21 Merk AC Terbaik 2022: Cepet Dingin dan Hemat Listrik

Merk AC Terbaik

Kebutuhan terhadap AC kerap kali mengharuskan untuk memilah dan memilih merk AC terbaik yang sesuai. Namun untuk memilih salah satu dari banyaknya merk yang beredar di pasaran saat ini tidaklah mudah, kecuali dengan adanya rekomendasi.

Rekomendasi Merk AC Terbaik

Deretan AC di bawah ini adalah hasil dari penyaringan berbagai merk AC di Indonesia. Masing-masing merk dan harganya memiliki keunggulannya sendiri. Anda tinggal menyesuaikannya dengan kebutuhan.

1. Akari 05D3LW

Merk AC Terbaik Akari 05D3LW

Urutan pertama sebagai merk AC terbaik berasal dari brand Akari, dengan tipe 05D3LW. Kemampuannya dalam mendinginkan seisi ruangan dengan rata adalah salah satu yang ditawarkan. Keluaran angin dingin dari tipe AC ini juga dihembuskan ke lima arah secara bersamaan.

Brand Akari kini menyandang rating bintang empat dalam hal fitur hemat energi. Ini disebabkan salah satunya oleh rendahnya PK yang dimiliki AC dari merk ini beserta daya yang digunakannya. Anda dapat membelinya kira-kira seharga 2 sampai 2,5 juta.

2. Aqua Japan: AC Standar

Merk AC Terbaik Aqua Japan: AC Standar

AC dari merk Aqua ini memiliki jangkauan area embusan udara yang jauh, karena kipas blower-nya didesain lebih besar dan panjang. Jauhnya bahkan bisa sampai lebih-kurang 12 meter, dengan menunggu sekitar lima menit untuk mendinginkan seisi ruangan.

AC Standar dari Aqua Japan ini dibuat dengan besaran setengah PK dan kapasitas pendinginannya 1,47 kilowatt. AC ini telah memperoleh rating bintang empat dalam hemat energi, dengan hanya memakan 390 watt dan beroperasi dalam tegangan 150-242 V.

Ukuran AC ini untuk yang indoor sebesar 810 x 200 x 280 mm. Sedangkan outdoor-nya 696 x 256 x 432 mm. AC ini dibanderol kira-kira seharga 2,7 hingga 2,8 juta.

3. Aux

Merk AC Terbaik Aux

Pada tahun 2021, Aux telah menjadi salah satu merk AC terbaik dengan keunggulan hemat listrik. Merk ini bahkan memproduksi pula perlengkapan rumah tangga seperti mesin cuci, kulkas, dan benda-benda elektronik lainnya.

Selain kehebatannya dalam menghemat daya, mesin dan badan luar yang digunakan Aux pun terlindungi dari karat. Kelebihannya yang lain ialah adanya sistem Deep Sleep untuk mengontrol suhu ruangan. Kemudian ada pula teknologi filter 3in1, yang terdiri dari Silver Ion, Anti-formaldehyde, dan Vitamin C.

Ketiganya berperan untuk membunuh bakteri secara efisien hingga lebih dari 90%. AC dari merk Aux ini juga memiliki Multi Fan Speed, fitur yang memungkinkan udara dalam ruangan menjadi cepat dingin.

Aux mendistribusikan beberapa tipe AC produksinya di dunia dengan harga sekitar 2 sampai 20 juta rupiah, antara lain:

  • FFR1 TYPE
  • DA TYPE
  • FO TYPE
  • YR TYPE

4. Beko tipe BSVOA 091 Spilt

Merk AC Terbaik Beko tipe BSVOA 091 Spilt

Produk-produk AC dari Beko memang tidaklah sepopuler LG atau Polytron. Namun, bukan berarti tak dapat direkomendasikan bila Anda butuh AC 1 PK dengan harga miring. Deretan fiturnya yang beragam antara lain kontrol temperatur otomatis, filter, jet cool, sleep mode, hingga smart timer.

Bahkan AC dari merk-merk lain jarang ada yang berbekal banyak keunggulan dalam satu produk.

5. Cawang Pro

Merk AC Terbaik Cawang Pro

Berikutnya ada AC buatan dalam negeri yang memanfaatkan teknologi Jepang. Cawang Pro menyediakan empat pilihan variasi dari produk AC-nya. Masing-masing dapat disesuaikan dengan rincian kebutuhan Anda terhadap AC.

  • AC 1/2 PK
  • AC 1 PK
  • AC 1 1/2 PK
  • AC 3/4 PK

Produk-produk keluaran merk ini menghadirkan beragam fitur unggul. Refrigerant 32 (R32) yang digunakan menjadikannya ramah lingkungan, dengan skor yang baik dalam GWP dan ODP. Fitur ini menurunkan risiko pemanasan global dan penipisan ozon oleh penggunaan AC.

