1 MB Berapa KB? dan Apakah Mbps Sama dengan Megabytes?

1 MB Berapa KB? dan Apakah Mbps Sama dengan Megabytes?

Gigabytes (Gb), Megabytes (Mb) maupun Kilobytes (Kb) merupakan satuan yang biasa digunakan dalam pemakaian kuota internet. Namun tahukah Anda 1 MB berapa KB? Bagi Anda yang belum mengetahuinya, maka Anda bisa menyimak informasi di bawah ini.

Karena sebagaimana diketahui, dengan meluasnya jaringan internet hingga ke pelosok, memungkinkan internet kini bisa digunakan oleh hampir semua orang. Dengan kata lain, bagi setiap pengguna internet, satuan GB, MB, maupun KB pada kuota internet merupakan hal yang sudah tidak asing lagi di telinga. Meskipun demikian, masih banyak orang yang belum mengetahui berapa kisaran 1 MB, jika dikalkulasikan dalam satuan KB.

1 MB Berapa KB? Yuk Cari Tahu Pengertian dari Megabytes (Mb) dan Kilobytes (KB) Tersebut!

Bukan hanya pada pemakaian kuota internet saja, ternyata penggunaan Megabytes (MB) dan juga Kilobytes (KB) ini juga biasa digunakan dalam sistem komputer. Dimana kedua satuan tersebut (MB dan KB) digunakan sebagai satuan penyimpanan data.

Selain Megabytes dan juga Kilobytes, ada juga satuan lainnya yang dikenal dengan istilah Megabit (Mb) dan juga Kilobit (Kb). Meskipun demikian, masih banyak orang yang salah mengartikannya, yang mana Megabytes dan Megabit adalah sama. Begitu juga dengan Kilobytes yang sering diartikan sebagai satuan yang sama dengan Kilobit.

Namun sebenarnya keduanya jelaslah berbeda. Dimana Megabytes ditulis dengan MB, dan Kilobytes dengan KB. Sedangkan Megabit ditulis Mb, dan Kilobit dengan Kb. Bukan hanya itu saja, perbedaan antara MB dan MB, serta KB dan Kb ini juga terletak dari jumlah kapasitas penyimpanan data serta kecepatan dalam mengakses data.

Pertanyaannya kini, 1 MB berapa KB? Sebelum membahas hal tersebut, maka ada baiknya Anda mencari tahu mengenai pengertian dari Kilobytes (KB) dan juga Megabytes (KB), serta kaitannya dengan biner (bit), Kilobit (KB), dan juga Megabit (Mb).

Biner atau yang dikenal dengan bit, merupakan satuan penyimpanan data internet terkecil. Biasanya angka yang ada pada Biner (bit) ini hanya terdiri dari angka 0 dan juga 1. Dimana angka 0 menunjukkan sinyal listrik yang mati (off). Sementara angka 1 untuk menunjukkan sinyal listrik yang ada pada komputer dalam keadaan menyala (on).

Dari Biner (bit) inilah yang nantinya akan menentukan satuan penyimpanan data komputer untuk kapasitas sebesar 1 kilobit (Kb), dan juga 1 Megbit (Mb). Khusus dalam pemakaian kuota internet, bit biasanya digunakan untuk menentukan kecepatan internet dalam mengakses data. 

Sedangkan Bytes yang menjadi salah satu penentu dalam satuan Kilobytes (KB) dan Megabytes (MB), merupakan satuan informasi yang memiliki satuan yang lebih besar dari bit (biner). Dimana dalam 1 Bytes ini biasanya terdiri dari 8 bit. 

Jika demikian adanya, berapa bit yang ada dalam 1 kilobytes? dan 1 MB berapa KB? Untuk lebih jelasnya mengenai hal itu, maka Anda bisa menyimak sejumlah penjelasan yang akan diberikan dalam pembahasan di bawah ini.

Baca juga:

Berapa Kapasitas 1 MB Jika Dikalkulasikan dalam Satuan KB?

Secara garis besar, penghitungan satuan bytes, yang didalamnya ada Kilobytes (KB), Megabytes (MB), dan juga Gigabytes (GB), terdiri dari penghitungan dalam satuan biner, maupun satuan desimal.

Dengan demikian, jika Anda ingin mengetahui mengenai 1 MB berapa KB ini, maka Anda akan mendapatkan 2 hasil yang berbeda. Dimana hasil pertama adalah satuan 1 MB dalam 1 KB berdasarkan satuan biner.

