Kelebihan Telegram

Benarkah Telegram lebih baik dari WhatsApp? Apa saja kelebihan Telegram yang membuatnya semakin populer? Pelajari selengkapnya di sini

Aplikasi messaging termasuk salah satu jenis layanan yang paling dibutuhkan pengguna perangkat mobile. Deretan aplikasi messaging pun saling bersaing untuk dapat memenangkan hati pengguna.

Di Indonesia sendiri, WhatsApp bisa dibilang sebagai juaranya aplikasi di bidang ini.

Tapi WhatsApp tidak sendirian. Aplikasi serupa terus bermunculan dengan menawarkan berbagai fitur tambahan yang selama ini tidak tersedia di WhatsApp.

Salah satunya adalah Telegram, aplikasi messaging yang digadang-gadang bakal menggantikan WhatsApp.

Opini ini bukan tanpa dasar. Banyak kelebihan Telegram yang memanjakan pengguna dengan layanan yang tidak bisa kita dapatkan di WhatsApp. Sekarang, mari kita bahas semua keunggulannya.

Kelebihan Telegram dibanding WhatsApp

Kelebihan Telegram

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari Aplikasi Telegram yang membuatnya lebih unggul dari Whatsapp:

1. Performa Lebih Cepat

Salah satu keunggulan Telegram yang paling kentara dapat dilihat dari segi performa. Saat menjalankan Telegram, Anda mungkin terkejut dengan betapa handalnya kinerja aplikasi ini. Tidak butuh waktu lama untuk memproses berbagai macam operasi.

Mulai dari membuka dan mengirim pesan, mengunduh media, sampai panggilan suara dan video call, semua cepat dan lancar. Keunggulan ini akan meningkatkan produktivitas Anda dalam berkomunikasi secara mobile.

Baca juga: Cara Mengatasi Telegram Stuck Connection

2. Ukuran Lebih Kecil

Ukuran penyimpanan adalah salah satu pertimbangan penting dalam memilih aplikasi. Telegram unggul di bagian ini. Ukuran Telegram lebih kecil dibandingkan WhatsApp sehingga tidak memakan terlalu banyak ruang penyimpanan.

Ukuran juga memengaruhi performa secara keseluruhan. Aplikasi yang berukuran besar tentu membutuhkan sumber daya yang lebih besar juga untuk menjalankannya.

Apalagi kalau sampai file-file aplikasi mendominasi penyimpanan dan menyisakan ruang yang terlalu mepet untuk sistem.

Smartphone Anda pasti mengalami perlambatan dan sulit untuk dapat bekerja dengan optimal. Dari segi ukuran, Telegram tetap unggul dari WhatsApp.

3. Fitur Channel

Kalau WhatsApp hanya menyediakan fitur chat pribadi dan grup, Telegram punya fitur channel yang membuatnya lebih fungsional.

Konsep fitur channel di Telegram tak jauh berbeda dari Facebook. Fungsinya untuk berbagi informasi pada orang-orang yang bergabung di channel tersebut.

Tidak seperti grup, hanya pemilik yang bisa mengirim pesan di channel. Tujuannya untuk mengurangi pesan-pesan dari anggota yang berpotensi mengaburkan informasi utama.

Channel dibuat khusus untuk berbagi informasi, sedangkan diskusi dapat dilakukan via personal atau grup.

Penggunaan channel di Telegram juga sangat luas. Mulai dari pemilik bisnis online yang membagikan katalog produknya pada konsumen dan reseller, sampai individu profesional yang rutin memberikan informasi dan edukasi mengenai topik tertentu.

Sayangnya, WhatsApp tidak menyediakan fitur ini sehingga Telegram tetap lebih unggul.

4. Privasi dan Keamanan Terjamin

Belakangan ini, muncul isu bahwa WhatsApp akan membaca isi pesan penggunanya untuk kepentingan iklan. Pihak WhatsApp sudah menampik isu ini dan memberikan klarifikasi bahwa pesan antar-pengguna dilindungi dengan end-to-end encryption.

Ini adalah metode enkripsi dua arah dimana hanya pengirim dan penerima yang dapat membaca isi pesan. Kalau pun terjadi peretasan, peretas tidak akan bisa membaca isi pesannya karena decryptor hanya dipegang oleh penerima. Meskipun sudah merespon dengan penjelasan rinci, banyak pengguna WhatsApp yang akhirnya memutuskan untuk pindah ke Telegram.

Lalu bagaimana dengan privasi dan keamanan di Telegram?

Kalau WhatsApp mengalami masalah kepercayaan karena dianggap kurang aman, Telegram justru sempat diblokir di beberapa negara karena terlalu aman. Ya, Anda tidak salah baca, Telegram memang dianggap terlalu aman oleh pemerintah dan otoritas.

