BerandaTutorialTelegramCara Mengatasi Telegram Error Menghubungkan Terus

Cara Mengatasi Telegram Error Menghubungkan Terus

Telegram lagi error? Connecting atau Menghubungkan terus apa solusinya? Buruan cek artikel berikut dan temukan cara mengatasi telegram error connection terus berikut ini.

Beberapa jam yang lalu mungkin kamu merasakan ada yang aneh dari aplikasi Telegram, dimana dalam kamu tidak dapat terhubung ke aplikasi telegram dengan keterangan Connection atau Menghubungkan terus.

Sebenarnya apa sih yang sedang terjadi dan apakah hal seperti ini sudah biasa terjadi sebelumya? Menanggapi pertanyaan yang diajukan ribuan orang sekaligus dalam satu waktu ini membuat saya akhirnya tergerak untuk menerbitkan artikel ini dengan harapan kamu mendapatkan pencerahan dan solusi sebenarnya yang harus dilakukan.

Dan sebelum mengarahkan kamu ke alasan dibalik errornya aplikasi Telegram mari kita lihat terlebih dahulu seperti apa error yang kamu alami disini.

Telegram Error Seperti Apa?

Dengan menggunakan telegram ada banyak hal yang bisa kamu lakukan mulai dari fungsi utamanya yakni mengirim pesan, telepon atau video call dengan orang yang kamu kenal sampai dengan nonton drama, film atau bermain beberapa permainan bertukar peran dengan memanfaatkan beberapa bot.

Namun sayangnya beberapa menit yang lalu aplikasi ini tidak lagi berfungsi dengan baik sebagaimana mestinya. Dan orang-orang mulai bingun mencari solusi yang tepat untuk menyelesaikan masalah ini.

Menanggapi hal seperti ini kira-kira apa saja sih yang mungkin terjadi dengan Telegram yang sedang error atau bermasalah.

1. Pesan Tidak Terkirim

Yang paling banyak terjadi jika aplikasi ini benar-benar tidak lagi berfungsi dengan baik ialah pesan yang biasanya terkirim hanya dengan hitungan beberapa detik bahkan sampai beberapa menit pesan tersebut tidak juga terkirim dan terlihat notifikasi jamkot disana.

2. Tidak Dapat Menelepon atau Menerima Panggilan

Yang kedua kamu tidak dapat menerima atau melakukan panggilan langsung kepada orang-orang yang ada di Kontak kamu saat ini.

3. File Tidak Dimuat

Beberapa file dengan format gambar, dokumen, video dan lainnya tidak dapat dimuat disini dan karena itulah kamu perlu menemukan solusi yang tepat untuk mengatasinya.

4. Telegram Error Muncul Keterangan Menghubungkan Terus

Dan yang lainnya penyebab kamu tidak dapat menerima pesan, mengirim pesan dan masalah lainnya adalah karena server telegram saat ini belum terkoneksi dengan baik hal ini bisa kamu lihat pada status yang muncul di header tepat dibawah teks telegram.

5. Telegram Tidak Bisa dibuka

Seringkali pada saat kamu membuka aplikasi telegram kamu mendapati aplikasi tersebut tidak dapat dibuka stuck di logo saja dan karena hal inilah kamu sangat kesal dengan begitu mari kita lihat alasan dan solusi dibalik masalah yang saat ini terjadi kepada kamu.

6. Tidak Bisa Login

Pada saat kamu logut dari aplikasi telegram dan mencoba masuk ke dalam aplikasi ini kembali kamu akan diminta untuk login ulang. Masalahnya berawal dari sini dimana kamu tidak bisa login dengan beberapa alasan mungkin kamu lupa dengan password, email, nomor telepon dan sebagainya.

7. Bot Telegram Bermasalah (Tidak Merespon)

Kira-kira jika hal diatas terjadi kepada kamu apa sih yang salah dengan telegram atau sebenarnya kesalahan seperti ini terjadi akibat dari kesalahan dan ketidaktahuan kamu tentang telegram.

