Kode Negara iPhone LL/A, KH/A, PA/A , ZA/A dan ZP/A Lengkap

Kode Negara iPhone LL/A, KH/A, PA/A dan ZP/A Lengkap

Setiap ponsel pasti memiliki kode dan nomor tertentu seperti IMEI atau serial. Pada iPhone, terdapat kode negara yang mana mewakili identitas iPhone tersebut berasal dari negara mana. Pernahkah Anda merasa khawatir apakah iPhone yang sekarang dimiliki ilegal? Cek kode negara iPhone Anda sekarang juga untuk memastikannya.

Dengan mengetahui kode negara pada iPhone, Anda akan mengetahui dimanakah tempat untuk klaim garansi di kemudian hari. Karena setiap iPhone dipastikan merupakan produk yang dijual resmi di satu negara saja, maka tidak heran lagi jika garansinya yang asli berlaku di satu negara tersebut. Jadi, Anda tidak dapat melakukan klaim terhadap garansinya di negara lain. Maka dari itu, mengetahui kode negara pada iPhone sangatlah penting.

Bagaimana caranya? Cara untuk mengetahuinya sangat banyak. Simak ulasan berikut ini!

Pentingnya Mengetahui Kode Negara Asal iPhone

Apple memiliki pabrik yang banyak dan tersebar di seluruh penjuru dunia, hal ini sudah tidak heran lagi mengingat Apple merupakan salah satu produsen perangkat elektronik terbesar tingkat dunia. Tahukah Anda bahwa di setiap perangkat iPhone memiliki kodenya masing-masing? Kode yang dimaksud adalah kode negara atau bisa juga disebut dengan kode regional. Semua iPhone memiliki beberapa perbedaan, tidak hanya dari segi huruf tapi juga  masing-masing memiliki karakteristiknya sendiri.

Sebagai contoh, iPhone versi Jepang yang akan mengeluarkan jepretan setiap mengambil gambar karena adanya kebijakan dari pemerintahan untuk tidak mengambil foto orang lain secara diam-diam. Lantas, untuk kode negara bagaimana? Seberapa pentingkah dia?

Selain mengetahui dimana iPhone Anda diproduksi, dengan mengetahui kode negara iPhone pun Anda akan tahu di mana bisa melakukan klaim atas garansi resmi. Lalu, bagaimana dengan produksi Indonesia? Sedangkan di Indonesia tidak ada pabrik maupun service centre Apple.

Tenang saja, karena Anda dapat melakukan klaim garansi di Authorized Premium Reseller dan petugas di sana akan membantu Anda untuk melakukan klaim ke negara asal. Proses ini membutuhkan waktu yang cukup panjang. Jadi, sudahkah Anda cek kode negara pada ponsel?

Baca juga:

Daftar Kode Negara iPhone Lengkap

Berikut ini adalah tabel daftar kode negara iPhone.

KodeNegara
AKanada
ABArab Saudi, Mesir, Uni Emirat Arab, Yordania
BBritania Raya, Inggris,  Irlandia, dan beberapa negara bagian
BGBulgaria
BRBrazil, dirakit di Brazil
BTBritania Raya
BZBrazil, dirakit di China
CCanada
CHChina
ClParaguay
CMHungaria, Kroasia
CRKroasia
CSRepublik Ceko
CZCzech Republic
D/ DMJerman
DNAustria, Jerman, Belanda
EMeksiko
EEEstonia
ELEstonia, Latvia
ERIrlandia
ETEstonia
FPrancis
FBLuxembourg, Prancis
FDAustria, Liechtenstein, Swiss
FSFinlandia
GBYunani
GHHungaria
GPPortugal
GRYunani
HBIsrael
HCBulgaria, Hungaria
HNIndia
IDIndonesia
IPItalia, Portugal
J/ JPJepang
KSwedia
KHChina, Korea Selatan
KNDenmark, Norwegia
KSFinlandia, Swedia
LABarbados, Ecuador, El Salvador, Guatemala, Honduras, Colombia, Costa Rica, Nicaragua, Panamá, Perú, Puerto Rico, Republik Dominika
LEArgentina
LLAmerika Serikat, Kanada, dan beberapa sub wilayah lain
LPPolandia
LTLithuania
LVLatvia
LZChili, Paraguay, Uruguay
MGHungaria
MMAlbania, Macedonia, Montenegro
MYMalaysia
NDBelanda
NFBelgia, Luxembourg, Portugal, Prancis
PL/ PMPolandia
POPortugal
PPFilipina
PYSpanyol
QBRusia
QLItalia, Portugal, Spanyol
QNDenmark, Islandia, Norwegia, Swedia
RKKazakhstan
RMKazakhstan, Rusia
RORumania
RP/ RS/ RURusia
RRMoldova, Rusia
SESerbia
SLSlovakia
SOAfrika Selatan
SUUkraina
TItalia
TATaiwan
THThailand
TUTurki
TYItalia
VCKanada
VNVietnam
XAustralia, Selandia Baru
YSpanyol
ZASingapura, Hong Kong, Macau
ZDAustria, Belanda, Belgia, Jerman, Luksemburg, Monaco, Prancis, Swiss
ZGDenmark
ZMZambia
ZOBritania Raya
ZPSingapura
ZQJamaika
ZWZimbabwe

