Javasiana.com Beyond Blogging!!!

12 Cara Mempercepat Koneksi Internet Paling Ampuh

4 min read

Cara Mempercepat Koneksi Internet

Koneksi internet yang lemot bisa menjadi masalah tersendiri bagi Anda. Maka dari itu, berikut adalah beberapa cara mempercepat koneksi internet yang perlu Anda ketahui.

Internet menjadi salah satu kebutuhan yang sangat penting di era digital saat ini. Hampir setiap harinya banyak pengguna telepon pintar maupun komputer pribadi yang mengakses internet. Jika Anda sering merasa kesal dengan koneksi internet yang melambat, mengetahui cara mempercepat koneksi internet akan menjadi hal yang sangat berguna untuk Anda.

Koneksi internet yang cenderung lambat bisa menjadi masalah tersendiri bagi siapa pun. Berbagai aktivitas seperti pekerjaan, tugas sekolah, tugas kuliah, dan lain sebagainya bisa menjadi terkendala. Maka dari itu sangat penting untuk memastikan bahwa perangkat Anda memiliki koneksi internet yang memadai ketika digunakan.

Beginilah Cara Mempercepat Koneksi Internet Yang Perlu Anda Ketahui

Jika Anda merasa tidak begitu nyaman dengan koneksi internet yang lembat dan terkesan lemot ketika digunakan, beberapa tips untuk mempercepat koneksi internet berikut bisa menjadi hal yang patut Anda pertimbangkan.

1. Melakukan Flushing DNS Pada Komputer

Cara Mempercepat Koneksi Internet

Cara mempercepat koneksi internet wifi yang pertama bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan flushing DNS pada perangkat komputer yang Anda miliki. Secara sederhana flush DNS merupakan cara yang digunakan untuk mereset cache DNS komputer untuk menyesuaikan informasi pada perubahan yang terjadi di domain, name server, DNS dengan data yang baru.

Baca juga: Cara Mengatasi Telegram Error Menghubungkan Terus

Untuk melakukan flush DNS ini pun relatif cukup mudah. Pertama Anda perlu membuka Command Prompt komputer Anda kemudian ketikkan ipconfig/flushdns dan tekan enter. Jika sudah selesai silakan ketikkan ipconfig/renew kemudian tekan enter. Kemudian Anda bisa tutup Command Prompt tersebut dan silakan mencoba mengakses koneksi internet.

2. Mengganti Channel Koneksi Internet

Cara mempercepat koneksi internet pc yang bisa Anda gunakan selanjutnya adalah dengan mengganti Channel penggunaan koneksi internet Anda. Ketika Anda memiliki tetangga yang juga memiliki koneksi internet Wifi, maka router dan access points yang dimilikinya tersebut mengganggu router dan access point Anda sehingga membuat koneksi internet menjadi lambat.

Guna mengatasi hal ini Anda bisa mencoba mengganti channel ke yang lebih sepi dan tidak banyak digunakan. Jika Anda menggunakan komputer Windows untuk melihat channel mana yang digunakan oleh Wifi tetangga maka bisa menggunakan perintah pada CMD dengan mengetikan ‘netsh wlan show all’.

3. Menggunakan Router Yang Berkualitas

Cara Mempercepat Koneksi Internet

Menggunakan router wifi yang baik dan berkualitas juga bisa menjadi salah satu cara mempercepat koneksi internet windows 10 yang patut Anda coba. Terkadang router yang sudah lama atau usang justru memiliki kinerja yang kurang memuaskan dalam memancarkan sinyal internet sehingga membuat koneksi Anda menjadi lebih lambat.

Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mencoba mengganti router yang usang tersebut dengan router baru yang lebih baik dan juga berkualitas. Jika memungkinkan, Anda bisa melakukan upgrade router dengan mengacu pada standar terbaru versi 802.11ac yang lebih mampu mengakomodir bandwidth dalam angka yang cukup tinggi.

Informasi lebih lengkap tentang Router bisa anda dapatkan dengan membaca artikel Pengertian Router, Fungsi, Cara Kerja dan Jenisnya

4. Melakukan Pengaturan Koneksi Bandwidth Perangkat

Cara mempercepat koneksi internet yang patut Anda coba selanjutnya adalah dengan melakukan pengaturan koneksi bandwidth pada perangkat yang Anda miliki. Perlu Anda ketahui, bagi Anda para pengguna komputer berbasis OS Windows 8 ke atas, secara default Windows mengalokasikan 20% bandwidth untuk kebutuhan Windows Update.

Untuk mengatasi koneksi internet yang terkesan lambat pada perangkat Anda, maka salah satu cara yang bisa digunakan adalah dengan melakukan pengaturan pada koneksi bandwidth yang digunakan untuk koneksi internet tersebut.

Anda bisa melakukan pengaturan bandwidth dengan mengikuti beberapa langkah berikut, silakan klik tombol Start kemudian pilih Run dan silakan ketikkan gpedit.msc kemudian silakan lakukan double click pada bagian Computer Configuration kemudian pilih Administrative Templates lalu Network dan silakan pilih QoS Packed.

Jika sudah klik pada menu QoS Packed maka silakan Anda bisa pilih Limit Reserveable Bandwidth kemudian silakan pilih Previous Setting. Selanjutnya silakan pilih menu Enable dan pada bagian Bandwidth Limit diganti menjadi 0 lalu silakan klik OK. Setelah itu, silakan Anda bisa restart perangkat komputer Anda.