Sementara hasil yang lainnya, yaitu satuan yang akan Anda peroleh dalam satuan desimal. Bilamana Anda memang ingin mengetahui 1 MB berapa KB dalam satuan desimal. Untuk mengetahui jawabannya bisa Anda simak penjelasan berikut ini!

Pada umumnya, dalam satuan Kilobytes terdiri dari 1000 Bytes, jika dihitung dalam bilangan desimal, dan 1024 Bytes jika dihitung dalam bilangan Biner. Dengan demikian, maka dalam 1 Megabytes (MB), bilamana dikalkulasikan ke dalam satuan Kilobytes (KB), maka akan menghasilkan satuan sekitar 1000 Kilobytes (KB), jika dihitung dalam satuan desimal. 

Sedangkan jika dihitung dengan bilangan biner, maka 1 MB berapa KB? Tentunya yaitu sekitar 1024 Kilobytes (KB). Dengan demikian, jika dalam 1 Bytes terdiri dari 8 bit, maka dalam 1 Kilobytes terdiri dari 8000 bit. Jika perhitungan mengenai Bit ini dihitung berdasarkan bilangan desimal.

Apakah Megabytes (MB) dan Mbps Itu Sama?

Meskipun sekilas hampir mirip, namun sebenarnya Mbps dan juga Megabytes (MB) jelaslah berbeda. Dimana Mbps merupakan singkatan dari Mega byte per second, yang diartikan sebagai Megabit dalam satuan detik.

Dengan kata lain, jika kuota internet Anda muncul dalam bentuk Mbps, maka hal tersebut diartikan sebagai Megabit per second, dan bukanlah dalam satuan Megabytes (MB). Begitu juga dengan satuan Kbps, yang mana hal ini diartikan sebagai Kilobit per second, dan bukanlah sebagai Kilobytes (KB).

Salah satu contohnya yaitu jika kuota internet Anda memuat 288 Kbps, maka sebenarnya kuota yang tersisa hanyalah sekitar 36 MB. Mengapa dikatakan demikian? Karena sebagaimana yang telah dijelaskan dalam pembahasan sebelumnya, bahwa dalam 1 Bytes terdiri dari 8 bit. Dengan demikian, jika kuota internet Anda adalah 288 Kbps, maka dalam satuan Kilobytes, kuota internet Anda hanya sekitar 36 KB.

Baca juga:

Panduan Mengenai Satuan MB Jika Dikalkulasikan Menjadi KB

Bagi Anda yang masih bingung dengan satuan MB bilamana dikalkulasikan dalam satuan Kilobytes (KB), maka selain informasi mengenai 1 MB berapa KB diatas, maka Anda juga bisa menyimak sejumlah panduan berikut ini. 

Dimana panduan tersebut bisa Anda gunakan untuk mencari tahu mengenai berapa satuan Kilobytes yang diambil dari 2 MB ataupun lebih, yang dihitung dengan bilangan biner maupun desimal. Namun sebelum Anda menyimak panduan tersebut, ada perlu tahu bahwa dalam penghitungan desimal, terdiri dari 10 angka, yang dimulai dari basis angka 0 hingga basis angka 9.

Sementara pada penghitungan satuan biner, angka yang digunakan hanya terdiri dari basis 2 angka saja. Diantaranya angka 0 dan juga angka 1 saja. Untuk lebih jelasnya mengenai penghitungan satuan MB dengan penghitungan biner dan desimal, selain satuan 1 MB berapa KB diatas, yuk simak informasinya berikut ini!

Satuan MBPerhitungan Desimal Perhitungan Biner 
        2 MB       2000 KB         2048 KB
        3 MB       3000 KB        3072 KB
        4 MB      4000 KB         4096 KB
        5 MB       5000 KB        5120 KB
        6 MB      6000 KB        6144 KB
        7 MB      7000 KB        7168 KB
        8 MB      8000 KB        8192 KB
        9 MB       9000 KB        9216 KB
      10 MB     10000 KB      10240 KB

Demikian informasi mengenai Kilobytes dan Megabytes (MB) serta kaitannya dengan Kilobit (Kb) dan juga Megabit (Bit). Semoga penjelasan diatas bisa menambah pengetahuan Anda mengenai penghitungan 1 MB berapa KB, jika dihitung dalam satuan desimal dan juga biner.

Bukan hanya itu saja, semoga informasi diatas juga bisa bermanfaat bagi Anda untuk memahami kecepatan data yang sering muncul dalam notifikasi kuota internet yang Anda gunakan. Jadi kini, Anda bisa membedakan antara Mbps dan juga Megabytes (MB), bukan?

Tinggalkan komentar