3 Cara Mencari Email Yang Lupa Dengan Mudah dan Cepat

Cara Mencari Email Yang Lupa

Email merupakan salah satu data diri digital yang saat ini penting untuk Anda miliki. Dengan email, konektivitas untuk segala akses dapat terhubung. Namun, bagaimana jika email Anda hilang atau terlupa? Bagaimana cara mencari email yang lupa? Simak ulasan berikut.

Cara Mencari Email yang Lupa (Gmail)

Google sebagai salah satu layanan email terbesar menyediakan bantuan untuk memulihkan alamat email Anda yang terlupakan. Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk mengembalikan email yang Anda lupa tersebut.

  • Buka browser melalui perangkat komputer atau HP Anda.
  • Kunjungi situs accounts.google.com pada halaman pencarian/.
  • Jika Anda sudah masuk ke dalam akun lain, maka pilih gambar profil di pojok kanan atas. Pilih “tambah akun lain” atau add another account. Lalu pilih “gunakan akun lain” atau use another account.
  • Anda akan diminta untuk login dengan menggunakan email dan kata sandi. Pilih “lupa email?” atau forgot email?
cara mencari email yang lupa
  • Masukkan nomor telepon yang pernah Anda tautkan dengan alamat email yang ingin Anda cari tersebut. Namun, cara ini hanya berlaku pada akun email yang tertautkan nomor telepon pribadi.
cara mencari email yang lupa
  • Setelah itu, masukkan nama depan dan nama belakang Anda sebagai langkah pemulihan dan verifikasi kebenaran data. Klik berikutnya.
  • Nomor telepon itu yang akan Anda gunakan untuk menerima kode verifikasi. Selain Anda harus menautkan nomor ke email yang lupa, Anda juga harus memiliki nomor tersebut dalam keadaan aktif. Jika sudah menerima kode verifikasi, masukkan ke kolom, dan pilih “kirim”.
  • Email Anda dapat terbuka dan aktif kembali seperti semula.

Langkah seperti di atas tidak berbeda jauh jika Anda memiliki email dengan penyedia lain seperti Rocketmail. Sebagian besar menggunakan metode yang saat ini aman untuk kepentingan bersama.

Baca juga: 3 Cara Mengetahui Email Sudah Dibaca Oleh Penerima

Cara Mencari Email yang Lupa dengan Email Recovery (Gmail)

cara mencari email yang lupa

Metode lain sebagai cara mencari email yang hilang adalah dengan menggunakan email recovery. Mirip seperti jika Anda lupa email Gmail dengan pengembalian menggunakan nomor telepon. Bedanya, Anda harus memastikan bahwa email yang hilang sudah Anda tautkan dengan email Anda yang lain.

Berikut langkah-langkah menggunakan email recovery untuk mencari email yang terlupa atau hilang.

  • Buka browser pada perangkat komputer atau HP Anda.
  • Masuk ke https://accounts.google.com/signin/v2/usernamerecovery di kolom pencarian untuk dapat menuju ke situs tersebut.
  • Setelah berada dalam situs pemulihan, Anda perlu memasukkan alamat email pemulihan (bukan alamat email Anda yang hilang). Tapi, alamat email lainnya yang tertaut dengan akun Anda.
  • Lalu pilih “berikutnya”
  • Masukkan nama depan dan nama belakang akun email Anda. Pilih “berikutnya
  • Google akan mengirimkan kode verifikasi ke alamat email pemulihan yang Anda cantumkan. Buka email Anda dan salin kode verifikasi tersebut.
  • Masukkan kode verifikasi, lalu pilih “berikutnya
  • Selesai, email Anda yang terlupa akan kembali terbuka.

Kedua cara di atas hanya berbeda langkah verifikasinya saja. Tergantung dari metode apa yang Anda pilih dan pilihan mana yang sebelumnya Anda tautkan ke email Anda. Langkah-langkah di atas juga berlaku jika Anda lupa akun email di HP Android.

