Cara Reply DM IG Seperti WhatsApp di HP Android dan iPhone

Cara Reply DM IG Seperti WhatsApp di HP Android dan iPhone

Tahukah Anda jika Instagram telah memiliki fitur menarik untuk mereply pesan/DM bersama teman ataupun orang tertentu, yang dianggap penting? Memang fitur berikut lebih sering digunakan di aplikasi Whatsapp. Meskipun begitu, Anda masih bisa menggunakannya di sosial media ini. Berikut akan dijelaskan cara reply DM IG secara mudah dan lengkap!

Mungkin Anda bertanya apa arti simbol ‘reply’ di Instagram. Ini dimaksudkan bahwa saat Anda memilih ‘View Once’, maka hanya ada satu kesempatan untuk melihat video ataupun foto tertentu. Postingan tersebut akan menghilang setelah Anda selesai melihatnya. Ketika penerima mengaktifkan ‘Allow reply’, maka postingan tersebut akan diputar kembali dalam jangka waktu yang terbatas.

Sederhananya, mode putar ulang, untuk melihat pesan teman dan postingan seseorang bisa memilih opsi ‘One View’. Tetapi, saat Anda mengizinkan teman melihat pesan tersebut, Anda bisa memilih ‘Allow reply’. Dengan menjedanya, Anda bisa mengetuk serta menahan foto/ video yang dikirim menggunakan loop putar ulang ‘Allow’. 

Untuk tahu lebih lanjut tentang cara me-reply DM Instagram, simak ulasan berikut hingga selesai, agar Anda mendapatkan keseluruhan insight-nya!

Apa Itu DM Instagram?

Apa Itu DM Instagram

Pastinya Anda sangat familiar dengan istilah ‘DM’. Tidak hanya di lingkup pengguna aplikasi Instagram saja, namun di beberapa tempat mungkin Anda telah mendengarnya lebih dulu. Tapi apakah Anda tahu tentang pengertian DM Instagram? Sebelum melangkah lebih lanjut, untuk tahu cara reply DM IG, Anda bisa memahami penjelasan dasar ‘DM Instagram’.

DM atau Direct Messenger memiliki penerjemahan di dalam bahasa Indonesia sebagai ‘Pesan Langsung’. Melalui fitur ini, Anda dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya, seperti aplikasi messenger lain. Adanya DM ini dapat memudahkan Anda dalam beberapa hal, contohnya saat chatting dengan keluarga, teman, ataupun kerabat.

Tidak hanya terbatas pada chatting saja, melainkan beberapa komunikasi lainnya bisa dilakukan seperti video call, membuat group video / grup percakapan, panggilan suara, recorder suara, hingga menarik pesan yang sudah dikirimkan tanpa sepengetahuan siapapun.

Untuk menggunakan fitur ini, Anda bisa mengirimkan DM kepada teman sekaligus orang lain, dengan cara-cara seperti ini, (1) melihat story teman yang ditandai dengan lingkaran merah pada foto profil, (2) pilih ‘Kemudian’, (3) pada kolom kirim pesan paling bawah, ketikkan text DM/ kata yang mungkin dikehendaki, (4) kirim, maka otomatis Anda dapat mengirim DM Anda. 

Anda juga bisa melalui fitur pesan, yang dilakukan menggunakan beberapa cara seperti, (1) pada pojok kanan atas terdapat menu ‘Pesan’ dan cari nama username teman/keluarga/kerabat/sahabat, (2) pilih nama teman atau orang lain, (3) Anda secara otomatis berada di halaman DM, (4) ketikan sebuah pesan di dalamnya, (5) Kirim atau bisa menggunakan ‘Fitur Obrolan’.

Baca juga:

Bagaimana Cara reply DM IG?

Cara reply DM IG

Mungkin Anda menyadari masalah tertentu, ketika menggunakan aplikasi Instagram untuk bertukar pesan (DM). Dimana pesan-pesan tersebut tidak dikategorikan sesuai dengan timeline percakapannya, sehingga terkesan tidak spesifik untuk membalas pesan apa. Hal ini kerap terjadi, sebelum adanya fitur ‘reply’ di Instagram.

Tentunya fitur ini sangat membantu dalam membalas pesan melalui DM dengan cara yang lebih spesifik. Seperti yang disebutkan sebelumnya, bahwa fitur ini sudah ada di aplikasi WhatsApp, dan telah disematkan di aplikasi Instagram. Oleh karenanya, pengguna tidak lagi dipusingkan dengan percakapan pesan yang kurang spesifik dan tidak terarah.

