Arti PC, PM, PING, TC, VN, Available dan VC di WA (WhatsApp)

Arti PC, PM, PING, TC, VN, Available dan VC di WA

WhatsApp merupakan aplikasi pesan terpopuler di dunia dengan jumlah pengguna hingga 2 miliar lebih. Seiring popularitasnya tersebut, kini muncul banyak singkatan khusus antar penggunanya. Mulai dari arti PM, PC, PING, TC, VN, available, VC, P, busy, bck, BC, UP, kirkon, SW di WA (WhatsApp).

Apa Arti Singkatan Gaul Yang Populer di WhatsApp?

Meskipun aktif menggunakan WhatsApp setiap hari, tak semua orang tahu arti dari berbagai singkatan populer yang Anda di WA. Supaya tidak terjadi miskomunikasi, perhatikan arti dari masing-masing singkatan populer di WA terbaru berikut ini.

Arti PC di WhatsApp

Apa arti PC di WA? PC adalah singkatan dari personal chat. Artinya sama saja dengan PM seperti pembahasan sebelumnya. Intinya, mengajak seseorang untuk berkomunikasi secara pribadi melalui aplikasi pesan langsung. Jika minta PC di WhatsApp, itu artinya mengajak chatting di WhatsApp.

Jadi sudah jelas ya bagian kalian mengenai apa arti pc di wa? selanjutnya masih banyak arti dan istilah penting lainnya yang wajib anda ketahui sebagai pengguna aplikasi whatsapp.

Baca juga: 8 Cara Mendapatkan Nomor WA Artis

Arti PM di WhatsApp

Apa yang dimaksud dengan PM? PM adalah singkatan dari personal message atau yang berarti pesan personal. Jika seseorang mengajak Anda PM, itu artinya dia ingin chatting secara personal (dua arah) tanpa ada pihak ketiga.

Biasanya hal ini terjadi ketika dua pengguna baru saja komunikasi di dalam grup atau komentar di sebuah postingan media sosial, seperti Facebook atau Instagram. Jadi, karena di grup atau kolom komentar tersebut sifatnya publik, pengguna mengajak PM agar lebih privat.

Selain di WhatsApp, PM ini sebenarnya juga populer di berbagai media sosial lainnya. Mulai dari Facebook, Instagram, Twitter, dll. Kadang ada juga yang menyebutnya dengan istilah DM (Direct Message), PC (Personal Chat), atau japri (jalur pribadi).  

Arti PING di WhatsApp

PING merupakan fitur milik aplikasi Blackberry Messenger (BBM) yang memungkinkan pengguna ‘mengetuk’ kontak seseorang. Fitur ini semacam tes kontak seseorang sebelum mengirimkan pesan padanya. Jadi, sebelum mengajak seseorang chatting, pengguna BBM mengirim PING terlebih dulu.

Kebiasaan para pengguna BBM ini pun akhirnya terbawa pada para pengguna WA. Meskipun di WA tidak terdapat fitur PING, namun beberapa pengguna biasanya mengetik PING secara manual sebelum chatting seseorang.

Arti TC di WhatsApp

Apa arti TC di WA? TC adalah singkatan dari test contact. Biasanya seseorang mengirim pesan TC untuk mengawali chatting seperti halnya PING. Biasanya beberapa orang juga sengaja mengirim TC ke banyak kontak sekaligus untuk mengecek daftar kontak di HP-nya yang masih aktif atau tidak.

Arti VN di WhatsApp

VN adalah singkatan dari voice note atau pesan suara. Ini merupakan fitur WhatsApp yang memungkinkan pengguna mengirim pesan berupa suara. Artinya, jika seorang pengguna mengatakan dia ingin mengirim VN, maka pesannya berupa rekaman suara (bukan ketikan).

Anda juga bisa mengirim VN kepada pengguna WA lainnya. Caranya, tekan dan tahan ikon speaker warna hijau yang ada di pojok kanan bawah sebelah kolom mengetik pesan. Lalu, ucapkan pesan yang ingin Anda sampaikan dengan merekam suara ke HP Anda.

Jika sudah, lepaskan tangan Anda dari ikon speaker tadi dan pesan suara Anda pun otomatis terkirim ke penerima pesan. Cara ini memudahkan Anda saat ingin mengirim pesan panjang tanpa perlu susah payah mengetiknya. Sehingga Anda pun bisa mengirim pesan lebih cepat.

Baca juga: 1000+ Nama Kontak WA Unik, Keren dan Lucu

Arti Available di WhatsApp  

Apa arti available di WA? Available menunjukkan status akun WA seseorang tengah aktif. Biasanya beberapa pengguna menyelipkan status ‘Available’ ini pada bio WA. Itu artinya, pengguna tersebut bisa menerima pesan atau telepon dari Anda. Namun, bukan berarti dia bisa membalas secepatnya.

Arti VC di WhatsApp 

VC merupakan singkatan dari video call. Yakni fitur yang memungkinkan antar pengguna WhatsApp saling bertelepon dan mengirimkan video dirinya sendiri secara real time. Artinya, Anda bisa mengirim suara sekaligus video Anda pada saat menelpon.

