5 Rekomendasi Emulator PS2 Untuk PC Terbaik di Tahun 2022

Emulator PS2 PC

Emulator PS2 For PC – PS2 Playstation 2 atau yang sering disebut dengan PS2 merupakan konsol game rilisan Sony computer entertainment yang dipublikasi pada tahun 2000. Walaupun termasuk dalam game konsol Sony terdahulu namun masih banyak orang yang ingin bernostalgia dan memainkan game PS2 tersebut.

Namun karena sudah ada rilisan konsol game Sony terbaru yaitu PS5 sudah tidak banyak lagi orang yang menjual konsol game Sony PS2. Salah satu alternatif cara memainkan game PS2 bisa menggunakan emulator yang bisa digunakan di PC. Sudah banyak emulator PS2 PC terbaik yang bisa digunakan dan dipasang pada perangkat komputer untuk bermain game PS2.

PS2 sendiri sempat menjadi game konsol yang difavoritkan oleh banyak orang pada masanya, walaupun sudah ada banyak versi baru dari PS2 tetap saja PS tersebut tetap dirindukan oleh para pemain. Apalagi karena seiring dengan meningkatnya popularitas game PS2 pada saat itu judul game yang ada juga sangat beragam hampir mencapai 3800 game yang tersedia. Hal tersebut membuat PS2 menjadi salah satu game console terbaik bagi para pecinta game rumahan. 

Rekomendasi Software Emulator PS2 PC Terbaik

Seiring dengan berkembangnya teknologi ternyata bermain game konsol PS2 sudah tidak perlu membeli bentuk fisik dari game konsol tersebut, karena sudah ada emulator yang mampu menjalankan game PS2 di perangkat PC ataupun Android.

Biasanya emulator jika ingin menjalankan game PS2 dengan maksimal harus didukung dengan spesifikasi perangkat komputer minimal mempunyai RAM GB. Sementara untuk operasi sistem yang digunakan sudah bisa diinstal pada Windows 7 ke atas namun terkadang lebih baik menggunakan Windows 8 atau Windows 10 untuk mendapatkan kualitas bermain game yang lebih lancar.

Sama halnya ketika menginstal aplikasi game yang membutuhkan spesifikasi komputer yang cukup tinggi dan tidak bisa di-install pada komputer atau laptop dengan spesifikasi rendah. Emulator PS2 juga membutuhkan spesifikasi yang cukup lumayan karena biasanya game-game yang ada pada PS2 cukup besar ukurannya, mengingat grafik yang di digunakan pada game PS2 sudah termasuk dalam grafik yang tinggi dan HD.

Alasan ini juga yang mendasari kenapa ada banyak orang diluar sana yang mengingkan rekomendasi Emulator PC terbaik yang dapat diandalkan. Selain bekerja secara optimal mengingat ukuran game juga terlampau rata-rata diatas ratusan MB.

Emulator juga harus ringan dan mendukung lebih banyak game ps2 untuk dimainkan. Maka dari itu minimal Anda harus mempersiapkan terlebih dahulu laptop atau komputer yang memiliki spesifikasi mid end atau diatasnya. Berikut ini beberapa software emulator PS2 PC terbaik.

Baca juga: AetherSX2 Apk

PCSX2

emulator ps2 pc

Tabel Spesifikasi

DetailSpesifikasi MinumumRekomendasi
OSWindows Vista SP2 atau GNU/Linux (32-bit or 64-bit)Windows 7/8/8.1/10 (64-bit) atau GNU/Linux (64-bit)
ProcessorSSE2 (Pentium 4 ke atas, Athlon64 ke atas) @ 1600 STRIntel Haswell 4xxx series (atau setara AMD) @ 2000 STR
RAM2GB4GB
GraphicsNvidia GeForce 9600 GT / Intel HD GraphicsNvidia GeForce 9600 GT / Intel HD Graphics
DirectXVersi 10Versi 11 GPU

Link Download: https://pcsx2.net/download.html

Review

Emulator PS2 PC terbaik PCSX2 adalah aplikasi emulator yang sudah banyak digunakan oleh penggemar game PS2 khusus untuk perangkat PC atau komputer. Emulator PCSX2 melalui data unduhan yang ada sudah terbukti sebagai emulator terbaik dan paling banyak diunduh serta digunakan oleh penggemar game PS2 yang ada di dunia.

Sudah banyak game-game terbaik PS2 yang bisa dengan lancar dimainkan melalui emulator PCSX2 ini. Namun emulator PCSX2 ini mempunyai kelemahan, salah satunya yaitu hanya bisa diinstal pada perangkat komputer atau laptop yang memiliki spesifikasi tinggi.

Hal ini dilakukan untuk menunjang berbagai game yang akan diinstal pada emulator PCSX2 dengan menggunakan performa dari komputer yang dipakai. Seperti yang diketahui performa emulator bergantung pada spesifikasi komputer atau PC sehingga semakin tinggi kualitas atau spesifikasi komputer dan laptop maka bisa mendukung emulator dengan baik.

