10+ Aplikasi Edit Foto Online di HP dan PC Terbaik 2022

Aplikasi Edit Foto Online

Dunia konten digital saat ini menjadi suatu hal yang wajib hampir di seluruh aktivitas sehari-hari. Melalui foto, momen-momen saat ini dapat dikenang kembali di kemudian hari. Melalui aplikasi edit foto online yang banyak beredar akhir-akhir ini banyak membantu para pengguna media media sosial untuk meng-upgrade hasil tangkapan kamera mereka.  

Berikut adalah beberapa aplikasi tersebut yang mudah dan tersedia secara gratis!

Rekomendasi Aplikasi Edit Foto Online

1. Adobe Online Photo Editor

Aplikasi Edit Foto Online Adobe Online Photo Editor

Menjadi bagian dari Adobe Photoshop yang tersedia secara online, Adobe online photo editor digandrungi sejuta umat. Terkenal dengan beragam fitur yang tidak mengecewakan, Adobe tersedia dalam versi free dan berbayar. 

Adobe dapat dikategorikan sebagai aplikasi edit foto ios yang dapat digunakan juga pada windows. Untuk menggunakan layanan dari Adobe online photo editor tersebut pengguna diharuskan memiliki akun yang terdaftar di Photoshop.com serta melakukan instalasi Adobe Flash karena layanan online milik Adobe tersebut berjalan di atas Adobe Flash. 

2. Canva

Aplikasi Edit Foto Online Canva

Menjadi salah satu aplikasi edit foto online yang paling banyak digunakan oleh editor foto, Canva hadir sebagai layanan yang mudah untuk digunakan. Kemudahan yang dimiliki ini karena banyaknya template yang tersedia di dalamnya. 

Melalui template tersebut banyak editor yang memanfaatkan Canva bukan hanya sebagai editor foto untuk mengatur kecerahan dan kontras saja namun juga sampai membuat poster, presentasi, bahkan video. 

Keuntungan besar lain menggunakan Canva diantaranya adalah pengguna dapat menggunakan tools desain mereka secara berkelanjutan. Anda dapat mengunduh aplikasi ini di perangkat iOS, Mac, Android, bahkan desktop. Dengan mudah pengguna juga dapat menggunakannya melalui browser selama tersambung dengan internet. Sehingga Canva sangat cocok digunakan untuk siapapun bahkan tanpa memiliki pengalaman desain grafis sedikitpun. 

3. Fotor

Aplikasi Edit Foto Online

Identitas Fotor sebagai tools edit foto adalah pengguna dapat melakukan kolase foto, mengubah suasana foto melalui filter dan efek, serta melakukan tambahan editing dengan tools yang lebih baik. Jika Anda seorang editor poster, kartu nama, dan sejenisnya maka menggunakan Fotor sangatlah cocok. 

Fotor menyediakan suatu kumpulan filter dan efek yang indah untuk diaplikasikan pada foto. Tools yang dimiliki Fotor di antaranya adalah alat kolase foto yang menarik dan dapat menangani file mentah tanpa adanya banyak masalah yang muncul. 

Namun Fotor saat ini hanya dapat melakukan editing pada foto dengan ukuran kurang dari 19MB. Format-format media yang didukung oleh Fotor pun belum menyeluruh dan beberapa saja yang dapat diekspor. Selain itu Fotor juga masih kekurangan fitur seni seperti kuas lukis dan kurang cocok untuk mengaplikasikan efek yang memiliki tingkat ketajaman tinggi seperti aplikasi lain. 

Dengan begitu disimpulkan bahwa Fotor merupakan layanan editing yang sangat direkomendasikan bagi para pemula, pengedit foto untuk hobi, social media influencer, dan digital marketing.

Baca juga: 17 Aplikasi Edit Foto Jadi Anime di HP Android Terbaik

4. Photopea

Aplikasi Edit Foto Online

Apakah Anda termasuk dalam orang-orang yang sering menggunakan software Photoshop? Jika iya, maka menggunakan Photopea sangatlah mudah dan tidak perlu belajar dari awal. Hal ini karena user interface yang dimiliki Photopea sangat mirip dengan Photoshop. 

Apabila menggunakan Photopea, Anda tidak perlu melakukan instalasi tools tambahan untuk melakukan editing pada browser ini. Selain itu tools yang dapat dimanfaatkan diantaranya adalah brusher, layers, toold correction, dan lain-lain. Ekspor hasil foto dapat dibuat dalam bentuk PSD, GIF, JPG, PNG, dan PDF. 