 Untuk melakukan reply DM Instagram tergolong mudah. Walaupun begitu, masih ada pengguna yang merasa bingung saat mempratikkannya. Sebelumnya, Anda harus memastikan bahwa aplikasi Instagram telah terupdate ke versi yang lebih baru. Hal ini diperlukan, karena versi lama Instagram tidak bisa digunakan untuk me-reply DM Instagram.

Selanjutnya, setelah berhasil terupdate, Anda dapat mengaktifkan fitur reply tersebut dengan membuka menu pesan di sana. Nantinya, akan muncul notifikasi untuk mengaktifkan fitur reply tersebut. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyimak cara reply DM IG secara lengkap sebagai berikut.

  1. Pertama buka aplikasi Instagram di ponsel Anda. Kemudian, klik simbol bergaris yang terletak di pojok kanan atas, lalu ketuk opsi ‘Pilihan Pengiriman pesan/ Update Messaging’.
  2. Tekan tombol perbarui agar fitur reply DM dapat diaktifkan. Setelah aktif, maka fitur tersebut dapat digunakan untuk membalas DM tertentu di IG.

Mengenali Manfaat Fitur Reply Instagram

Mengenali Manfaat Fitur Reply Instagram

Seperti yang kita tahu, bahwa Instagram memiliki fitur yang dapat mempermudah penggunanya melakukan komunikasi dan berbagi cerita. Dengan menekankan aspek visual, seperti video dan gambar, Instagram telah memikat banyak pengguna untuk memanfaatkannya dalam bidang tertentu, misalkan bisnis.

Ada beberapa fitur yang sangat diminati banyak orang, misalkan, Instagram Story, Highlights, Instagram Live, Instagram Insights, Hashtag, DM Auto reply, Fitur Shop, Shopping Ads, dan Reels. Dari fitur-fitur tersebut sangat bermanfaat untuk membuat konten promosi, agar produk yang dijual mengalami kenaikan laba. 

Fitur reply inilah yang banyak digunakan oleh orang-orang tersebut. Hal ini dilakukan agar komunikasi antara penjual dan pembeli dapat berjalan lancar. Melalui fitur chat atau DM yang merupakan bagian bot, maka dapat disimulasikan balasan chat secara otomatis. Tentunya ini lebih efisien bagi calon pembeli, saat bertanya tentang deskripsi produk yang Anda jual.

Setelah Anda tahu tentang cara reply DM IG, ada baiknya untuk tahu Bot Instagram yang terkenal di bidang bisnis. Dimana ini membantu dalam mengotomatisasi proses penjualan serta pelayanan kepada pelanggan Anda. Untuk itulah Bot Instagram banyak digemari oleh seorang yang bergelut di bidang bisnis tertentu. 

Kenapa ini perlu dilakukan? Ini diacu pada data yang menunjukkan bahwa pengguna Instagram mencapai 1,21 M, yang aktif setiap bulannya. Dari sini menunjukkan bahwa sekitar 28% pengguna internet dunia telah menggunakan Instagram, dan berpotensi untuk melancarkan proses penjualan yang cukup menjanjikan di masa depan.

Tentunya, hal ini disertai dengan beberapa fitur yang terus diperbarui, khususnya reply DM Instagram serta Bot Instagram. Secara tidak langsung, Anda telah mencapai pelanggan yang lebih luas lagi melalui fitur autoresponder. Ini cukup efisien, sehingga tidak ada pelanggan yang akan merasa kecewa, jika balasan ataupun respon terlalu lama oleh penjual.

reply DM Instagram masuk ke dalam Bot Instagram yang mengutamakan untuk melakukan otomatisasi pembalasan pesan. Adapun manfaat yang diberikan seperti (1) menerima pesan, (2) membalas pesan pelanggan yang berulang, (3) FAQ , (4) melayani permintaan pemesanan, (5) informasi pengiriman, (6) dan mengkonfirmasi kepada pelanggan secara otomatis.

Berikut menjadi cara reply DM IG secara singkat dan padat. Selain itu, dengan membaca tulisan ini Anda dapat memahami fitur terbaru dari Instagram untuk kebutuhan bisnis Anda. Selain bermanfaat di bidang bisnis, fitur reply memberikan efisiensi di kolom pesan Instagram, sehingga percakapan lebih terarah secara rapi. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan komentar