Javasiana.com Pecandu teknologi, Suka berbagi tips dan trik bermanfaat untuk anda semua.

4 Cara Cek Resi Standard Express Shopee, Luar Negeri, China dan Korea

5 min read

Cek Resi Standard Express

Bagi Anda yang suka berbelanja secara online melalui e-commerce, Anda bisa mengetahui status paket Anda, apakah masih dikemas atau sudah dalam proses pengiriman. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu melakukan cek resi standard express saja.

Salah satu jasa layanan pengantaran paket yang banyak digunakan adalah Standard Express yang disediakan oleh e-commerce untuk pengiriman paket reguler. Kalau Anda masih belum mengerti bagaimana cara cek resi, penjelasan dibawah ini bisa membantu Anda.

Layanan Pengiriman Standard Express

Apa itu Standard Express? Bagi Anda yang belum tahu, Standard Express merupakan salah satu jasa pengiriman barang yang disediakan oleh e-commerce seperti Shopee atau Lazada untuk mengirimkan paket secara reguler.

Umumnya, penggunaan Standar Expres digunakan untuk melakukan pengiriman dari luar negeri seperti negara China. Proses pembelian produk atau barang dari China tidak berbeda jauh dengan pembelian barang dari produk lokal.

Jasa pengiriman Standard Express melayani pengiriman barang ke berbagai negara di berbagai benua, salah satunya Indonesia. Menariknya, perkiraan pengiriman barang yang mereka lakukan cukup cepat, hanya sekitar 2 hingga 3 minggu saja.

Tapi, lamanya waktu pengiriman juga tergantung dari seberapa cepat toko mengemas dan mengirimkan barang. Jika toko lama dalam mengirimkan barang, sudah pasti akan membuat barang  semakin lama juga sampainya.

Kelebihan layanan Standard Express dari jasa pengiriman lainnya yang berasal dari China adalah, status dan lokasi paket yang dikirim mudah untuk Anda lacak keberadaanya dan dicek nomor resinya. Bahkan, mengecek resi Standard Express bisa Anda lakukan melalui situs bea cukai.

Selain melalui situs bea cukai, ada juga situs berbahasa Indonesia yang bisa melakukan pengecekan nomor resi pengiriman Standard Express, yaitu situs cekresi.com.

Baca juga: 3 Cara Mencari Akun FB yang Hilang dan Mengamankannya

Standard Express Jasa Pengiriman Apa?

Standard Express merupakan sebuah perusahaan logistik asal Tiongkok. Perusahaan bergerak dibidang jasa layanan pengiriman paket pembelian baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Keberadaan Standard Express semakin diperkuat lewat adanya kerja sama dengan e-commerce.

Cara kerja ekspedisi pengiriman ini cukup berbeda dengan jasa pengiriman lainnya. Karena pengiriman dari luar negeri, jadi setelah barang sampai di Indonesia, barang akan diarahkan terlebih dulu menuju marketplace, barulah setelah itu diantarkan melalui ekspedisi yang berbeda.

Cara Cek Resi Standard Express

Setelah Anda mengetahui layanan Standard Express, Anda mungkin masih merasa bingung bagaimana cek resi Standard Express yang akurat. Banyak orang mengalami kendala ketika ingin melakukan pengecekan resi di layanan ini. Namun, Anda bisa mencoba lewat beberapa cara berikut.

1. Cek Resi Standard Express Lewat JNE

Cek Resi Standard Express Lewat JNE

JNE adalah satu dari beberapa layanan ekspedisi yang terkenal di Indonesia. Ternyata, JNE juga dapat membantu melakukan pengecekan nomor resi paket Anda. Caranya cukup mudah, hanya dengan akun Shopee yang Anda punya.

Nantinya, di akun Shopee Anda akan terdapat nomor resi dan pelacakan paket ke JNE bisa dilakukan untuk mengetahui status pengiriman paket. Salin resi yang anda dapatkan dan anda bisa membuka website cek resi sesuai ekspedisi yang dipilih.

