7 Tips Edit Foto Lengkap Dengan Rekomendasi Aplikasi Terbaik

Tips Edit Foto Lengkap

Ingin menghasilkan foto yang terlihat lebih profesional? Anda bisa melakukannya dengan mengeditnya secara maksimal. Jika Anda masih pemula dalam soal edit foto, Anda bisa menyimak ulasan di bawah ini mengenai panduan tips lengkap edit foto yang mudah dan dijamin hasilnya memuaskan! 

Tips Lengkap Edit Foto ala Profesional

Edit foto untuk terlihat profesional Anda harus memperhatikan beberapa aspek. Di mana aspek ini akan dijabarkan pada uraian di bawah ini.

1. Ambil Foto dengan Cahaya Cukup

Tips Edit Foto Lengkap

Untuk memudahkan Anda dalam mengedit foto maka Anda harus melakukan pengambilan foto dengan cermat. Di mana pengambilan foto ini harus Anda lakukan dengan memperhatikan pencahayaan yang cukup.

Dalam mengambil foto dengan cahaya cukup Anda hanya perlu tahu kapan waktu terbaik dalam mengambil foto.

Kenapa harus memerlukan cahaya cukup? Tentu ini merupakan penentu dari kualitas foto itu sendiri. 

Hal ini dilakukan untuk meminimalisir adanya bintik atau noise pada saat pengambilan foto. Maka agar foto Anda terlihat professional pastikan pengambilan foto dilakukan dengan tepat.

2. Mengetahui Kebutuhan 

Agar Anda tidak hilang arah dalam pertengahan proses mengedit foto anda, maka untuk memulainya Anda harus mengetahui kebutuhan Anda terhadap pengeditan foto tersebut. 

Misalnya, jika foto yang diedit pencahayaannya kurang, maka Anda bisa mengeditnya dengan menambahkan penerangan atau ingin membuat suasana yang berbeda pada foto Anda bisa menggunakan filter atau efek.

Dengan mengetahui apa kebutuhan Anda dalam mengedit foto tersebut, Anda bisa mengedit foto tersebut tanpa membutuhkan banyak waktu.

Bahkan dengan mengenai kebutuhan ini Anda akan terbantu dalam menentukan penggunaan tool edit foto atau pemilihan aplikasi edit yang tepat.

Itulah kenapa sebelum memutuskan untuk mengeditnya, Anda perlu tahu kebutuhan terhadap pengeditan foto tersebut.

3. Mengikuti Trending 

Jika Anda bingung mengambil tema edit foto Anda bisa mengikuti trend foto saat ini. Anda bisa memanfaatkan Instagram untuk mencari tahu trending edit foto.

Selain Anda bisa mendapatkan inspirasi edit foto, Anda pun bisa mendapatkan rekomendasi aplikasi atau tool edit yang bagus untuk pengeditan foto.

Terutama bagi Anda yang berprofesi sebagai content creator atau fotografer, jangan sampai ketinggalan up to date masa ke masa. Anda bisa melakukan eksperimen dan explorer

Selain dengan mengandalkan aplikasi, Anda pun perlu menjaga dan mengembangkan skill atau kemampuan Anda dalam mengambil foto, sehingga hasil foto tersebut tidak serta merta karena aplikasi edit saja. 

Itulah ketiga tips lengkap mengedit foto agar terlihat profesional. Bagaimana? Apakah tips satu ini membantu Anda? selain dengan edit foto ala profesional, Anda bisa mengikuti tips edit estetik di bawah ini.

Baca juga: 10+ Aplikasi Edit Foto Online di HP dan PC

Tips Edit Foto Biasa Jadi Estetik

Tips Edit Foto Lengkap

Anda sudah mengambil foto namun hasilnya biasa saja? Tenang, Anda bisa melakukan edit foto sehingga foto biasa tersebut memiliki nilai estetik tersendiri. Bagaimana cara mengeditnya? Berikut ulasannya.

1. Atur Ulang Pencahayaan 

Hal pertama dalam mengedit foto biasa untuk terlihat estetik Anda harus mengatur ulang pencahayaan foto tersebut, terutama jika foto tersebut sangat kurang pencahayaannya.

Untuk melakukan pengaturan pencahayaan ini bisa Anda gunakan dengan tool contrast dan exposure. Anda bisa mengutak-atik keduanya untuk mendapatkan foto dengan pencahayaan yang cukup.

