0889 Kartu Apa? Berikut Operator, Provider dan Daerahnya
Home » Internet & Jaringan » 0889 Kartu Apa? Berikut Operator, Provider dan Daerahnya

0889 Kartu Apa? Berikut Operator, Provider dan Daerahnya

Javasiana.com 10 Juni 2023

Di zaman sekarang ini hampir semua orang setidaknya memiliki satu smartphone dan juga satu nomor aktif yang bisa digunakan untuk menelpon, sms, dan lainnya. Namun mungkin Anda pernah mendapatkan sms dari nomor 0889, lantas 0889 kartu apa dan dari provider mana karena sekarang ini ada berbagai nomor yang dijual dengan bebas dan luas.

Pembahasan 0889 kartu apa?

Agar Anda tidak bingung lagi nomor 0889 kartu apa langsung saja simak pembahasannya mengenai cek nomor hp 0889 kartu apa:

Nomor 0889 Kartu Apa? 

Banyak orang yang masih bingung sebenarnya nomor dengan awalan angka 0889 kartu apa karena pada dasarnya tidak banyak orang yang memakai nomor telepon tersebut. Oleh sebab itulah ketidaktahuan dari nomor tersebut bisa membingungkan orang yang menerima panggilan dari nomor tersebut. 

Untuk Anda yang bingung nomor 0889 kartu apa ya sebenarnya Untuk kode nomor 0889 adalah identitas dari kartu perdana Smart atau SmartFren atau provider PT Smartfren Telecom. Smartfren sendiri adalah operator yang menyediakan beragam layanan untuk urusan panggilan, SMS, dan juga mengakses internet dengan jangkauan yang luas dan lancar. 

Nomor 0889 Adalah Kartu Smartfren

Banyak yang sering keliru dalam mengenali nomor dengan kode 0889 kartu apa karena digit nomor ini bisa dibilang hampir sama seperti nomor dari operator 3 (Tri) dengan angka 089. Biasanya, saat Anda membeli kartu perdana Smartfren di tukang pulsa terdekat di tempat manapun maka kartu tersebut akan memiliki awalan angka nomor 0889 atau +62889.

Baca juga: 

Nomor 0889 dari Daerah Mana?

Karena itulah dapat dikatakan kalau 0889 adalah kode kartu Smartfren yang umum dan default. Anda tidak dapat menentukan pemakai 0889 berasal dari daerah mana karena pada dasarnya banyak sekali pengguna Smartfren yang menggunakan nomor yang diawali dengan 0889 pada kartunya, Nomor ini sendiri sudah tersebar luas di daerah Jawa timur, Jawa tengah, Jawa Barat, Jabodetabek, dan Sumbagut.

Setelah empat digit kode utama dari operator smartfren ini maka secara acak kartu akan mempunyai kombinasi nomor yang bervariasi yaitu digit ke – 5 dan seterusnya. contohnya 08897, 08893, 08891, dan lainnya.

Selain itu, operator Smartfren memang sejak dulu tidak banyak yang memakainya karena teknologi jaringan yang digunakan sebatas CDMA. Hal itu menjadikan pengguna Smartfren harus memakai Hp atau smartphone yang khusus. Oleh sebab itulah, tidak aneh Smartfren bila mengeluarkan beragam produk ponsel yang kompatibel dengan kartu Smartfren nya sendiri. 

Walaupun begitu, beberapa waktu lalu operator yang mempunyai kode nomor 0889 ini telah merilis teknologi jaringan 4G LTE GSM yang dapat dipakai di Hp atau smartphone dengan GSM seperti pada umumnya, karena itu Anda tidak perlu khawatir lagi saat akan membeli kartu Smartfren.

Kelebihan dan Kekurangan dari Provider Smartfren

Setelah mengetahui tentang nomor telepon 0887 kartu apa tentu Anda juga perlu mengetahui kelebihan serta kekurangan dari provider smartfren ini.

