BerandaTutorialMedia Sosial8+ Cara Mengatasi Filter Instagram yang Loading Lama Terbaru 2021

8+ Cara Mengatasi Filter Instagram yang Loading Lama Terbaru 2021

Bikin Story IG kamu lebih keren dengan menggunakan filter kekinian, tapi loadingnya lama? Cobain nih beberapa kiat cara mengatasi filter Instagram yang loading lama!

Salah satu platform berbagi cerita Instagram menjadi perbincangan baru baru ini, Alasannya tidak lain karena ada masalah yang terjadi pada saat pemuatan filter di Instagram.

Seperti yang kita ketahui, Salah satu fitur yang diunggulkan pengguna IG saat ini ialah Efek Filter yang memberi mereka pilihan dan cara tepat untuk berbagi foto, video story keren dengan mudahnya.

Tidak perlu edit edit menggunakan aplikasi pihak ketiga lagi!

Sayangnya karena masalah yang terjadi, Khususnya untuk beberapa Merk Smartphone seperti Samsung J2 Prime, Oppo a37, Xiaomi, Realme dan beberapa merk lainnya.

Akhirnya banyak pengguna tidak lagi aktif membagikan cerita mereka di Instagram sampai menemukan solusi cara mengatasi filter instagram yang loading lama dan tidak mau muncul.

Sebelum mengarahkan kamu ke solusinya, Mari kita bahasa terlebih dahulu filter instagram itu apa dan penyebab kenapa filter IG tidak mau muncul.

Apa itu Filter Instagram?

Efek filter di Instagram adalah sebuah fitur dimana pengguna dapat menggabungkan sebuah objek dua dan tiga dimensi kedalam sebuah lingkup yang lebih nyata dan memproyeksikannya menggunakan teknologi Filter AR (Augmented reality).

Fitur ini sendiri banyak dimanfaatkan pengguna untuk membagikan kenangan mereka melalui Instagram Story dan sekarang jumlah filter-filter alias efek IG sudah sangat beragam.

Karena, kini platform tersebut tidak hanya menerima karya dari Tim Instagram saja tapi juga penggunanya dari seluruh dunia.

Sayangnya beberapa masalah terjadi di beberapa merk HP yang bisa dibilang memiliki Spesifikasi yang tidak terlalu tinggi.

Dan menjawab masalah ini, Saya rasa kamu perlu menyelediki penyebab yang menjadi alasan kenapa ini terjadi kepada kamu.

Lalu akhirnya kamu akan menemukan cara dan kiat yang tepat mengatasi efek filter instagram yang tidak muncul di Hp kamu.

Baca juga: 10 Cara Menambah Follower Instagram Dengan Cepat Tanpa Aplikasi

Penyebab Kenapa Efek Filter Instagram Tidak Muncul?

Banyak faktor yang membuat efek filter di Instagram loadingnya lama, Mungkin masalah ini terjadi karena faktor internal yang meliputi kesalahan pada aplikasi atau masalah yang terjadi pada HP kamu.

Masalah eksternal seperti kerusakan yang terjadi akibat perbuatan kamu juga dimungkinkan disini, Dan tidak usah berlama – lama lagi jika kamu ingin mengatasinya.

Beberapa penyebab efek filter tidak muncul berikut ini wajib kamu ketahui:

1. Penyimpanan Internal Hampir Habis

Masalah pertama yang mungkin menjadi alasan kenapa efek filter di IG Story tidak muncul ialah karena penyimpanan internal kamu penuh.

Biasanya akan ditandai dengan keterangan tanda seru pada Bar Hp kamu dan berwarna merah atau kuning yang menandakan peyimpanan internal kamu sudah mau habis.

Pada saat itulah sistem android akan membatasi beberapa aktifitas sistem yang terlalu banyak menguras penggunaan memori dan mungkin efek filter instagram menjadi salah satu fitur yang dicegat disini.

2. Masalah Jaringan

Penyebab Filter Instagram yang Loading Lama

Tidak kalah penting, Bisa dibilang instagram menjadi salah satu aplikasi yang banyak sekali mengkonsumsi data seluler.