Sayangnya, jika pencahayaan sebelumnya pada foto terbilang sangat kurang, maka jika Anda mengaturnya dengan pencahayaan tinggi efek noise akan semakin terlihat. Oleh sebab itu, Anda harus mengaturnya dengan cermat. 

Selain mengatur pencahayaan, Anda pun bisa memanfaatkan tool lain untuk menciptakan warna ciri khas pada foto tersebut.

Salah satunya tool yang bisa Anda gunakan ialah color balance. Bahkan mungkin pada beberapa aplikasi edit tersedia tone warna secara otomatis yang bisa Anda gunakan.

2. Edit Komposisi dan Posisi Foto

Tips dan trik kedua yang bisa Anda lakukan agar foto biasa bisa menjadi estetik ialah mengedit komposisi serta posisi dari foto biasa tersebut.

Anda bisa melakukan edit dengan straighten atau teknik level di saat melakukan editing foto, di mana garis horizon yang terlihat akan membantu Anda dalam mengatur posisi terbaik foto tersebut.

Bahkan, jika mau Anda bisa memainkan angle foto untuk menciptakan foto yang lebih estetik. Anda pun bisa menggunakan tool crop untuk memilah bagian foto yang ingin ditampilkan atau tidak, tak hanya mempercantik tapi juga membuat foto terlihat menjadi lebih proporsional.

3. Menggunakan Teknik atau Tool Splash

Teknik edit lainnya yang bisa Anda lakukan dalam membuat foto menjadi lebih estetik Anda bisa menggunakan teknik splash atau disebut juga dengan tool selective coloring. 

Dengan teknik ini Anda bisa membuat foto biasa menjadi lebih estetik. Di mana dengan tool ini Anda bisa menyeleksi bagian objek yang ingin Anda warnai.

Mewarnai sebagian objek dapat membuat foto estetik menjadi lebih cantik. selain itu, dengan menggunakan tool selective coloring Anda bisa menciptakan titik foto pada foto. Hal ini tentu akan menjadikan foto lebih menarik dan membuat kesan yang berbeda dari foto lainnya.

4. Menggunakan Efek Bokeh

Tips dan trik terakhir dalam menciptakan foto biasa menjadi estetik ialah dengan menggunakan dan memanfaatkan efek bokeh. Bokeh yang artinya adalah blur. 

Efek ini tentu membuat kualitas keindahan tersendiri dari out-of-focus, menjadikan foto terlihat lebih estetik. Efek bokeh biasanya ditemukan pada beberapa tipe smartphone yang memang sudah dibekali oleh produsennya. 

Efek bokeh ini merupakan efek andalan bagi semua orang dalam menghasilkan foto yang lebih menarik dan estetik. Mungkin saja Anda tertarik mencoba tip trik penggunaan efek bokeh ini.

Demikianlah tips edit foto biasa agar menjadi foto yang lebih estetik. Dengan 4 tips ini Anda bisa menciptakan foto yang berkualitas secara mudah.

Baca juga: 17 Aplikasi Edit Foto Jadi Anime di HP Android Terbaik

Tips Edit Foto Natural untuk Pemula 

Bagi Anda yang masih pemula dalam mengedit foto khususnya dalam membuat foto untuk terlihat lebih natural Anda bisa mengikuti tips lengkap edit foto di bawah ini dengan baik. 

1. Pilih Foto yang Akan Diedit

Langkah pertama dalam membuat foto edit Anda harus memilih foto yang akan Anda edit. Meski begitu, tak semua foto menghasilkan hasil edit yang baik.

Maka dari itu pastikan Anda memilih foto yang jika diedit menghasilkan kualitas baik, terutama jika Anda mengeditnya dengan bermodalkan perangkat handphone saja.

2. Atur Komposisi Foto

Tips Edit Foto Lengkap

Setelah Anda berhasil untuk memilih foto edit, sekarang Anda bisa memulai untuk mengeditnya. Anda bisa memulai dengan mengatur komposisi foto. Dengan mengatur komposisi pondasi dari foto ini dapat membuat foto terlihat lebih indah.

Salah satu trik yang bisa Anda coba dalam mengatur komposisi foto Anda bisa mengandalkan tool cropping, yang mana dengan tool ini Anda bisa menemukan bagian menarik dari foto untuk Anda tampilkan.

