BerandaArtikelAplikasi10+ Aplikasi Keuangan Android Terbaik Tahun 2021

10+ Aplikasi Keuangan Android Terbaik Tahun 2021

Apakah kondisi keuangan Anda saat ini sedang baik-baik saja atau sedang memburuk? Sepertinya Anda harus mencoba salah satu aplikasi keuangan ini!

Melihat perubahan zaman yang semakin modern, pasti akan selalu ada perubahan dalam segala bidang. Baik dalam bidang fashion, elektronik, makanan, dan lain-lain.

Namun, hati-hati dalam berbelanja, jangan sampai Anda, ‘kaya satu hari, miskin satu bulan’. Harus ada sebuah aplikasi keuangan yang dapat membantu Anda untuk mengatur pengeluaran setiap harinya.

Dengan kecanggihan teknologi pada saat ini, aplikasi keuangan sudah tersedia dalam bentuk android. Sehingga Anda bisa menggunakannya kapan saja dan dimana saja.

Aplikasinya juga gratis, jadi Anda tidak perlu pusing memikirkan berapa biaya yang harus Anda keluarkan untuk mengatur keuangan pribadi Anda.

11 Aplikasi Keuang Pribadi Terbaik

Ada 11 rekomendasi aplikasi keuangan pribadi yang terbaik yang bisa Anda download di Play Store. Berikut adalah penjelasan singkatnya:

1. AndroMoney

Aplikasi Keuangan

AndroMoney memiliki keunggulan berupa tampilan  yang cukup detail, namun sangat sederhana. Berfungsi untuk melacak pengeluaran dan juga pemasukan Anda setiap harinya secara otomatis. Aplikasi ini juga sangat membantu sebagai pengatur keuangan dan berbagai anggaran yang Anda butuhkan.

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi Penghasil Uang Terbaru

Penyimpanan data dapat melalui Google Docs dan Dropbox akun pribadi Anda. Jenis anggaran yang cocok pada aplikasi ini, seperti liburan, makan, hiburan, fashion, gaji pegawai, dan juga kebutuhan rumah tangga.

2. Money Lover

Aplikasi Keuangan

Money Lover menyediakan beberapa fitur, yaitu events, budget, dan savings yang dapat mengatur semua jenis pengeluaran Anda dalam satu bulan. Sangat cocok sebagai catatan harian pemasukan dan pengeluaran uang milik Anda.

Anda bisa mengelompokkan berbagai jenis pengeluaran melalui beberapa kategori, seperti makan, hiburan, dan lain-lain. Hasil output dari aplikasi ini yaitu berupa grafik dan juga laporan keuangan yang dapat Anda cek kapan saja melalui ponsel.

3. Monefy

Aplikasi Keuangan

Cara menggunakan aplikasi ini sangat mudah dan cukup praktis, Anda hanya perlu untuk memasukkan jumlah dana pemasukan Anda. Kemudian pilih beberappa kategori yang Anda butuhkan. Laporan keuangan tampil dalam bentuk yang mudah dimengerti.

Anda bisa mengatur tampilan aplikasi sesuai kebutuhan Anda, agar tidak penuh dengan kategori yang tidak Anda gunakan. Tersedia juga fitur yang dapat menghitung persentase pengeluaran Anda dari satu hari hingga satu tahun.

4. Financial Calculators

Aplikasi Keuangan

Financial Calculators merupakan aplikasi pengatur keuangan dan juga mengatur anggaran pengeluaran. Ada beberapa fitur yang tersedia pada aplikasi ini, seperti Auto Lease Calculator, Commercial Loan Calculator, dan lain-lain. Keunggulan lain dari aplikasi ini adalah dapat memahami tentang suku bunga majemuk.

5. Mint

Aplikasi Keuangan

Keunggulan dari aplikasi mint adalah dapat melakukan kategorisasi secara otomatis, melacak tujuan keuangan pribadi Anda, dan pengingat tagihan. Selain itu, aplikasi ini juga dapat Anda gunakan untuk beberapa akun hanya dalam satu aplikasi.

Aplikasi ini juga berfungsi sebagai catatan harian pengeluaran rutin Anda. Yang kemudian, pada setiap akhir bulan akan menampilkan bagan dan juga grafik kondisi keuangan Anda. Dan keunggulan lain yang dimiliki aplikasi ini adalah notifikasi pengingat tagihan yang membesar.

