Javasiana.com Pecandu teknologi, Suka berbagi tips dan trik bermanfaat untuk anda semua.

4+ Cara Memindahkan Aplikasi di HP ke Kartu SD, Lengkap!

5 min read

Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD

Apakah memori internal Anda penuh? Jangan sampai hal itu terjadi. Solusinya, Anda bisa menggunakan kartu SD sebagai penyimpanan kedua di HP. Kali ini kita akan membahas mengenai cara memindahkan aplikasi ke kartu SD yang perlu Anda ketahui.

Mengenal Kartu SD

Mengenal Kartu SD

Jika Anda khawatir tentang memori internal yang penuh, maka Anda bisa menambahkan memori tambahan. Anda bisa menggunakan kartu SD untuk mengamankan file di HP Anda. Kartu SD ini memiliki peranan penting supaya HP Anda tidak lemot.

Kartu SD adalah alat yang bisa digunakan untuk menyimpan data digital. Anda bisa menggunakan di berbagai perangkat seperti kamera digital. Gadget, HP, dan sebagainya. Kartu SD ini dapat menjadi salah satu penyelamat untuk keamanan memori HP Anda.

Fungsi Kartu SD pada HP Anda

Sebelum membahas mengenai cara memindahkan aplikasi ke kartu SD. Kita akan membahas mengenai fungsi kartu SD. Hal ini penting supaya Anda bisa memilih kartu SD yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Beberapa fungsi kartu SD yang perlu Anda ketahui, di antaranya sebagai berikut:

1. Menyimpan File dengan Aman

Kartu SD di HP dapat difungsikan sebagai salah satu cara untuk menyimpan file dengan aman. Anda bisa menggunakan kartu SD untuk menyelamatkan memori internal supaya tidak penuh.

Anda perlu menggunakan kartu SD yang memiliki memori yang besar. Pastikan bahwa kartu tersebut bisa digunakan di HP Anda. Jangan menggunakan kartu SD rusak supaya Anda bisa menyimpan memori dengan aman.

2. Menghindari HP Lemot

Jika Anda menggunakan kartu SD, maka Anda bisa mencegah HP lemot. Hal ini bisa disebabkan oleh memori yang penuh. Memori penuh dapat mengganggu performa HP Anda. Sehingga, penting untuk memindahkan file di memori internal ke kartu SD.

Anda perlu mengetahui bagaimana memindahkan Apk dari internal ke kartu SD supaya HP tidak lemot. Jika penyimpanan cukup, maka Anda bisa menggunakan HP dengan nyaman. Pastikan Anda memperhatikan hal ini supaya HP Anda bisa digunakan dengan lancar.

3. Penyimpanan Menjadi Luas

Kartu SD bisa membantu Anda untuk menyimpan file dengan ukuran yang besar. Asalkan Anda menggunakan kartu SD yang memiliki memori besar. Anda tidak perlu ragu untuk mendownload aplikasi yang Anda butuhkan.

Jika Anda mengetahui cara pindahkan aplikasi ke kartu SD, maka semua akan berjalan lancar. Anda bisa berfoto dan menyimpan file dengan aman di HP Anda.

Kenapa Aplikasi Perlu Dipindahkan ke Kartu SD?

Kenapa Aplikasi Perlu Dipindahkan ke Kartu SD?

Terdapat beberapa alasan yang membuat Anda perlu mengetahui cara memindahkan aplikasi ke kartu SD. Hal ini penting supaya performa HP Anda tidak terganggu. Beberapa alasan kenapa aplikasi perlu dipindahkan ke kartu SD, sebagai berikut:

1. Memori Internal Penuh

Anda perlu memindahkan aplikasi ke kartu SD karena memori internal hp penuh. Untuk mengatasi kondisi tersebut, maka Anda bisa memindahkan beberapa file dan aplikasi ke kartu SD. Hal ini akan membantu mengamankan memori internal HP Anda.

Jika memori internal penuh, maka Anda tidak bisa menggunakan HP secara maksimal. Sehingga penting untuk memperhatikan hal tersebut. Jadi, Anda harus mengetahui cara memindahkan aplikasi ke kartu SD.

2. Ingin Menambah Aplikasi Baru Tapi Tidak Cukup Memori

Alasan lainnya adalah karena Anda ingin menambah aplikasi baru di HP Anda. Jika Anda ingin mendownload aplikasi baru, maka Anda perlu memindahkan aplikasi lainnya ke kartu SD. Hal ini akan membantu memperlancar proses download aplikasi.