Trik satu ini tidak boleh Anda lewati jika ingin melihat hasil edit foto yang baik, menarik, dan cantik. aturlah komposisi foto dengan semenarik mungkin menurut Anda sendiri.

3. Mengatur Cahaya, Warna, dan Kontras Foto

Setelah mengatur komposisi, selanjutnya Anda bisa mengatur cahaya, warna hingga kontras pada foto.

Proses pertama dalam tahap ini Anda bisa menggunakan tool brightness terlebih dahulu, dengan tool ini Anda bisa mengatur gelap terangnya foto, silakan Anda bisa menyesuaikannya sendiri.

Selanjutnya Anda bisa menggunakan tool saturation yang digunakan dalam mengatur rona warna sehingga warna-warna pada foto yang tadinya terlihat pucat menjadi lebih cerah. 

Untuk mempercantik jenis foto biasanya pada tool saturation angkanya diturunkan, selanjutnya contrast tool dinaikan pada bagian gelap dan terang sehingga foto terlihat jelas dan dramatis.

Teknik tiga tahap ini memang terbilang basic dasar yang harus dikuasai dalam membuat foto menjadi lebih baik. Tiga tahapan ini pun cukup berpengaruh pada penampilan foto yang Anda edit.

4. Gunakan Filter Secukupnya

Jika Anda merasa foto yang telah Anda edit di tahap ketiga masih kurang memuaskan, Anda bisa memainkan sedikit filter untuk membuat foto menjadi lebih bagus. Akan tetapi, karena tema kali ini adalah edit foto untuk terlihat natural Anda cukup menggunakan filter secukupnya jangan berlebihan.

Anda bisa menggunakan filter yang telah tersedia di perangkat Anda atau melalui aplikasi edit filter. Anda bisa menyesuaikan penggunaan filter yang tepat dan sesuai dan selaras dengan foto Anda.

Dalam pemilihan filter sebaiknya Anda gunakan feeling yang tepat dan sesuai dengan suasananya.

Ingat jangan terlalu banyak menambahkan filter hal ini dapat membuat foto Anda terlihat tidak natural alias palsu.

Maka gunakanlah sesuai dengan kebutuhan foto Anda sehingga dapat menjadikan foto lebih menarik dan memberi kesan sederhana. 

5. Fitur Beauty untuk Foto Selfie

Jika foto yang Anda edit merupakan foto selfie, maka Anda bisa menggunakan fitur beauty untuk membuat foto selfie Anda menjadi berkesan.

Foto yang menurut Anda tidak sesuai dengan keinginan, Anda bisa memanipulasinya dengan fitur beauty, pada beberapa HP fitur beauty ini sudah tersediakan. 

Selanjutnya, Anda cukup menggunakan dan menyesuaikannya dengan keinginan Anda. jika pencahayaan kurang memadai Anda bisa menggunakan fitur flash pada perangkat ponsel Anda. tertarik mencobanya?

6. Menghapus Objek yang Tidak Diinginkan

Trik ini bisa Anda gunakan jika dalam pengambilan foto terdapat objek yang tidak diinginkan. Untuk menghapus objek yang mengganggu pada jenis media memiliki cara yang berbeda-beda. Anda bisa menggunakan tool retouch untuk menghapus objek.

Jika Anda menggunakan aplikasi edit Snapseed, Anda bisa menggunakan alat brush untuk menghilangkan objek mengganggu ini.

Dicatat dalam jenis aplikasi berbeda memiliki tool atau teknik yang berbeda dalam menghapus objek.

7. Menambahkan Elemen 

Terakhir sebagai poin tambahan di luar tips edit foto natural ialah menambahkan elemen. Jika Anda ingin membuat foto senatural mungkin sebaiknya hindari tips ini, jika Anda menginginkannya silakan saja.

Pada beberapa aplikasi edit foto memungkinkan para pengguna untuk menambahkan elemen yang tidak ada di foto, semisalnya elemen yang biasa sering digunakan adalah gugusan bintang serta matahari terbenam.

Dengan elemen ini membuat foto mun terkesan tidak natural, sehingga jika ingin hasil yang natural Anda bisa menghindari untuk menggunakan tool elemen ataupun menambahkan elemen. 

Dalam penambahan elemen ini Anda harus menyesuaikannya dengan nada dan suasana foto itu sendiri.