Jika Anda mencari suatu layanan editing yang menyediakan tools dasar, gambar untuk vektor, atau mendesain banner social media maka layanan Photopea adalah pilihan yang tepat. Aplikasi ini cukup sebanding dengan Adobe Photoshop Express, meskipun  begitu jika Anda merupakan bagian dari orang-orang yang membutuhkan tools lebih banyak lagi untuk mengerjakan projek kompleks maka beralih ke layanan yang lebih profesional sangat diperlukan. 

Hal ini karena Photopea sangat sesuai bagi pengguna kasual untuk melakukan editing dalam jumlah kecil dan melakukan desain proyek sederhana. 

5. Pizap

Aplikasi Edit Foto Online

Pizap yang saat ini tersedia dalam versi HTML dan versi sebelumnya flash yang telah ditinggalkan memiliki fitur yang mudah digunakan. Tools yang dimiliki Pizap sendiri mudah diingat dan ditemukan karena tidak berbentuk elemen-elemen rumit serta berwarna putih terang. 

Di layanan Pizap ini, pengguna dapat memanfaatkan berbagai stiker yang beragam, berbagai macam filter sesuai kebutuhan foto, membuat meme, serta fitur lain seperti menggambar. Untuk mengakses fitur yang lebih beragam lagi pengguna diharuskan melakukan upgrade ke versi pro. 

6. GIMP

Aplikasi Edit Foto Online

Ketika berbicara mengenai aplikasi edit foto online,  GIMP adalah rajanya. GIM sendiri merupakan akronim dari GNU Image Manipulation Program yaitu adalah suatu layanan edit foto yang mendekati Photoshop namun disediakan secara gratis bahkan tanpa perlu melakukan instalasi terlebih dahulu karena diakses secara online. 

GIMP hadir dengan berbagai tools yang berkualitas dan profesional sehingga tampak sangat mengesankan. Dilengkapi dengan tampilan antarmuka atau interface yang sepenuhnya dapat dikonfigurasi, GIMP juga memungkinkan pengguna untuk melakukan penyetelan gambar yang tepat. Uniknya lagi GIMP juga memiliki perangkat yang terintegrasi secara penuh yang memungkinkan penciptaan karya seni asli yang berkualitas professional. 

Karena tampilan fitur-fiturnya yang menyerupai Photoshop, pengguna layanan GIMP yang sebelumnya pernah menguasai Photoshop artinya telah mampu menguasai GIMP. Jika Anda menginginkan pilihan tools yang lebih dari yang disediakan di GIMP, Anda dapat menggunakan Photoshop plug in dimana tambahan ini akan menyediakan fleksibilitas yang tak tertandingi dibandingkan dengan editor foto gratis lainnya. GIMPS bersifat open-source, artinya bahwa jika Anda memiliki pengetahuan yang lebih mengenai layanan tersebut maka Anda dapat menambahkan filter dan fitur Anda sendiri jika diinginkan. 

Jika sebelumnya Anda telah berpengalaman dalam penggunaan perangkat lunak edit gambar maka pemahaman GIMP akan lebih cepat. Namun bagi Anda yang sebelumnya belum memahami dengan baik mungkin akan menganggap tampilan antarmuka yang dimiliki oleh GIMP terkesan acak-acakan. Hingga saat ini nampaknya GIMP sangat direkomendasikan bagi editor foto yang telah berpengalaman dan bagi mereka yang menginginkan tools editing dan seni tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun.

Baca juga: 15 Aplikasi Edit Foto Jadi Video Terbaik Yang Lagi Trend Sekarang

7. Photoscape X

Aplikasi Edit Foto Online

Untuk program atau layanan gratis, Photoscape dapat dikatakan cukup baik karena menghadirkan suatu tools edit yang fantastis dan dapat mengatur foto arsip pribadi. Photoscape hingga saat ini masih memiliki kekurangan di bagian dashboard antarmuka yang bentuknya sedikit membingungkan. Dimana tampilan antarmuka tersebut berisi penampil gambar, batch processing, alat penangkap layer, dan pilihan filter dan efek yang dapat membawa kesan foto berbeda. 

