7+ Aplikasi Cek Tagihan PDAM Online Terbaik Seluruh Indonesia

Aplikasi Cek Tagihan PDAM

Zaman sudah canggih seperti ini masih juga menunggu antre untuk bayar tagihan atau sekadar cek tagihan PDAM? Seharusnya Anda sudah mulai memanfaatkan aplikasi cek tagihan PDAM.

Cara Cek Tagihan PDAM Dengan Aplikasi

Perusahaan Daerah Air Minum atau PDAM terdapat hampir di seluruh kabupaten kota di Indonesia. Perusahaan ini menyediakan air bersih sebagai konsumsi bagi masyarakat. Dalam pengerjaannya, pembayaran PDAM diawasi oleh pihak eksekutif dan legislatif.

Bagi Anda yang berlangganan PDAM tentu harus membayarkan tagihan air setiap bulannya. Pada umumnya, sebagian besar orang akan datang ke kantor untuk membayarkan tagihan mereka.

Namun, pesatnya perkembangan teknologi internet sangat memudahkan kita dalam menjalankan aktivitas harian. Mulai dari kebutuhan bekerja sampai dengan kewajiban lainnya, termasuk pembayaran tagihan air.

Untuk mengecek tagihan dan melakukan pembayaran, Anda dapat memanfaatkan pilihan aplikasi yang tersedia.

Baca juga: 9 Cara Nonton Bola Online Gratis

Daftar Aplikasi Cek Tagihan PDAM

Sederetan aplikasi berikut dapat membantu Anda mengetahui jumlah tagihan dan membantu pembayaran PDAM secara lebih praktis. Yuk simak informasinya berikut ini.

1. PDAM Info – Tagihan dan Pembayaran Rekening Air

Aplikasi cek tagihan PDAM pertama yang dapat Anda gunakan adalah PDAM Info – Tagihan dan Pembayaran Rekening Air. Aplikasi ini ditujukan bagi pelanggan air minum PDAM atau masyarakat umum yang ingin menerima informasi dan melakukan komunikasi dengan PDAM.

Melalui aplikasi ini, Anda dapat mengetahui jumlah tagihan rekening air setiap bulannya. Selain itu, Anda dapat mengajukan atau melaporkan keluhan terkait PDAM dengan mengisi laporan pada aplikasi ini.

Setelah mendownload, Anda juga turut mendapatkan update berita tentang PDAM umumnya. Aplikasi PDAM Info ini juga mewadahi pendaftaran pelanggan baru. Jadi, jika ingin berlangganan Anda dapat mendaftarkan diri pada aplikasi. Lebih praktis bukan?

Tidak hanya dapat mengecek tagihan saja, Anda dapat langsung melakukan pembayaran melalui fitur dalam aplikasi ini. Setelah mengecek tagihan, Anda dapat memilih metode yang digunakan untuk membayar. Nah, fitur ini tentu saja memungkinkan Anda melakukan pembayaran kapanpun dan dimanapun.

Menariknya lagi, terdapat lebih dari 25 kabupaten dan kota yang telah bekerja sama. Untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai daftar kabupatennya, Anda dapat langsung mendownload aplikasi melalui Playstore atau AppStore.

2. Informasi Pelanggan PDAM

Tujuan utama adanya aplikasi Informasi Pelanggan PDAM adalah sebagai media komunikasi antara pelanggan dengan pihak PDAM terkait kebutuhan, keluhan, saran, dan sebagainya.

Tentu saja aplikasi cek tagihan PDAM ini menyediakan layanan pengecekan tagihan rekening air dalam kurung waktu bulanan. Adapun fitur lain yang tersedia antara lain stand meter air, pendaftaran pelanggan, dan informasi umum dari PDAM.

3. Aplikasi Super

Aplikasi ini ditujukan untuk memudahkan Anda dalam melakukan pengecekan tagihan PDAM di daerah Surabaya dan sekitarnya. Aplikasi ini praktis dan efisien karena memiliki berbagai fitur yang memudahkan masyarakat.

Untuk mengoperasikannya, sebelumnya Anda harus mendownload aplikasi ini pada Playstore. Setelah berhasil terinstall, telusurilah menu produk digital. Kemudian pilih menu “bayar tagihan”.

Selanjutnya, Anda klik menu “bayar tagihan PDAM”. Pada halaman selanjutnya Anda akan diminta memasukkan nomor ID atau nomor PDAM yang akan Anda bayarkan tagihannya.

Isilah nomor IDnya dengan benar untuk kemudian memasukkan nominal yang dibayarkan. Setelah itu, pilih atau klik “konfirmasi”. Pada bagian selanjutnya, Anda akan diarahkan pada metode pembayaran.

Setelah berhasil memilih metode pembayaran, ikutilah instruksi transfer sesuai informasi yang diberikan pada aplikasi. Nah, pembayaran tagihan PDAM sudah berhasil dilakukan. Anda bisa mendownload aplikasinya secara langsung disini.