Privasi benar-benar berada di tangan pengguna. Pihak Telegram dan pemerintah pun tidak bisa mengetahui isi pesan yang dikirimkan. Sebagai pengguna, bukankah keamanan seperti inilah yang selama ini kita cari?

5. Jumlah Anggota Grup Lebih Banyak

Hampir semua aplikasi messaging menyediakan fitur grup, termasuk WhatsApp dan Telegram. Bedanya, kalau jumlah anggota grup WhatsApp hanya mencapai 256, grup Telegram bisa menampung hingga 200.000 anggota. Hampir 800 kali lipatnya!

Mungkin Anda penasaran, adakah grup Telegram yang benar-benar memiliki jumlah anggota sebanyak itu? Tentu saja ada. Contohnya grup Freelancer – Indonesia. Saat artikel ini ditulis, grup freelancer yang berbasis di Telegram ini memiliki jumlah anggota sebanyak 24.541 orang.

Batas maksimum anggota grup yang begitu besar menjadi salah satu kelebihan Telegram yang belum mampu disaingi WhatsApp. Dengan jumlah anggota grup yang lebih banyak, diskusi dan kinerja juga lebih maksimal jika Anda menggunakan Telegram.

Baca juga: Cara Mengatasi Telegram Error

6. Berbagi File Berukuan Besar

WhatsApp hanya mengijinkan penggunanya untuk berbagi file berukuran maksimal 128MB. Ukuran ini mungkin sudah cukup untuk file-file ringan seperti foto, audio, dan video singkat.

Tapi untuk menunjang pekerjaan yang kerap berhubungan dengan file-file besar, WhatsApp bukan pilihan yang tepat.

Sedangkan Telegram lebih memanjakan penggunanya dengan ukuran berbagi file mencapai 1,5GB. Ini setara dengan 12 kali ukuran file di WhatsApp. Dengan ukuran sebesar ini, Telegram lebih mendukung untuk berbagi file secara cepat dan praktis.

7. Mengirim Pertemanan dengan Username

Di WhatsApp, daftar kontak hanya bisa dibuat dengan nomor telepon. Ini kurang efisien karena nomor telepon dinilai kurang merefleksikan identitas penggunanya dan sulit untuk dihafalkan.

Berbeda dengan Telegram yang menyediakan fitur username yang bisa dibagikan dalam bentuk link. Untuk menambah kontak atau mengirim pesan, cukup dengan membuka link username tersebut.

Username dibuat sesuai keinginan pengguna sehingga lebih reflektif dan lebih mudah untuk dihafalkan.

Dengan keunggulan aplikasi Telegram yang satu ini, mengirim pesan dan mengelola kontak jadi lebih mudah. Mengganti nomor telepon juga bisa dilakukan dengan aman tanpa beresiko kehilangan akun Telegram yang didaftarkan dengan nomor tersebut.

8. Fitur Secret Chat

Walaupun dikenal sebagai aplikasi messaging paling aman, Telegram menyediakan fitur tambahan bernama Secret Chat yang menawarkan level keamanan yang lebih tinggi lagi. Seperti namanya, Secret Chat adalah layanan chatting rahasia yang memberikan proteksi lebih pada isi pesan antar-pengguna.

Semua pesan di Secret Chat bisa dihapus otomatis dalam jangka waktu tertentu. Dengan fitur self-destruct timer, Secret Chat akan terhapus sesuai durasi yang sudah diatur pengguna.

Secret Chat juga tidak meninggalkan jejak sama sekali di server Telegram sehingga lebih aman dan privat. Jejak digital adalah salah satu kekhawatiran pengguna dalam menggunakan berbagai layanan online. Dengan Secret Chat, Anda bisa berbagi informasi sensitif tanpa khawatir akan diretas, disadap, atau dilacak oleh orang lain.

Baca juga: Cara Multiplayer PPSSPP di Android

Pilih Telegram atau WhatsApp?

Setelah mengulas berbagai kelebihan dan kekurangan Telegram dan WhatsApp, sekarang waktunya untuk menyimpulkan mana yang lebih baik di antara keduanya.

Banyak faktor yang perlu dipertimbangkan untuk memberikan label aplikasi terbaik. Dari beberapa poin yang kita bahas di atas, Telegram memang unggul dari banyak sisi. Semua layanan WhatsApp juga ada di Telegram, tapi tidak semua fitur Telegram tersedia di WhatsApp.

Tidak heran jika banyak orang memutuskan untuk beralih menggunakan Telegram. Selain karena lebih privat dan aman, fitur dan layannya juga lebih lengkap dan memanjakan.

Keputusan terakhir tetap berada di tangan Anda. Dengan semua kelebihan Telegram yang sudah kami uraikan, aplikasi messaging mana yang akan Anda pilih?