Baca juga: 8 Cara Melamar Pekerjaan Lewat Email + Contoh Lengkap

Cara Melihat Email dan Password Yang Lupa

Jika nomor handphone Anda sudah tidak aktif dan lupa menautkan email lain ke email yang lupa, masih ada cara lain. Yang Anda butuhkan adalah aplikasi browser Google Chrome untuk dapat terintegrasi dengan Gmail dengan mudah.

Berikut cara mengatasi email yang hilang dengan mudah dan bisa melihat email serta password.

  • Membuka aplikasi browser Google Chrome dari perangkat Anda.
  • Setelah itu pilih menu “titik tiga” atau menu navigasi di pojok kanan atas
  • Pilih menu “setelan” atau settings.
  • Langkah selanjutnya, pilih menu password.
  • Di dalam menu password akan tersimpan semua akses situs-situs yang pernah Anda kunjungi dengan keharusan login seperti media sosial. Semua email seperti Gmail, Yahoo, atau Rocketmail juga bisa Anda lihat email dan password-nya.
  • Pilih salah satu lalu buka.
  • Tekan tanda mata untuk melihat password Anda (dengan catatan, Anda harus mengaktifkan fitur lockscreen atau kunci layar dengan kode untuk dapat melihat password tersebut).
  • Selesai.

Langkah-langkah di atas berguna untuk melihat akun-akun Anda yang pernah Anda buat, namun terlupa karena satu dan lain hal.

Tips Agar Tidak Mudah Melupakan Email atau Password

Orang-orang mungkin tidak mudah untuk mengingat email bahkan password akun-akun seperti media sosial, apalagi berjumlah banyak. Sedangkan jika menggunakan password yang sama untuk tiap akun, maka potensi peretasan akun semakin tinggi.

Terdapat tips yang dapat Anda lakukan untuk mengingat banyak password berbeda untuk berbagai akun. Mulai dari email hingga media sosial. Berikut tipsnya.

Baca juga: 10 Cara Mengirim CV Lewat Email Beserta Contoh

1. Menautkan Semua Email dengan Email Cadangan atau Nomor Telepon

Cara ini adalah cara rekomendasi dari berbagai penyedia layanan email atau media sosial. Dengan menautkan email cadangan atau nomor telepon, Anda dapat dengan mudah mengembalikan email Anda, Tips yang pertama ini memang wajib Anda lakukan saat membuka akun baru.

Cara kerjanya adalah, email cadangan atau nomor telepon berfungsi untuk menerima kode verifikasi jika Anda lupa password atau untuk kebenaran data. Hanya Anda yang bisa membuka email cadangan dan nomor telepon tersebut. Sehingga validitas akun Anda lebih terjamin dan segala akses penuh terpusat.

2. Mencatat Email dan Password Semua Akun

Cara ini mungkin cara yang paling kuno. Seperti di zaman ketika media sosial awal seperti Friendster atau Facebook. Saat itu orang-orang akan mencatat email dan password mereka pada selembar kertas. Tujuannya agar tidak mudah lupa dan mereka bisa membawanya kemanapun.

Namun, cara ini terlalu berisiko. Karena, catatan tersebut bisa hilang akibat terjatuh atau alasan lainnya. Apalagi, jika sampai di tangan orang tak bertanggungjawab yang justru meretas akun Anda. Tentu berbahaya sekali.

3. Menggunakan Fitur Google Automatic Sign-In atau Samsung Pass

Di zaman sekarang ini penyedia layanan email atau merk handphone juga ikut memberikan kepuasan terhadap pelanggannya. Salah satunya dengan auto sign in yang dari Google atau gawai Samsung, serta sebagian besar merk smartphone lainnya.

Auto sign in adalah sebuah fitur yang berguna untuk pengisian alamat email dan password secara otomatis ketika ingin masuk pada akun tertentu. Caranya dengan menyimpan data email dan password yang Anda miliki.

Kelemahannya adalah, Google, Samsung, atau penyedia layanan lainnya bisa mengetahui email dan password Anda.

Informasi tentang cara mencari email yang lupa bisa Anda temukan dengan mudah di internet. Namun, sebaiknya Anda tetap mengingat email tersebut untuk menghindari peretasan atau tindakan kejahatan siber lainnya. Apalagi, jika email tersebut untuk kebutuhan bisnis dan pekerjaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.