13 Aplikasi Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP dan PC (2022)

Aplikasi Mengembalikan Foto yang Terhapus

File seperti foto yang tersimpan dalam folder handphone sangat mungkin untuk hilang atau terhapus dengan berbagai alasan. Hilang atau terhapusnya file-file tersebut bisa jadi karena tidak sengaja, pengaturan pada handphone yang tidak sesuai, atau bahkan terkena virus. Apapun alasannya, Anda memerlukan aplikasi mengembalikan foto yang terhapus untuk menjadi solusi ketika terjadi situasi yang tidak diinginkan.

Rekomendasi Aplikasi Untuk Mengembalikan Foto Yang Terhapus

Pada artikel ini akan dibahas tuntas aplikasi-aplikasi untuk Android dan iOS yang berguna untuk mendapatkan kembali file dan foto penting yang ada di folder handphone Anda. 

1. DiskDigger

Aplikasi Mengembalikan Foto yang Terhapus DiskDigger

Dibuat khusus untuk Android, aplikasi mengembalikan foto  yang terhapus berlogo lup ini bekerja dengan cara men-scan memori internal suatu perangkat dimana foto tersimpan. 

Perangkat lunak recovery foto ini menggunakan dua cara opsi untuk mengembalikan foto-foto yang terhapus termasuk foto yang telah Anda edit menggunakan aplikasi edit foto online: 

1.1 Basic Scan

DiskDigger akan melakukan pemindaian pada perangkat tanpa membutuhkan root access terlebih dahulu ke dalam memori handphone yang Anda miliki.  

1.2 Full Scan 

Pemindaian perangkat dengan cara menyeluruh pada penyimpanan internal dari perangkat Android. Full scan sendiri membutuhkan root access sebelum memindai. 

DiskDigger mampu mengembalikan foto terhapus namun tidak seluruhnya karena ada beberapa foto yang mungkin rusak. File-file seperti foto yang berhasil dipulihkan oleh Diskdigger disarankan untuk dikirimkan melalui email atau diunggah pada platform penyimpanan Cloud agar resolusi yang dimiliki oleh foto tidak berubah dan pecah. 

Hingga saat ini aplikasi DiskDagger menyediakan dua versi yaitu gratis dan berbayar. Versi gratis ini dapat melakukan recovery foto dan video sedangkan jika Anda melakukan upgrade versi maka keuntungan yang diperoleh adalah mampu memulihkan file dengan berbagai jenis format.

Baca juga: 7 Tips Edit Foto Lengkap Dengan Rekomendasi Aplikasi Terbaik

2. PhoneRescue

Aplikasi Mengembalikan Foto yang Terhapus

Dikembangkan oleh iMobie, Phonerescue merupakan recovery apps yang kompatibel untuk Android dan iOS. Aplikasi ini mampu membantu untuk recovery file, foto, video, pesan, kontak, bahkan event yang ada di handphone dan komputer. 

Begitupun ketika Anda kehilangan data atau foto yang tersimpan di penyimpanan Cloud seperti iTunes dan iCloud, Phonerescue adalah ahlinya untuk mendapatkan kembali file tersebut. Meskipun tersedia di Android, versi dan fitur-fitur ter-update tersedia di iOS. 

Untuk menggunakan PhoneRescue, beberapa tahapan yang dapat Anda lakukan adalah: 

  1. Pilihlah satu mode recovery yang akan digunakan 
  2. Pilih tipe data yang Anda inginkan untuk kembali 
  3. Lakukan pemindaian serta pilih file untuk diambil dan disimpan

3. Recuva

Aplikasi Mengembalikan Foto yang Terhapus

Recuva adalah aplikasi populer untuk android dan PC yang berguna dalam mengembalikan file dan foto terhapus dari kartu memori. Jenis file yang dapat dokumen, video, foto, hingga email. 

Bekerja dengan cara memindai sektor atau bagian-bagian file yang dipilih dan memulihkan struktur folder. Setelah menyusun ulang tatanan folder, Recuva juga akan melakukan penamaan ulang pada foto sebagus mungkin. Sehingga Anda tidak perlu melihat daftar foto tanpa nama yang jelas. 

Terdapatnya recovery wizard pada Recuva sangat membantu pengguna baru yang masih merasa kebingungan. Ditambah dengan adanya mode “Deep scan” sangat memungkinkan untuk meningkatkan kesempatan mengembalikan foto terhapus sebanyak-banyaknya. 