Untuk menggunakan efek filter di Instagram kamu perlu memperhatikan Jaringan internet kamu saat ini.

Koneksi internet yang lemot akan menghambat proses pemuatan filter bahkan bisa bisa masalah ini akan terjadi dengan kurun waktu yang sangat lama.

Sampai kamu memperbaiki masalah ini dan dapat terhubung dengan koneksi yang lebih baik.

Berikut ini adalah artikel yang menjelaskan kepada kamu >>> Cara Cek Kecepatan Internet Lewat Speedtest Indihome

3. Aplikasi Instagram Bermasalah

Pastikan kamu menggunakan aplikasi Instagram yang kamu unduh dari lokasi unduhan Resminya.

Karena beberapa kali terjadi masalah mulai dari fitur yang error, aplikasi keluar sendiri, keamanan dan privasi yang mudah diretas akibat dari menggunakan aplikasi instagram mod yang sudah di Modifikasi.

Perilaku seperti ini bisa menjadi masalah besar, Apalagi jika kamu melakukan pengeditan aplikasi dengan cara kamu sendiri dan secara tidak sengaja melakukan kesalahan.

Fitur filter Instagram yang tidak muncul mungkin diakibatkan dari aplikasi instagram yang bermasalah. Dan masalah ini tidak akan selesai sampai kamu bisa mengatasinya.

4. Aplikasi Instagram Belum Update

Inilah alasan kenapa kamu perlu update aplikasi setiap ada pemberitahuan versi terbaru dari pihak developer terkait.

Pembaruan ini dilakukan untuk mencegah beberapa error karena update dilakukan untuk dua tujuan utama yakni memperbaiki masalah (Bug) yang ada.

Dan tujuan lainnya untuk menambah, meningkatkan fitur dan performa dari aplikasi itu sendiri.

Bagi kamu pengguna android kamu bisa mengaktifkan update otomatis di Playstore untuk menyelesaikan masalah ini!

5. Smartphone Tidak Kompatible

Setiap tahunnya selalu ada Tipe HP Android, IOS / Iphone terbaru dengan spesifikasi yang lebih baik.

Perihal ini dilakukan karena perusahaan tersebut juga ingin menyesuaikan dengan keadaan teknologi di era digital yang sudah berkembang pesat sejauh ini.

Semakin banyak fitur dan peningkatan yang dilakukan pihak developer aplikasi mungkin mengakibatkan beberapa ponsel dengan spesifikasi lebih rendah tertinggal dan tidak dapat menggunakan aplikasi ini lagi.

Sampai akhirnya mereka menemukan cara lain untuk menjalankan aplikasi instagram kembali.

6. Cache Menumpuk

Banyaknya file sampah (Cache) yang menumpuk baik dari aplikasi Instagram maupun aplikasi lainnya dapat menurunkan kinerja ponsel.

File sampah termasuk halangan ringan dan mungkin tidak terlalu diperhatikan.

Tapi semakin dibiarkan halangan tersebut akan membesar dan menjadi salah satu alasan kenapa beberapa fitur di Instagram tidak berjalan semestinya.

7. Ram Penuh

Ram alias Random Acces Memory adalah sebuah perangkat Hardware yang fungsinya sebagai penyimpanan data bersifat sementara.

Saat menjalankan aplikasi Ram inilah yang akan bekerja sebagai penyimpanan data sementara, Semakin banyak kamu mengkonsumsi Ram maka akan berdampak pada penggunaan aplikasi itu sendiri.

Membuka fitur didalam aplikasi tentunya akan menambah beban dan konsumsi Ram itu sendiri, Untuk itu kamu perlu memastikan ada ruang yang cukup untuk menjalankan aplikasi instagram.

Sampai pada akhirnya tidak ada lagi maslalah seperti Filter IG yang tidak muncul atau loading terus saat dijalankan.

8. Maintenance Server

Tidak ada yang tahu kapan maintenance server akan dilaksakan, Ada banyak sekali tanda yang terjadi saat proses ini dijalankan.