Kelebihan Smartfren

Kartu perdana Smartfren ini mempunyai keunggulan atau kelebihan sebagai salah satu provider yang ada di Indonesia. Berikut adalah beberapa kelebihannya:

1. Murah

Kartu smartfren umumnya kerap kali digunakan karena kuota internetnya yang murah. Misalnya dengan kuota internet sebesar 16 GB Anda hanya dikenakan biaya sebesar Rp 37.000 rupiah saja dengan masa aktif 1 bulan. Tidak cuma itu, Smartfren juga memiliki paket unlimited yang dapat Anda beli dengan kisaran harga sekitar 50 ribu rupiah saja dengan masa aktif sebulan.

2. Irit

Kuota internet smartfren juga dikenal irit. Hal itu tentu cocok untuk Anda yang tidak mempunyai penghasilan menentu seperti mereka yang bekerja serabutan.

3. Sinyal Hilang Otomatis

Ini bukan termasuk kelebihan dari Smartfren, namun dapat menjadi hal yang menguntungkan untuk pelanggan Smartfren. Hal itu karena apabila Anda membiarkan smartphone yang Anda pakai tidak sedang digunakan maka sinyal SMartfren akan hilang, hal ini tidak akan menjadikan kuota Anda cepat habis ketika smartphone sedang tidak dipakai. 

Beda halnya pada paketan yang lain, walaupun smartphone tidak sedang dipakai namun kuota internet akan terus tersedot bahkan dapat terpakai dalam jumlah besar.

Kekurangan Smartfren

Apabila memiliki keunggulan, maka tentu juga ada kelemahannya. Berikut adalah beberapa diantaranya:

1. Adanya Resiko Besar

Apabila suatu hari Anda kehilangan kartu pascabayar, maka Anda harus segera lapor pada pihak operator karena kartu tersebut dapat dipakai oleh orang yang tidak bertanggung jawab selain itu tagihan akan terus berjalan atas nama Anda walaupun bukan Anda yang menggunakannya.

2. Tidak Dapat Berubah Jadi prabayar

Nomor smartfren yang termasuk dalam jenis pascabayar tidak dapat diubah menjadi prabayar. Karena itu apabila Anda berhenti maka nomor itu akan hangus dan tidak dapat dipakai kembali.

3. Registrasi yang Sulit

Kartu prabayar dari smartfren mempunyai cara yang mudah untuk registrasi karena hanya perlu menyiapkan nomor NIK dan KK, setelah itu Anda langsung dapat melakukan registrasi dengan HP Anda. Beda halnya untuk kartu smartfren pascabayar, ketika registrasi Anda wajib datang langsung ke galeri Smartfren.

Baca juga:

Daftar Awalan Nomor Operator

Seperti yang sudah Anda ketahui kalau kode prefix atau yang juga dikenal dengan nomor awal operator itu berbeda – beda. Belum lagi di masa seperti sekarang ini operator komunikasi di Indonesia jumlahnya cukup banyak, karena itu wajar saja kalau Anda tidak bisa menghafal nomor – nomor tersebut satu persatu.

Karena itu selain mengetahui 0889 itu kartu apa, akan lebih memudahkan untuk Anda apabila mengetahui awalan nomor berbagai operator, langsung saja simak penjelasannya di bawah ini:

1. Telkomsel

Pertama dari provider Telkomsel. Provider ini adalah salah satu jaringan yang cukup banyak dipakai oleh masyarakat Indonesia hingga sekarang ini.

Banyaknya pengguna layanan Telkomsel dikarenakan dapat menjangkau jaringan yang luas dengan baik dari daerah kota hingga ke pelosok. Selain itu sinyal dari provider ini juga terbilang kencang dan stabil.

Berikut kode prefix dari provider Telkomsel, Anda dapat cek di bawah ini:

Kode PrefixJenis KartuKeteranganProvider
0852Kartu ASNomor mempunyai 12 digit angkaTelkomsel
0853Kartu ASNomor mempunyai 12 digit angka.Telkomsel
0811Kartu HaloNomor mempunyai 10 sampai 11 digit angkaTelkomsel
0812Kartu Simpati atau HaloNomor mempunyai 11 sampai 12 digit angkaTelkomsel
0813Kartu SimpatiNomor mempunyai 12 digit angkaTelkomsel
0821Kartu SimpatiNomor mempunyai 12 digit angkaTelkomsel
0822Kartu Loop atau FacebookNomor mempunyai 12 digit angkaTelkomsel
0851Kartu AS atau By.uPengganti provider Flexi yang sudah diakuisisiTelkomsel

2. Indosat

Yang kedua ada provider Indosat yang biasa dipakai oleh kaum muda karena dikenal sebagai paket internet yang memiliki harga yang cukup terjangkau. Sama halnya seperti Telkomsel, serta indosat juga bisa menjangkau sinyal hingga ke berbagai daerah dan Kecepatannya juga stabil dan kencang.

