0882 Kartu Apa? Info Operator, Provider dan Daerahnya
Home » Internet & Jaringan » 0882 Kartu Apa? Info Operator, Provider dan Daerahnya

0882 Kartu Apa? Info Operator, Provider dan Daerahnya

Javasiana.com 30 Oktober 2022

Dapat panggilan dari nomor yang tidak Anda kenal? Nomor 0882 kartu apa? Nomor dengan awalan angka tersebut adalah nomor kartu Smartfren. Di Indonesia ada banyak jenis sim card, setiap sim card punya empat nomor awal yang berbeda untuk menunjukkan identitas masing-masing kartu.

Nomor 0882 Kartu Apa?

0882 berarti 4 nomor awalan milik kartu Smartfren. Bagaimana dengan +62882? Sama, nomor tersebut juga dari kartu perdana Smartfren. +62 merupakan hanya sebuah kode yang menunjukkan dari Indonesia. Tiap negara punya kode nomor telepon sendiri. Misal Malaysia +60, +33 dari Prancis.

Lantas nomor 08820 nomor daerah mana? Nomor ini tetap milik kartu Smartfren. Contoh nomor lain dari sim card Smartfren yaitu, 08823, 08821. Smartfren tidak hanya punya satu jenis kode awal, bisa juga diawali dengan nomor berikut.

Kode Awal Smartfren Selain 0882

Nomor 0882 Kartu Apa

Nomor 0882 merupakan nomor Smartfren area Jakarta provider Smart Telecom. Kartu bisa jenis prabayar atau pascabayar. Bisa 11 atau 12 digit. Selain itu, ada kode awal yang juga milik Smartfren, yaitu 0889, 0883, 0884, 0885, 0886.

Selain itu, da juga 0887. Sama dengan nomor sebelumnya, kode awal 0887 juga sim card Smartfren. Namun, jika Anda menemukan panggilan dari 0887 dan tidak diawali nomor +62, bisa jadi itu panggilan dari luar negeri. Misal, seri nomor +61887 yang berasal dari Australia.

Baca juga:

Bagaimana dengan 0888?

Nomor dengan kode ini juga milik nomor Smartfren. Ini adalah kode resmi dari nomor WhatsApp customer service resmi dari pihak Smartfren. Selain menggunakan nomor, ada kode dial 888, atau melalui PSTN, 021-501xxxxx. Anda bisa cek langsung melalui website Smartfren.com.

Semua jenis kartu Smartfren dengan prefix berbeda bisa digunakan untuk telepon, SMS, dan internet. Perbedaannya hanya pada layanan apa yang Anda ambil, misal internet unlimited, unlimited nonstop, lalu ada kartu prabayar dan pascabayar.

Kode Area Smartfren

Apa itu kode area? Kode area merupakan kode khusus yang bisa Anda pakai untuk telepon kantor atau rumah, bukan untuk handphone. Kode area Smartfren berlaku untuk nomor public switched telephone network (PSTN), jadi telepon tetap yang menggunakan kabel.

Pernah lihat nomor didahului dengan 3-4 nomor yang diberi tanda buka kurung? Jika pernah, maka itulah yang disebut kode area. Jadi, misal Anda hendak menghubungi kantor, maka ada kode area yang perlu harus Anda cantumkan.

Namun, Smartfren bisa punya nomor PSTN yang diaplikasikan melalui handphone dengan bantuan aplikasi yang bisa Anda unduh lewat Google Play Store. Jadi, Anda bisa gunakan satu nomor untuk beberapa perangkat. Penggunaan ini cocok untuk Anda pemilik usaha dan sering pindah tempat.

Hanya mengandalkan handphone dan koneksi internet, Anda bisa gunakan kartu Smartfren sesuai kode area. Banyak online shop yang menyediakan kartu ini. Ada Area Medan (061), Jakarta (021), Yogyakarta (0274), Surabaya (031), Bandung (022), Semarang (024), dan Bali (0361).

Baca juga:

Kelebihan dan Kekurangan Smartfren

Tiap kartu perdana tentu punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kelebihan dan kekurangan tersebut juga hal yang relatif bagi pengguna. Salah satu kelebihan Smartfren adalah harga paket Smartfren cukup murah dibandingkan provider lainnya.

Selain itu, setiap pembelian pulsa Smartfren, maka pembeli bisa dapat smartpoint yang berguna untuk tukar voucher atau promo tertentu. Selain itu, jaringan internet stabil. Sedangkan kekurangan kartu menurut user Smartfren yaitu kerap trouble, khususnya ketika hujan. 

Kenapa Harus Tahu Kode Operator atau Kartu Perdana?