Emulator PCSX2 yang membutuhkan spesifikasi laptop tinggi ini sebaiknya tidak dipasang pada laptop atau komputer dengan spesifikasi sedang atau rendah. Karena kemungkinan akan mengambil performa dan memaksa kinerja komputer sehingga bisa merusak atau memperlambat komputer anda.

Emulator PS2 PC terbaik PCSX2 ini memiliki standar instalasi pada laptop atau komputer pada spesifikasi tinggi. Karena membutuhkan sistem login konfigurasi yang optimal untuk mendukung emulator dalam menjalankan berbagai game PS2 yang cukup berat.

Selain itu kualitas game juga akan berpengaruh pada spesifikasi komputer yang diinstal emulator PCSX2 ini, karena semakin baik kualitas atau spesifikasi komputernya. Maka semakin baik juga kualitas gamenya dan membuat pengalaman bermain game PS2 terasa seperti asli dengan meningkatkan kualitas gambar yang HD.

Untuk menginstal software emulator PCSX2 di komputer atau laptop Anda minimal harus mempunyai ram sebesar 4 GB dan sudah terpasang net framework 3.5 SP1, Microsoft visual c + + redistribute 2008, 2010 dan 2015 serta DirectX. Software-software tersebut akan mendukung emulator PS2 PCSX2 untuk menjalankan game PS2 yang diinstal dan menjalankan emulator layaknya mesin konsol PS2 sesungguhnya.

Perlu diketahui pemasangan emulator pada komputer atau PC akan selalu mengambil kinerja yang cukup berat sehingga kemungkinan akan membuat kinerja komputer atau PC menjadi berkurang.

Play!

emulator ps2 pc

Tabel Spesifikasi

DetailSpesifikasi MinumumRekomendasi
OSWindows Vista SP2 GNU/Linux (32-bit or 64-bit)Windows 7 64 Bit/ Windows 8 64 Bit/ Windows 10 64 Bit
ProcessorSSE2 (Pentium 4 ke atas, Athlon64 ke atas) @ 1600 STRGeForce 4 series or more hight
RAM2GB4GB
GraphicsNvidia/AMD dengan VRAM di atas 512 MBNvidia GeForce 9600 GT / Intel HD Graphics
DirectXVersi 9Versi 11 GPU

Link Download: https://purei.org/downloads.php

Review

Emulator PS2 PC terbaik ini mempunyai konsep yang sama dengan emulator sebelumnya, namun emulator play sudah tersedia dalam versi Android dan juga versi PC. Sehingga bisa memudahkan anda untuk bermain game PS2 menggunakan komputer ataupun HP Android secara mobile.

Aplikasi emulator play ini sebenarnya lebih terkenal pada emulator Android maupun IOS. Tidak banyak orang mengetahui bahwa sebenarnya emulator play mempunyai versi PC atau desktop yang mempunyai performa emulator sama dengan platform mobile.

Anda harus mengunduh aplikasi emulator play melalui website resminya, pada website tersebut sudah tersedia berbagai pilihan unduhan seperti versi Windows, macOS dan linux. Selain itu emulator player juga sudah tersedia untuk pilihan Windows 32 bit maupun 64 bit.

Untuk menginstal aplikasi emulator play juga dibutuhkan beberapa software pendukung lain seperti di DirectX dan Open all runtime. 

Berbagai software pendukung lain untuk memaksimalkan kinerja emulator play juga sudah tersedia pada website resmi emulator play seperti open GL dan lain sebagainya. Tentunya untuk mendapatkan pengalaman bermain game PS2 terbaik.

Anda harus mendownload semua software pendukung yang dibutuhkan oleh emulator PS2 PC terbaik ini agar tidak terjadi masalah atau hambatan ketika memainkan game PS2 nantinya. 

Berbeda dengan PCSX2 emulator play masih mempunyai kelemahan yaitu tidak bisa menjalankan beberapa game yang mempunyai grafik cukup tinggi seperti final fantasy 10 atau resident evil 4. Hal ini karena emulator play masih belum mendukung tingkat game yang mempunyai resolusi HD dan malah akan membuat emulator menjadi sulit untuk berjalan dengan baik jika dipaksakan.

Sedangkan kelebihan dari emulator PS2 PC terbaik play ini mempunyai tampilan yang user friendly sehingga sangat memudahkan penggunanya untuk bermain atau menginput ROM game PS2 hingga mengatur analog sesuai keinginan. 

Sebelum bermain game PS2 sendiri anda harus mendownload terlebih dahulu ROM gamenya melalui website yang menyediakan berbagai ROM. Biasanya ukuran ROM tergantung pada kualitas grafik game PS2, semakin bagus kualitas grafiknya maka semakin besar juga ukuran ROMnya.

Dalam satu ROM berisi hanya satu game saja, jika ingin bermain banyak game anda harus mendownload beberapa ROM sesuai game yang diinginkan. Maka dari itu selain menyiapkan spesifikasi PC terbaik anda juga harus menyiapkan penyimpanan internal yang cukup besar untuk menampung berbagai game yang ada.