Anda perlu memasang kartu SD di HP supaya bisa membantu memperbesar memori penyimpanan di HP. Jika sudah demikian, maka Anda bebas mendownload file dan aplikasi dan menyimpannya di HP Anda.

Kenapa Aplikasi Tidak Dapat Dipindahkan ke Kartu SD?

Anda perlu mengetahui, bahwa ada beberapa kondisi yang membuat Anda tidak bisa pindahkan file ke kartu SD. Aplikasi tidak dapat dipindahkan ke kartu SD disebabkan oleh beberapa kendala, sebagai berikut:

1. Aplikasi Bawaan HP

Meskipun Anda sudah mempelajari cara memindahkan aplikasi ke kartu SD. Tetapi, jika aplikasi tersebut merupakan aplikasi bawaan HP, maka Anda tidak dapat memindahkannya ke kartu SD. 

Biasanya aplikasi bawaan HP memang sudah diatur oleh pihak pengembang untuk berada di memori internal HP. Hal ini menyebabkan aplikasi tersebut tidak dapat dipindahkan ke kartu SD. Bahkan, aplikasi ini tidak dapat dihilangkan atau dihapus dari HP Anda.

2. Kartu SD Belum Dipartisi

Salah satu alasan lainnya yang menyebabkan aplikasi tidak dapat dipindahkan karena kartu SD belum dipartisi. Anda perlu membuat format kartu SD supaya terbagi dalam beberapa bagian khusus. Hal ini bisa menyebabkan Anda tidak bisa memindahkan aplikasi.

Sebelum Anda belajar mengenai cara memindahkan aplikasi ke kartu SD. Pastikan Anda tidak lupa untuk mengatur partisi kartu SD. Hal ini bisa melancarkan proses pemindahan aplikasi ke kartu SD.

3. Aplikasi Hanya Bisa Bekerja di Memori Internal

Kenapa aplikasi tidak bisa dipindahkan ke kartu SD? Hal ini bisa disebabkan karena aplikasi tersebut hanya bisa bekerja di memori internal. Sehingga penting untuk memperhatikan aplikasi sebelum memindahkannya.

Penting bagi Anda untuk memperhatikan dengan teliti setiap aplikasi yang akan dipindahkan. Supaya proses aplikasi pindah kartu SD dapat berjalan lancar. Hal ini penting supaya Anda tidak kebingungan saat ingin memindahkannya.

4. Memori Internal Lebih Stabil

Sebelum Anda belajar mengenai cara memindahkan aplikasi ke kartu SD. Pastikan bahwa kartu SD Anda dalam kondisi yang stabil. Hal ini harus diperhatikan supaya aplikasi dapat dipindahkan ke kartu SD.

Terkadang, kondisi memori internal yang lebih stabil dapat menyebabkan aplikasi tidak dapat dipindahkan. Hal ini perlu Anda perhatikan supaya proses pemindahan aplikasi dapat berjalan dengan lancar.

Baca juga:

Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD yang Perlu Diketahui

Anda perlu mengetahui bahwa cara memindahkan aplikasi ke kartu SD setiap jenis HP berbeda-beda. Sehingga penting bagi Anda untuk mengetahui prosesnya dengan benar. Beberapa cara pemindahan aplikasi ke kartu SD yang perlu diketahui, sebagai berikut:

1. Samsung

Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD

Jika Anda menggunakan HP Samsung, maka Anda perlu mengetahui cara yang tepat untuk memindahkan aplikasi. Hal ini penting supaya aplikasi tidak rusak. Beberapa cara memindahkan aplikasi ke kartu SD Samsung, di antaranya sebagai berikut:

  1. Silakan untuk masuk ke menu Pengaturan di HP Samsung Anda.
  2. Jika sudah, silakan untuk membuka menu Apps.
  3. Selanjutnya, Anda perlu memilih aplikasi yang akan dipindahkan ke kartu SD.
  4. Silakan buka aplikasi tersebut pilih opsi Penyimpanan.
  5. Jika sudah, Anda perlu menekan opsi Ubah dan pilih opsi SD Card.

Cara di atas dapat dilakukan untuk memindahkan aplikasi di HP Samsung. Langkah-langkah tersebut dapat dilakukan dengan mudah.

