Javasiana.com Pecandu teknologi, Suka berbagi tips dan trik bermanfaat untuk anda semua.

Ukuran Kertas F4 atau Kertas Folio dalam Mm, Cm, Inci dan Pixel

3 min read

Ukuran Kertas F4

Ukuran kertas F4 mungkin tak begitu familiar dibanding kertas folio. Buat yang belum tahu F4 adalah nama lain dari kertas folio. Hanya saja, masih jarang yang tahu ukuran persisnya kertas ini baik dalam mm, cm bahkan pixel dan inci.

Agar tidak bingung lagi, penjelasan tentang kertas F4 dapat cek lengkap beserta kegunaannya dalam pembahasan artikel kali ini. 

Ukuran Folio atau Kertas F4 dalam Mm, Cm, Inci dan Pixel

Setiap kertas memiliki parameter ukuran tersendiri pada standar tertentu. Termasuk jenis F4 yang terkenal dengan istilah folio dan memiliki ciri kertas cetak bergaris seperti buku tulis. Tak beda jauh dari seri lainnya, kertas F4 memiliki banyak jenis mulai dari F0 hingga F10.

Secara lengkap untuk jenis F0 hingga F10 dapat cek berikut ini dalam mm atau satuan milimeter (jenis kertas, lebar, panjang):

  • Kertas F0 : 841 mm x 1321 mm
  • Kertas F1 : 660 mm x 841 mm
  • Kertas F2 : 420 mm x 660 mm
  • Kertas F3 : 330 mm x 420 mm
  • Kertas F4 : 210 mm x 330 mm
  • Kertas F5 : 165 mm x 210 mm
  • Kertas F6 : 105 mm x 165 mm
  • Kertas F7 : 82 mm x 105 mm
  • Kertas F8 : 52 mm x 82 mm
  • Kertas F9 : 41 mm x 52 mm
  • Kertas F10 : 26 mm x 41 mm

Semakin ke bawah ukurannya semakin mengecil. Setiap seri F dapat pula mengubahnya menjadi ukuran lain tergantung kebutuhan baik saat mendesain di Word atau Excel. Khusus F4 pembahasan tentang satuan secara lengkap adalah sebagai berikut:

1. Kertas F4 dalam Mm

Dalam data sebelumnya ukuran kertas F4 dalam mm adalah 210 mm x 330 mm. Artinya kertas folio F4 memiliki lebar 210 mm dan panjang 330 mm. Ukuran yang satu ini sangat tepat untuk berbagai keperluan dan penggunaan tertentu.

2. Kertas F4 dalam Cm

Apabila satuannya cm, ukuran kertas F4 adalah 21 cm x 33 cm. Dengan begitu lebarnya 21 cm dan panjang 33 cm. Dalam penggunaan untuk desain tertentu, ukuran kertas f4 cm penting diketahui secara lebih rinci.

Terlebih ketika menggunakan ukuran kertas F4 di Word, jangan sampai kekeliruan ukuran terjadi. Kadang ukuran tak tepat berpengaruh pada margin, jenis huruf hingga yang lainnya dapat terpotong tak sesuai keinginan.

3. Kertas F4 dalam Inci

Ukuran kertas dapat pula diketahui dengan satuan dalam inci. F4 dalam inci 8,27 x 12,99 inci artinya lebar 8,27 inci dan panjang 12,99 inci. Untuk panjang pembulatannya menjadi 33 inci.

4. Kertas F4 dalam Pixel

Selain millimeter, centimeter dan inci ada pula ukuran pixel. Pada umumnya pixel ini berhubungan dengan editing foto di HP atau PC. Ukuran foto digital dengan standar tertentu biasanya memerlukan syarat tertentu agar hasil optimal.

Ukuran kertas F4 dalam pixel dalam 300 ppi adalah 2480 px x 3898 px. Artinya kertas memiliki lebar 2480 pixel dan panjang 3898 pixel. Ukuran yang ada akan mempengaruhi warna desain apakah lebih jelas, sangat jelas atau biasa saja. 

Saat melakukan cetak ukuran pixel ini berpengaruh pada jelas tidaknya warna yang ada. Semakin besar ukurannya akan memperjelas gambar agar tidak blur. Desain grafis membutuhkan ukuran detailnya untuk hasil maksimal.

