32+ Kumpulan Bot Telegram Terbaik Yang Berguna

Bot Telegram Yang Berguna

Telegram menjadi salah satu aplikasi chatting paling populer di dunia selain Whatsapp. Orang-orang menyukai dan menggunakan aplikasi ini karena banyak sekali bot Telegram yang berguna, baik untuk keperluan belajar atau sekedar hiburan.

Sekarang aplikasi Telegram sudah bisa digunakan di seluruh perangkat gadget, seperti komputer, Android dan juga Apple. Kegunaannya juga sangat luas, Anda akan mendapatkan kepuasan lebih dari sekedar aplikasi chatting.

Sekilas Tentang Telegram Yang Harus Anda Tahu!

Selain Whatsapp, aplikasi apalagi yang Anda gunakan untuk melakukan chatting? Barangkali jawabannya adalah Telegram.

Benar sekali, Telegram adalah aplikasi yang bisa kita katakan cukup populer walaupun memang penggunanya tidak sebanyak Whatsapp.

Asyiknya menggunakan aplikasi ini, Telegram memiliki privasi chat yang bersifat end-to-end. Maksudnya adalah kegiatan chatting yang kita lakukan hanya bisa dilihat oleh penggunanya saja, tidak dapat di-forward dan juga tidak tersimpan di server.

Telegram juga memungkinkan penggunanya untuk membuat status. Anda dapat melakukannya dengan memposting video pendek maupun foto.

Walaupun memang untuk saat ini kita tidak dapat memposting status dalam bentuk tulisan. Ya, semoga kedepannya fitur ini akan ditambahkan oleh pihak Telegram.

Baca juga: 4 Cara Mengetahui Password Email Paling Mudah

Keunggulannya Dibanding Whatsapp

Omong-omong terkait keunggulan, Telegram ini memiliki sejuta kelebihan dibandingkan dengan aplikasi pesaingnya. Keunggulan tersebut antara lain adalah:

  • Theme yang bisa dipilih sesuai keinginan
  • Pengguna bisa membuat username
  • Group yang bisa menampung anggota lebih banyak
  • Terdapat stiker dan pengguna dapat membuatnya sendiri
  • Bisa menggunakan banyak akun sekaligus
  • Fitur chat yang aman karena bersifat end-to-end sehingga obrolan tidak dapat di-hack
  • Tersedia bot Telegram untuk menikmati layanan eksternal.

Apa Itu Bot Telegram?

Sebelumnya, pernahkah Anda mendengar istilah “bot Telegram”? Bot Telegram merupakan fitur yang dioperasikan dan dijalankan oleh sistem AI.

Perangkat lunak yang biasa disebut AI atau kecerdasan buatan ini dapat memudahkan Anda dalam menggunakan Telegram.

Sederhananya begini, bot Telegram merupakan robot yang sengaja dibuat dengan program tertentu pada sebuah akun Telegram. Ini dapat dijalankan dengan sebuah perintah dan instruksi dari para penggunanya.

Ada banyak sekali bot Telegram yang berguna dan bisa dimanfaatkan sesuai keinginan. Contohnya jika Anda adalah seorang pelajar dan ingin mencari jurnal atau ebook, maka bisa menggunakan bot Telegram Nesussci.search.

Atau contoh lainnya adalah ketika butuh translator bahasa, maka kita bisa menggunakan Bot Language Translator. Nah selain hal itu, masih banyak lagi bot Telegram yang bermanfaat untuk keperluan kita sehari-hari.

Telegram sendiri memang telah memberikan kebebasan kepada siapa pun untuk mengembangkan bot. Sehingga jika mempunya keahlian programming, Anda juga bisa membuat bot sendiri.

Bot Telegram memungkinkan penggunanya untuk dapat mengakses layanan eksternal. Sangat mudah dan sangat berguna untuk menunjang produktivitas dan hiburan.

