6+ Cara Mengatasi Telegram Stuck Connection

  • Bagikan
Cara Mengatasi Telegram Stuck Connection

Telegram adalah aplikasi keluaran 2016, yang fungsinya hampir sama dengan whatsapp. dan Berikut adalah cara mengatasi telegram stuck connection.

Meskipun terbilang baru, namun pengguna telegram dari hari ke hari, makin meningkat jumlahnya. Hal ini mungkin karena didasari dengan penggunaannya yang tidak dikenai biaya, alias gratis.

Namun terkadang, telegram sering mengalami stuck connection. Jika hal itu terjadi, bagaimana cara mengatasi telegram stuck connection ini ?

Tak jauh berbeda dengan aplikasi chat lainnnya, telegram juga sering mengalami masalah. Baik itu aplikasi yang tidak bisa dibuka, koneksi yang terus terhubung tanpa bisa dihentikan, ataupun masalah yang lainnya.

Sebenarnya ada banyak cara untuk mengatasinya. Dalam artikel ini, akan dibahas beberapa diantaranya.

Penyebab Dan Cara Mengatasi Telegram Stuck Connection

Ada beberapa tanda yang muncul pada telegram, yang memberikan notifikasi bahwa telegram mengalami stuck connection.

Diantaranya munculnya kalimat aplikasi tidak bisa dibuka, ada tampilan error, video tidak bisa dibuka dan sebagainya. Namun ada lagi gejala lainnya yang seingkali muncul. Seperti koneksi yang terus menerus hingga adanya petunjuk waiting for network.

Untuk mencari tahu cara mengatasi telegram stuck connection, ada baiknya mengetahui penyebab dari timbulnya masalah koneksi ini.

Ada beberapa penyebab yang bisa membuat telegram tiba-tiba mengalami stuck connection. Penyebab yang paling umum, diantaranya :

Baca juga: Cara Multiplayer PPSSPP di Android Dengan Mudah

1.Jaringan Internet Yang Tidak Memadai

Salah satu penyebab telegram mengalami stuck connection diantaranya yaitu karena jaringan internet yang tidak memadai. Hal ini bisa disebabkan karena berada di tempat yang jauh dari koneksi internet. Penyebab lainnya dari masalah jaringan internet ini yaitu  server sedang mengalami masalah ataupun kuota internet Anda habis.

2. Adanya Virus/Malware

Penyebab lainnya bisa saja, karena hp Anda terserang virus/malware. Yang tentunya membuat kinerja dan performa android Anda menjadi tidak optimal. Termasuk diantaranya telegram yang tiba-tiba mengalami stuck connection ini.

3. Telegram Tidak Pernah Diupdate

Aplikasi telegram yang tidak pernah diupdate juga bisa menjadi penyebab lainnya. Cara mengatasi telegram stuck connection ini tentu saja dengan mengupdate aplikasi telegram secara rutin dan berkala. Selain untuk menghindari stuck connection, juga untuk meningkatkan performa dari aplikasi chat ini.

4. Kerusakan

Kerusakan juga bisa menjadi penyebab telegram mengalami stuck connection. Masalah kerusakan ini bisa disebabkan karena pada aplikasi tersebut terdapat bugs, ataupun adanya corrupt, maupun karena Anda mengunduh aplikasi telegram melalui aplikasi pihak ketiga.

5. Proses Root Yang Salah

Selain memiliki manfaat, ternyata proses root  yang salah,  juga bisa menimbulkan resiko dan masalah. Terutama pada hp android dan juga segala aplikasi yang ada di dalamnya.

Termasuk pada aplikasi telegram ini. Maka dari itu, jika Anda ingin melakukan proses root, pastikan terlebih dahulu untuk melakukan langkah-langkah yang benar.

Dengan mengetahui penyebabnya, maka selanjutnya Anda tinggal mencari tahu bagaimana cara mengatasi telegram stuck connection. Bagaimana caranya ? bisa disimak dalam pembahasan di bawah ini.

Cara Mengatasi Telegram Stuck Connection Yang Wajib Anda Ketahui

Setelah mengetahui penyebab mengapa telegram tiba-tiba mengalami stuck conection. Maka selanjutnya Anda tinggal mencari tahu bagaimana cara mengatasinya. Sebagai panduan bagi Anda, berikut ini beberapa cara mengatasi telegram stuck connection. Diantaranya :

1.Pastikan Koneksi Internet Selalu Stabil

Sebagian besar penyebab mengapa telegram mengalami stuck connection yaitu dikarenakan jaringan internet yang tidak memadai. Salah satu cara mengatasi telegram stuck connection ini yaitu dengan selalu memastikan koneksi internet stabil. 

Bisa dengan selalu mengaktifkan data seluler, ataupun selalu memantau kekuatan sinyal. Sinyal yang kuat ditandai dengan munculnya tanda 3G maupun 4G. jika ternyata data seluler telah aktif dan sinyal internet cukup kuat, namun telegram masih stuck connection. Maka ada baiknya, Anda mencoba untuk mengaktifkan mode pesawat, kemudian tunggu beberapa saat. Kemudian aktifkan kembali data seluler.

