Javasiana.com Beyond Blogging!!!

7+ Aplikasi Akuntansi Terbaik Untuk Kebutuhan Bisnis Anda

3 min read

Aplikasi Akuntansi

Saat ini aktivitas pembukuan tidak lagi perlu dilakukan secara manual. Dengan adanya aplikasi akuntansi, pencatatan pembukuan pun bisa lebih mudah.

Akuntasi merupakan hal yang sangat penting dalam bisnis. Ketika menjalankan usaha, Anda membutuhkan pencatatan keuangan yang baik agar keuangan bisa terpantau dengan lancar dan mumpuni. Kini mencatat akuntasi tidak perlu lagi dilakukan secara manual. Kemunculan berbagai jenis aplikasi akuntansi membuat proses pencatatan menjadi lebih mudah dilakukan.

Menurut Sarjana Ekonomi, akuntasi adalah suatu proses yang diawali dengan mencatat, mengelompokkan, mengolah daan menyajikan data, mencatat berbagai macam jenis transaksi yang berkaitan dengan keuangan sehingga informasi tersebut dapat digunakan oleh pihak-pihak yang berkompeten sebagai landasan dalam pengambilan suatu keputusan.

Rekomendasi Aplikasi Akuntansi Terbaik Untuk Kebutuhan Bisnis Anda

Bagi Anda yang tidak ingin melakukan pencatatan akuntasi secara manual, menggunakan aplikasi komputer akuntansi bisa menjadi alternatif pilihan yang sangat tepat untuk diambil. Pasalnya dengan menggunakan aplikasi-aplikasi ini Anda akan semakin mudah dalam melakukan pencatatan berbagai hal terkait dengan keuangan yang Anda miliki.

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi Keuangan Android Terbaik

Sebagai rekomendasi, berikut adalah beberapa aplikasi akuntansi populer dan terbaik yang patut untuk Anda pertimbangkan.

1. Accurate Accounting

Aplikasi Akuntansi

Aplikasi akuntansi gratis yang pertama perlu Anda pertimbangkaan adalah Accurate Accounting. Aplikasi yang satu ini merupakan salah satu perangkat lunak buatan asli Indonesia. Accurate Accounting juga sudah digunakan oleh lebih dari 300 ribu perusahaan di Indonesia untuk mencatat berbagai hal terkait dengan akuntasi dan keuangan yang dimilikinya.

Salah satu alasan mengapa aplikasi ini cukup populer adalah karena isi dari aplikasi ini sangat sesuai dengan Peraturan Standar Akuntasi Keuangan Indonesia (PSAK). Kelebihan lain yang dimiliki oleh aplikasi ini adalah memungkinkan bagi para penggunanya untuk melakukan modifikasi sesuai dengan kebutuhannya.

2. Journal Accounting

Aplikasi Akuntansi

Aplikasi perangkat lunak akuntasi yang bisa Anda pertimbangkan selanjutnya adalah Jurnal Accounting. Aplikasi akuntansi ini dapat digunakan untuk mengatur sistem pembukuan bagi perusahaan kecil dan ataupun perusahaan tingkat menengah karena memang dilengkapi dengan berbagai macam jenis fitur yang cukup mumpuni.

Beberapa fitur yang disematkan pada aplikasi ini antara lain adalah :

  • Membuat Invoice.
  • Melakukan monitoring stok.
  • Data pesanan dan pembelian.
  • Pembuatan laporan.
  • Dan lain sebagainya.

Sayangnya aplikasi ini tidak bisa dinikmati secara gratis. Kalau tertarik menggunakan aplikasi ini, Anda perlu membayar dengan biaya langganan sesuai dengan paket atau spesifikasi fitur aplikasi yang Anda pilih.

3. Zahir Accounting

Aplikasi Akuntansi

Bagi Anda yang berkecimpung dalam dunia bisnis dan usaha, mungkin sudah tidak asing lagi dengan salah satu aplikasi komputer akuntansi ini. Berbekal dengan menggunakan aplikasi akuntasi yang terbilang cukup canggih dan mumpuni ini, Anda pun bisa mengatur dan mengelola data keuangan secara online dengan berbasiskan website.

Baca juga: Aplikasi Penghasil Uang Terpercaya

Dengan menggunakan aplikasi ini, pada pengguna dimungkinkan untuk dapat membuat berbagai macam jenis laporan keluar-masuk barang, mengelola hutang-piutang, dan bahkan bisa juga membuat laporan pembukuan.  Semua aktivitas akuntasi tersebut dapat dilakukan secara real-time dengan memanfaatkan koneksi internet.

4. Aplikasi Wave Accounting

Aplikasi Akuntansi

Jika Anda ingin mencari software aplikasi akuntansi gratis, salah satu yang patut untuk dipertimbangkan adalah Wave Accounting. Sebagai sebuah aplikasi untuk kegiatan akuntasi, Wave Accounting sendiri memiliki fitur yang relatif cukup lengkap dan sangat mumpuni untuk menunjang kinerja dan pengelolaan keuangan Anda.