Kenapa perlu cari tahu 0882 kartu apa? Nomor ini aman atau tidak? Memangnya, bermasalah jika tidak tahu? Jawabannya adalah ya. Karena Anda bisa rugi, bahkan tindak kriminal bisa terjadi karena kurang awas dengan nomor kartu. Kenapa harus tahu kode kartu perdana? Simak hal berikut ini.

1. Menghindari Kerugian Pulsa

Kenapa bisa rugi pulsa? Telepon beda operator umumnya membutuhkan pulsa yang lumayan, bisa sampai ribuan. Kartu Smartfren jika digunakan ke operator lain punya kisaran tarif telepon 900 rupiah pada 3 menit pertama, lalu selanjutnya 18 rupiah per detik.

Sedangkan, untuk tarif SMS yaitu 150 rupiah per sms. Tentu biaya antar Smartfren lebih murah, sekitar 240 rupiah untuk 3 menit awal, selanjutnya hanya 5 rupiah per detik. Bagaimana dengan kartu lain? Contoh, jika Anda pengguna Telkomsel, maka dikenakan 500-700 rupiah per 30 detik.

Biaya dari kartu lain ke Smartfren itu berbeda. Tergantung kebijakan masing-masing sim card yang Anda gunakan. Bisa bayangkan jika Anda tidak tahu kode awal sim card? Anda bisa saja telepon tanpa henti dengan operator berbeda, akhirnya menyesal dan rugi karena pulsa banyak berkurang.

2. Memudahkan bagi Penjual Pulsa

Ada 6 kartu perdana yang resmi di Indonesia, selain Smartfren, ada XL, Axis, Indosat, Tri, dan Telkomsel. Masing-masing simcard juga tidak punya 1 prefix atau 4 kode unik. Satu kartu bisa punya empat prefix, bahkan lebih.

Anda penjual pulsa? Dengan mengetahui kode atau prefix, Anda sudah bisa mengenali kartu apa yang dipakai, meskipun pembeli tidak mengatakan. 0882 kartu sim apa? Jelas Smartfren. 0838 kartu apa? Axis, dan lain sebagainya. Jadi, bisa mudah dan mempercepat proses transaksi. 

3. Menghindari Penipuan

Pernah dapat sms hadiah cuma-cuma? Jika pernah, harap waspada. Memang biasanya memberikan tawaran hadiah gratis, bisa uang puluhan juta, bahkan milyaran, alat elektronik seperti smartphone, laptop, dan lain sebagainya.

Terlihat menarik bukan? Banyak oknum penipu yang mengirim sms atau telepon semacam itu. Namun, harus waspada karena bisa terkena phising. Misal, memberi nomor sandi atau rekening. Ada pula yang mengatasnamakan pihak operator menggunakan nomor sim card tertentu.

Prinsip utama, kenali kode nomor misal mengaku dari pihak Smartfren, tapi pakai kode nomor lain, seperti 0895. Sedangkan, nomor resmi pihak Smartfren adalah 08881212888. Sudah jelas bukan? Adapun yang paling penting adalah tidak ada hadiah yang tiba-tiba diberikan secara cuma-cuma.

Cara Cek Nomor Smartfren

Punya nomor namun tidak tahu nomor lengkapnya apa? Tenang, setelah Anda tahu 0882 kartu perdana apa, Anda bisa cek nomor Smartfren dengan cara telepon nomor lain sehingga Anda bisa cek nomor pada riwayat panggilan masuk. Selain itu, bisa pakai kode USSD. Berikut caranya. 

  1. Membuka aplikasi telepon
  2. Ketik *999#, klik opsi panggilan seperti pada biasanya. Jika Anda pengguna dual SIM, pastikan menggunakan nomor Smartfren.
  3. Tunggu kode USSD berjalan. Jika berhasil maka nomor Smartfren muncul.

Ketika cek nomor ini, mungkin ada beberapa kendala. Contoh, salah pakai kartu provider lain sehingga bukan nomor Smartfren yang muncul. Apabila muncul tulisan “Tidak valid” atau “Kode MMI tidak valid”, bisa disebabkan jaringan yang tidak stabil, Anda bisa tunggu dan ulang kembali.

Jadi, 0882 kartu apa? Kartu Smartfren. Daerah mana? Jakarta. Namun, nomor Smartfren tidak hanya punya kode awal atau prefix 0882 saja. Ada beberapa jenis, seperti 0883, 0887, dan lain-lain. Ketahui kode awal nomor yang masuk ke handphone Anda agar penggunaan Anda lebih tepat.

Javasiana.com

Pecandu teknologi, Suka berbagi tips dan trik bermanfaat untuk anda semua.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Artikel Terkait