4+ Cara Menonaktifkan Akun Instagram, Sementara dan Permanen

4+ Cara Menonaktifkan Akun Instagram, Sementara dan Permanen

Instagram merupakan media sosial yang paling banyak dipakai untuk saat ini. Semakin hari ada banyak fitur baru yang disediakan oleh Instagram. Namun ada kalanya seseorang ingin di-nonaktifkan Instagram. Cara menonaktifkan akun Instagram bisa dikatakan mudah.

Lebih dari 2 miliar orang menggunakan Instagram secara aktif. Ada banyak aktifitas yang bisa dilakukan di Instagram mulai dari membagikan foto, video, siaran langsung sampai dengan mengirimkan pesan.

Tak hanya sebagai hiburan namun Instagram juga bisa digunakan sebagai ajang promosi dan bisnis. Karena banyak manfaat yang bisa didapatkan dari Instagram inilah yang akhirnya membuat pengguna semakin bertambah setiap waktunya.

Meski banyak fungsi dari Instagram namun pilihan menonaktifkan akun menjadi pilihan setiap individu. Ada berbagai macam alasan mulai dar ingin mengurangi aktivitas di dunia maya atau hanya ingin tenang dari kehidupan sosialnya.

Cara Menonaktifkan Akun Instagram Untuk Sementara Waktu

Cara Menonaktifkan Akun Instagram Untuk Sementara Waktu

Ada kalanya seseorang hanya ingin sementara waktu istirahat dari media sosial lalu nantinya ia akan kembali aktif lagi. Pilihan ini sering dilakukan jika ada alasan tertentu yang mungkin berkaitan dengan kesehatan mental pemilik akun.

Ketika akun Instagram dinonaktifkan maka tidak ada yang dapat melihat linimasa atau timeline bahkan mencari akun Anda. Hanya saja masih ada jejak yang bisa dilihat bagi pengguna lainnya seperti pesan, direct message namun  nama penggunanya akan berubah menjadi Instagramers.

Pihak Instagram tetap menyimpan informasi akun secara lengkap. Daftar pengikut, foto yang terdapat di feed tetap ada jika pengguna suatu saat ingin mengaktifkannya kembali. Berikut ini cara yang bisa dilakukan menonaktifkan akun sementara:

1. Masuk ke Akun Instagram

Untuk masuk ke akun Instagram bisa lewat HP atau lewat device lain yang memungkinkan. Masukkan email atau nomor HP lalu kata sandi. Jika lupa tinggal tekan lupa sandi, biasanya akun Instagram ini juga bisa dikaitkan dengan Facebook.

2. Klik Foto Profil

Jika sudah masuk ke akun Anda silahkan klik foto profil yang terletak pada sudut kanan atas. Tinggal klik selanjutnya bisa terlihat beberapa menu yang bisa dipilih. Inilah tempat untuk membuat pengaturan akun Instagram Anda sesuai keinginan.

3. Klik Edit Profil 

Setelah melihat banyak pilihan menu yang bisa dipilih silahkan klik edit profil. Jika ingin menghapus akun sementara bisa langsung pilih Nonaktifkan Sementara Akun Saya. Selanjutnya Anda harus mengisi jawaban mengapa akun tersebut harus dinonaktifkan sementara.

4. Pilih Alasan yang Sesuai

Tidak perlu pusing mencari alasan kenapa menonaktifkan akun, Anda bisa langsung saja memilih alasan yang sesuai. Pilih yang paling sesuai karena ini akan berhubungan dengan diterimanya permintaan menonaktifkan akun.

5. Masukkan Ulang Kata Sandi

Masukkan Ulang Kata Sandi

Ketikkan kembali kata sandi supaya lebih memastikan jika yang ingin menonaktifkan adalah pemilik sebenarnya akun Instagram. Tulis dengan benar kata sandinya supaya tidak ada kendala saat verifikasi data ulang.

6. Pilih Nonaktifkan Sementara

Langkah terakhir pilih Nonaktifkan Sementara. Konfirmasi jika ada pertanyaan untuk meyakinkan apakah benar ingin menonaktifkan akun Instagram. Jika sudah maka dipastikan akun Instagram sudah nonaktif sementara waktu.

Baca juga:

Bagaimana Cara Menonaktifkan Akun Instagram Secara Permanen?