Baca juga: Mudah! 3 Cara Membuat Bot Telegram Tanpa Coding

Cara Mencari Bot di Telegram

Hal yang paling mengasyikkan ketika menggunakan Telegram adalah terdapatnya akun-akun bot. Sebagaimana yang telah disebutkan di atas jika bot semacam ini dapat Anda gunakan untuk berbagai keperluan.

Nah, tapi yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara untuk mencari bot Telegram tersebut? Simak ulasan dan tutorialnya berikut:

  1. Langkah pertama tentu saja Anda perlu membuka aplikasi Telegram
  2. Jika sudah membukanya, akan terlihat icon pencarian yang berada di pojok kanan atas (khusus di ponsel).
  3. Klik icon pencarian tersebut
  4. Di kolom pencarian silakan masukkan kata kunci relevan dengan bot yang ingin Anda gunakan
  5. Nantinya akan muncul berbagai hasil pencarian
  6. Klik saja pilihan akun bot yang kiranya Anda anggap sesuai dengan keperluan
  7. Setelah akun bot terbuka, sekarang klik “mulai”.

Begitulah cara untuk mencari akun bot, cukup mudah bukan? Setiap akun bot memiliki nama yang berbeda-beda. Anda perlu mengetahui nama-nama akun bot tersebut sebelum mencarinya di Telegram.

Tidak perlu khawatir karena di pembahasan berikutnya kita juga akan memberikan rekomendasi nama akun bot Telegram yang berguna.

Kumpulan Bot Telegram yang Berguna untuk Pelajar

Apakah Anda seorang pelajar atau mahasiswa? Jika iya maka bot Telegram dapat Anda manfaatkan untuk membantu berbagai keperluan pelajaran.

Terdapat 6 bot Telegram yang kami rekomendasikan untuk digunakan. Penasaran apa saja rekomendasi tersebut? Simak selengkapnya berikut ini:

1. Kamus Besar Bahasa Indonesia

Bot Telegram yang Berguna

Jangan karena tinggal di Indonesia kita merasa tidak perlu lagi belajar Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Pasalnya tidak sedikit warga negara Indonesia yang pengetahuannya terkait bahasa keseharian ini masih sangat minim.

Misalnya terkait EYD dan PUEBI, masih banyak sekali yang salah dalam penggunaannya dan perlu dipelajari. Nah, karena itulah seharusnya kita memiliki kamus KBBI supaya bahasa yang digunakan sesuai dengan aturan dan penggunaannya.

Anda tidak perlu membeli kamus KBBI dalam bentuk fisik, karena sekarang hal tersebut bisa diakses melalui bot Telegram saja.

Silakan cari akun bot dengan nama Kamus Besar Bahasa Indonesia. Kamus satu ini menggunakan rujukan situs kbbi.web.id.

Cara penggunaannya juga cukup gampang dan bisa ditampilkan dengan cepat ke percakapan grup atau private. Hal tersebut karena Bot Telegram Kamus Besar Bahasa Indonesia ini menggunakan mode inline.

2. Word bot

Bot Telegram yang Berguna

Siapa sih yang tidak ingin bisa berbahasa Inggris dengan baik dan lancar? Semua orang pastinya sangat menginginkan hal tersebut.

Memiliki kemampuan Bahasa Inggris akan memudahkan Anda dalam banyak urusan. Apakah itu terkait pendidikan, pekerjaan, hubungan dan lain sebagainya.

Sayangnya untuk mempelajari Bahasa Inggris dibutuhkan keseriusan dan waktu yang cukup lama. Belum lagi ditambah kesibukan lain yang sepertinya tidak memungkinkan untuk belajar Bahasa Inggris.

Ets, tunggu dulu! Sekarang pengguna Telegram dapat belajar Bahasa Inggris dengan mudah dari aplikasi ini, lho.

