Mudah! 3 Cara Membuat Bot Telegram Tanpa Coding

Cara Membuat BOT di Telegram

Apa itu bot Telegram? Bot Telegram merupakan pengguna non-manusia atau robot yang terdiri dari baris kode tertentu sehingga mampu melakukan suatu tindakan secara otomatis. Siapa saja bisa menciptakan bot Telegram selama tahu cara membuat bot Telegram dengan benar.

Dengan begitu, Anda pun juga bisa membuat bot Telegram sendiri jika mampu mengikuti beberapa tahap pembuatan dengan tepat. Jika Anda penasaran dan berniat membuat bot Telegram sendiri, simak tutorialnya berikut ini.

Bagaimana Cara Membuat Bot Telegram?

Jika membahas mengenai cara membuat bot Telegram, keuntungan apa yang sebenarnya bisa kita dapatkan dari menciptakan program tersebut? Apakah membuat bot di Telegram menghasilkan uang? Apa sebenarnya fungsi dari bot Telegram tersebut?

Pada dasarnya, macam-macam bot Telegram sendiri ada banyak. Fungsi dari masing-masing bot Telegram pun bisa sangat bervariasi dan umumnya untuk membantu pengguna Telegram dalam melakukan satu jenis pekerjaan.

Baca juga: 2 Cara Download Film di Telegram Lewat HP dan Laptop

Apa nama bot Telegram? Sejatinya, jumlah bot di Telegram ini sudah sangat banyak dengan fungsi yang berbeda-beda. Salah satu contohnya adalah bot translator bahasa. Bot Telegram ini berfungsi untuk mengartikan kata atau kalimat dalam bahasa asing ke bahasa Indonesia, atau sebaliknya.

Kabar baiknya, Anda bisa membuat program tersebut secara mandiri dengan mengikuti cara membuat bot Telegram sebagai berikut :

1. Buat Channel Telegram

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan saat akan membuat bot di Telegram adalah membuat channel Telegram terlebih dahulu. Cara pembuatan channel ini sendiri terbilang mudah, yakni :

  • Buka aplikasi Telegram, lalu klik menu Menulis berwarna biru (ikon pensil) yang terletak di bagian kanan bawah pada aplikasi
  • Kemudian, pilih opsi Channel Baru yang memiliki ikon siaran
  • Setelah itu, tambahkan foto profil dan masukkan nama channel Telegram sesuai keinginan Anda
  • Kemudian, tambahkan deskripsi baru sesuai dengan tujuan dan nama channel Telegram yang ingin Anda buat. Jika sudah, silakan klik tanda centang di bagian kanan atas untuk menyelesaikan proses pembuatan identitas channel
  • Setelah itu, akan muncul menu Pengaturan Channel untuk mengatur channel baru tersebut. Pada bagian Tipe Channel, Anda dapat mengatur privasi channel-nya menjadi Private Channel atau Public Channel sesuai kegunaannya.
  • Jika pengaturan privasi channel Anda public, jangan lupa untuk membuat Tautan Publik sebagai link channel tersebut. Sehingga pengguna lain bisa membagikannya.
  • Jika pengaturannya privasinya private, Anda akan mendapatkan tautan invitation secara otomatis agar pengguna lain bisa bergabung.
  • Sekarang, Anda sudah bisa menggunakan Channel Telegram yang telah Anda buat.

Baca juga: 2 Cara Mencari Film di Telegram Gratis Untuk Android

2. Mendaftarkan Bot ke BotFather

Pada dasarnya, cara membuat bot Telegram terbagi menjadi 2 cara, yakni dengan coding dan tanpa coding. Jika Anda ingin membuat bot Telegram tapi tidak tahu cara melakukan coding, sebaiknya gunakan program BotFather. Cari program tersebut melalui penelusuran di Telegram.

BotFather sendiri merupakan satu-satunya cara yang bisa Anda gunakan untuk membuat bot Telegram tanpa proses coding sama sekali. Simak tutorialnya berikut ini.

  • Klik ikon Search di bagian kanan atas pada aplikasi Telegram
Cara Membuat BOT di Telegram
  • Pada bagian kotak penelusuran, silakan ketik “BotFather” atau “@BotFather” lalu klik hasil pencarian teratas untuk membuka programnya
Cara Membuat BOT di Telegram
  • Setelah itu, klik Start untuk memulai interaksi dengan BotFather
  • Ketikkan perintah /newbot untuk memulai proses pembuatan bot Telegram baru
Cara Membuat BOT di Telegram
  • Selanjutnya, isi nama bot baru sesuai yang Anda mau
  • Kemudian, atur username bot (nama pengguna) dengan nama yang Anda inginkan. Pembuatan username menggunakan huruf kecil dengan batasan 5-32 jumlah karakter. Tambahkan kata “-bot” pada bagian akhir username Anda, contoh: namaandabot
  • Selanjutnya, Anda akan mendapatkan TOKEN yang menjadi identifier dari bot tersebut. TOKEN ini bersifat rahasia untuk dapat mengakses HTTP API. Jadi, jangan biarkan orang lain tahu selain diri Anda sendiri selaku kreator bot tersebut.
Cara Membuat BOT di Telegram
  • Selanjutnya, ketik dan kirimkan perintah /setdescription untuk mengatur isi deskripsi tentang bot milik Anda
  • Berikutnya, ketik dan kirimkan perintah /setabouttext untuk ‘about’ dari bot tersebut
  • Untuk mengatur foto profil bot, silakan kirimkan perintah /setuserpic, lalu pilih gambar profil yang Anda mau

Baca juga: 2 Cara Download Video di Telegram Lewat HP dan PC Anti Lemot

3. Membuat Mesin Bot Telegram dengan Manybot

Setelah mengikuti cara membuat bot Telegram di atas, itu artinya bot Anda telah memiliki informasi TOKEN HTTP API dan identitas tersendiri. TOKEN ini dapat Anda gunakan untuk melanjutkan tahap pembuatan bot yang selanjutnya menggunakan bantuan bot pihak ketiga.

Salah satu bot pihak ketiga yang bisa Anda gunakan untuk membuat bot Telegram tanpa proses coding adalah Manybot.

Manybot merupakan sebuah bot Telegram yang mampu menciptakan mesin bot lain. Dengan kata lain, Anda akan membuat bot Telegram milik sendiri menggunakan bantuan Manybot ini. Adapun cara pembuatannya antara lain :

  • Ketikkan “Manybot” pada kolom search di Telegram
  • Setelah itu, klik Start untuk memulai interaksi dengan bot API ini
  • Ketikkan /addbot atau klik tombol Create a New Bot untuk memulai pembuatan mesin bot
  • Berhubung Anda sudah memiliki TOKEN HTTP API dari BotFather, Anda hanya tinggal meng-klik I’ve copied the API TOKEN
  • Salin TOKEN bot Anda, lalu tempel (paste) dan kirimkan kepada Manybot
  • Berikutnya, akan tampil permintaan untuk menuliskan beberapa kata tentang bot milik Anda. Namun, Anda bisa mengabaikan bagian yang ini dengan cara memilih /skip.

Jika sudah menyelesaikan cara membuat bot Telegram pada tahapan ini, itu tandanya bot Anda sudah terpasang di Manybot. Para pengguna Telegram yang lain pun sudah bisa menggunakannya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.