Mulai dari masalah yang paling ringan yakni pemuatan gambar, video, filter dan konten yang melambat padalah internet lancar.

Sampai kepada masalah yang serius dimana pengguna instagram tidak dapat membuka aplikasi tersebut dalam beberapa waktu.

Cara Mengatasi Filter Instagram yang Loading Lama

Setelah mengetahui beberapa kemungkinan penyebab kenapa filter di Instagram tidak dapat dimuat, Akhirnya kamu akan memikirkan jalan untuk mneyelsaikan masalah tersebut.

Dan dibawah ini kamu akan menemukan beberapa kiat terbaik bagaimana cara mengatasi filter Instagram yang loading lama dan tidak muncul:

1. Kosongkan Penyimpanan Internal

Kiat pertama untuk menyelesaikan masalah filter IG Story yang tidak muncul ialah dengan mengosongkan atau memberi sedikit lebih banyak ruang kosong pada memori internal.

Kamu dapat menghapus beberapa file yang tidak terpakai atau memindahkan file yang bisa dipindah ke lokasi penyimpanan eksternal yang lebih besar.

2. Mempercepat Koneksi Internet

Instagram tidak dapat dibuka jika kamu tidak Memiliki koneksi internet yang cukup stabil.

Beberapa kiat seperti berpindah ke lokasi perkotaan atau ramai dengan area perkantoran, sekolah dan gedung gedung menjadi ide selanjutnya untuk mengatasi filter yang tidak muncul.

Mungkin saja loading yang lama saat kamu menggunakan filter IG akibat karena di area kamu tinggal saat ini ada masalah jaringan baik dari operator maupun beberapa faktor lainnya.

Dan untuk mendapati solusi lebih lengkap tentang mempercepat internet! Kamu bisa baca artikel berikutnya tentang >>> Cara Mempercepat Koneksi Internet Paling Ampuh

3. Install Ulang Aplikasi

Ada masalah yang tidak dapat ditafsirkan dengan mudah dari kacamata seorang pengguna biasa.

Mungkin saja alasan kenapa fitur efek filter yang tidak dapat dimuat di Instagram diakibatkan karena ada kerusakan yang terjadi pada aplikasi tanpa kita sadari.

Atau karena perbuatan kamu akhirnya aplikasi instagram bermasalah.

Kerusakan seperti ini biasanya ditandai dengan fitur yang error atau aplikasi yang tidak berjalan sebagai mestinya.

Dan mengatasi hal seperti ini adalah hal mudah, Kamu tinggal uninstall lalu install ulang aplikasi dari sumber resimnya.

Jangan lupa untuk backup beberapa data yang penting sebelum kamu menguninstallnya.

4. Perbarui Aplikasi Instagram

Cara Mengatasi Filter Instagram yang Loading Lama

Pemeriksaan update versi terbari dari aplikasi biasanya dijalankan otomatis dan akan muncul sebuah pemberitahuan jika aplikasi yang kamu gunakan saat ini sudah diperbarui.

Untuk mendapatkan fitur fitur baru, peningkatan dan perbaikan beberapa fitur sebelumnya.

Kamu bisa update aplikasi instagram dengan mengunjungi Google Playstore untuk pengguna Android dan Apple Store untuk kalian pengguna IOS.

5. Beli HP Baru (Update OS)

Saat aplikasi instagram tidak lagi kompatible dengan perangkat yang kamu gunakan saat ini, Ditandai dengan munculnya keterangan di Playstore.

Biasanya kamu tidak bisa mengunduh atau memperbarui aplikasi ini lagi dari sumber resminya sampai perangkat kamu mencapai syarat yang memenuhi.

Maka jalan yang harus kamu tempun untuk mengatasinya ialah memperbarui OS, Kamu bisa melakukan pengecekan di menu setelan pada perangkat kamu.

Dan jika keterangan disana menyatakan kamu ada di perangkat dengan OS terbaru maka kamu perlu membeli Smartphone Baru dengan spesifikasi yang lebih tinggi.