AC dari Cawang Pro juga dibekali mode Fast Cooling. Jadi proses pendinginan ruangan dapat lebih cepat, dengan menyesuaikan kecepatan kipas dan pengaturan suhunya. Sehingga suhu ruangan akan langsung terasa berbeda secara otomatis dengan pengaturan suhu AC dari remote. Ini pula yang menjadikan AC dari Cawang Pro lebih ramah lingkungan.

Baca juga: 4 Cara Kerja AC Mobil dan Komponennya Lengkap

6. Changhong

Merk AC Terbaik Changhong

Changhong adalah merk AC yang diproduksi dari China. AC dari merk ini berbekal Double Gold Fin untuk kondensornya. Sebuah fitur unggul berupa lapisan yang menghindarkan AC dari karat, sehingga dapat lebih bertahan lama.

Ada pula teknologi bernama Turbo Jet Cool yang disematkan terhadap AC Changhong. Dari namanya pun sudah bisa ditebak, menjadikan AC dari merk ini lebih cepat mendinginkan ruangan. Harga produk AC dari Changhong dibanderol sekitar 2 sampai 10 juta.

7. Daikin

Merk AC Terbaik Daikin

Daikin merupakan brand AC yang berasal dari Osaka, Jepang. Perusahaannya sendiri telah berdiri sejak tahun 1924. Jadi wajar bila produk-produk dari merk ini menjadi lebih unggul, dengan adanya pengalaman yang hampir 1 abad tersebut.

Berbekal seabrek kelebihan, AC dari Daikin telah terjual hingga ke 140 negara lebih sampai saat ini. Daikin membekali produk-produk AC-nya dengan fitur-fitur seperti Quiet Operation, Energy Saving, dan kontrol Comfortable Airflow. Anda dapat membelinya dengan kisaran harga 3 sampai 15 juta.

8. Denpoo

Merk AC Terbaik Denpoo

Ini dia merk AC terbaik buatan lokal hingga tahun 2022 ini. Produsen AC yang berdiri di Pluit, Jakarta Utara ini telah mengedarkan produk-produknya sejak tahun 1990. Denpoo melengkapi produk-produk AC-nya dengan beragam fitur modern. Jadi kualitasnya yang baik tersebut pasti dapat Anda andalkan.

Fitur-fiturnya antara lain ionizer, powerful, super cool mode, serta active filter yang secara maksimal mampu menyaring udara kotor. Produk lokal berkualitas jempolan ini dapat Anda beli dengan harga sekitar 2,4 sampai 6,5 juta.

9. Electrolux

Merk AC Terbaik Electrolux

Kualitas dari merk AC terbaik ini juga tak dapat diremehkan berkat teknologi Viva Active dan hemat energinya. Viva Active memungkinkan AC tidak hanya mendinginkan udara, namun juga sekaligus mampu membersihkan udara dari polusi yang ada dalam ruangan.

Jadi Anda pun tidak perlu khawatir pada adanya virus dan bakteri, yang akan menyerang dan menimbulkan penyakit terhadap keluarga Anda.

10. Gree

Merk AC Terbaik Gree

Satu lagi merk AC asal China, Gree. Perusahaan ini sendiri telah beroperasi sejak tahun 1991. Gree membekali produk-produk AC buatannya dengan Triple Protection. Sebuah fitur yang terdiri dari beberapa keunggulan seperti ketahanan terhadap api, anti bocor, juga anti temperatur tinggi.

Fitur lainnya yakni Refrigerant R32 menjadikan AC dari Gree lebih ramah terhadap lingkungan. Anda dapat membelinya dengan harga yang dibanderol sekitar 2 sampai 30 juta.

Baca juga: 6 Cara Menggunakan Remote AC dan Penjelasannya

11. Haier

Haier

China masih memiliki merk AC lainnya, yakni Haier. Brand yang berdiri di China ini terkenal sebagai salah satu perusahaan dengan produk-produk berteknologi ramah lingkungan. Keunggulannya terletak pada kecepatannya dalam mendinginkan ruangan.

Bukan hanya hemat energi dengan kecepatannya, Haier pun menjadi yang kali pertama dalam menyediakan layanan kontrak 10 tahun reparasi gratis. Produk-produk AC dari merk ini dapat Anda beli mulai dari seharga 2 sampai 10 jutaan rupiah.

12. Hisense

Hisense

Hisense merupakan merk AC terbaik yang terkenal juga memproduksi kelengkapan rumah tangga dengan kualitas yang mapan. Salah satu brand elektronik yang tidak perlu diragukan lagi ini menyediakan AC dengan fitur-fitur unggulan.

