Istilah Dalam Cryptocurrency Yang Pemula Wajib Ketahui!

Istilah Dalam Cryptocurrency

Di dalam dunia cryptocurrency sama dengan berbagai macam dunia trading lain mempunyai beberapa istilah yang mungkin awam diketahui oleh para pemula. Maka dari itu anda harus mengetahui beberapa istilah dalam cryptocurrency yang sering muncul ketika trading.

Istilah cryptocurrency sendiri sebenarnya sangatlah banyak namun yang akan dibahas disini hanya beberapa istilah yang sering disebut oleh trader saja. Selain itu biasanya para trader profesional juga sering menggunakan istilah crypto sebagai bahasa komunitas mereka.

Maka dari itu jika anda ingin memahami dan melakukan trading cryptocurrency sebaiknya anda mempelajari semua istilah dalam cryptocurrency. Bukan hanya istilah saja anda juga harus mempelajari strategi berita-berita mengenai crypto agar menghindari kerugian.

Istilah Dalam Cryptocurrency

Istilah Dalam Cryptocurrency

Istilah dalam cryptocurrency ini akan membantu anda dan membuat anda lebih memahami dunia crypto. Simak berikut ini beberapa istilah dalam crypto yang harus dan wajib anda ketahui khususnya para trader pemula.

Baca juga: Cara Trading Crypto Lewat Aplikasi Android

1. Fomo

Istilah fomo merupakan hal yang sering disebutkan oleh para komunitas crypto ketika berdiskusi atau melakukan sharing trading. Fomo ini sebenarnya merupakan singkatan dari fear of missing out yang artinya takut kehilangan momen.

Biasanya kata fomo sering diucapkan oleh para trader ketika melihat fenomena di mana munculnya koin yang baru dan sedang populer. Seakan takut kehilanganmu moment banyak trader yang membeli koin tersebut dan hal itulah yang sering disebut sebagai fomo.

Selain itu fomo juga bisa diartikan ketika ada seorang influencer memberikan saran untuk membeli suatu koin karena prediksi naik harganya. Kemudian ramai orang membeli koin tersebut karena takut kehilangan momen, inilah yang dinamakan dengan fomo.

2. Fud

Selanjutnya ada fud, istilah ini merupakan singkatan dari fear, uncertainty and doubt. Fud sering disebut-sebut sebagai cara atau strategi investor terkenal yang melakukan trik agar bisa menurunkan harga agar mereka bisa membeli koin dengan harga yang lebih murah.

3. Blockchain

Sementara Blockchain juga seringkali disebut sebut oleh para trader dalam komunitas crypto yang merupakan istilah dari teknologi pembuatan coin crypto tersebut. Dimana coin sebenarnya dibuat dalam teknologi yang bernama blockchain yang berdiri sebagai dasar.

Selain itu teknologi blockchain ini merupakan teknologi yang terus mengalami perkembangan Ringkasnya blockchain bisa dikatakan sebagai fungsi dari penyimpanan data dari semua transaksi digital yang dilakukan pada coin crypto.

Baca juga: 6 Aplikasi Trading Aman Berlisensi OJK dan BAPPEBTI

4. Mining

Sementara mining atau aktivitas menambang juga sering disebutkan oleh para trader profesional. Mungkin hampir sama konsepnya seperti kegiatan menambang emas atau menambang komoditi lain, mining dalam crypto berarti anda menambang koin.

Namun tidak semua koin bisa melakukan aktivitas mining di dalamnya, selain itu untuk melakukan penambangan tersebut membutuhkan komputer yang berteknologi canggih. Daya internet dan konsumsi listrik yang dibutuhkan juga cukup besar.

Sehingga jika Anda ingin melakukan mining membutuhkan modal yang banyak, untuk membeli komputer dengan spesifikasi tinggi. Sampai modal untuk membayar konsumsi daya listrik dan internet yang tidak sedikit.

Walaupun begitu anda bisa mendapatkan keuntungan yang juga seimbang bahkan bisa berkali-kali lipat dari keuntungan pasif menambang coin. Sudah banyak juga miners yang ada di Indonesia melakukan aktivitas pertambangan bitcoin atau coin lainnya.

5. Bagholder

Istilah ini hampir sama dengan istilah yang sering digunakan pada aktivitas investasi dalam pasar saham. Dimana para Bagholder akan muncul ketika terjadinya pump and dumb kepada pada trader yang mengalami kegagalan.

6. Bitcoin

Bitcoin ini merupakan coin cryptocurrency pertama yang ada di dunia dan mempunyai kapitalisasi pasar terbesar. Bitcoin juga mengalami pertumbuhan yang cukup pesat dalam 5 tahun terakhir dan diprediksi akan terus mengalami peningkatan.

7. Altcoin

Seperti yang dikatakan sebelumnya bitcoin adalah koin yang pertama kali muncul kemudian setelahnya muncul pula altcoin. Koin ini merupakan singkatan dari alternatif coin seperti yang banyak bermunculan saat ini diantaranya seperti ethereum, solana, dan lainnya.

Baca juga: 6 Aplikasi Belajar Trading yang Cocok untuk Pemula

8. Hodl

Sebelumnya kata atau istilah hodl ini merupakan anagram dari kata hold yang bisa dikatakan sebagai strategi untuk menyimpan koin. Namun seiring berjalannya waktu kata ini menjadi mempunyai arti yaitu hold on for dear life.

Artinya investor akan menyimpan koin tersebut selamanya walaupun harganya jatuh dan sampai habis saldo. Terkadang strategi ini cukup bagus digunakan pada koin yang punya prospek jangka panjang dengan prediksi baik.

9. Pump And Dump

Istilah pump and dump mungkin bukan satu-satunya yang terdapat dalam dunia cryptocurrency namun ada juga dalam istilah trading lain. Seperti namanya istilah ini sering disebut untuk mengartikan situasi dimana ketika harga koin naik yaitu pump.

Sementara ketika harga koin mengalami penurunan atau jatuh yaitu dump, kemudian istilah ini akan merujuk pada strategi untuk menjual atau membeli koin. Ketika koin mengalami dump investor yang melihat potensi koin dan akan membeli koin dalam jumlah yang banyak.

Itulah beberapa istilah dalam cryptocurrency yang wajib anda ketahui khususnya bagi para pemula trader crypto. Dengan mengetahui istilah tersebut anda bisa lebih memahami dalam melakukan trading cryptocurrency atau ketika bersosialisasi dengan komunitasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.