Cara Menonaktifkan Akun Instagram Secara Permanen

Ada juga seseorang yang ingin meninggalkan dunia maya, salah satunya Instagram selamanya. Instagram memang bisa dinonaktifkan secara permanen dan tentu lebih aman dibandingkan hanya logout akun namun akun masih ada. Berikut cara yang bisa dilakukan:

1. Pilih Aplikasi Instagram dan Buka

Saat ini tersedia akun Instagram untuk PC yang tampilan dan fiturnya sama dengan HP. Jadi memilih untuk membuka lewat HP ataupun PC sama saja, keduanya bisa digunakan untuk menonaktifkan akun secara permanen.

2. Masuk ke Ikon Profil

Selanjutnya masuk ke ikon profil  yang ada di bagian kanan. Pada profil ini tampilannya bisa diatur sedemikian rupa oleh pemilik akun Instagram, jadi jika ingin tetap ada di Instagram namun ada beberapa yang ingin diatur bisa dijalankan lewat menu di profil.

3. Masuk ke Menu Pengaturan

Pilih pengaturan yang ada di bagian kanan atas. Disinilah nanti tempat untuk menyelesaikan penonaktifan Instagram secara permanen. Selain permanen tentunya bisa juga menonaktifkan sementara seperti cara di atas.

4. Masuk ke Bantuan

Jika sudah masuk ke pengaturan maka pilih Bantuan lalu ke Pusat Bantuan. Ada banyak pilihan juga disini, sebelum masuk ke tahapan selanjutnya coba baca dulu dengan seksama pilihan apa saja yang tersedia di Bantuan. Siapa tahu tanpa harus dinonaktifkan permasalahan mengenai Instagram bisa selesai.

5. Masuk ke Pengelolaan Akun

Untuk menghapus secara permanen pilih Kelola Akun lalu Hapus Akun Anda. Nah, pastikan jika keputusan menghapus ini sudah tepat atau hanya ingin menonaktifkan sementara waktu saja dan bisa digunakan lagi sewaktu-waktu jika ada kepentingan.

6. Pilih Pertanyaan

Tahap berikutnya ada pertanyaan Bagaimana Cara Menghapus Akun Instagram Saya?. Lalu akan muncul tautan Hapus Halaman Akun Anda. Ada baiknya kembali menimbang apaka keputusan untuk menghapus akun Instagram sudah benar atau hanya keinginan sesaat saja untuk menghapusnya.

7. Tentukan Alasan

Ada pertanyaan tambahan untuk membuat Anda lebih yakin dan verifikasi penghapusan akun bisa lebih cepat yakni dengan memilih alasan menghapus akun. Pilih alasan yang paling sesuai karena nantinya akan mempermudah jika ada kendala.

8. Masukkan Ulang Kata Sandi

Masukkan kembali kata sandi sesuai permintaan. Kata sandi ulang ini sebagai kepastian apakah Anda pribadi yang menginginkan untuk menghapus akun karena ditakutkan ada pihak lain yang punya tujuan tertentu menghapus akun Instagram Anda.

9. Tahapan Hapus Permanen

Ini dia tahapan akhir yakni pilih Hapus Akun Saya Secara Permanen. Jika sudah klik tulisan tersebut dan menyetujuinya maka akun akan terhapus secara permanen sesuai dengan keinginan dan tidak bisa lagi ditemukan di mesin pencarian.

Cara Menonaktifkan Akun IG Lewat HP

Cara lain untuk menonaktifkan Instagram secara permanen juga bisa lewat HP dengan memanfaatkan website tertentu. Website tersebut memiliki fungsi menghapus akun Instagram yang bisa dicari dengan kata kunci Instagram Remove Request Permanent. 

Anda langsung diarahkan ke akun Instagram Anda dan akan ditanya kenapa Anda ingin menghapus akun dan masukkan kembali kata sandi. Caranya hampir sama dengan cara di atas hanya saja ini lewat website khusus. Dalam tahapan akhirnya pilih Hapus Akun Saya Secara Permanen. Berikut detailnya:

  1. Masuk ke halaman website resmi Instagram baik lewat PC atau HP
  2. Masuk ke akun Instagram dengan sandi lama yang masih diingat, jika lupa bisa langsung klik lupa kata sandi
  3. Langsung masuk ke profil Instagram lalu pilih Edit Profil
  4. Jika sudah berhasil masuk ke halaman Edit Profil langsung geser ke bawah
  5. Cari Temporarily Disable My Account atau Nonaktifkan Sementara Akun Saya
  6. Pilih alasan kenapa ingin menonaktifkan Instagram
  7. Jika sudah masukkan ulang kata sandi
  8. Selesai akun Instagram sudah nonaktif

Efek Instagram Dihapus Secara Permanen

Ketika akun Instagram sudah dihapus secara permanen maka semua riwayat juga terhapus selamanya. Ini artinya baik foto, video, pengikut dan lainnya tidak akan bisa kembali didapatkan berbeda dengan hapus sementara yang memungkinkan semuanya bisa kembali.

Penting diingat jika penghapusan akun Instagram secara permanen hanya bisa dilakukan oleh Anda sendiri bukan pihak Instagramnya. Untuk itulah demi alasan keamanan Instagram tidak bisa melakukan penghapusan otomatis.

Selain itu juga jika akun sudah terhapus maka pihak Instagram tidak akan bisa mengembalikannya lagi seperti awal. Itulah kenapa alasan menghapus permanen ini haruslah tepat dan sudah dipertimbangkan sebelumnya.

Satu hal penting lainnya jika ingin kembali masuk ke Instagram dengan nama akun yang lama tidak akan bisa. Satu-satunya cara adalah menggunakan akun baru dengan nama yang baru juga dan tentunya baik foto, video dan pertemanan tidak bisa lagi kembali.

Semua data setelah 30 hari setelah permintaan penghapusan akun, semua akun dan data yang sudah diminta akan dihapus secara permanen. Anda tidak bisa kembali mendapatkan kembali informasi lengkap tentang akun lama. Sedangkan proses penghapusan total perlu waktu 90 hari setelah pengajuan.

Cara Mengaktifkan Kembali Akun Instagram Nonaktif Sementara

Cara Mengaktifkan Kembali Akun Instagram Nonaktif Sementara

Setelah tahu cara menonaktifkan akun Instagram yang bisa dilakukan sementara selanjutnya adalah mencari tahu juga bagaimana mengaktifkan kembali akun yang nonaktif sementara. Berikut ini tahapan yang harus dilakukan.

Pertama bisa menggunakan Browser dan masuk kembali ke akun seperti layaknya masuk biasa. Untuk cara menggunakan browser yaitu:

  1. Buka Instagram lewat browser
  2. Klik login lalu masukkan nama pengguna dan kata sandi
  3. Lalu klik Masuk

Jika sudah berhasil login maka akun Instagram Anda akan kembali lagi. Komentar, foto dan semuanya juga tidak hilang dan masih tetap ada.  Ada kemungkinan Anda bisa lupa sandi setelah lama tidak login.

Jangan panik ketika melupakan kata sandi karena Anda hanya tinggal klik lupa kata sandi. Nantinya Anda akan diberikan petunjuk untuk memasukkan kata sandi baru baik lewat email atau nomor HP yang dua-duanya bisa dilakukan dengan  mudah.

Pengaktifan kembali akun Instagram yang sudah lupa sandi memang sedikit rumit. Terlebih untuk mengatur ulang kata sandi jika email dan nomor HP untuk verifikasinya sudah hilang. Namun Instagram tetap punya jalan lain untuk kembalikan akun tersebut.

Memilih untuk aktif atau tidak aktif di media sosial adalah hak setiap individu dan tentunya juga disesuaikan dengan kebutuhan. Ada yang bisa mendapat rezeki dari Instagram namun ada juga yang hanya menggunakan untuk bersenang-senang, hal terpentingnya adalah penggunaan Instagram harus sesuai kewajaran dan digunakan dengan bijak.

Karena ada bahaya menggunakan media sosial berlebihan mulai dari kesehatan hingga bisa terjerat kasus hukum. Apalagi jika akun Instagram digunakan untuk hal yang berbau negatif maka bisa saja terkena sanksi yang tegas.

Itu dia cara menonaktifkan akun Instagram sekaligus juga cara mengaktifkan kembali. Selain itu juga ada juga efek menonaktifkan selamanya akun Instagram yang harus diperhatikan sebelum mengambil langkah tersebut karena akun Instagram tidak akan pernah bisa kembali dan tidak bisa lagi digunakan dengan nama yang sama.

Tinggalkan komentar