4. Tenorshare Ultdata

Aplikasi Mengembalikan Foto yang Terhapus

Aplikasi pengembangan Tenorshare berupa Ultdata merupakan aplikasi recovery foto yang compatible untuk perangkat iOS. Tidak hanya untuk menyimpan kembali file foto namun juga kompatibel untuk file video, pesan, kontak, catatan, Riwayat telefon, dan masih banyak lagi. 

Tenorshare Ultdata ini mampu melakukan recovery pada perangkat yang dilakukan reset pabrik, terkena serangan virus, maupun kerusakan sistem. Termasuk juga ketika perangkat Anda terkena korban pencurian dan tidak ingin file yang Anda miliki disalahgunakan. 

Hal unik dan menarik yang membuat aplikasi Tenorshare Ultdata banyak direkomendasikan untuk pengguna yaitu karena kemampuannya untuk memulihkan data-data yang hilang pada beberapa aplikasi penting. Aplikasi tersebut di antaranya adalah WhatsApp, WeChat, Viber, Line, dan Tango. 

Ketika melakukan pemulihan data menggunakan aplikasi ini Anda dapat melakukan pratinjau terlebih dahulu sebelum menyimpannya kembali ke dalam penyimpanan perangkat. Hal ini artinya bahwa Anda dapat dengan mudah untuk mengidentifikasi dan memilih jenis file yang diinginkan untuk dipulihkan. 

Aplikasi recovery foto yang kompatibel pada iOS ini dapat bekerja memulihkan file terhapus yang awalnya tersimpan pada perangkat iOS, iTunes, dan iClouds.

Baca juga: 10+ Aplikasi Edit Foto Online di HP dan PC Terbaik

5. Dr. Fone by Wondershare

Aplikasi Mengembalikan Foto yang Terhapus

Aplikasi pemulihan file yang dikembangkan oleh Wonderful ini memiliki julukan sebagai aplikasi multifungsi yang dapat diinstal di perangkat lunak Android dan iOS. Dr.Fone mampu melakukan pemulihan file-file terhapus seperti foto sebagai fungsi utamanya. 

Tidak hanya bertindak sebagai aplikasi pemulihan, Dr.Fone ini juga mampu melakukan transfer data WhatsApp dari perangkat lunak iOS ke Android dan sebaliknya. Fitur satu ini meskipun bukan fitur utama yang ditawarkan oleh aplikasi Dr.Fone namun memiliki daya tarik tersendiri yang jarang terdapat pada aplikasi lain. 

Dr.Fone juga melengkapi fitur dalam aplikasinya berupa System repair atau Data eraser. Kedua fungsi tersebut dimaksudkan jika Anda memerlukan tools untuk memperbaiki sistem perangkat handphone ataupun jika membutuhkan suatu tools untuk menghapus data-data yang tersimpan di dalam perangkat. 

Untuk perangkat iOS, Dr.Fone memungkinkan untuk melakukan pemulihan data yang tersimpan dalam penyimpanan iPhone, iTunes, bahkan iCloud. Data yang dikembalikan ke memori penyimpanan bukan hanya foto yang terhapus namun juga mencakup video, kontak, pesan, dan file-file lainnya. Aplikasi biru ini mampu terpasang di iOS versi terbaru seperti iOS 15. 

Sedangkan untuk Android sendiri beberapa jenis file yang dapat dipulihkan berupa foto yang terhapus, kontak, pesan text, pesan WhatsApp dan file-file, music, video, bahkan dokumen. Aplikasi pemulihan Dr.Fone ini mampu mengekstrak data dari handphone Android seperti Samsung yang telah rusak sebelumnya, serta sangat kompatibel dengan 6000 perangkat Android lainnya. 

6. FonePaw

Tersedia untuk Android dan iOS, FonePaw merupakan salah satu aplikasi recovery foto yang mampu memberikan layanan yang setara untuk kedua jenis perangkat lunak tersebut. Tidak hanya mengembalikan foto-foto yang terhapus, FonePaw juga mampu melakukan recovery pada file seperti dokumen penting, kontak, catatan, kalender, audio, dan video. 

Perangkat lunak berbasis warna hijau ini memiliki dua mode recovery. Pertama adalah Quick Scan yang merupakan fitur yang akan mengambil hampir seluruh file terhapus hanya dalam hitungan menit. Sedangkan opsi kedua yaitu Deep Scan, merupakan fitur mengambil file terhapus dalam waktu yang lebih lama namun memiliki tingkat keberhasilan yang lebih tinggi. 

