BerandaTutorialGamesCara Multiplayer PPSSPP

Cara Multiplayer PPSSPP

Cara multiplayer ppsspp di perangkat android cukup mudah. Dengan adanya emulator ppsspp, Anda pun bisa memainkan game konsol PS1 di android.

Bagi Anda yang ingin bisa memainkan game multiplayer PSP namun tidak memiliki perangkat konsol tersebut maka bisa memainkannya lewat perangkat android.

Untuk bisa melakukan hal tersebut Anda membutuhkan emulator android yang bernama PPSSPP. Cara multiplayer ppsspp di android sebetulnya cukup mudah namun membutuhkan langkah yang sedikit agak banyak.

Bermain game PSP secara multi-player akan membuat permainan menjadi semakin seru dan menantang. Dengan memanfaatkan fitur ini, Anda bisaa berkompetisi dengan teman atau rekan lainnya dalam suatu game atau permainan.

Baca juga: Cara Mengatasi Telegram Error Menghubungkan Terus

Pengertian Apa Itu PPSSPP

Sebelum mengulas secara lebih jauh tentang cara bermain multiplayer di ppsspp, tidak ada salahnya jika terlebih dahulu Anda perlu mengetahui apa itu ppsspp. Bagi Anda yang belum tahu, PPSSPP merupakan akronim dari PlatStation Portable Simulator Suitable for Playing Portably.

PPSSPP adalah sebuah emulator PlayStation 1 (PS 1) yang pada awalnya dapat diakses dengan menggunakan perangkat-perangkat berbasis Windows, Linux, dan OS X.

Namun seiring perkembangan teknologi, emulator ini pun dikembangkan dan dibawa ke perangkat android dan juga IOS.

Sebagai salah satu emulator PS1, emulator PPSSPP ini dapat digunakan untuk memainkan game-game PS1 secara keseluruhan baik yang dimainkan seorang diri ataupun juga game-game yang mendukung fitur multi-player.

Dengan mengetahui cara main multiplayer di ppsspp maka Anda tidak perlu membeli konsol PlayStation bisa ingin menikmati sejumlah game konsol.

Berbekal dengan adanya emulator PPSSPP ini, maka Anda tidak perlu memiliki PlayStation 1 untuk bisa memainkan game-game PlayStation yang cukup menarik dan seru.

Selain itu, game yang ada di emulator ini juga bisa diunduh secara gratis di internet sehingga tidak membutuhkan kaset.

Cara Multiplayer PPSSPP Dengan Mudah di Perangkat Android

Cara Multiplayer PPSSPP

Meskipun ppsspp memiliki fitur multi-player, namun perlu dicatat bahwa tidak semua jenis game dapat dimainkan secara bersamaan dengan rekan atau teman-teman Anda.

Beberapa jenis game yang umumnya bisa dimainkan dengan fitur multi-player ini adalah game berjenis fight semisal Tinju ataupun juga Tekken 6 yang cukup populer.

Bagi Anda yang tertarik untuk mengetahui cara main multiplayer di ppsspp maka Anda membutuhkan dua perangkat android yang akan digunakan untuk bermain game secara multi-plater.

Bagi Anda yang ingin memainkan game ini secara multi-player, berikut adalah beberapa langkah yang diperlukan.

Cara multiplayer ppsspp Setting di Perangkat 1 (Sebagai Host)

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya bahwa untuk bisa memainkan ppsspp secara multiplayer maka Anda membutuhkan dua perangkat android yang terkoneksi satu sama lainnya.

Untuk mengatur perangkat 1 sebagai host, berikut adalah beberapa langkah mudah yang perlu Anda lakukan.

1. Pertama silakan Anda mengunduh terlebih dahulu aplikasi multi-player bernama ad-hoc server pro pada perangkat android yang Anda miliki.

Jika aplikasi tersebut sudah terpasang, maka silakan Anda bisa membuka dan kemudian menjalankan aplikasi ad hoc server tersebut sebelum memulai untuk memainkan ppsspp secara multiplayer.

2. Jika sudah, silakan Anda kemudian bisa masuk pada menu Setting atau Pengaturan di perangkat hp android yang Anda miliki. Kemudian pada bagian menu Nirkabel dan Jaringan silakan Anda bisa memilih Pengaturan lain.