Untuk mengetahuinya kamu harus melihat beberapa informasi berikut ini.

Baca juga: Cara Menonton Film di Telegram

Cara Mengatasi Aplikasi Telegram Error

Ada beberapa hal yang aneh pada saat saya menggunakan Telegram entah apa itu tapi saya merasa orang lain juga merasakan perilaku yang sama dengan yang saya rasakan saat ini. Mungkin kamu tidak menyadari penyebabnya dan mencari tahu dengan membaca artikel dengan referensi yang berbeda-beda.

Dan untuk itulah kamu sampai kesini dengan harapan yang sama menemukan solusi atas permasalah yang kamu hadapi saat ini, untuk itu silahkan kamu cermati beberapa alasan berikut penyebab dan bagaimana cara mengatasi telegram error, connection atau menghubungkan melulu.

1. Pastikan Koneksi Stabil

Yang perlu kamu lakukan dan cek pertamakali ialah dengan melihat apakah koneksi internet berjalan dengan lancar-lancar saja mungkin dengan melihat beberapa indikator jaringan internet seperti 2G (E), 3G (H/H+), 4G/4G+, atau 5G pastikan indikator kamu setidaknya berada di Indikator 3G – 5G agar telegram dapat berfungsi dengan baik.

Hal lainnya yang bisa kamu lakukan untuk mengecek apakah koneksi kami bermasalah atau tidak kamu bisa mengeceknya langsung menggunakan beberapa web tool untuk pengecekan internet seperti situs https://fast.com/id/.

Setidaknya pastika koneksi internet kamu terindikasi berjalan dengan baik, jika setelah melakukan beberapa pengecekan diatas dan diketahui masalahnya adalah karena jaringan yang error kamu bisa melakukan beberapa hal berikut untuk mengatasinya.

  • Matikan dan Hidupkan Internet.
  • Hidupkan dan Matikan Mode Pesawat.
  • Cek Kuota, Masa aktif paketan, Informasi jenis kuota, dan hal lainnya seperti masa aktif kartu.
  • Pastikan koneksi internet di wilayah kamu tidak sedang down atau bermasalah, jawabannya adalah dengan menghubungi CS dari provider yang kamu gunakan.
  • Set Indikator Jaringan ke otomatis.
  • Perbarui Apn kamu di menu sim toolkit.
  • Non Aktifkan VPN yang berjalan.

2. Restart Ponsel

Tips selanjutnya jika masalah di telegram belum terpecahkan ialah dengan restart ponsel kamu. Dengan begitu setiap komponen yang ada di Ponsel akan berjalan dengan optimal setidaknya ponsel akan menjalankan aplikasi dengan lebih baik dari sebelumnya. 

Hal seperti ini memang seringkali terjadi kepada ponsel dengan spesifikasi yang lebih rendah tapi itu tidak menutup kemungkinan beberapa fungsi error juga bisa saja terjadi pada ponsel dengan spesifikasi yang lebih tinggi sekalipun.

3. Hapus Cache Aplikasi

Beberapa file sampah akan mengganggu performa dari sebuah aplikasi jika terlalu menumpuk terlepas dari fungsi utamanya untuk mempercepat beberapa fungsi dari aplikasi pada saat proses loading dan mungkin saja hal ini yang membuat beberapa fungsi telegram bermasalah. Untuk itu yang harus kamu lakukan ialah dengan menghapus cache yang terlalu menumpuk ini dengan cara:

  • Buka opsi pengaturan ponsel kamu biasanya ditandai dengan ikon gerirgi.
  • Pilih menu Aplikasi & Notifikasi.
  • Pilih Telegram.
  • Lihat informasi penyimpana.
  • Klik Cache (Tembolok, File Sampah)
  • Hapus chace.
  • Selesai.

Note. Beberapa ponsel terkadang memiliki cara lain dan berbeda dari tutorial diatas untuk itu kamu bisa memanfaatkan beberapa aplikasi di Playstore untuk membersihkan cache dan penyimpanan kamu secara menyeluruh.