Keunggulan dari layanan editing ini adalah mampu digunakan dengan sangat mudah. Bahkan pengguna baru dalam bidang editing pun akan mampu memproduksi suatu foto yang luar biasa dan terlihat professional. Photoscape sendiri memiliki suatu fungsi kecil yang unik untuk membuat tampilan foto tersebut terlihat seperti analog, fitur cut-out yang layak, kemampuan transformasi gambar. 

Photoscape juga memiliki akses ke 240 gambar, bingkai, dan borders. Selain itu juga memiliki lebih dari 1000 pola atau template yang dapat dimanfaatkan untuk membuat materi iklan. Karena fitur-fitur yang dimiliki oleh Photoscape tersebutlah maka aplikasi ini sangat cocok untuk proses editing berkala dan projek eksperimen. 

8. Darktable

Aplikasi Edit Foto Online

Sebagai suatu aplikasi fotografi yang bersifat open-source, Darktable merupakan layanan yang membranding dirinya sendiri sebagai sumber cahaya virtual dan darkroom untuk keperluan fotografi. Hadir sebagai program pasca-pemrosesan, Darktable merupakan layanan gratis yang bersifat seperti aplikasi Lightroom. 

Bentuk interface yang dimiliki oleh Darktable mendekati layanan antarmuka yang dimiliki oleh Lightroom. Di Darktable Anda juga memungkinkan untuk mengelola file mentah dan melakukan pemrosesan pasca editing umum. 

Tools yang dimiliki oleh Darktable ini dinobatkan sebagai aplikasi edit foto online terbaik versi fotografer. Kesabaran yang tinggi merupakan kunci dalam menggunakan Darktable, hal ini karena layanan Darktable bukan termasuk layanan yang mudah. Anda diperlukan untuk familiar dengan pengembangan-pengembangan terbaru yang akan terus ada. 

Melalui Darktable, editor dapat dengan bebas untuk melakukan ekspor gambar hasil editing dalam bentuk JPG, PNG, PDF, dan format-format lainnya. Layanan ini juga menyediakan lebih dari 61 modul operasi gambar dimana modul tersebut mendukung operator pencampuran yang kuat. Jika Anda tidak ingin membeli atau berlangganan dalam menggunakan layanan editing, maka Darktable adalah pilihan yang tepat. 

Disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi Draktable ini sangat cocok untuk seorang fotografer yang memiliki kebutuhan untuk mengelola dan mengerjakan file-file mentah. 

9. Polarr

Polarr

Polarr merupakan multi-platform editing foto yang dapat tersedia di iOS, Android, Mac, dan Windows. Diakses menggunakan browser melalui Chromebook atau perangkat Apples, Polarr merupakan suatu editor foto canggih yang mudah digunakan oleh ujung jari. 

Tools yang ditawarkan oleh Polarr tidak terbatas sampai di filter dan efek saja, namun juga memungkinkan Anda untuk menciptakan suatu editing yang sifatnya profesional. Polarr merupakan layanan yang sangat cocok digunakan baik oleh pemula maupun oleh profesional editor untuk membuat suatu sentuhan minor, seperti perubahan cahaya dan distorsi lensa pada gambar yang Anda miliki. 

Salah satu hal terbaik dari layanan Polarr adalah kemampuannya untuk mengkustomisasi tampilan antar muka dengan semua tools yang Anda butuhkan. Anda juga dapat mengkustomisasi gaya yang sesuai dengan keinginan Anda sendiri melalui warna dan overlays. Penggunaan Polarr melalui aplikasi mobile memungkinkan Anda untuk menciptakan kode QR dan kode pendek lainnya yang dapat digunakan untuk membagikan foto dan gaya dengan pengguna lain sehingga tampak semakin kolaboratif. 

Dengan begitu penggunaan Pollar ini sangat cocok untuk melakukan editing secara cepat, mudah, dan editing kustomisasi.

Baca juga: 17 Aplikasi Edit Foto Terbaik (HP) Yang Wajib Diunduh!

10. Pixlr

Pixlr

Pixlr merupakan layanan editing yang dapat digunakan secara cepat untuk memberikan perubahan pada foto Anda tanpa perlu melakukan editing yang memusingkan. Melalui sign up sebelum menggunakan berbagai fitur Pixlr, pengguna akan dimudahkan untuk melakukan edit foto hanya dengan mengimpor foto tersebut ke dalam Pixlr. 