2. Cek Resi Standard Express Luar Negeri Lewat Website Bea Cukai

Cara Cek Resi Standard Express

Karena barang yang dikirim berasal dari luar negeri misalnya Negara jika anda berbelanja di China atau Korea, Anda bisa melakukan pengecekan resi Standard Express melalui website resmi bea cukai. Caranya,

  1. Pertama, anda perlu membuka browser andalan anda terlebih dahulu.
  2. Lalu kunjungi website resmi bea cukai.
  3. Setelah itu, masukkan nomor AWB, resi atau barang untuk mengetahui posisi paket Anda yang sudah dikirimkan.
  4. Pastikan untuk memeriksanya secara menyeluruh, karena bisa saja paket belum sampai karena adanya kendala.
  5. Isikan Keycode > Terakhir klik submit.

3. Cek Resi Standard Express di Shopee

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk cek resi status barang adalah dengan memanfaatkan resi Standard Express dari marketplace. Hal terpenting yang perlu dilakukan adalah Anda harus memiliki akun marketplace terlebih dahulu.

Setelahnya, masuk ke menu pesanan, dan disana akan ada penjelasan mengenai lokasi, status, dan nomor resi barang. Lalu, pengecekan posisi paket dapat dilakukan lebih mudah. Jika anda pengguna Shopee berikut adalah salah satu contoh cara cek resi standard express yang benar.

  • Buka aplikasi Shopee.
  • Klik menu saya > Pilih ikon kirim.
  • Klik pada bagian status pengiriman saya.
  • Lalu pilih opsi lacak.
  • Selesai, dan detail pengiriman dapat anda lihat disana.

4. Website Cek Resi

Cara mengecek resi lainnya adalah dengan menggunakan website khusus cek resi. Sekarang, sudah tersedia berbagai jenis website untuk melakukan pengecekan resi, salah satunya yaitu www.cekresi.com.

Cara mengeceknya tidak berbeda dengan yang lain, Anda hanya perlu mencari website yang bisa memberikan hasil pelacakan yang diinginkan, kemudian masukkan nomor resi dan posisi barang sudah bisa Anda ketahui.

Baca juga: 4 Cara Membuat Sorotan di IG (Instagram) Dengan Mudah

Istilah – Istilah Pengiriman Standard Express

Setelah mencoba beberapa cara diatas dan kemungkinan anda sudah berhasil, Mungkin ada beberapa detail pengiriman disana yang tidak anda mengerti. Oleh karena itu untuk menambah pengetahuan pelajari beberaa istilah pengiriman standard express dibawah ini.

IstilahPenjelasan
No AWB, Resi atau BarangAdalah nomor identitas untuk barang yang dikirim dari marketplace.
PemberitahuAdalah ekspedisi yang tugasnya mengantarkan barang yang keluar dari pemeriksaan Ditjen Bea Cukai.
PengirimAdalah pihak yang mengirim barang baik dari luar negeri, maupun pengirim dari Indonesia sendiri.
PenerimaAdallah pihak pembeli yang menerima barang.
Bea MasukAdalah potongan biaya yang telah disepakati pemerintah untuk barang yang masuk dari luar negeri.
Kode BillingAdalah kode unik yang di berikan oleh pihak Bea Cukai setelah anda menyelesaikan beberapa pembayaran misalnya Bisa Masuk, Pajak Penghasilan, dan juga Pajak Pertambahan Nilai.
PPNAdalah Pajak Pertambahan Nilai yang dikenakan pada transaksi konsumsi barang dan jasa dalam negeri oleh wajib pajak.
PPhAdalah pajak yang dibebankan pada penghasilan perorangan, perusahaan atau badan hukum lainnya.
History StatusAdalah catatan pengiriman barang setelah sampai di Indonesia.
100Adalah kode untuk barang yang sudah sampai di Indonesia. Dan sekarang sedang dilakukan pengecekan.
201Adalah kode untuk barang yang sudah dicek datanya setelah barang diterima oleh pihak Bea Cukai dan siap lanjut ke proses selanjutnya.
202Adalah proses validasi sistem.
203Adalah proses validasi sistem selesai.
401Adalah proses barang sudah ditetapkan oleh SPPBMCP baik untuk proses pembayaran bea masuk dan juga pajak.
405Adalah proses pembayaran bea masuk dan juga pajak sudah selesai, dan barang sudah siap diantar oleh jasa pengiriman lokal.