Baca juga: Cara Cek NISN dan NPSN Siswa Online

4. Aplikasi Cara Cepat Cek Tagihan PDAM

Dari namanya, Anda sudah dapat menebak bahwa aplikasi cek tagihan PDAM ini dapat membantu Anda dengan cepat. Aplikasi ini memungkinkan Anda mengetahui nominal tagihan rekening air PDAM yang harus dibayarkan.

Memang aplikasi ini belum lama dioperasikan. Akan tetapi, fitur-fitur yang tersedia sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan Anda dalam mengecek tagihan PDAM.

5. Cek Tagihan PDAM Via Aplikasi Tokopedia

E-commerce dengan logo berwarna hijau ini pasti sudah tidak asing lagi bagi Anda. Jangan salah aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mengecek tagihan PDAM loh!

Pertama, pastikan Anda sudah mendownload dan menginstall aplikasi Tokopedia. Selanjutnya klik menu “Tagihan”. Kemudian pilihlah “ air PDAM”. Setelah itu, tentukan PDAM kabupaten atau kota Anda.

Jika sudah menemukan, Anda akan diantarkan pada laman pengisian. Masukkan ID atau nomor PDAM milik Anda. Setelah berhasil dikonfirmasi, jumlah tagihan akan muncul pada layar tersebut.

Nah, Anda sudah berhasil mengecek tagihan PDAM. Jika ingin melanjutkan ke pembayaran, Anda dapat langsung memilih metode pembayaran dan mengikuti intruksi yang diberikan.

6. Aplikasi GoJek

Tak hanya aplikasi E-commerce saja yang menyediakan layanan pengecekan tagihan. Aplikasi ojek online, GoJek juga menyediakan fitur ini loh! Untuk menggunakannya, Anda dapat menyimak tutorial berikut.

Pertama, pastikan aplikasi GoJek telah terinstall pada Smartphone Anda. Selanjutnya, pilihlah menu GoTagihan. Setelah terbuka, klik logo PDAM. Kemudian Anda dapat mencari kabupaten atau kota Anda melalui pengetikan pada kolom search yang tersedia.

Setelah lokasi ditemukan, inputkan ID PDAM Anda pada kolom yang diminta. Klik submit untuk mendapatkan informasi tagihan. Nah, tagihan rekening PDAM Anda sudah muncul pada aplikasi GoJek. Anda dapat langsung melanjutkan ke pembayaran jika ingin segera membayarnya.

7. Situs Resmi PDAM

Terasa kurang jika belum menambahkan situs resmi PDAM sebagai website untuk melakukan pengecekan tagihan PDAM. Perlu diketahui bahwa situs resmi PDAM berbeda-beda untuk setiap daerahnya.

Untuk melakukan pencarian situs PDAM daerah, Anda dapat mengetikkan PDAM sesuai daerah masing-masing. Misalnya PDAM Kab. 50 Kota. Pilihan situs teratas akan menampilkan laman resmi dari PDAM daerah tersebut.

Pilihlah menu info perkiraan tagihan. Selanjutnya, masukkan nomor ID PDAM Anda. Lalu, klik submit untuk mendapatkan data mengenai jumlah tagihan. Nah, Anda sudah mendapatkan informasi tagihan PDAM yang valid.

Baca juga: 5+ Aplikasi Cek NISN Siswa Online

8. Via ATM dan Mobile Banking (M-Banking)

Ketika akan membayar tagihan, tentu mesin ATM atau tampilan mobile banking pada Smartphone Anda akan menunjukkan jumlah tagihannya. Jadi, tak hanya situs atau aplikasi cek tagihan PDAM yang sudah disebutkan, tetapi melalui ATM dan m-banking saja Anda dapat mengeceknya.

Jika Anda ingin memperkirakan jumlah tagihan, Anda dapat mengecek jumlah air per meter kubik yang digunakan selama sebulan. Kemudian jumlah tersebut akan dikenakan tarif sesuai kategori pelanggan.

Adapun untuk mengecek jumlah tagihan secara akurat, Anda dapat membuka aplikasi mobile banking. Pilihlah menu pembayaran kemudian klik PDAM. Inputkan nomor ID PDAM Anda.

Setelah berhasil, akan muncul informasi tagihan yang harus dibayar. Karena menggunakan m-banking, Anda dapat langsung melanjutkan ke pembayaran. Jangan ditunda lagi ya!

Pemanfaatan teknologi melalui aplikasi cek tagihan PDAM tentu akan memudahkan Anda dalam melakukan pengecekan hingga membayarkan tagihan. Sudah siap mencoba aplikasinya? Kunjungi dan download rekomendasi aplikasi lainnya pada Javasiana.com dan dapatkan informasi menarik seputar teknologi, aplikasi, dan berita lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.