Anda dapat menggunakan sebuah bot yang bernama “Word Bot“. Bot satu ini akan membuat mahasiswa atau pelajar memiliki keinginan serta rajin di dalam belajar menguasai Bahasa Inggris.

3. Bot Language Translator

Bot Telegram yang Berguna

Tidak semua orang bisa berbahasa asing. Banyak sekali orang yang merasa kesulitan ketika harus menerjemahkan bahasa yang sebenarnya tidak dikuasai dengan baik. Bahasa apa pun itu, apakah Bahasa Inggris, Arab, Mandarin dan lain sebagainya.

Jika persoalannya demikian, sebenarnya cukup mudah untuk diatasi. Anda dapat menggunakan bantuan bot Telegram yang canggih satu ini, namanya Bot Language Translator.

Sangat sesuai dengan namanya yaitu translator, aplikasi ini akan memudahkan siapa pun untuk menerjemahkan bahasa asing. Bukan hanya sekedar translate, menggunakan bot ini juga akan menjadikan penggunanya dapat belajar bahasa asing sedikit demi sedikit.

Persoalan bagi banyak mahasiswa tingkat akhir adalah mencari jurnal penelitian atau ebook. Jurnal atau e-book biasanya digunakan untuk keperluan dalam proses penyelesaian skripsi.

Bayangkan saja, tidak jarang mahasiswa dibuat pusing karena diperintahkan oleh dosennya mengumpulkan 100 jurnal ilmiah. Akibatnya banyak mahasiswa merasa frustasi dengan hal demikian.

Syukurnya sekarang persoalan tersebut bisa teratasi dengan adanya bot Telegram bernama Nesussci.search. Bot satu ini memungkinkan Anda untuk mencari berbagai jurnal ilmiah dan e-book sesuai keinginan.

Sehingga pengguna tidak perlu khawatir lagi, dengan hanya beberapa kali klik saja Anda sudah dapat mengumpulkan puluhan hingga ratusan jurnal.

5. Grammar Checker

Bot Telegram yang Berguna

Bisa Bahasa Inggris tapi grammar-nya masih belum sempurna? Nah perbaiki hal tersebut dengan sebuah bot Telegram yang berguna bernama Grammar Checker.

Sesuai dengan namanya, bot satu ini digunakan untuk mengoreksi penggunaan grammar yang benar sesuai kaidahnya. Anda akan sangat terbantu ketika menulis teks dalam Bahasa Inggris supaya penulisan grammar-nya tidak salah.

Cara menggunakannya juga sangat mudah. Pengguna hanya perlu mengirimkan teks dan tulisan di dalam chat boot. Nantinya grammar checker bot akan mengoreksinya.

Anda dapat mengetahui mana saja kalimat yang grammar-nya belum tepat. Ini sangat membantu jika sedang mendapatkan tugas kuliah atau sekedar untuk belajar Bahasa Inggris.

Baca juga: 8 Cara Melihat Alamat Email Sendiri Lewat HP dan PC

Rekomendasi Bot Telegram yang Berguna untuk Internetan

Anda seorang pengguna internet yang aktif? Jika iya tentu saja ada banyak hal yang dilakukan terkait dunia internet yang membutuhkan aplikasi bantuan, bukan? Berikut adalah deretan rekomendasi bot Telegram yang bisa Anda gunakan untuk kepentingan internet:

Mencari informasi di Google tidak melulu harus menggunakan browser. Hanya menggunakan bot Telegram canggih satu ini saja Anda dapat melakukan hal tersebut.

Bot Google Search memiliki fungsi yang sama seperti search engine pada umumnya. Hal yang membedakannya adalah, di bot Telegram pencarian dapat dilakukan langsung di dalam inline command bot.

Hasil dari pencarian tersebut akan ditampilkan dalam bentuk link web dan judul yang relevan sesuai kata kunci yang digunakan.