Berapa Lama Pengiriman Standard Express?

Perkiraan waktu pengiriman dari Standard Express sangat relatif dan tidak bisa dikatakan secara pasti berapa lamanya. Namun, umumnya berkisar antara 2 sampai 4 hari untuk pengiriman paket dari dalam kota. Bisa lebih cepat dan bisa juga lebih lambat dari estimasi.

Untuk pengiriman dari luar kota, perkiraan waktu pengiriman sekitar 2 sampai 7 hari. Sedangkan untuk pengiriman dari luar negeri, perkiraan pengiriman barang paling cepat akan sampai 2 hingga 3 minggu. Untuk estimasi paling lama antara 4 sampai 6 minggu dari hari order barang.

Waktu estimasi tersebut merupakan semua proses yang akan ditangani oleh penjual, gudang tempat import, tahap pengemasan barang, sampai tahap pengiriman barang menuju lokasi pembeli.

Baca juga: 4 Cara Mengaktifkan Mode Gratis di Facebook Paling Mudah

Penyebab Resi Standard Express Tidak Terlacak 

Jika Anda sudah melakukan cek resi namun tidak berhasil mengetahui posisi barang Anda alias tidak terlacak, ada beberapa faktor yang membuat keberadaan barang tidak terlacak, diantaranya:

1. Jangka Waktu Pengiriman Barang

Banyak orang yang melakukan komplain tanpa melakukan pemeriksaan waktu pengiriman barang. Barang baru bisa dilacak posisinya jika sudah keluar dari gedung. Barang yang belum keluar tidak dapat dilacak keberadaannya.

Jadi pastikan jika barang sudah benar-benar siap dan dinyatakan di packing dan lakukan lagi pengecekan setelah barang dikirim oleh toko.

2. Nomor Resi Tidak Tepat

Hal terpenting yang harus Anda perhatikan sebelum melacak posisi barang adalah memastikan bahwa nomor resi yang Anda masukkan tepat. Nomor resi yang salah bisa membuat barang Anda tidak terlacak keberadaannya.

Bisa jadi nomor resi yang dimasukkan salah, kurang, atau lebih satu angka sehingga menyebabkan produk yang dikirim tidak bisa dilacak oleh Standard Express.

3. Pihak Ketiga

Layanan Standard Express memiliki kerja sama dan hubungan kerja yang erat dengan beberapa marketplace yang ada di Indonesia. Jadi, ada kalanya kendala dalam pengecekan resi ada di marketplace.

Bisa saja marketplace sedang mengalami server yang error, sistem yang down, dan kendala lainnya yang membuat pengecekan nomor resi juga mengalami kegagalan.

4. Mengecek di waktu yang tepat

Anda harus melakukan cek resi di waktu yang tepat. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bisa saja server sedang mengalami kendala berupa sistem yang down atau error.

Jadi, pilihlah waktu yang tepat untuk mengecek posisi barang. Anda bisa mencoba mengecek hingga berulang kali. Hal ini bisa mendukung lancarnya sistem dalam pengecekan resi.

Bisa diketahui bahwa cek resi Standard Express hanya bisa dilakukan setelah Anda mendapatkan nomor resi. Jadi, jika Anda mengalami kendala dalam pengecekan nomor resi dan tidak bisa melacak keberadaan barang, pastikan beberapa hal yang mungkin menjadi kendala.

Untuk kualitas jasa Standard Express sendiri tidak bisa dikatakan buruk karena kendala dalam pengecekan bisa berasal dari berbagai macam faktor, sehingga pengecekan nomor resi menjadi gagal dan barang tidak terlacak oleh sistem.

Javasiana.com Pecandu teknologi, Suka berbagi tips dan trik bermanfaat untuk anda semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.