3. Cara bermain multiplayer di ppsspp yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah masuk ke menu Tethering dan Portable Hotspot. Kemudian silakan aktifkan koneksi Hotspot yang Anda miliki.

4. Ketika koneksi hotspot tersebut sudah menyala, silakan Anda bisa membuka aplikasi PPSSPP yang Anda miliki. Kemudian silakan Anda bisa masuk ke bagian menu Setting dan silakan pilih Networking.

5. Silakan Anda centang opsi Enable Networking WLAN/ dan juga opsi Enable Built-in ad hoc server.

Baca juga: Cara Setting Aplikasi Perfect Player

Cara Setting PPSSPP di Perangkat 2 (Client) Untuk Multiplayer

Selain perangkat pertama yang berfungsi sebagai host harus di setting, perangkat kedua yang berperan sebagai client pun juga harus disetting agar bisa digunakan untuk memainkan game-game PPSSPP secara multi-player.

Berikut adalah beberapa langkah mudah yang bisa Anda lakukan untuk mensetting perangkat client ppsspp yang Anda miliki.

  1. Silakan Anda mengaktifkan koneksi Wifi pada perangkat kedua ini lalu silakan hubungkan dengan perangkat pertama yang berperan sebagai host.
  2. Cara main multiplayer di ppsspp yang selanjutnya adalah Anda perlu membuka aplikasi ppsspp yang ada di perangkat client tersebut. Kemudian pada bagian menu Setting silakan Anda bisa memilih Networking.
  3. Kemudian langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah mencentang opsi Enable Networking/WLAN dan juga opsi Enable Built-in ad hoc server. Jika Anda sudah melakukan kedua langkah ini maka Anda pun bisa melanjutkan ke langkah yang selanjutnya.
  4. Pada langkah ini Anda perlu memastikan bahwa IP address pada bagian Change Pro ad hoc Server IP address telah sama dengan IP address koneksi milik perangkat Host.

Baca juga: Cara Kompres Gambar dengan Mudah di HP

Cara Bermain PPSSPP Multiplayer

Ketika Anda sudah selesai melakukan setting pada kedua perangkat android yang Anda miliki, maka kini Anda pun sudah siap untuk memainkan ppsspp secara multiplayer.

Berikut adalah cara multiplayer ppsspp yang bisa Anda lakukan untuk memainkan game bersama dengan rekan Anda.

  1. Jika kedua perangkat sudah terkoneksi dengan pengaturan seperti yang disampaikan pada bagian sebelumnya, maka silakan Anda bisa membuka game yang mendukung multi-player pada kedua emulator tersebut. Salah satu contoh game yang bisa Anda mainkan adalah Tekken 6.
  2. Ketika game yang akan dimainkan tersebut sudah terbuka, silakan Anda bisa masuk pada bagian menu multi-player atau ad hoc.
  3. Pada bagian perangkat host, silakan Anda bisa klik opsi Create Room dan kemudian masukkan nama room yang Anda inginkan.
  4. cara multiplayer ppsspp pada perangkat client adalah dengan mengetuk bagian Search Room dan silakan Anda bisa mencari nama room yang sudah dibuat oleh rekan Anda pada perangkat host sebelumnya.
  5. Jika sudah ketemu silakan Anda ketuk untuk masuk ke dalam room yang telah dibuat tersebut. Kini Anda pun dapat memainkan game ppsspp secara multiplayer di perangkat Android dengan mudah dan juga seru.

Meskipun memainkan ppsspp secara multiplayer menggunakan akses koneksi hotspot, namun ia tidak mengonsumsi paket data atau internet Anda. Hal ini dikarenakan fitur multiplayer yang ada pada emulator ppsspp hanya membutuhkan fitur Wifi-nya saja untuk menghubungkan kedua perangkat yang akan digunakan untuk memainkan game ppsspp tersebut.

Namun jika Anda tetap ragu, Anda bisa mencoba untuk mematikan koneksi paket data seluler Anda sebelum memainkan game-game multiplayer pada ppsspp ini.

Akhir Kata

Demikian ulasan mengenai cara multiplayer ppsspp di Android yang mudah dan praktis. Berbekal dengan beberapa langkah mudah di atas, Anda pun dapat memainkan game PlayStation 1 dengan mudah lewat perangkat android dengan hanya menggunakan emulator PPSSPP yang bisa Anda dapatkan secara gratis.

Artikel Terkait:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Rekomendasi :