Cara Menggunakan Google Sound Of Text Untuk Narasi Video

Google Sound Of Text

Pastinya kamu sering mendengar suara-suara seperti robot atau seperti layanan Google asisten dalam bentuk narasi video youtube. narasi tersebut sebenarnya merupakan perubahan dari kata atau kalimat yang dirubah menjadi suara oleh fitur yang ada di dalam Google sound of text.

Tentang Google Sound of Text

Sound of text memang bisa diakses secara gratis namun hanya bisa memberikan beberapa jenis suara saja yaitu suara laki-laki dan suara perempuan yang terdengar sangat formal seperti robot.

Bagi konten kreator yang kesulitan untuk merekam suara atau merasa malu untuk mereka  suaranya pasti dengan menggunakan fitus sound of text. Bisa memberikan banyak kemudahan untuk membuat video-video yang nantinya bisa ditayangkan di Youtube mereka.

Namun sebenarnya terkadang suara yang dihasilkan oleh Google Sound Of Text tidak terdengar natural dan sulit untuk dipahami bagi beberapa orang. Tapi tetap saja menggunakan sound of text bisa membuat pekerjaan untuk membuat konten menjadi lebih ringan dan instan.

Selain itu penggunaan Google Sound Of Text bisa membuat pengeluaran Youtuber dalam pembuatan kontennya menjadi lebih murah. Karena pembuat konten tidak perlu membeli sound recording dan berbagai perlengkapan recorder suara lainnya.

Menggunakan sound of text dalam membuat narasi juga lebih cepat karena bisa langsung mengcopy paste dari artikel yang ada di internet kemudian dirubah menjadi suara. Banyak yang sudah menggunakan metode narasi menggunakan sound of text untuk membuat konten-konten youtube dan ternyata banyak juga yang sudah berhasil dan terkenal.

Baca juga: Cara Membuat Sound Of Text Madura

Cara Menggunakan Google Sound Of Text

Untuk menggunakan sound of text bisa mengikuti beberapa langkah sederhana, namun belum ada fitur resmi dari  Google untuk membuat sound of text. Artikel ini akan membahas langkah membuat sound of text menggunakan tools yang ada di inernet.

Berikut ini cara menggunakan Google Sound Of Text dengan mudah.

1. Bukalah Situs Sound Of Text

Google memang mempunyai fitur sound of text namun hasil outputnya tidak bisa disimpan dalam bentuk file mp3 sehingga tidak bisa dijadikan alat untuk membuat narasi. Situs Soundoftext.com sendiri sudah memberikan layanan perubahan kata menjadi suara secara gratis dan mempunyai tampilan yang sangat memudahkan pengguna didukung dengan prosesnya yang cepat.

Walaupun bukan aplikasi resmi dari Google, namun memang ada beberapa batasan dalam melakukan converting suara.

2. Masukkan Kata-Kata 

Jika anda scroll sedikit ke bagian bawah akan ada tampilan isian teks dan pilihan suara yang ingin dihasilkan nantinya dari pembuatan Google teks menjadi suara ini. Adapun Teks yang di berikan oleh sound of text ada batasannya, maksimal kamu hanya bisa menuliskan 200 karakter saja setiap kali melakukan convert.

Jika ingin menggunakan lebih banyak karakter bisa membayar 5 dolar per bulan untuk mendapatkan fitur premium dari soundoftext.com.

Jika membayar 5 dolar kamu akan mendapatkan pengalaman merubah suara yang lebih lengkap karena sudah dibuat oleh developer yang lebih profesional. Kamu bisa mendapatkan aplikasi dengan tampilan serta fitur-fiturnya yang lebih memudahkan.

Selain itu hasil output yang didaptkan juga beragam bisa dipilih sesuai keinginan. Kebanyakan pemirsa youtube pastinya lebih menyukai konten yang lebih menarik dan berbeda dari konten-konten lainnya. Apalagi jika mendengarkan suara yang lebih enak didengar.

3. Pilih Suara

Pada situs sound of text ini untuk versi gratisnya hanya ada beberapa pilihan suara dari beberapa negara saja. Sementara jika membayar kamu sudah bisa mendapatkan lebih dari 34 pilihan suara dari negara yang berbeda tanpa batasan karakter. Pilihlah suara-suara sesuai kebutuhan untuk membuat konten youtube.

Alat Text to Spech alias Sound Of Text ini sebenarnya menggunakan mesin yang sama dengan yang membuat Terjemahan pada alat penelusuran suara namun sudah menambahkan fitur simpan file. Selain itu menggunakan sound of text juga bisa memilih suara lain sesuai kebutuhan.

4. Klik Tombol Submit

Setelah menuliskan kata-kata yang akan diubah menjadi suara kemudian klik pada tombol submit yang berwarna hijau. Tunggu sebentar dan scroll ke bawah maka akan muncul pilihan untuk mendownload file yang menandakan bahwa proses perubahan kata menjadi suara sudah selesai.

5. Lalu Download File

Langsung klik saja pada tombol download untuk menyimpan file dalam bentuk MP3 ke dalam file manager. File mp3 sudah siap dan bisa diedit untuk digabungkan menjadi video dalam konten youtube.

Baca juga: Sound of Text Anime

Kesimpulan

Pada dasarnya fitur Google sound of text belum tersedia secara official, sound of text pada Google hanya sekedar perubahan kata menjadi suara dan tidak bisa disimpan. Namun fitur ini terkadang banyak dibutuhkan, salah satunya untuk membuat narasi pada pembuatan konten Youtube.

Sehingga kemudian banyak yang membuat situs converter atau sound of text yang mempunyai fitur tambahan yaitu bisa menyimpan file hasil convert kata menjadi suara. Namun penggunaan sound of text yang ada di internet dibatasi dalam versi gratisnya, pengguna harus membayar untuk mendapatkan kuota sound of text yang lebih banyak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.