Syarat minimum untuk bisa menggunakan Aplikasi Instagram ini ialah Android dengan Sistem OS Minimimal 6 keatas.

6. Bersihkan File Sampah

Untuk membersihkan file sampah sangatlah mudah, Setidaknya ada dua opsi yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan cache.

Pertama dengan menggunakan aplikasi penghapus cache, Kamu bisa menemukannya sendiri di Playstore atau App Store.

Atau bisa juga dengan cara manual yakni membuka menu setting Hp Lalu masuk ke menu selanjutnya yakni Aplikasi.

Pilih aplikasi Instagram dan beberapa aplikasi lain yang menumpuk cache lalu ketuk hapus cache.

Dengan menggunakan cara pertama maka sistem akan otomatis menghapus semua cache aplikasi yang ada dan jika kamu menggunakan cara kedua keuntungannya kamu lebih bisa mengontrol.

Mana aplikasi yang cachenya hendak dihapus dan mana yan penting dan tidak perlu dihapus.

7. Cegah Aplikasi Berjalan Dibelakang Layar

Mencegah beberapa aplikasi berjalan dibelakang layar dapat menghemat konsumsi Ram setiap waktu.

HP Kamu mungkin tidak memiliki kapasitas RAM yang cukup besar, dan karena Ram juga mempengaruhi kondisi aplikasi yang dijalankan.

Mencegah, Menghentikan, dan Menunda fitur Auto Start aplikasi merupakan cara jitu yang bisa kamu lakukan untuk mencegah error yang dapat terjadi

Saat menjalankan Fitur Efek Filter di instagram misalnya.

8. Tunggu Pemeliharaan Server Selesai

Cara Mengatasi Filter Instagram yang Loading Lama

Saat dimana server Instagram tidak menjalankan tugasnya dengan baik adalah Ketika ada aktivitas Maintenance yang dijalankan.

Maintenance adalah waktu perawatan dimana pada saat itu akan dilakukan perbaikan, pembaruan untuk menjaga server tetap stabil.

Akan ada waktu dimana perawatan ini mendadak dilakukan dan tidak ada yang tahu kapan dan bagaimana proses terjadi.

Hanya mereka yang bekerja di perusahaan terkait yang mengetahuinya.

Proses ini nantinya akan menyebabkan kondisi dimana aplikasi instagram tidak bekerja dengan baik bahkan pada waktu tertentu aplikasi ini tidak bisa dibuka.

Satu satunya cara mengatasi masalah ini ialah menunggu sampai kondisi server sudah membaik dan pemeliharaan selesai dilakukan.

9. Laporkan Masalah!

Solusi terakhir jika semua tips diatas tidak bekerja untuk memecahkan masalah Filter Instagram Yang loading lama ialah membuat laporan.

Caranya pun cukup mudah kamu tinggal buka menu settting di aplikasi instagram > Masuk ke menu Bantuan > Lalu ketuk laporkan masalah!

Jangan lupa untuk memberikan penjelasan atas masalah yang terjadi lengkap dengan hasil Screenshot letak masalah yang terjadi lalu kirim.

Dengan begitu pihak developer akan segera memproses laporan yang diterima dan apabila benar telah terjadi masalah khusunya pada saat pemuatan atau loading filter di Instagram.

Maka akan dilakukan evaluasi dan mungkin saja masalah ini akan diselesaikan di masa depan dengan update terbaru yang akan direncanakan pihak developer dan perusahaan terkait.

Akhir Kata

Demikianlah informasi kita kali ini yang berkaitan dengan masalah Filter Instagram yang loadingnya lama.

Diatas sana sudah diberikan penjelasan lengkap mengenai penyebab kenapa fitur ini error dan dibawahnya ada solusi cara mengatasi filter instagram yang loading lama.

Jika kamu merasa artikel ini bermanfaat jangan lupa untuk berlangganan untuk dapetin update artikel serupa lainnya.

Dan kamu juga bisa mengajukan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan topik diatas menggunakan kolom komentar dibawah!

Artikel Terkait:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Rekomendasi :