3 Cara Mengeluarkan Air dari iPhone dengan Mudah

3 Cara Mengeluarkan Air dari iPhone dengan Mudah

Handphone iPhone kemasukan air? Tenang, nggak usah panik dulu ya! Karena pada artikel kali ini kita mau bagi-bagi tips cara mengeluarkan air dari iPhone tanpa aplikasi. Cara ini pastinya gampang banget dan bisa langsung dipraktekan sekarang juga!

3 Tips Ampuh untuk iPhone Kemasukan Air

Apakah iPhone kena air bisa diperbaiki? Tentu saja bisa dong! Untuk tahu tutorial lebih jelasnya simak pembahasan pada artikel kali ini sampai akhir, ya!

Barang elektronik seperti HP pastinya cukup rentan mengalami kerusakan bila terkena air, karena air bisa masuk ke celah-celah mesin di HP dan merusak komponen yang ada di dalamnya.

Melihat masalah ini, para pengembang HP mencoba memberikan solusi jika para penggunanya mengalami hal seperti ini. Termasuk Apple, yang membekali iPhone dengan fitur bernama water eject. Apa itu fitur water eject?

Untuk pembahasan lebih lanjut, mari simak pembahasan dan tutorial cara mengeluarkan air dari iPhone 7 dan seri iPhone lainnya.

Cara Mengeluarkan Air dari iPhone

1. Fitur Water Eject

Cara Mengeluarkan Air dari iPhone Menggunakan Fitur Water Eject

Cara mengeluarkan air dari iPhone tanpa aplikasi yang pertama adalah dengan memanfaatkan fitur canggih dari iPhone itu sendiri, yakni fitur water eject.

Apa itu fitur water eject? Water eject merupakan shortcut yang dirancang khusus untuk “memindai” air yang masuk ke dalam iPhone dan mendorongnya keluar melalui lubang khusus air, atau bahkan bisa melalui speaker di iPhone.

Fitur ini sudah tersedia langsung di setiap seri iPhone. Bahkan fitur canggih satu ini juga dibuat dengan versi website-nya, yakni Siri Shortcuts Water Eject (https://shortcutsgallery.com/shortcuts/water-eject-%F0%9F%92%A7/).

Untuk menggunakan fitur ini, caranya gampang sekali kok. Cukup ikuti langkah-langkah cara mengeluarkan air dari iPhone berikut ini:

  1. Lap dahulu bagian luar iPhone yang terkena air. Gunakan lap kain atau tisu yang bersih.
  2. Setelah bagian luar iPhone kering, pergi menuju menu Setting kemudian pilih opsi menu Shortcuts.
  3. Lalu unduh shortcuts water eject melalui link Siri Shortcuts
  4. Setelah unduhan selesai, tambahkan shortcuts tersebut ke iPhone kamu. Lalu pilih Add Shortcuts dan pilih opsi Add Untrusted Shortcuts.
  5. Setelah selesai, pergi ke menu My Shortcuts, kemudian pilih fitur Water Eject yang kamu unduh tadi.
  6. Lalu tekan tombol Begin untuk memulai proses mengeluarkan air dari dalam HP iPhone kamu.
  7. Air akan keluar melalui lubang speaker, jadi siapkan lap kain atau tisu untuk menyeka dan membersihkan air yang keluar.

Itulah cara mengeluarkan air di speaker iPhone dengan menggunakan fitur water eject. Selain menggunakan cara ini, kamu bisa langsung menggunakan fitur Siri untuk memulai shortcuts water eject.

Untuk kalian yang belum tahu fitur Siri, fitur ini seperti asisten pribadi kamu di HP iPhone. Lebih gampangnya, Siri sama seperti Google Assistant. Cukup sapa Siri dan dia akan merespon apapun permintaanmu.

Jangan lupa untuk pastikan fitur Siri dalam keadaan aktif, ya!

Baca juga:

2. Website Tone Generator

Website Tone Generator

Water eject shortcuts di HP iPhone-mu tidak bisa berjalan, tak masalah. Masih ada cara mengeluarkan air dari iPhone 11 yang kedua, yakni dengan memanfaatkan website Tone Generator.

Sederhananya, cara kerja Tone Generator sama dengan shortcuts water eject. Air yang masuk ke dalam iPhone didorong keluar dengan bantuan suara. Rekomendasi website Tone Generator kali ini bernama Szynalski.com.

Berikut langkah-langkah tutorial bagaimana cara mengeluarkan air di speaker iPhone dengan Szynalski.com Tone Generator.

