromosikan Diri Di Jobstreet

Cara Mempromosikan Diri di Jobstreet

Ada beberapa tips yang bisa anda lakukan ketika mencoba cara mempromosikan diri di jobstreet. Sebelumnya, jika ingin mempromosikan diri atau melamar pekerjaan itu dilakukan dengan 300 karakter saja. Ini yang bisa anda aplikasikan:

Menulis Dengan Bahasa Baik Dan Benar

Cara mempromosikan diri di jobstreet lainnya, Sebuah tulisan akan semakin enak dibaca jika ditulis dalam bahasa yang baik dan benar. Peletakan tanda baca, huruf besar kecil, serta efektivitasnya akan mencerminkan intelektualitas.

Berikutnya, akan menjadi nilai tambah tersendiri jika memang dituliskan dengan bahasa Inggris. Bagi Anda yang memang belum mengetahui artinya bisa langsung mencari di handphone.

Mengukur Kemampuan Sesuai Dengan Posisi

Skill lain yang harus dimiliki oleh seorang pencari kerja yaitu pastikan bahwa skill memang hal yang telah dimiliki. Bagi para pemberi kerja, ini sangatlah penting karena dari pemberi kerja melakukan analisa apakah posisi yang dilamar sesuai dengan kemampuan.

Menghindari Hal Generic Dicantumkan

Cara mempromosikan diri di jobstreet lainnya dengan Generik disini artinya lebih umum. Cobalah untuk tidak menggunakan kata-kata yang sering kali dikeluarkan boleh pelamar lainnya. Contoh beberapa kalimat tersebut yaitu sebagai berikut:

“Saya sangat mengharapkan diterima”

“Saya akan memberikan usaha maksimal untuk kemajuan perusahaan”.

Hindari mencantumkan kata-kata tersebut di dalam profil JobStreet. Kata-kata yang terlalu sering di ucapkan, di dalam dunia kerja bisa membuat berbagai informasi menjadi lebih mudah didapatkan.

Jika memang Anda sudah lama mendaftar di jobstreet dan sekarang tidak kunjung untuk dipanggil oleh HRD, mungkin butuh diperiksa lebih lanjut lagi.

Baca juga: Cara Menambah 5000 Followers Gratis

Kesimpulan

Kesimpulannya, sebagai salah satu situs pencarian kerja terkenal di Indonesia jobstreet memang harus dimaksimalkan sebaik mungkin. Dengan cara mempromosikan diri di jobstreet menggunakan berbagai informasi yang sesuai dan terukur, maka kemungkinan Anda bisa diterima akan lebih besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.