4. Hapus Data Telegram

Setelah menghapus cache aplikasi dan error ternyata masih terjadi ada kemungkinan penyebab utamanya dari kerusakan yang ada didalam aplikasi dan sangat sulit untuk dilacak. Satu-satunya cara yang bisa dilakukan ialah dengan menghapus data aplikasi atau kamu bisa menguninstall dan install ulang aplikasi.

Dengan begitu kamu perlu akses login untuk bisa menggunakan aplikasi telegram kembali dengan akun yang sama.

5. Masalah Login

Jika terjadi beberapa masalah saat login, seperti kode otp telegram tidak terkirim dan sebagainya maka yang harus kamu lakukan ialah:

  • Pastikan koneksi berjalan dengan baik termasuk jaringan di provider yang kamu gunakan.
  • Pastikan kamu memasukkan nomor, email dan password dengan benar.
  • Kode OTP Tidak Terkirim, Tunggu beberapa saat mungkin saja ada permintaan kode otp dengan jumlah yang tinggi pada waktu yang sama saat kamu meminta kode otp untuk akses login.
  • Akun ditangguhkan, ada beberapa alasan kenapa akun anda ditangguhkan mengutip dari kebijakan dan persyaratan layanan yang ada. Dan jika benar akun kamu ditangguhkan silahkan melaporkan keberatan kamu ke pihak telegram jika ada beberapa kesalahan claim.

6. Update Aplikasi

Periksa beberapa pembaruan aplikasi yang mungkin terdapat pada paket instalasinya di Playstore atau Appstore jika kamu menggunakan Iphone. Jika terdapat pembaruan maka kamu bisa mengupdate aplikasi telegram dan pastikan kamu mengunduh versi terbaru dari telegram.

7. Telegram Down (Maintenance)

Jika terdapat kendala seperti kode otp tidak terkirim, status bar menghubungkan (Connection) terus, pesan, telepon dan panggilan video tidak dapat dilakukan serta beberapa file gambar, video dan dokumen tidak dapat dimuat dan hal yang sama juga terjadi dengan pengguna telegram lainnya lalu solusi dan cara mengatasi masalah error seperti ini bagaimana? Yang harus kamu lakukan disini ialah dengan menunggu sampai server kembali normal.

Mungkin terdapat persiapan (Maintenance) sebelum aplikasi merilis versi terbarunya dan untuk itu silahkan menunggu proses perbaikan sampai server kembali normal.

9. Bot Telegram Bermasalah

Ada puluhan sampai ratusan di bot dengan fungsi yang berbeda-beda di aplikasi Telegram dan jika ada masalah terkait bot tersebut yang harus kamu sadari ialah mungkin saja bot tersebut sedang kelebihan pengunjung dan menyebabkan respon bot berjalan lebih lambat.

Beberapa alasan mungki saja terjadi disini untuk itu kamu bisa menghubungi pembuat bot dan meminta informasi terkait masalah yang sedang terjadi.

Baca juga: Cara Mengatasi Telegram Stuck Connection

Akhir Kata

Ada banyak hal yang membuat aplikasi telegram bermasalah, error dan lainnya beberapa masalah mungkin akibat dari perbuatan kamu sendiri dan kamu perlu menanganinya dengan kebalikan dari apa yang kamu perbuat sebelumnya dengan aplikasi tersebut.

Sedangkan untuk beberapa masalah umum lainnya sudah saya jelaskan diatas mencoba memberikan jawaban terbaik mungkin akibat dari server, bug, beberapa kesalahan didalam aplikasi karena perbuatan kamu dengan mencoba memodifikasinya.

Dan yang paling penting pastikan koneksi kamu tidak bermasalah dengan begitu masalah telegram error dapat terselesaikan dengan baik. Mungkin itu saja yang bisa sampaikan disini tentang cara mengatasi telegram error semoga bermanfaat!

Artikel Terkait:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Rekomendasi :