Apa itu OVT di RP (Roleplayer)? Berikut Penjelasan dan Artinya

Apa itu OVT di RP

Informasi tentang apa itu OVT di RP memang kini begitu banyak dicari artinya. Di masa modern seperti sekarang, memang banyak sekali cara-cara yang dilakukan oleh anak muda dalam bersosialisasi. Interaksi dengan menggunakan media sosial lebih intens dan salah satu yang sekarang ini banyak diminati yaitu permainan roleplayer.

Istilah ini sebenarnya bukanlah hal yang baru di masa digital. Ada banyak para roleplayer yang viral dan muncul di berbagai media, misalnya di TV. Kalau anda juga penasaran dengan aktivitas yang satu ini, memang tidak ada salahnya untuk tahu cara memainkannya dan sejumlah istilah yang ada di dalamnya.

Definisi Roleplayer dan Apa itu OVT di RP?

Definisi dari roleplay merupakan istilah yang biasanya disingkat dengan Rp. Saat memainkannya, biasanya adalah dengan berperan sebagai seorang artis atau tokoh. Untuk bisa bermain game ini salah satu hal yang dimiliki yaitu wajib punya media sosial.

Baca juga: Apa itu DDK di RP (Roleplayer)?

Apa Saja Kegiatan Dalam RP?

Pada dasarnya permainan ini salah satu tujuannya yaitu mempromosikan tokoh atau idola yang sedang digemari oleh seseorang. Misalnya ada seorang pendatang baru di dunia musik, kemudian ada yang menggemarinya. Atau bisa juga untuk hal lainnya, misalnya percakapan dengan siapapun yang paham apa itu OVT di RP.  Ada sejumlah aktivitas atau kegiatan yang dilakukan yaitu sebagai berikut:

1. Membuat Akun Sosial Media

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memiliki social media karena memang akan menjadi sarana untuk berinteraksi. Tidak hanya bermain saja, siapapun yang berperan sebagai role player harus melakukan kegiatan yang biasanya dikerjakan sang idola.

2. Mampu Melayani dengan Fantalk dan Fanservice

Seorang roleplayer juga harus berinteraksi dengan siapapun yang menyapanya. Istilah fantalk adalah kegiatan untuk berinteraksi dengan penggemar menggunakan chatting. Ini bertujuan untuk menghibur siapapun yang belum pernah berinteraksi dengan idolanya agar seolah-olah berbicara dengannya.

Sebagai tambahan, roleplayer juga harus mau melakukan fanservice. Pengertiannya adalah mau memenuhi apa yang diinginkan oleh orang yang menjadi fansnya. Misalnya untuk berpose sesuai permintaan untuk kemudian dikirimkan ke fans tersebut.

3. Melakukan Hal Yang Umumnya Dilakukan Artis

Aktivitas berikutnya yang dilakukan adalah berperan apa yang dilakukan sehari-hari oleh artis yang diperankannya. Dalam hal ini, seorang roleplayer melakukan kegiatan mulai dari update status aktivitas yang sedang dilakukan, membuat apa saja jadwal kegiatan, dan sebagainya. Selanjutnya, diberitahukan kepada para penggemar via sosial media.

4. Mendalami Sifat Dan Karakter

Kegiatan selanjutnya yang dikerjakan roleplayer tentu bagaimana memiliki sifat dan karakter dari artis idola yang diperankan. Jika si artis punya sifat pemarah, humoris, ceria, pendiam, dan sebagainya, juga harus bisa diikuti.

Lebih dari itu, sekarang ini RP semakin berkembang juga. Ada yang hingga sampai memerankan orang-orang terdekat dari si artis, misalnya orang tua atau saudara kandung. Variasi variasi ini memang merupakan improvisasi pemainnya.

Baca juga: Apa itu LPM RP?

Berbagai Singkatan OVT

Sebelum membahas mengenai apa itu OVT di RP, Ada sejumlah singkatan lainnya dari kata ini yang banyak digunakan dan ditemui dalam berbagai referensi. Agar tidak salah, berikut ini adalah sejumlah singkatan yang serupa namun tidak memiliki arti yang sama.

Beberapa kepanjangan dari OVT antara lain online video tutorial atau online video training, apabila berhubungan dengan istilah pada les online. Ada juga istilah official variety trial, apabila berkaitan dengan layanan produk. Ada lagi kepanjangan lainnya misalnya our voice together atau offset vector tile.

Namun, dalam artikel kali ini tentu singkatan tersebut dalam lingkup Roleplay. Mengenai arti dari OVT sendiri yaitu over thinking. Pengertiannya sendiri yaitu seseorang yang terlalu berpikiran berlebihan dan khawatir terhadap apa yang terjadi nantinya.  Kekhawatirannya yang berlebihan tersebut selanjutnya bisa membuat orang lain berpikiran dan atau berpendapat itu hanya sugesti saja. Pada realitanya apa yang akan terjadi tidak seburuk itu.

Contoh Penggunaan Kata Di Dalam Percakapan

Setelah tahu apa itu OVT di RP, selanjutnya bagaimana menggunakannya? Pemakaian bahasa gaul ini di dalam percakapan pada prinsipnya sebenarnya mudah. Seperti contoh yang akan disebutkan di bawah ini:

A: Bagaimana ya, apakah besok kita masih bisa bekerja disini atau tidak?

B: Tenang saja, Kamu jangan terlalu OVT dulu karena sejauh ini prestasi kita di kantor masih dianggap baik.

Contoh percakapan lainnya:

A: Duh, apakah aku dapat nilai bagus atau tidak ya di ujian tadi?

B: Sebaiknya kamu jangan terlalu OVT, bukankah tadi kamu mengerjakan tugas dengan percaya diri dan bahkan keluar ruangan lebih cepat?

Penggunaan istilah ini untuk percakapan lainnya bisa semakin dilakukan improvisasi sesuai dengan kondisi dan kebutuhan. Hal yang penting, maksudnya tidak melenceng dari arti awal.

Jadi, apa itu OVT di RP memang harus dipahami dahulu sebelum mulai berkomunikasi dengan orang lain. Tujuannya, supaya menghindari kesalahpahaman yang mungkin terjadi. Dengan begitu, Anda akan semakin terlihat gaul dan keren saat memakai kata ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.