Selain mengirim VC secara pribadi kepada seseorang, Anda juga bisa mengajak banyak orang untuk video call sekaligus. Biasanya beberapa pengguna grup WA yang tergabung dalam grup WhatsApp memanfaatkan fitur ini untuk video call bersama.

Arti P di WhatsApp 

Kadang, beberapa pengguna WA juga sering mengirim pesan berupa huruf P saat mengawali percakapan. Itu bukan typo atau salah ketik ya!

P adalah singkatan dari Ping. Seperti pembahasan sebelumnya, karena di WA tidak terdapat fitur PING, maka pengguna harus mengetiknya secara manual. Akhirnya pengguna WA hanya mengetik huruf P untuk menyingkat istilah PING.

Tak jarang, pengguna mengirim huruf P berkali-kali (spamming) jika penerima pesan tidak segera membalas pesannya. Hal itu ia lakukan supaya penerima pesan segera membalas pesannya di WA.

Arti Busy di WhatsApp

Busy adalah status akun WA seseorang yang ada di bionya. Artinya, pengguna WA tersebut sedang sibuk dan tidak bisa membalas pesan/ telepon yang masuk secara cepat. Kadang, hal itu juga sebagai kode bahwa pengguna WA tersebut enggan menerima pesan/ telepon dari orang lain.

Arti Bck di WhatsApp

BCK merupakan singkatan dari back/ kembali. Biasanya pengguna WA memanfaatkannya saat ingin meminta pengguna lain mengirim pesan balik/ telepon balik. Sehingga dia menuliskan “send bck” atau “call bck” agar penerima tersebut segera membalasnya.

Baca juga: Sound of Text WA: Mengubah Teks Bahasa Indonesia Jadi Nada Dering

Arti BC di WhatsApp

BC adalah singkatan dari broadcast, yaitu fitur WA yang memungkinkan pengguna mengirim satu pesan yang sama kepada banyak kontak sekaligus. Hal ini untuk mempersingkat waktu Anda saat ingin mengirim pesan yang sama kepada banyak orang. Biasanya untuk kepentingan promosi bisnis.

Cara mengirim pesan BC sangatlah mudah. Ketuk tanda titik tiga di pojok kanan atas, klik New Broadcast, lalu pilih daftar kontak yang ingin Anda kirimi BC. Kemudian, ketik pesan BC Anda di kolom mengetik pesan dan kirim.

Untuk mengirim BC di WhatsApp, kontak penerima BC yang Anda tuju harus menyimpan nomor WA Anda terlebih dahulu. Jika tidak, maka pesan BC Anda tidak akan terkirim. Sehingga Anda harus mengirimnya secara manual secara personal.

Arti Up di WhatsApp

Apa itu up? Biasanya pengguna WA menuliskan ‘up’ pada pesan seseorang yang ada di grup WA. Hal itu berguna untuk mengajak anggota grup lainnya agar memperhatikan pesan tersebut. Atau supaya pesan tersebut tidak tenggelam di antara pesan masuk lainnya yang ada di grup

Sebagai contoh, seseorang menulis pesan di sebuah grup WA, “ayo agendakan liburan”. Lalu anggota grup lainnya mengomentarinya dengan menuliskan “up”. Hal itu bertujuan sebagai bentuk dukungan dan mengajak anggota grup lainnya agar memperhatikan pesan tersebut.

Selain “up”, kadang beberapa orang juga menggunakan istilah “sundul” untuk maksud yang sama dengan “up”. Anda juga bisa menemukan istilah ini di berbagai kolom komentar media sosial, seperti Facebook, Instagram, YouTube, TikTok, dll.

Arti Kirkon di WhatsApp

Kirkon adalah singkatan dari kirim kontak. Biasanya seseorang meminta nomor kontak orang lain kepada kita. Nah, di WhatsApp kita bisa mengirim nomor kontak tersebut secara lebih mudah melalui fitur lampirkan kontak. Sehingga tidak perlu copy paste secara manual dari aplikasi kontak di HP.

Arti SW di WhatsApp

SW adalah singkatan dari status WhatsApp atau story WhatsApp. Anda pasti tahu kalau di aplikasi WhatsApp juga ada fitur status yang memungkinkan pengguna mengunggah story yang tayang 24 jam. Nah, ketika seseorang menyebut SW, maka yang ia maksud adalah status WhatsApp.

Arti Gabut di WhatsApp

Gabut adalah singkatan dari gaji buta, namun apabila dikaitkan dengan isitilah / bahasa gaul arti dari kata gabut berbeda dari permukaan. Arti kata gabut di WA adalah kondisi dimana seseorang tidak dapat menentukan kegiatannya secara jelas dan tidak tahu kedepannya dalam periode waktu nanti akan melakukan apa.

Sekarang Anda sudah mengetahui arti PM, PC, PING, TC, VN, available, VC, P, busy, bck, BC, UP, kirkon, SW dan Gabut di wa (WhatsApp). Gunakan berbagai singkatan tersebut saat berkomunikasi via WA agar mempersingkat waktu kirim pesan atau sekadar mengikuti tren bahasa kekinian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.