2. Vivo

Vivo

Bagi Anda yang menggunakan HP Vivo pastikan Anda mengetahui cara memindahkan aplikasi. Hal ini penting supaya memori internal Anda tidak penuh. Beberapa cara memindahkan aplikasi ke kartu SD Vivo, di antaranya sebagai berikut:

  1. Anda perlu membuka menu Pengaturan.
  2. Jika sudah, Anda menggulir ke bawah untuk menemukan opsi Penyimpanan.
  3. Selanjutnya, Anda perlu memilih opsi kartu SD dan pilih opsi titik tiga di pojok kanan atas.
  4. Setelah itu, akan muncul beberapa opsi. Anda perlu memilih opsi Pengaturan.
  5. Selanjutnya, Anda perlu mengubah pengaturan penyimpanan internal menjadi penyimpanan eksternal. Anda perlu memilih opsi Format sebagai internal.
  6. Jika sudah, maka file internal Anda akan berpindah ke kartu SD Anda.

Cara memindahkan aplikasi ke kartu SD di atas dapat dilakukan untuk mencegah memori internal Vivo penuh. Pastikan Anda memindahkan aplikasi ke kartu SD dengan cara yang benar.

3. Xiaomi

Xiaomi

Xiaomi merupakan salah satu merk HP yang populer dan banyak digunakan. Pastikan Anda mengetahui cara yang benar untuk memindahkan aplikasi ke kartu SD pada HP Xiaomi. Hal ini penting supaya Anda bisa memanfaatkan memori internal secara maksimal.

Beberapa cara memindahkan aplikasi ke kartu SD Xiaomi yang perlu Anda ketahui, yaitu sebagai berikut:

  1. Silakan untuk masuk ke menu Pengaturan pada HP Xiaomi Anda.
  2. Selanjutnya, Anda perlu memilih menu Aplikasi.
  3. Jika sudah, akan muncul beberapa opsi aplikasi. Anda perlu memilih aplikasi yang akan dipindahkan ke kartu SD.
  4. Selanjutnya, Anda perlu memilih opsi App info.
  5. Setelah itu, Anda bisa memilih opsi Pindah ke kartu SD. 
  6. Proses pemindahan aplikasi di HP Xiaomi Anda selesai.

Jika Anda menggunakan HP Xiaomi, maka jangan lupa untuk melakukan cara di atas. Pastikan Anda tidak salah dalam melakukan langkah-langkahnya agar mendapatkan hasil yang diinginkan ya!

4. Oppo

Oppo

Selanjutnya, kita akan membahas cara memindahkan aplikasi ke kartu SD Oppo. Hal ini penting karena HP merk Oppo sangat populer. Anda perlu mengetahui langkah pemindahan aplikasi ke kartu SD, yaitu sebagai berikut:

  1. Pertama, Anda perlu membuka Setelan atau menu Settings pada HP Oppo Anda.
  2. Selanjutnya, pilih menu Kelola Aplikasi.
  3. Jika sudah, Anda perlu memilih bagian Installed. Anda akan menemukan berbagai aplikasi yang sudah terinstal di HP Anda.
  4. Silakan untuk memilih aplikasi yang ingin dipindahkan ke kartu SD.
  5. Selanjutnya, Anda perlu memilih App Info, lalu tekan opsi Move to SD Card.
  6. Sekarang, Anda perlu menunggu proses selesai. Jangan meninggalkan menu Setelan selama proses pemindahan berlangsung. Lama prosesnya akan disesuaikan dengan ukuran aplikasi yang dipindahkan.

Cara di atas bisa Anda lakukan untuk menghemat ruang penyimpanan HP Oppo Anda. Jadi, jangan ragu untuk memindahkan aplikasi yang memang bisa dipindahkan ke kartu SD.

5. Realme

Anda perlu mengetahui cara memindahkan aplikasi ke SD card Realme, yaitu sebagai berikut:

  1. Silakan masuk ke menu Setting.
  2. Selanjutnya pilih menu Kelola Aplikasi.
  3. Jika sudah, Anda perlu memilih aplikasi yang akan dipindahkan.
  4. Selanjutnya, akan muncul pilihan untuk memindahkan ke MicroSD.
  5. Anda bisa memilih opsi Pindahkan ke MicroSD.
  6. Selanjutnya, aplikasi akan berpindah secara otomatis. Silakan menunggu sampai pemindahan selesai.

Demikianlah, pembahasan mengenai cara memindahkan aplikasi ke kartu SD yang perlu Anda ketahui. Pastikan Anda menggunakan cara yang tepat supaya proses pemindahan aplikasi dapat berjalan lancar. Yuk, pindahkan aplikasi ke kartu SD.

Javasiana.com Pecandu teknologi, Suka berbagi tips dan trik bermanfaat untuk anda semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.