Berikut ini adalah kode prefix dari provider Indosat:

Kode PreflixJenis KartuKeteranganProvider
0855MatrixNomor mempunyai 10 digit angkaIndosat
0856IM3Nomor mempunyai 10 digit angka (limited edition). Lalu 11 sampai 12 digit angka yang biasa.Indosat
0857IM3Nomor mempunyai 12 digit angka.Indosat
0858MentariNomor mempunyai 12 digit angkaIndosat
0814Broadband Indosat M2Nomor mempunyai 12 digit angkaIndosat
0815Matrix atau MentariNomor mempunyai 11 hingga 12 digit angkaIndosat
0816Matrix atau MentariNomor mempunyai 11 hingga 12 digit angkaIndosat

3. XL Axiata

Provider XL Axiata. Provider ini juga cukup banyak penggunanya, terutama di daerah perkotaan.

Pasalnya, provider ini mempunyai tingkat stabilan yang cukup tinggi dan stabil. Selain itu harganya pun cukup terjangkau.

Berikut ini adalah kode prefix nomor XL Axiata:

Kode PreflixJenis KartuKeteranganProvider
0817Prabayar dan ExploreNomor mempunyai 10 sampai 12 digit angkaXL Axiata
0818Prabayar dan ExploreNomor mempunyai 10 sampai 12 digit angkaXL Axiata
0819Prabayar dan ExploreNomor mempunyai 10 sampai 12 digit angkaXL Axiata
0859Prabayar dan ExploreNomor mempunyai 12 digit angkaXL Axiata
0877Prabayar dan ExploreNomor mempunyai 12 digit angkaXL Axiata
0878Prabayar dan ExploreNomor mempunyai 12 digit angkaXL Axiata

4. Three (3)

Selain Indosat, provider dari operator Three (3) juga memiliki harga yang cukup terjangkau oleh isi dompet. Kualitas internet dari provider ini sudah tidak diragukan dari segi kecepatannya, apalagi bila Anda menggunakannya di daerah perkotaan.

Untuk kode prefix dari provider Three (3), Anda dapat melihatnya dalam tabel di bawah ini:

Kode PreflixJenis KartuKeteranganProvider
0895Pascabayar atau PrabayarNomor memiliki 12 sampai 13 digit angkaThree (3)
0896Pascabayar atau PrabayarNomor memiliki 11 sampai 12 digit angkaThree (3)
0897Pascabayar atau PrabayarNomor memiliki 11 sampai 12 digit angkaThree (3)
0898Pascabayar atau PrabayarNomor memiliki 11 sampai 12 digit angkaThree (3)
0899Pascabayar atau PrabayarNomor memiliki 11 sampai 12 digit angkaThree (3)

5. Axis

Hingga sekarang ini layanan dari provider Axis dan XL saling bekerjasama untuk mengembangkan produknya agar lebih baik dan berkualitas untuk para penggunanya. Walaupun begitu sebenarnya kode prefix dari kartu Axis serta XL berbeda. Hal itu dikarenakan provider Axis masih memakai kode prefix dari perusahaan awalnya.

Berikut ini adalah kode prefix dari nomor Axis:

Kode PreflixKeteranganProvider
0813Nomor mempunyai 10 sampai 12 digit angkaAxis
0832Nomor mempunyai 10 sampai 12 digit angkaAxis
0833Nomor mempunyai 10 sampai 12 digit angkaAxis
0838Nomor mempunyai 12 digit angkaAxis

Itulah pembahasan mengenai 0889 kartu apa, kelebihannya dan kekurangannya dari providernya, serta berbagai nomor awalan operator yang bisa menambah wawasan Anda.

Javasiana.com

Pecandu teknologi, Suka berbagi tips dan trik bermanfaat untuk anda semua.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Artikel Terkait