Nah itulah tips edit yang bisa Anda terapkan khususnya bagi pemula yang ingin mendapatkan hasil editan yang natural namun tetap cantik. tips-tips di atas sangat mudah untuk Anda lakukan bukan?

Baca juga: 17 Aplikasi Edit Foto Terbaik (HP) Yang Wajib Diunduh!

Daftar Aplikasi Edit Foto Terbaik

Daftar Aplikasi Edit Foto Terbaik

Untuk melengkapi tips lengkap edit foto Anda harus tahu beberapa aplikasi edit yang dapat menemani Anda. Berikut ini merupakan daftar aplikasi edit foto terbaik yang bisa Anda gunakan untuk mengedit foto secara lebih maksimal. Apa saja aplikasinya? Berikut ini ulasannya

1. PicsArt

PicsArt merupakan sebuah aplikasi edit foto terbaik (HP) yang paling lengkap dan terbaik untuk Anda gunakan. PicsArt menawarkan ragam fitur yang tak kalah menarik untuk Anda coba, mulai dari tool basic, filter yang super lengkap, penambahan elemen, teks dan lainnya.

Tak hanya itu, di halaman lainnya Anda bisa melihat contoh-contoh hasil edit untuk menemukan inspirasi terbaik.

Aplikasi ini terbilang gratis, meski begitu jika Anda menginginkan tool yang lebih detail dari PicsArt Anda bisa menggunakan layanan berbayar dari PicsArt. 

2. VSCO

Pada zamannya, VSCO merupakan aplikasi edit yang tidak kalah populernya. Di VSCO Anda bisa menemukan ragam filter dengan suasana yang berbeda-beda. 

Khususnya tool basic pada VSCO terbilang sangat lengkap dan membantu Anda dalam menghasilkan foto edit yang berkualitas. 

Anda bisa menemukan filter minimalis, bahkan VSCO pun telah menyediakan efek vintage yang dapat mengemulsikan hasil pengambilan foto bertema klasik dari Fuji dan Kodak.

Aplikasi VSCO paling banyak digunakan oleh kaum milenial khususnya untuk kaum hawa. Nah, apakah Anda tertarik dengan menggunakan filter satu ini?

3. Snapseed

Aplikasi edit lainnya yang tidak kalah menarik untuk Anda coba ialah Snapseed. Snapseed memungkinkan penggunanya untuk mengedit fotonya dengan filter dan efek yang menarik di Snapseed.

Beberapa fitur utama Snapseed yang bisa Anda gunakan dalam mengedit foto di antaranya Tune Image, Crop, Detail, Portrait, Vignette dan masih banyak lagi fitur untuk membuat hasil edit foto Anda menjadi semakin berkualitas. 

Mengenai resolusinya, Snapseed terbilang cukup ringan yakni 22 mb saja. Anda bisa mengunduh aplikasi edit foto ini secara gratis di Play Store.

Dengan rate 4.6/5 aplikasi ini cukup menarik untuk dicoba.

4. Adobe Photoshop Express

Menggunakan Adobe Photoshop di HP? Kenapa tidak? kali ini Anda sudah bisa mengunduh aplikasi edit  foto  pc terbaik satu ini di Play Store. 

Jika versi PCnya adalah Adobe Photoshop, maka versi mobilenya adalah Adobe Photoshop Express yang merupakan aplikasi edit yang lebih instan dibandingkan dengan adobe aslinya.

Anda bisa memanfaatkan aplikasi ini di HP untuk melakukan edit foto yang lebih baik. Mengenai resolusinya, Anda cukup membutuhkan 66 MB saja untuk menggunakan edit ini, sama halnya dengan Snapseed memiliki rate 4.6/5. Jika Anda penasaran silakan coba dengan mengunduhnya di Play Store.

5. Adobe Lightroom

Aplikasi edit pilihan lainnya yang bisa Anda gunakan adalah Adobe Lightroom. Aplikasi edit ini lebih berbeda dengan Adobe Photoshop Express yang mana Adobe Lightroom merupakan aplikasi edit yang lebih ringan dengan sekali klik pengguna dapat mengeditnya.

Meskipun fitur yang terdapat pada Adobe Lightroom ini tidak selengkap fitur Adobe Photoshop Express. Anda tetap bisa menggunakan aplikasi ini untuk hasil edit foto yang maksimal. Itulah kelima aplikasi edit foto terbaik dan terlengkap sebagai teman tips lengkap edit foto yang bisa Anda aplikasikan. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.