Foto editor tersebut dapat diakses melalui browser baik Android maupun iOS, kemudian layanan Pixlr akan menampilkan berbagai fungsi dengan cepat dan mudah. Fitur-fitur terbaik dari aplikasi ini mudah digunakan karena disertai dengan tutorial untuk memandu Anda dalam menggunakan fitur-fitur yang kompleks. Pengguna selanjutnya akan mahir dengan cepat setelah sekali mendapatkan panduan tersebut. 

Sebagai tambahan, perusahaan pengembang dari Pixlr juga menyediakan layanan Vectr yaitu suatu editor grafik untuk tampilan vektor secara gratis. Beberapa grafik yang ada dapat dimanfaatkan secara kreatif dan terdapat pilihan gambar yang gartis dengan stok sangat melimpah. Sehingga Pixlr merupakan suatu aplikasi edit foto terbaik yang cocok untuk pemula dan dapat digunakan secara cepat dan mudah dalam pemrosesan projeknya. 

11. Design Wizard

Design Wizard

Design Wizard merupakan layanan editing yang sifatnya sangat mengesankan. Selain berperan sebagai editor foto, Design Wizard juga merupakan aplikasi edit foto jadi video yang mudah digunakan dan dioperasikan hanya dalam beberapa menit. 

Fitur gratis yang ada di Design Wizard tersebut memungkinkan Anda untuk melakukan edit ukuran ulang atau resize foto dengan mudah tanpa merusak foto. Pengguna juga dapat menggunakan aplikasi tersebut untuk menambahkan font, foto, logo, dan membuat palet warna kustom. Library dari Design Wizard ini dapat menampung lebih dari 1 juta foto, puluhan video berkualitas tinggi, dan ilustrasi serta grafik. Setiap video dan gambar juga telah dilengkapi dengan lisensi yang dapat digunakan untuk penggunaan komersial. 

Meskipun paket gratis telah menyediakan fitur yang menarik dan lengkap, fitur lebih lengkap lagi tersedia melalui paket premium yang disebut dengan Pro dan Bisnis. Paket pro memberikan layanan unduhan desain gambar sebanyak 60 unduhan per bulan, pertambahan unggah gambar, unggah font, tampilan pratinjau gambar, dan penyimpanan sebesar 1 GB. 

Sedangkan pada paket Bisnis, Anda dapat mendapatkan 1 video premium per bulan, unduhan desain gambar tanpa batas, mengupload video, menambahkan teks dan gambar ke dalam video, dan penyimpanan sebesar 10 GB. Menggunakan Design Wizard sangat cocok untuk keperluan marketing social media dan pemilik bisnis. 

12. Pic Monkey

Pic Monkey

Dibandingkan dengan daftar aplikasi editing canggih lainnya yang direkomendasikan pada artikel ini, Pic monkey merupakan salah satu aplikasi terbaik dengan fitur yang mudah digunakan. Desain aplikasi Pic Monkey yang mudah tentunya disertai dengan tampilan antar muka yang user friendly sehingga pengguna di bawah umur pun tidak memerlukan tutorial untuk menggunakan Pic Monkey. 

Pic Monkey memiliki berbagai template yang dapat membantu untuk mempercepat kinerja editor. Melalui penggunaan template, editor sangat terfasilitasi dalam pembuatan header dan banner dalam sebuah blog, website, dan komponen-komponen marketing lainnya. Meskipun Pic Monkey hanya dapat memproses satu file dalam satu waktu, aplikasi editing tersebut masih dapat dikategorikan sebagai pilihan yang tepat untuk aplikasi editing. 

Dari beberapa opsi yang terdaftar dan direkomendasikan pada artikel ini, Pic Monkey memiliki fitur tambahan yang tersembunyi di balik fitur berbayar. Namun begitu, Anda sebagai pengguna masih dapat menggunakan Pic Monkey secara gratis selama 7 hari untuk mengakses fungsi-fungsi tambahan namun memerlukan opsi pembayaran lanjut untuk menggunakan opsi tersebut di hari-hari selanjutnya. Sejauh ini, Pic Monkey sangat tepat digunakan untuk para desainer dan blogger dalam editing. 

Beberapa rekomendasi aplikasi edit foto online di atas dapat Anda manfaatkan fitur-fiturnya dalam bentuk gratis maupun berbayar jika ingin mengakses fitur-fitur yang lebih pro lagi. Layanan manakah yang paling tepat untuk kebutuhan Anda?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.