Baca juga:

Mengatur Kertas F4 dalam Word dan Excel

Ukuran kertas terdapat dalam pengaturan sistem operasi Microsoft Word dan Excel. Untuk melakukan pengaturan ketika akan menggunakan ukuran tersebut butuh tahu cara lengkap. Ada beberapa langkah berbeda ketika menggunakan Word atau Excel.

Meskipun begitu sangat mudah sehingga pengaturan ukuran kertas folio F4 bisa selesai tidak membutuhkan waktu lama. Agar tidak penasaran cara pengaturannya bisa cek lengkap berikut ini.

1. Mengatur Kertas F4 untuk Word

  1. Pertama, masuk Word dan klik tab ‘Page Layout’, kemudian pilih ‘Size’. Terlihat berbagai ukuran kertas yang dapat dipilih di sana.
  2. Jenis F4 tidak tertera dalam list yang dipilih untuk itu klik ‘More Paper Size’ pada bagian paling bawah.
  3. Akan muncul jendela pop-up, silakan pilih ‘Paper’ kemudian tulis pada kolom ‘Width’ 21.59 cm dan pada kolom ‘Height’ tulis 33 cm. Apabila mengubah ukuran kertas f4 dalam inci tulis satuan 8.5’ pada kolom ‘Width’ dan 33’ pada kolom ‘Height’. 
  4. Kemudian tekan ‘Ok’ dan setting kertas berubah ke F4.

2. Mengatur Kertas F4 untuk Excel

  1. Masuk ke Excel lalu pilih tab ‘Page Layout’ dan opsi ‘Size’.
  2. Ketika ada pilihan opsi dan pilih ‘Folio’.
  3. Kemudian atur kertas sesuai kebutuhan baik landscape atau portrait.
  4. Lalu klik ‘Ok’ untuk menyelesaikan pengaturan kertas F4.

Dengan mengetahui langkah mengatur ukuran folio di Word dan Excel akan memudahkan dalam berbagai pekerjaan. Ukuran tepat saat akan mencetaknya di printer lebih tepat dan pas tanpa perlu melakukan kesalahan.

Namun, perlu diingat jangan keliru F4 dan A4. Memang mirip sekali jika tidak disebutkan dengan jelas. A4 memiliki ukuran sendiri yang berbeda dengan folio. Sebetulnya apa saja kegunaan kertas ukuran folio ini?

Kualitas dan Berat Kertas F4

Berdasarkan berat kertas atau gramasi yang biasa pula dengan sebutan GMS. Gramasi untuk F4 ada 3, yaitu:

  • 60 GMS
  • 70 GMS
  • 80 GMS

Berat kertas akan berpengaruh terhadap kualitasnya. Semakin berat akan semakin bagus dan ketebalannya memang mempengaruhi penggunaan. Sehingga dapat diketahui bahwa kertas F4 yang memiliki kualitas paling bagus adalah 80 GMS.

Kegunaan Kertas F4

Kertas F4 memiliki kegunaan bagi kehidupan keseharian atau urusan pekerjaan. Secara lengkap, kegunaan kertas folio adalah sebagai berikut:

1. Mengerjakan Laporan

Kegunaan yang sering digunakan adalah untuk mengerjakan laporan. Misalnya laporan pekerjaan, laporan riset ataupun catatan tertentu. Melihat kertas cetaknya yang bergaris, akan memudahkan pembuatan laporan agar hasilnya rapi dan mengesankan.

2. Pengisian Formulir

Kegunaan berikutnya untuk pengisian formulir pendaftaran atau yang lainnya. Formulir yang dimaksud cakupannya luas dan tergantung kebutuhan. Adanya folio dengan parameter standar baik satuan cm atau mm dan pixel memudahkan dalam penggunaannya.

3. Lembar Jawaban

Kertas F4 sering digunakan juga sebagai lembar jawaban ujian secara manual. Penggunaannya memudahkan peserta ketika menulis, menghitung sebagai jawaban dari soal yang diberikan.

Jawaban secara manual memang lebih nyaman di kertas bergaris dan tidak polos seperti HVS. Ukurannya tepat dan pas dengan lembaran dua buah yang dilipat cocok sebagai lembar jawab ujian atau tes.

Masih banyak kegunaan lain dari jenis folio ini sehingga mengetahui detail akan ukuran kertas F4  memang penting. Satuan mana yang akan digunakan tergantung kebutuhan agar tidak keliru dalam penggunaannya. Semoga informasi di atas menambah wawasan!

Javasiana.com Pecandu teknologi, Suka berbagi tips dan trik bermanfaat untuk anda semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.