Baca juga: PS2 Bios

PPSSPP

emulator ps2 pc

Tabel Spesifikasi

DetailSpesifikasi MinumumRekomendasi
OSWindows Vista SP2 atau GNU/Linux (32-bit or 64-bit)Windows® XP (SP3) / Windows Vista® (SP2) / Windows® 7 (SP1) / Windows® 8
ProcessorSSE2 (Pentium 4 ke atas, Athlon64 ke atas) @ 1600 STR2.53 GHz Intel® Core™2 Duo E6400 / 2.80 GHz AMD Athlon™ 64 X2 5600+
RAM2GB4GB
Graphics512 MB DirectX® 10–compliant with Shader Model 4.0 or higherNvidia GeForce 9600 GT / Intel HD Graphics
DirectXVersi 10Versi 11 GPU

Link Download: https://id.bignox.com/appcenter/game_management/org-ppsspp-ppsspp-pc/

Review

Mendengar nama PPSSPP, beberapa dari anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan Emulator PS2 tersebut. Ya benar PPSSPP merupakan salah satu emulator playstation 2 terbaik sepanjang masa yang pernah ada. Perangkat yang mendukung untuk menggunakan PPSSPP diantaranya adalah Android dan PC.

Buat yang belum tahu tentang emulator ps2 tersebut, berikut kami jelaskan sedikit PPSSPP adalah singkatan dari PlayStation Portable Simulator Suitable for Playing Portably merupakan emulator PlayStation Portable gratis dan bisa dimainkan dalam berbagai sistem operasi misalnya Windows, OS X, Linux, iOS, Android, BlackBerry 10.

Bagi yang menggunakan Windows anda akan membutuhkan perangkat tambahan untuk mengaksesnya, itu adalah emulator yang menjalankan aplikasi seperti sistem di android.

RetroArch

emulator ps2 pc

Tabel Spesifikasi

DetailSpesifikasi MinumumRekomendasi
OSWindows Vista/ Windown 7Windows 7 64 Bit/ Windows 8 64 Bit/ Windows 10 64 Bit
ProcessorIntel Pentium 4 2.4GHzIntel HD Graphics 4600
RAM2GB4GB
Graphics256 mb video memory, shader model 3.0+GeForce Fx 5700 or AMD Radeon 9600
DirectXVersi 10Versi 11

Link Download: https://www.nesabamedia.com/download-retroarch/

Review

RetroArch adalah emulator PS2 lain yang bisa dijadikan pilihan, Bisa dikatakan bahwa software satu ini sudah ada sejak dahulu sebelum emulator-emulator baru dan canggih dirilis. Ini merupakan kategori open-source untuk emulator, perangkat untuk memainkan game, video game, pemutar media, dan aplikasi lainnya.

Namun untuuk menggunakannya di perangkat, Retroaceh membutuhkan beberapa fungsi alias plugin tambahan untuk mendapatkan kunci membuka aplikasi. Alasan kenapa anda harus mengunduhnya ialah karena Retroaceh adalah emulator yang nyaman dan bebas iklan.

NeutrinoSX2

emulator ps2 pc

Tabel Spesifikasi

DetaillSpesifikasi MinumumRekomendasi
OSWindows Vista/ Windown 7Windows XP Service Pack 3, Windows Vista,7,8 (32bit/64bit)
ProcessorDual core CPU: AMD Athlon64 X2 2.1 Ghz (4050+), Intel Core2 Duo 1.86 Ghz (E6300)Intel HD Graphics 4600
RAM2GB4GB
Graphics256 mb video memory, shader model 3.0+Nvidia Geforce 8600 512 Mb RAM, or AMD equivalent (Radeon HD 4650)
DirectXVersi 10Versi 11

Link Download: https://consolegames.down10.software/emulators/playstation-2/neutrinosx2-119

Review

NeutrinoSX2 menjadi rekomendasi terakhir kita untuk anda dalam pembicaraan tentang Emulator PSC PC yang bisa anda install di perangkat. Meski tidak sepopuler emulator PC serupa software tersebut masih dikatakan sebagai emulator yang memiliki kesamaan dengan emulator pertama yaitu PCSX2 Karena sama – sama bersifat open source.

Berbagai permainan seru bisa dimainkan seperti Mortal Kombat, Final Fantasy dan sebagainya. Untuk menggunakannya anda perlu GTK runtimes untuk membuat antarmuka sendiri para perangkat yang lebih stabil.

Akhir Kata

Jika ingin menggunakan emulator PS2 PC terbaik sebaiknya anda juga menggunakan PC atau komputer dengan spesifikasi terbaik. Untuk mendukung kualitas dan pengalaman bermain game PS2 yang lancar tanpa hambatan. Anda juga harus menyiapkan waktu dan kuota untuk mendownload ROM PS2 yang cukup besar.

Mengingat biasanya jika ukuran ROM tergantung pada kualitas game yang diinginkan, semakin HD gamenya semakin besar pula ukuran ROM yang diunduh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.