Beberapa fitur yang bisa Anda gunakan antara lain adalah pengiriman invoice, pencatatan laporan akuntasi, dan juga pembuatan kwitansi secara online. Sebagai salah satu aplikasi akuntasi terbaik, Wave memiliki banyak pengguna. Meski bisa digunakan secara gratis namun ada beberapa fitur yang hanya bisa dinikmati jika Anda melakukan upgrade ke versi premium.

5. MYOB Accounting

Aplikasi Akuntansi

Deretan aplikasi untuk akuntasi yang bisa Anda pertimbangkan selanjutnya adalah MYOB Accounting. Perangkat lunak akuntasi bernama MYOB ini sendiri pada dasarnya merupakan aplikasi buatan dari Australia dan menjadi salah satu pionir dalam pengembangan sejumlah aplikasi komputer akuntansi di Indonesia.

MYOB memiliki tampilan yang terbilang cukup sederhana. Hal ini akan membuat aplikasi ini menjadi lebih mudah untuk digunakan dan dioperasikan oleh para penggunanya. Berbekal dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa membuat pembukuan untuk berbagai data  keuangan pribadi ataupun perusahaan secara otomatis, lengkap, akurat, dan juga cepat.

6. SAP Accounting

SAP Accounting

Aplikasi akuntasi yang satu ini merupakan produk buatan dari Jerman. Aplikasi ini sebenarnya cukup populer dan banyak digunakan oleh perusahaan dari berbagai Negara di dunia, termasuk di Indonesia. Sebagai sebuah aplikasi untuk akuntasi, SAP menawarkan solusi untuk melakukan penyederhaan terhadap laporan keuangan dari perusahaan-perusahaan yang menggunakannya.

Menggunakan aplikasi buatan Jerman ini, Anda bisa melakukan sejumlah aktivitas akuntasi dengan cukup mudah dan juga nyaman. Beberapa jenis aktivitas yang bisa Anda lakukan antara lain adalah membuat laporan keuangan secara real-time, melakukan manajemen kredit, melakukan manajemen hutang-piutang, dan bahkan juga melakukan perencanaan keuangan.

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi Penghasil Pulsa Gratis Tercepat

Aplikasi komputer akuntansi ini juga dilengkapi dengan fitur canggih yang cukup menarik. Memanfaatkan fitur tersebut akan memudahkan bagi perusahaan untuk memprediksi pendapatan dan juga kisaran pengeluaran perusahaan di masa yang akan datang.

7. SlickPie

SlickPie

Jika Anda masih merasa bingung dalam mencari aplikasi akuntasi terbaik untuk memenuhi kebutuhan pengaturan keuangan, SlickPie bisa menjadi alternatif yang patut untuk Anda pertimbangkan. SlickPie memiliki tampilan yang cenderung cukup mudah untuk dimengerti bahkan oleh pemula sekalipun.

SlickPie menawarkan keunggulan dalam kemudahan penggunaannya. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan aplikasi ini dengan gratis secara sepenuhnya. Tidak terdapat fitur-fitur premium karena memang aplikasi ini sifatnya gratis dan Anda bisa menikmati berbagai macam fitur di aplikasi ini dengan tanpa dipungut biaya.

8. EQUIP Accounting

EQUIP Accounting

Deretan aplikasi akuntasi yang tidak kalah untuk dipertimbangkan adalah Equip. Aplikasi untuk akuntasi ini merupakan produk perangkat lunak dari Singapura yang telah dikembangkan oleh HashMicro sejak tahun 2008 yang lalu. Meskipun bisa dikatakan bahwa penggunaan aplikasi ini di Indonesia masih terbilang baru, namun ia sudah banyak digunakan oleh sejumlah perusahaan.

Sistem akuntasi yang dimiliki oleh EQUIP telah dilengkapi dengan banyak fitur yang dibutuhkan oleh perusahaan dalam rangka untuk mengelola kebutuhan finansial mereka. Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi ini antara lain adalah faktur dan pembayaran, pembuatan laporan keuangan, rekonsiliasi akun bank, dan lain sebagainya.

Kelebihan lain yang dimiliki oleh aplikasi komputer akuntansi ini adalah adanya fitur penting berupa financial forecasting. Berbekal dengan fitur ini, memungkinkan bagi para penggunanya untuk bisa memprediksi kinerja keuangan mereka dan memudahkan dalam proses melacak untung ataupun rugi dari tiap-tiap divisi sehingga laporan keuangan dapat terawasi dengan baik.

Demikianlah ulasan mengenai beberapa aplikasi akuntasi terbaik yang patut untuk Anda pertimbangkan untuk memenuhi kebutuhan pembukuan Anda. Kini dengan berbekal beberapa aplikasi yang telah disebutkan di atas, Anda tidak perlu bingung lagi jika ingin memilih jenis aplikasi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

Javasiana.com
Javasiana.com Beyond Blogging!!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.