5. Lakukan Pengecekan Posisi Antena Router

Cara Mempercepat Koneksi Internet

Mungkin banyak diantara Anda yang tidak menyadari bahwa sebenarnya posisi antena router bisa mempengaruhi kecepatan koneksi internet yang Anda miliki. Maka dari itu, sangat penting untuk memastikan bahwa antenna router dalam keadaan baik dan juga berdiri agar bisa memancarkan sinyal Wifi secara optimal.

6. Cara Mempercepat Koneksi Internet Dengan Memilih Tempat Akses Dengan Sinyal Kuat

Cara mempercepat koneksi internet yang berikutnya bisa Anda gunakan adalah dengan memilih lokasi akses yang memiliki sinyal kuat. Pemilihan lokasi Wifi merupakan salah satu faktor yang sangat krusial dan terkadang bisa menjadi penentu cepat atau lambatnya koneksi internet yang Anda miliki.

7. Melakukan Reboot Router

Jika koneksi internet di rumah Anda sering menjadi lambat maka tidak ada salahnya jika Anda mencoba untuk melakukan boot ulang (reboot) pada perangkat router yang Anda miliki. Bahkan tidak sedikit yang memberikan saran agar router di-reboot secara reguler bukan hanya pada saat koneksi internet di rumah Anda menjadi lambat.

Anda bisa melakukan reboot router secara berkala semisal 2 hari sekali ataupun juga seminggu sekali sesuai dengan kebutuhan. Melakukan reboot secara berkala pada perangkat router yang Anda miliki bisa membuat kinerja router tersebut menjadi lebih terjaga dan juga optimal untuk mengatasi koneksi internet yang melambat.

8. Memeriksa Kekuatan Sinyal Wifi Internet Anda

Memeriksa kekuatan sinyal Wifi internet juga bisa menjadi salah satu cara mempercepat koneksi internet wifi yang patut untuk dilakukan. Semakin kuat sinyal wifi internet Anda maka koneksi internet Anda pun akan menjadi semakin optimal. Maka dari itu sangat penting untuk memeriksa kekuatan sinyal Anda agar berada dalam kondisi yang baik.

Baca juga: Pengertian, Fungsi dan Komponen Repeater

Untuk memeriksa kekuatan sinyal Wifi, Anda bisa memanfaatkan sejumlah aplikasi khusus seperti NetSpot, WireShark, dan lain sebagainya untuk mengecek kekuatan sinyal Wifi yang Anda miliki.

9. Membuat Antena Tambahan Secara Mandiri

Cara mempercepat koneksi internet yang bisa Anda gunakan selanjutnya adalah dengan mencoba membuat antena tambahan sendiri untuk perangkat router yang Anda miliki. Antena tambahan ini memiliki fungsi untuk meningkatkan kekuatan sinyal pada router wifi yang Anda miliki sehingga koneksi internet pun akan menjadi semakin stabil.

Anda bisa mencoba membuat berbagai bentuk antena dengan menggunakan barang-barang seadanya semisal potongan kaleng. Dengan memanfaatkan antena tambahan ini diharapkan bisa menjadi solusi yang tepat bagi penguat sinyal wifi pada perangkat yang Anda miliki.

10. Mengaktifkan Ad-Blocker

Beberapa penyebab kenapa Internet melambat terkadang dipengaruhi banyaknya waktu pemuatan yang dibutuhkan pada saat membuka beberapa website tertentu dan salah satu penyebabnya adalah karena banyaknya iklan yang tayang di website tersebut.

Untuk itulah salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk mempercepat Koneksi Internet ialah dengan Membatasi Iklan yang tampil terutama Iklan jenis Pop-Up, Video dan lainnya.

11. Prioritaskan 4G / 5G

Saat ini di tengah kemajuan teknologi Internet menjadi salah satu bukti betapa mudahnya Teknologi memberikan Informasi yang lengkap dan jangkauan yang lebih luas. Dan untuk menjangkau Internet anda membutuhkan Koneksi Internet yang cepat.

Semakin cepat anda selangkah lebih maju dari pesaing diluar sana, untuk itulah mengawali tahun 2021 ada beberapa inovasi terbaru berkat kemunculan Jaringan 5G di beberapa Negara. Dan ini menjadi salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk mempercepat internet yakni prioritaskan Jaringan anda menuju titik paling cepat yang bisa dijangkau misal 3G, 4G, 4G LTE dan 5G.

12. Menggunakan VPN

Aplikasi VPN membantu anda mempercepat internet khususnya jika anda sedang mengakses Website dengan server luar negeri, Beberapa diantaranya bahkan memblokir Akses Internet anda di Indonesia.

Oleh karena itu anda bisa mengunduh beberapa Aplikasi VPN di Playstore atau Sejenisnya untuk bisa mengakses beberapa website dengan lebih cepat.

Itulah beberapa cara mempercepat koneksi internet yang perlu Anda ketahui. Koneksi internet yang lambat dan juga lemot bisa membuat pengalaman dan kenyamanan Anda menjadi berkurang. Kini dengan menerapkan beberapa cara yang telah disampaikan di atas, maka diharapkan bisa mengatasi masalah koneksi internet Anda yang lambat.

Javasiana.com
Javasiana.com Beyond Blogging!!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.