Apabila saat menggunakan FonePaw muncul rasa kurang puas karena hasil recovery yang pertama, Anda dapat melakukan recovery untuk kedua kalinya. Setelah melakukan scan pada file-file tersebut, pratinjau pada file-file tersebut sangat dimungkinkan sebelum memilih satu file yang ingin Anda simpan kembali ke memori. 

7. EaseUS MobiSaver

Aplikasi Mengembalikan Foto yang Terhapus EaseUS MobiSaver

Jika Anda sedang mencari aplikasi recovery foto yang cocok untuk Android, menggunakan EaseUS Mobisaver adalah pilihan yang tepat. 

Aplikasi recovery gratis ini perlu untuk diinstal terlebih dahulu pada desktop atau komputer Anda. Aplikasi ini akan bekerja dengan memanfaatkan kabel USB dan akan melakukan pemindaian pada penyimpanan internal handphone Anda. Setelah melakukan scan, Anda dapat memilih file yang terhapus yang akan dikembalikan ke dalam perangkat. Proses ini memerlukan waktu yang cukup cepat. 

Aplikasi EaseUS ini hadir dengan tampilan antarmuka yang sangat ramah pengguna. Fitur yang dihadirkan dalam EaseUS salah satunya adalah wizard pemulihan yang mampu memberikan arahan kepada pengguna yang tidak berpengalaman sebelumnya. Tidak hanya mampu memindah kartu penyimpanan, EaseUS juga mampu melakukan pemindaian menyeluruh pada penyimpanan internal handphone Anda sehingga aplikasi ini dapat mengembalikan foto, video, pesan, kontak, dan catatan yang terhapus.

Baca juga: 17 Aplikasi Edit Foto Jadi Anime di HP Android Terbaik

8. Dumpster App

Dumpster App

Perangkat recovery foto lainnya yang sangat canggih dan kompatibel digunakan di Android adalah Dumpster. Setelah melakukan instalasi aplikasi hijau ini pada perangkat, maka aplikasi ini dengan pintarnya akan melakukan pencadangan secara otomatis sehingga tidak khawatir jika suatu saat lupa untuk me-recovery foto-foto tersebut. 

Apabila suatu foto terhapus dengan sengaja maupun tidak, Dumpstre akan memindahkan foto terhapus tadi ke dalam keranjang recycle. Sehingga Anda dapat melakukan penyimpanan ulang kapan saja. 

Menggunakan Dumpster, Anda juga dapat mengatur ukuran penyimpanan foto dan waktu penyimpanan. Sehingga Anda dapat memutuskan berapa lama aplikasi Dumpster ini harus menyimpan foto-foto yang hilang. Selain itu juga terdapat opsi untuk tetap mempertahankan file-file terhapus tersebut pada penyimpanan cadangan Clouds. Dengan sistem seperti ini nampaknya menjadi suatu keputusan yang tepat karena dapat menghemat ruang penyimpanan pada handphone

Aplikasi Dumpster ini tersedia dalam layanan gratis namun pada beberapa fitur seperti pencadangan Cloud hanya tersedia dalam versi berbayar. Namun hampir keseluruhan fitur yang tersedia sudah cukup untuk mengembalikan foto-foto terhapus secara cuma-cuma.  

9. Apower Rescue

Apower Rescue

ApowerRescue yang dikembangkan oleh Apowersoft adalah aplikasi pemulihan foto khusu untuk perangkat lunak iOS. Aplikasi ini dapat membantu Anda untuk mengambil foto, kontak, pesan, dan dokumen yang terhapus dari penyimpanan iPhone Anda. Tetapi fungsi tersebut hanya berfungsi jika sebelumnya Anda telah membuat cadangan di iTunes atau iCloud sebelum kehilangan file.

Aplikasi pemulihan foto ini juga dapat digunakan jika terjadi musibah berupa ponsel hilang atau rusak. Melalui aplikasi ApowerRescue ini akan membantu Anda untuk mengambil semua file yang hilang dan mengembalikannya ke handphone baru dengan mudah.

Jika sebelumnya Anda tidak memiliki cadangan atau back up, Anda dapat mencoba melakukan pemulihan file dari perangkat iOS untuk mengambil data yang hilang. Anda juga perlu menginstal perangkat lunak pemulihan ini di komputer Anda. Hal ini memungkinkan Anda untuk memindai perangkat Anda dengan menghubungkannya ke komputer dan memindai memori internal telepon.