Beberapa contoh kode iPhone di berbagai negara dalam penggunaannya adalah sebagai berikut.

  1. Kode iPhone ZP/A menandakan iPhone berasal dari Singapura.
  2. Kode iPhone VC/A menandakan iPhone berasal dari Kanada.
  3. Kode iPhone M menandakan bahwa iPhone tersebut merupakan perangkat baru.
  4. Kode iPhone F menandakan bahwa perangkat tersebut Refurbished Unit resmi dari Apple.
  5. Kode iPhone N menandakan perangkat tersebut Replacement Unit untuk produk yang diklaim melalui Apple Store.
  6. Kode iPhone P menandakan perangkat tersebut Personalized Unit untuk produk yang dibuat secara kustom melalui Apple Online Store.

Dengan mengetahui kode iPhone, Anda dapat mengetahui apakah iPhone Anda termasuk perangkat baru, refurbished, atau kondisi lainnya. Di Indonesia sendiri, iPhone memiliki kode serinya sendiri yang merupakan garansi resmi Indonesia yaitu dari iPhone iBox Indonesia.

KODE iPHONEPROVIDER
PA/AXL
FE/AIndosat
ID/ATelkomsel

Itulah tiga kode seri yang resmi berasal dari Indonesia. Jika ponsel Anda memiliki kode selain tiga kode diatas, berarti iPhone milik Anda berasal dari luar negeri. Umumnya, yang sering diperjual belikan di Indonesia adalah iPhone dengan kode LL/A, ZP/A, PA/A, dan J/A. Lalu, bagaimana cara untuk cek kode negara iPhone?

Baca juga:

Cara Mengetahui Kode Negara iPhone

Untuk mengetahui kode negara pada iPhone Anda terdapat dua cara, yaitu.

1. Cek Kode iPhone di Dus box

Cek Kode iPhone di Dus box

iPhone yang original atau resmi pasti selalu memiliki kemasan. Pada bagian belakang atau bawah kemasan terdapat kode atau nomor model iPhone.

2. Cek Kode iPhone di Bagian Setting

Cek Kode iPhone di Bagian Setting
  • Pertama yang harus dilakukan adalah membuka menu Pengaturan.
  • Lalu, scroll ke bawah dan pilih opsi Umum > Mengenai.
  • Setelahnya akan tampil info Nomor Model, perhatikan tiga kode terakhir yang mana menunjukkan iPhone berasal dari negara mana.
  • Anda dapat mencocokkannya dengan tabel daftar kode iPhone di atas.

Sangat mudah bukan untuk mengetahui asal negara pada iPhone? Sekarang, Anda tidak perlu bingung untuk memeriksa asal ponsel Anda. Pertanyaan berikutnya, apakah kode tersebut dapat diubah? Anda dapat mengubah kode negara iPhone melalui perangkat B-BOX dan dengan bantuan software khusus seperti 3uTools dan JCID Repair Assistant.

Namun, cara ini sangatlah tidak direkomendasikan karena walaupun Anda dapat mengubah kode tersebut, Anda tetap tidak bisa mengganti nomor IMEI nya. Sedangkan, penggunaan smartphone di Indonesia sangatlah ketat. DI Indonesia sendiri terdapat kebijakan adanya verifikasi nomor IMEI karena nomor ini merupakan identitas khusus sebuah smartphone.

Kerugian yang akan Anda dapatkan jika tetap mengubah kode negara adalah hilangnya status garansi iPhone. Anda tidak akan dapat melakukan klaim garansi resmi yang ada. Sangat disayangkan bukan? Jadi, sebaiknya hindarilah untuk mengubah kode tersebut.

Demikianlah penjelasan mengenai seberapa pentingnya kode negara iPhone, daftar kode negara, dan juga cara mengetahui kode tersebut dengan sangat mudah. Sudahkah Anda memeriksa kode negara pada iPhone milik Anda?

Tinggalkan komentar