Baca juga: Cara Mengatasi Telegram Error

2. Bersihkan Catche 

Cara mengatasi telegram stuck connection selanjutnya yaitu dengan membersihkan catche. Fungsi dari cathe itu sendiri, yaitu memudahkan Anda untuk menjalankan aplikasi dan fitur yang ada pada hp.

Namun cathe ini harus dibersihkan secara berkala, agar memori internal pada hp menjadi tidak begitu berat.

Untuk membersihkan cathe ini, Anda bisa menggunakan aplikasi khusus pembersih cathe. Namun jika ingin melakukannya secara manual, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini. Diantaranya :

  • Buka menu pengaturan yang ada  pada hp anda.
  • Kemudian pilih menu aplikasi, dan dilanjutkan dengan memilih menu pengaturan.
  • Setelah menu pengaturan telah Anda klik, Anda bisa memilih menu aplikasi kembali.
  • Di menu aplikasi ini, Anda akan melihat beberapa aplikasi yang ada di hp Anda. Langkah selanjutnya, Anda tinggal memilih aplikasi telegram.
  • Jika aplikasi telegram telah Anda klik, selanjutnya Anda tinggal memilih menu penyimpanan .
  • Dalam menu penyimpanan tersebut, Anda akan menemukan beberapa menu lainnya. Diantaranya menu hapus tembolok. Anda bisa mengklik menu tersebut.
  • Jika menu hapus tembolok tersebut telah Anda klik, Anda bisa langsung klik menu Ok.
  • Dan secara otomatis, cathe pada hp Anda telah dibersihkan.

3. Update Aplikasi

Cara Mengatasi Telegram Stuck Connection

                                          Sumber gambar : https://androbuntu.com

Mengupdate aplikasi juga bisa menjadi cara mengatasi telegram stuck connection. Dimana aplikasi yang jarang diupdate akan memunculkan masalah-masalah pada aplikasi.

Dari mulai susahnya diakses ataupun performa hp menjadi lambat. Hal ini juga yang bisa menyebabkan telegram mengalami stuck connection.

Untuk mengupdate aplikasi telegram, Anda bisa melakukan cara-cara dibawah ini. Diantaranya :

  • Buka google playstore.
  • Cari aplikasi telegram.
  • Kemudian klik menu update.
  • Tunggu hingga proses update selesai. Dan secara otomatis, aplikasi telegram pada hp Anda telah terupdate.

Baca juga: Cara Setting Aplikasi Perfect Player Terbaru

4. Melakukan Restart Pada Hp

Melakukan restart pada hp bisa menjadi cara mengatasi telegram stuck connection yang paling umum dilakukan. Kinerja sistem pada hp yang kurang optimal bisa menyebabkan beberapa masalah.

Termasuk pada kinerja telegram ini. Dengan melakukan restart pada hp, memungkinkan kinerja hp bisa menjadi lebih optimal dari sebelumnya.

Baca Juga: Cara Kompres Gambar dengan Mudah

5. Menghapus Data Pada Aplikasi

Jika cara-cara diatas telah dilakukan, namun telegram masih mengalami stuck connection. Maka cara mengatasi telegram stuck connection yang bisa dilakukan, yaitu dengan menghapus data pada aplikasi telegram.

Meskipun dengan menghapus data telegram ini memungkinkan data pada chat menjadi hilang. Namun Anda bisa melakukan login kembali di aplikasi telegram tersebut. Untuk menghapus data pada aplikasi ini bisa dilakukan dengan cara berikut ini. Diantaranya :

  • Buka menu pengaturan/setting pada hp Anda.
  • Cari menu aplikasi, kemudian dilanjutkan dengan menu pengaturan.
  • Langkah selanjutnya, Anda tinggal mencari aplikasi telegram.
  • Di menu telegram tersebut, Anda bisa mencari menu penyimpanan.
  • Setelah mengklik menu penyimpanan, kemudian dilanjutkan dengan mengklik menu kelola ruang.
  • Dalam menu kelola ruang, Anda akan melihat beberapa tampilan menu lainnya. Namun Anda bisa memilih menu hapus pangkalan data lokal.
  • Jika menu tersebut sudah Anda klik, Anda tinggal mengklik menu hapus.
  • Dan keseluruhan data pada aplikasi telegram, secara otomatis akan terhapus.

6. Menginstall Ulang

Cara Mengatasi Telegram Stuck Connection

                                             Sumber gambar : https://jogjaweb.co.id

Cara selanjutnya untuk mengatasi telegram stuck connection adalah menginstall ulang aplikasi tersebut. Adapun caranya yaitu dengan menghapus instalan aplikasi telegram pada hp Anda.

Kemudian dilanjutkan dengan membuka google playstore, dan cobalah untuk mengunduh kembali aplikasi tersebut.

Itu dia beberapa cara mengatasi telegram stuck connection yang bisa Anda lakukan.

Selama Anda mengetahui penyebab dari masalah stuck connection tersebut, maka Anda bisa mengatasinya dengan mengikuti salah satu dari beberapa cara tersebut. Maka dari itu, pastikan dulu penyebabnya, baru kemudian mencari tahu bagaimana cara mengatasinya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.