Hisense membekali AC buatannya dengan Smart Mode, LED Display, Self Diagnosis, serta Automatic Protection. Brand ini menjamin pembeli bisa lebih tenang selama menggunakan AC-nya dengan adanya fitur-fitur tersebut.

13. LG

LG

Bukan hanya menjadi merk AC paling baik, perusahaan LG pun memang dikenal luas sebagai salah satu produsen peralatan elektronik berkualitas. Seperti TV dan kulkas buatannya misalnya. Salah satunya seperti fitur unggulan yang inovatif bernama Energy Efficiency Rating untuk mengatur pemakaian listrik.

Ada pula fitur lain seperti kontrol Active Energy. Sehingga produk AC dari LG dapat menjaga level konsumsi listrik dengan kapasitas pendingin yang bisa diatur agar efektif. Berbekal Ionizer Sterilization, AC-AC dari LG mampu membersihkan ruangan dari bakteri serta menghilangkan bau sampai 99,99%.

Namun fitur yang dibanggakan oleh LG dalam produk AC-nya ialah Jet Cool. Sehingga ruangan akan menjadi lebih dingin dengan cepat. LG menjual produk-produk AC buatannya dengan harga sekitar 3 sampai 25 juta.

14. Midea

Midea

Midea juga tak kalah dalam rivalitas sebagai merk AC paling baik. Produk-produknya dibekali berbagai keunggulan lewat fitur-fitur canggihnya. Mulai dari intelligent cool untuk menyesuaikan suhu ruangan dengan cuaca. Lalu flash cooling untuk mempercepat pendinginan suhu ruangan, serta fitur silky cool.

15. Mitsubishi Split

Mitsubishi Split

Mitsubishi tidak hanya berjalan di ranah pasar otomotif saja. Rupanya brand ini menjadi merk AC terbaik yang unggul pula, beserta produk-produk perlengkapan elektronik lainnya. AC rancangan perusahaan ini pun hemat penggunaan energi, tanpa memengaruhi besaran dinginnya.

Salah satu yang terbaik di antara produk-produk AC dari Mitsubishi adalah SPLIT MITSUBISHI tipe SRK-05CR-S3. AC hemat listrik ini mampu digunakan dalam waktu lama. Terdapat sensor I See pula di dalamnya untuk mengontrol kinerja AC agar lebih optimal.

Kecocokan Mitsubishi Split sangat baik untuk kebutuhan gedung kantor, rumah tangga, hingga tempat umum. Selain awet, AC tipe ini juga lebih cepat dalam mendinginkan ruangan, serta dijual dengan harga yang terjangkau.

Anda bisa mendapatkannya melalui berbagai marketplace dengan kisaran harga 3,2 sampai 3,6 juta.

Baca juga: Mudah! Ini 5 Cara Mematikan Timer AC Sharp

16. Panasonic

Panasonic

Kali ini adalah merk AC terbaik dari Jepang sejak 2021 lalu, yaitu Panasonic. Perusahaannya sendiri telah beroperasi sejak tahun 1918. Pengalaman lebih dari 1 abad ini berbanding lurus dengan kualitas peralatan elektronik yang mampu diproduksinya. Termasuk untuk produk AC-nya.

Panasonic membekali AC buatannya dengan fitur berteknologi terbaru, seperti Mild Dry Cooling dan sistem Advance E-Ion Purifying. Keduanya dapat menghilangkan bakteri, virus, dan jamur hingga 99%. Biaya listrik yang dikonsumsinya juga hanya sampai 1 juta rupiah per tahun.

Beberapa keunggulan lainnya dari AC Panasonic ialah fitur Nanoe X-nya, dan kemampuannya dalam menghilangkan bau tak sedap. Nanoe X tersebut dapat dinyalakan hingga 24 jam, meski AC sedang mati. Daya yang dikonsumsi hanya sampai 25 watt per jam.

Perangkat Nanoe X tersebut juga tidak membutuhkan perawatan khusus saat AC di-service. Sehingga secara keseluruhan, AC Panasonic dapat menjaga sirkulasi udara dalam ruangan tetap sehat dan bersih selama 24 jam. Anda dapat membelinya dengan harga yang dibanderol sekitar 2 sampai 30 juta rupiah.

17. Polytron Neuva Ice tipe PAC 05VXM

Polytron Neuva Ice tipe PAC 05VXM

Polytron menjadi merk air conditioner terbaik yang bahkan menjamin uang Anda kembali. Terutama untuk produk keluaran yang satu ini, bila pendinginan ruangan Anda tidak berlangsung cepat. Sebab Neuva Ice dibekali mesin high efficiency cooling, fitur yang lebih cepat mendinginkan ruangan hingga 40%.