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi Penghasil Pulsa

6. Realbyte Money Manager Expense & Budget

Aplikasi ini berguna sebagai pencatat keuangan harian pribadi Anda. Contohnya seperti menentukan target tabungan masa depan, anggaran belanja dalam satu bulan, dan mencatat pengeluaran. Sehingga sangat memudahkan Anda dalam mengatur keuangan setiap bulannya. Dan dapat terhindar dari amnesia pengeluaran uang yang membuat Anda kebingungan, karena tiba-tiba saja uang Anda menipis.

7. Wallet

Salah satu keunggulan yang cukup populer dari aplikasi ini adalah mampu untuk sinkronisasi dengan aplikasi m-banking milik Anda. Selain itu, aplikasi ini dapat merekam setiap transaksi melalui transfer bank yang kamu lakukan secara otomatis. 

Ada satu kelebihan yang tidak dimiliki oleh aplikasi keuangan lain, yaitu dapat mengimpor data dalam bentuk file Excel atau CSV. Dengan menggunakan fitur bernama cloud sync. Sehingga Anda tidak perlu repot untuk menyalin data dari file tersebut secara manual ke dalam aplikasi.

8. 1Money

Aplikasi catatan keuangan yang satu ini merupakan gabungan dari aplikasi Money Lover dan juga Monefy, jika dilihat dari tampilan sederhananya. Fitur-fitur yang tersedia dalam aplikasi ini sangat lengkap dan dan sangat memudahkan Anda untuk mengatur keuangan.

Meskipun aplikasi ini dapat Anda gunakan secara gratis, namun fitur yang dapat dipakai cukup terbatas. Untuk dapat menggunakan semua fitur kerennya, Anda harus upgrade aplikasi dalam bentuk berbayar, agar bisa lebih maksimal hasilnya.

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi Akuntansi Terbaik

9. UangKu

Aplikasi ini sangat cocok bagi pemula yang belum familiar dengan berbagai jenis aplikasi keuangan. Karena fitur-fitur yang tersedia sangat detail dan terstruktur, sehingga mudah untuk Anda pahami. Anda hanya perlu untuk mengisi target pengeluaran dan tabungan untuk satu bulan.

Setelah itu, aplikasi ini akan secara otomatis merekomendasikan jumlah pengeluaran uang setiap harinya, agar target Anda bisa tercapai. Untuk catatan pemasukan dan pengeluaran juga tersedia dalam berbagai kategori.

10. Penny

Aplikasi ini khusus untuk pengguna iOS, keunggulannya adalah Anda dapat berkonsultasi tentang kondisi keuangan Anda pada saat ini. Dan aplikasi Penny pun akan memberikan berbagai solusi dari berbagai masalah financial yang sedang Anda hadapi. 

Ada 3 fitur unggulan yang tersedia dalam aplikasi ini. Pertama, yaitu informasi tentang berapa banyak uang yang sudah Anda keluarkan dalam satu bulan. Kedua adalah informasi tagihan wajib yang harus Anda bayar setiap bulannya. Ketiga, yaitu informasi beberapa tagihan yang tarifnya tiba-tiba naik.

11. Financisto

Financisto merupakan salah satu aplikasi keuangan yang dapat mengatur financial pribadi Anda ke dalam berbagai jenis mata uang.

Aplikasi ini juga mampu menganalisa siklus financial pribadi Anda, apakah dalam kondisi buruk atau baik. Agar Anda dapat segera mengambil keputusan, langkah apa yang akan Anda ambil untuk ke depannya.

Akhir Kata

Dan demikianlah penjelasan tentang 11 aplikasi keuangan yang terbaik tahun 2021 ini. Anda harus mencoba salah satu dari aplikasi di atas agar dapat merasakan berbagai manfaatnya.

Karena cara Anda dalam mengelola keuangan akan berpengaruh besar kepada kehidupan Anda ke depannya.

Jika Anda dapat mengelolanya dengan baik, pasti Anda akan mencapai tujuan-tujuan atau impian-impian Anda secara terarah.

Tetapi, jika Anda mengelolanya dengan buruk, tidak peduli, dan secara acuh tak acuh, pasti Anda akan mengalami stress berat. 

Stress karena uang Anda habis untuk hal-hal yang tidak penting dan untuk membeli barang-barang yang tidak Anda butuhkan. Sehingga saat ada sesuatu kebutuhan yang mendesak dan sangat penting, Anda sudah tidak memiliki uang lagi.

Oleh karena itu, cobalah untuk melakukan sebuah perubahan kecil dengan mendownload salah satu aplikasi keuangan. Agar ada sedikit perubahan ke arah yang lebih baik untuk masalah keuangan yang Anda hadapi.

Anda juga bisa terhindar dari stress akibat masalah keuangan, akibat pengelolaannya yang sangat amat buruk.

Artikel Terkait:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Rekomendasi :