7. URL Uploader

Bot satu ini benar-benar bisa membantu siapa pun yang ingin mengupload file menggunakan URL saja. File nantinya akan di-upload ke server Telegram dengan maksimal size 500MB.

Adapun batas harian upload-nya adalah 1GB dan bisa dilakukan berulang setiap harinya. Jika ukuran tersebut dirasa kurang mencukupi, Anda dapat melakukan upgrade ke layanan premium dengan membayar sejumlah uang.

Namun jika file yang di-upload setiap harinya tidak terlalu besar, layanan dari Url Uploader gratis ini sudah cukup memuaskan.

8. Instasave

Pernahkah Anda membuka Instagram dan melihat story gambar atau video yang menarik? Jika iya pasti Anda menginginkan untuk bisa menyimpan story tersebut di galeri ponsel, bukan?

Hal tersebut memang tidak dapat dilakukan secara langsung menggunakan aplikasi Instagram. Kalaupun bisa itu hanya menggunakan fitur screenshot yang hasil fotonya akan pecah dan tidak memuaskan.

Nah solusinya Anda dapat menggunakan bot Instasave yang berada di Telegram. Bot satu ini memungkinkan Anda untuk menyimpan story dengan sangat mudah.

Caranya adalah dengan memasukkan link url story tertent ke inline command bot Instasave. Nanti bot akan men-generate url tersebut menjadi file story yang bisa Anda download.

9. Gmail Bot

Bot Telegram yang Berguna

Gmail adalah platform surat elektronik (Email) yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Sebenarnya aplikasi ini sudah tersedia di berbagai device baik itu PC, Android dan juga Apple.

Akan tetapi jika menginginkan sensasi lain, Anda dapat menggunakan sebuah bot Telegram untuk me-manage email, namanya adalah Gmail Bot.

Sama dengan aplikasi resminya, dengan menggunakan Gmail Bot Anda dapat menerima dan mengirim email langsung di aplikasi Telegram.

Jika ingin menggunakannya, terlebih dahulu Anda perlu melakukan otorisasi email pada bot. Nantinya Anda akan mendapatkan notifikasi seluruh email yang masuk.

Baca juga: 2 Cara Melihat ID Telegram Sendiri dan Orang Lain

Rekomendasi Bot Telegram yang Berguna dan Paling Populer 2022

Selain beberapa rekomendasi yang telah disebutkan di atas, sebenarnya masih banyak lagi bot Telegram yang berguna. Di sini kami hanya ingin menambahkan tiga rekomendasi lagi bot yang paling populer tahun 2022:

10. Bot Nulis

Bot Telegram yang Berguna

Banyak sekali orang yang penasaran dengan bot satu ini terutama karena bot tersebut sangat berguna bagi pelajar atau mahasiswa seperti anda. Hal lainnya yang akan membuat anda terkejut dan heran dari bot berikut ialah ditinjau dari segi fitur canggih yang ditawarkan oleh Bot Nulis. Bot ini dapat mengubah teks digital menjadi tulisan tangan yang benar-benar sangat mirip.

Untuk menggunakannya terlebih dahulu Anda perlu mencarinya di kolom pencarian Telegram. Silakan ketik “Bot Nulis”, maka nantinya akan muncul banyak sekali bot yang berguna dan dapat dipakai sesuai kebutuhan.

11. Anonymous Chat

Apakah Anda sedang belajar bahasa dari daerah lain? Jika iya tidak ada salahnya untuk berbicara langsung dengan penutur aslinya.

Caranya adalah dengan melakukan chatting menggunakan anonymous chat. Pasalnya dengan bot satu ini Anda dapat terhubung dengan orang-orang lokal dan luar negeri.

Tenang saja, keamanan dan privasi Anda akan terjaga karena seluruh penggunanya adalah anonim. Identitas Anda akan tersembunyi sehingga tidak ada orang yang mengenalnya.