Versi gratis yang diberikan oleh ApowerRescue hanya memungkinkan Anda untuk memindai file. Hal ini berarti Anda dapat melihat file yang hilang, tetapi Anda tidak diizinkan untuk memulihkannya. Versi berbayar oleh ApowerRescue sendiri  menawarkan lisensi triwulanan, tahun, dan seumur hidup.

10. Undeleter

Undeleter

Undeleter adalah aplikasi pemulihan foto yang kompatibel pada perangkat lunak Android, dimana mampu mengambil file yang dihapus dari kartu SD dan memori internal ponsel Anda.

Seperti aplikasi pemulihan lainnya, Undeleter bekerja dengan memindai penyimpanan ponsel Anda dan melihat pratinjau file yang dihapus sebelum pemulihannya. Tetapi aplikasi ini juga membuat salinan cadangan file yang hilang di Dropbox dan Google Drive. Kemudian, Undeleter akan menyinkronkan file dengan akun penyimpanan Cloud Anda. Hal ini adalah pilihan yang tepat jika Anda tidak ingin membebani penyimpanan ponsel Anda dengan file yang dipulihkan.

Undeleter juga menawarkan kemungkinan untuk menghancurkan atau menghapus file apapun secara permanen. Jika Anda menggunakan fitur ini, Anda dapat memastikan bahwa file Anda tidak akan pernah diambil, bahkan jika Anda menggunakan aplikasi pemulihan foto.

 11. BigDeep Image Recovery

Jika Anda mencari lebih banyak opsi dalam hal aplikasi recovery foto dan file, BigDeep Image Recovery adalah salah satu dari deretan aplikasi luar biasa lainnya untuk digunakan. DigDeep adalah aplikasi pemulihan foto terbaik yang mudah dipasang di perangkat Android. Anda dapat memperoleh aplikasi ini di play store Anda secara gratis.

Aplikasi ini adalah alat ampuh yang memindai penyimpanan Anda dengan tepat. Aplikasi ini memindai file internal dan eksternal Anda untuk menemukan gambar yang hilang secara tidak sengaja. Antarmuka aplikasi ini juga didesain untuk mudah digunakan.

Fitur yang disediakan oleh BigDeep Image Recovery diantaranya adalah kemampuan untuk melakukan pemindaian penyimpanan internal maupun eksternal seperti kartu memori. Memiliki desain user interference yang ramah pengguna. Sistem yang dirancang padat digunakan secara cepat, tepat, dan berkualitas. Tidak memerlukan aplikasi root yang mendukung BigDeep serta dapat menyimpan kembali foto-foto dalam format jpg., jpeg., dan png. 

12. Recycle Master

Recycle Master

Berikutnya dalam daftar aplikasi pemulihan gambar teratas adalah Recycle Master. Aplikasi ini tersedia di play store android. Anda dapat terhubung ke aplikasi ini secara gratis dan memulihkan semua gambar Anda yang hilang. Aplikasi ini tidak memerlukan pemindaian apa pun, karena hanya memindai recycle bin yang Anda miliki untuk pemulihan file.

Master dalam hal daur ulang file yang terhapus ini juga dilengkapi dengan sistem pembersihan otomatis. Artinya bahwa aplikasi ini mampu membersihkan semua file yang tidak perlu dari perangkat Anda. Aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk mengamankan gambar yang dipulihkan dengan mengaktifkan aplikasi dengan perlindungan kata sandi.

13. FindMy Photo

FindMy Photo

Find My Photo adalah aplikasi terakhir dalam daftar rekomendasi aplikasi mengembalikan foto yang terhapus. Menggunakan aplikasi FindMy Photo, Anda dapat dengan mudah memulihkan semua gambar yang terhapus dan hilang tanpa kesulitan. Baik itu gambar rahasia atau gambar umum, aplikasi ini memungkinkan Anda memulihkan semua gambar secara efisien dan aman.

Sejauh ini aplikasi FindMy Photo gratis untuk digunakan. Anda dapat menginstal aplikasi ini dari play store android Anda. Selain itu, aplikasi memindai penyimpanan internal dan kartu SD Anda untuk menemukan semua gambar yang dihapus dengan cepat.

Sejumlah aplikasi mengembalikan foto yang terhapus di atas adalah jejeran aplikasi yang sangat mudah untuk digunakan. Beberapa aplikasi hadir hanya untuk satu jenis perangkat lunak namun juga terdapat aplikasi yang kompatibel untuk dua jenis sistem perangkat. Manakah aplikasi yang sangat cocok untuk kebutuhan Anda?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.