Dengan kecepatan tersebut, tentu besar pengaruhnya pada saat cuaca sedang panas-panasnya. Apalagi dengan adanya penyaring udara yang tentu menyamankan penggunanya ketika sedang berada dalam ruangan. Neuva Ice dari Polytron dibanderol dengan harga sekitar 2,6 jutaan.

18. Samsung

Samsung

Anda tentu tidak akan asing dengan brang satu ini. Rupanya Samsung juga menjadi merk AC terbaik, bukan hanya sebagai produsen ponsel, TV, dan kulkas saja. Samsung mendesain produk-produk AC buatannya dengan kecocokan yang tinggi terhadap kondisi pasar di Indonesia.

AC dari Samsung menawarkan kecepatan dalam mendinginkan ruangan, dengan harga yang ekonomis serta tahan lama. Samsung menghadirkan fitur Triple Protector sebagai salah satu keunggulan dalam AC-nya.

Fitur yang mencegah controller dan kompresor tidak sampai kelebihan beban listrik, sehingga mampu menghemat daya. Samsung membanderol produk-produk AC-nya dengan harga sekitar 3 hingga 30 jutaan.

19. Sanken

Sanken

Sanken merupakan merk AC terbaik dengan keunggulan dari kandungan antioksidannya, sehingga dapat menjamin kebersihan udara melalui penangkalan terhadap radikal bebas. Bahkan kandungan tersebut mampu memperlambat penuaan, serta menjaga kulit tetap halus dan tubuh tetap sehat dan bugar.

Produk AC dari Sanken juga dibekali dengan Germicidal filter. Fitur yang akan menyaring kotoran berupa debu serta bakteri, sehingga ruangan bisa lebih sehat dan bersih. Sanken memproduksi AC-nya dengan besaran 1/2 PK dan mengonsumsi daya sebesar 480 watt, serta bertegangan 220 V/50 Hz.

Dengan demikian, produk-produk AC dari Sanken telah meraih rating bintang empat dalam menghemat energi. Ukuran AC ini sendiri sebesar 715 x 194 x 285 mm untuk dimensi indoor-nya. Sedangkan dimensi outdoor-nya sebesar 681 x 285 x 434 mm. Anda dapat membelinya lebih-kurang seharga 2,9 juta.

20. Sharp

Sharp

Merk AC terbaik ini juga telah sejak lama menyediakan perangkat elektronik yang dapat diandalkan. Terutama alat-alat rumah tangga. Brand asal Jepang yang berdiri sejak 1912 ini membekali produk AC-nya dengan beberapa fitur yang unggul. Misalnya teknologi low voltage-nya yang menghemat listrik.

Ada pula fitur Plasmacluster yang berperan sebagai pelindung ruangan dari bau, allergen, hingga jamur. Sharp membanderol produk-produk AC-nya di kisaran harga 2 juta hingga 20 jutaan rupiah.

Baca juga: 8 Cara Memasang AC Baru Sendiri dengan Tepat dan Mudah

21. Toshiba: Single Split

Toshiba: Single Split

Toshiba mengambil peran sebagai merk terbaik dengan tawaran kemudahan dalam pemasangannya. Kemudahan proses instalasi ini berkat adanya 2 ways draining connection. Perangkat berupa dua lubang sebagai saluran pembuangan air yang berada di sisi kanan dan kiri.

Perangkat tersebut bisa mengurangi kesulitan saat AC dalam pemasangan maupun ketika sedang dibersihkan. Bahkan AC dari brand ini dibekali pula dengan dua filter. Jadi udara yang masuk dapat disaring secara maksimal dari debu dan menghasilkan udara yang berkualitas.

AC Single Split dari Toshiba memiliki besaran 1/2 PK, dengan konsumsi daya listrik 380 watt untuk kapasitas pendinginan sebesar 1,37 kilowatt. Dengan tegangan 220 V/50 Hz-nya pula, produk AC dari Toshiba meraih rating bintang empat untuk penghematan energinya.

Dimensi untuk bagian indoor AC ini adalah 285 x 714 x 204 mm, dengan bagian outdoor 434 x 681 x 285 mm. Toshiba menjual produk AC Single Split ini dengan harga sekitar 2,5 juta rupiah.

Akhir Kata

Kebutuhan terhadap AC tentu berbanding lurus dengan kecermatan dalam memilih merk AC terbaik. Sebab Anda pasti ingin produk AC yang dibeli dapat sesuai keperluan, hemat energi, ramah lingkungan, serta mampu bertahan lama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.