12. Bot Tebak-tebakan

Memang sedikit terdengar aneh, tapi ternyata bot juga bisa diajak untuk bermain, lho. Anda dapat menghilangkan rasa penat dengan bermain tebak-tebakan dengan bot Telegram.

Ada banyak sekali tebak-tebakan yang bisa diikuti. Caranya silakan Anda cari di kolom pencarian dengan kata kunci “bot tebak-tebakan“.

Jika sudah ditemukan, sekarang klik “start” dan pengguna dapat bermain tebak-tebakan seru dan mengasyikkan.

13. Bot Matematika

Bot MTK di telegram mampu menyelesaikan beberapa permasalahan soal dasar. Selain itu anda bisa menggunakannya untuk mempelajari dan mengukur seberapa cepat anda mampu berhitung menggunakan soal – soal yang sudah disiapkan.

Setiap level dapat diatur dengan tingkat anda masing – masing. Sehingga anda dapat menyesuaikannya sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga: Mudah! Ini Cara Daftar Vtube di Telegram Buat Pemula

Bot Lainnya di Telegram Yang Berguna

Selain rekomendasi bot diatas, masih banyak rekomendasi bot lainnya yang tidak kami sebutkan satu persatu. Namun anda masih bisa menemukannya dengan mengetikkan kata kunci paling relevan pada keyword bot yang anda cari, Misalnya:

Bagaimana Cara Menghapus Bot Telegram?

Tidak jarang orang yang sudah menggunakan akun bot namun dirasa kurang cocok dan ingin menghapusnya. Atau memang Anda sendiri sudah tidak menggunakan akun bot tersebut. Maka untuk bisa menghapusnya, pengguna perlu melakukan cara dan step-step berikut ini:

  1. Silakan terlebih dahulu membuka aplikasi Telegram
  2. Langkah kedua carilah bot yang ingin dihapus
  3. Untuk mencarinya Anda dapat mengetuk icon pencarian yang berada di pojok atas kanan aplikasi
  4. Apabila bot Telegram telah Anda temukan, silakan tekan dan tahan beberapa saat.
  5. Nantinya akan muncul opsi dan pilihan
  6. Pengguna dapat menghapus akun bot lebih dari satu, silakan pilih saja sesuai yang dikehendaki.
  7. Tekan icon hapus yang berada di toolbar bagian atas aplikasi
  8. Nanti akan muncul kembali pop-up untuk mengkonfirmasi penghapusan
  9. Klik “hapus obrolan”
  10. Selesai, bot Telegram sudah Anda hapus.

Jika telah menghapus chat dan obrolan di dalam bot Telegram, maka seluruh perintah dan instruksinya juga akan terhapus. Karenanya jika nanti ingin menggunakan bot Telegram itu lagi, maka pengguna perlu mengulangi step-step seperti pada poin sebelumnya.

Apakah Bot Telegram Aman Digunakan?

Pertanyaan ini sering muncul karena banyak orang yang ragu terkait keamanan bot telegram. Bot telegram memang bisa membaca nama pengguna dan juga melihat foto profil. Tapi Anda tidak perlu khawatir karena sistem bot ini tidak dapat melihat nomor telepon.

Karena itu pastikan jangan pernah memberikan data diri Anda di dalam bot tersebut. Aman atau tidaknya bot telegram ini tergantung bagaimana cara kita menggunakannya. Beberapa hal yang tidak boleh dikirim di dalam bot telegram adalah:

  • Data rekening
  • Kartu Tanda Penduduk
  • Paspor
  • Nomor telepon
  • Alamat rumah
  • Foto-foto pribadi
  • Dan data penting lainnya

Akhir Kata

Bot Telegram yang berguna ini dapat Anda manfaatkan untuk berbagai hal. Bisa untuk belajar, berbisnis, seru-seruan dan lain sebagainya. Bot Telegram aman digunakan karena pennguna tidak perlu menginstal aplikasi lain, cukup mencari bot di dalam aplikasi Telegram saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.