  1. Sama seperti cara sebelumnya, lap dan keringkan bagian luar iPhone yang terkena air terlebih dahulu.
  2. Lalu, buka browser Safari, dan ketik pada kolom tab pencarian link url berikut: www.szynalski.com/tone-generator.
  3. Setelah itu, pilih tingkat frekuensi 165 Hz.
  4. Kamu juga bisa atur besar volume suara yang diinginkan.
  5. Selain itu, kamu juga bisa pilih nada dan gelombang nada sesuai dengan keinginan.
  6. Kemudian tekan tombol Play.
  7. Suara akan keluar bersamaan dengan air yang terjebak di dalam mesin iPhone kamu.
  8. Lap dan bersihkan air yang keluar dengan menggunakan lap kain atau tisu.

3. Direndam di Dalam Beras

Direndam di Dalam Beras
Grid.ID

Tone Generator juga tidak efektif? Well, saatnya kembali ke cara tradisional namun dijamin ampuh buat keringkan mesin bagian dalam iPhone kamu.

Yang kamu butuhkan untuk cara mengeluarkan air dari iPhone tanpa aplikasi hanya beras dan wadah (baskom atau mangkuk) yang sesuai dengan ukuran HP iPhone kamu.

Kamu cukup mengisi wadah dengan beras yang cukup untuk memendamkan HP iPhone kamu di dalam beras tersebut. Pastikan iPhone kamu terpendam/terkubur ya, agar cara mengeluarkan air dari iPhone dengan beras ini dapat bekerja dengan maksimal.

Beras memiliki daya serap air yang tinggi, sehingga beras mampu “menyerap” keluar air yang terjebak di dalam HP iPhone kamu. Cukup rendam iPhone yang terkena air di dalam beras minimal selama 1 jam.

Setelah itu, cobalah untuk mengaktifkan iPhone untuk mengecek apakah iPhone kamu sudah dapat berfungsi kembali seperti sedia kala atau belum.

Jadi, itulah 3 cara mengeluarkan air dari iPhone tanpa bantuan aplikasi tambahan. Gampang banget, kan? Lain kali, kalau kamu mengalami iPhone kemasukan air, jangan panik dulu dan gunakan 3 tips ampuh ini.

Hal-Hal yang Perlu Dihindari Bila iPhone Terkena Air

Hal-Hal yang Perlu Dihindari Bila iPhone Terkena Air

Selanjutnya, ada beberapa hal yang tidak boleh kamu lakukan bila iPhone kamu kemasukan air.

1. Menjemur HP

Hal yang perlu kamu hindari bila HP iPhone kamu terkena air adalah jangan menjemur HP iPhone tersebut. Karena kondisi di dalam iPhone dalam keadaan basah dan terdapat banyak air. 

Dengan menjemur HP air justru malah akan menguap di dalam dan dapat merusak komponen mesin bagian dalam iPhone. Selain itu, bagian luar iPhone juga dapat terpengaruh oleh panas matahari dan menjadi rusak.

2. Mengisi Daya HP

Biasanya, HP yang terkena air tidak bisa diaktifkan (dalam keadaan mati). Nah, perlu diingat bahwa jangan sekali-kali mengisi daya HP iPhone yang belum dalam keadaan kering sepenuhnya. 

Jadi, pada proses mengeringkan iPhone pastikan tidak ada air yang tersisa di dalam mesin. Karena jika dipaksa untuk di-charge, maka bisa menimbulkan konslet dan kerusakan pada mesin.

3. Jangan Bongkar Sendiri

Hal terakhir yang perlu diperhatikan adalah tidak membongkar mesin iPhone secara otodidak atau sendiri. Karena kita sebagai orang awam pasti minim ilmu, dan kemungkinan dengan membongkar iPhone sendiri dapat mengakibatkan kerusakan akibat ketidakpahaman kita.

Sebaiknya, bila kondisi iPhone basah parah langsung saja dibawa ke iPhone service center. Agar iPhone kamu langsung ditangani oleh teknisi profesional.

Demikianlah pembahasan mengenai bagaimana cara mengeluarkan air di speaker iPhone untuk semua seri. Semoga artikel kali ini bermanfaat, dan jangan lupa untuk membagikan info tips cara mengeluarkan air dari iPhone tanpa bantuan aplikasi tambahan ini kepada teman dan keluargamu, ya! Selamat mencoba!

Tinggalkan komentar