Pengertian Repeater

Pengertian Repeater: Apa itu Repeater?

Repeater adalah sebuah alat yang bertugas untuk menguatkan dan memperluas jangkauan sinyal dari WiFi utama yang cenderung lemah. Mari mengenal lebih dekat repeater! 

Repeater memiliki nama lain, yaitu range extender. Dalam bahasa Inggris repeater berasal dari kata repeat yang berarti pengulangan atau mengulang.

Jadi, pengertian repeater yang sebenarnya ialah sebuah alat yang bertugas untuk menguatkan dan memperluas jangkauan sinyal dari WiFi utama yang cenderung lemah. Oleh karena itu, alat ini hanya bisa bekerja jika sudah mendapat sinyal utama. 

Bagaimana Cara Kerja Repeater

Cara kerja dari repeater, yaitu yang pertama antena repeater menangkap sinyal dari server. Kemudian sinyal tersebut akan dirubah oleh repeater sampai memiliki frekuensi yang lebih kuat.

Setelah itu, sinyal akan disebarkan ke tujuan dalam dua bentuk data, analog dan digital atau angka binary.

Alat repeater sendiri memiliki 3 jenis, yaitu telephone repeater, optical communications repeater, dan juga radio repeater. Telephone repeater khusus bertugas untuk menguatkan sinyal dari sambungan telepon jarak jauh.

Sedangkan optical communications repeater adalah repeater yang bertugas khusus untuk kabel fiber optic agar lebih menguatkan sinyal yang dipancarkan.

Dan yang terakhir, radio repeater adalah jenis repeater yang bekerja khusus pada jaringan WiFi dan juga radio. Biasanya radio repeater memiliki beberapa antenna sebagai transmitter dan receiver untuk sinyal.

Baca juga: Pengertian, Macam Jenis, Fungsi Modem

8 Komponen dari Repeater 

Repeater terdiri atas 8 komponen, Adapun berikut ini adalah beberapa komponen-komponen tersebut :

  1. Receiver

Receiver adalah sebuah piranti dari peralatan elektronika yang bertugas sebagai penerima sinyal.

  1.  Power Supply

Power supply memiliki tugas menjadi sumber daya terhadap piranti elektonika lainnya, khususnya adalah piranti yang berhubungan dengan daya listrik.

  1. Transmitter

Transmitter bekerja sebagai pemancar sinyal atau komponen yang mengirimkan sinyal ke tujuan.

  1. Carrier Operated Relay

Carrier Operated Relay atau COR merupakan sebuah komponen yang menghubungkan transmitter dan receiver. COR bertugas untuk mengontrol Push To Talk atau PTT pada alat repeater dan juga untuk mengaktifkan PTT terhadap transmitter.

  1. Kipas

Seperti tugas kipas pada umumnya, yaitu mendinginkan suatu benda atau menurunkan suhu panas pada badan manusia. Komponen kipas pada repeater pun akan mendinginkan komponen lainnya agar tetap pada suhu normal.

  1. Regulator

Regulator memiliki tugas untuk memperhalus sebuah tegangan AC sebelum komponen-komponen lain memakainya di dalam repeater.

  1. Dummy Load

Dummy load merupakan komponen yang bertugas sebagai pengganti perangkat antenna, untuk membantu saat menguji sinyal pemancar radio.

  1. Kapasitor

Kapasitor mempunyai tugas sebagai penghalang arus DC agar arus AC dapat lewat dengan mulus.

6 Fungsi dari Repeater 

Repeater memiliki 6 fungsi utama, yang akan diuraikan secara singkat seperti berikut ini:

Baca juga: Mengenal Lebih Dalam Router adalah

  1. Menguatkan dan memperluas jangkauan sinyal dari server 

Sesuai dengan pengertian dari repeater sendiri, alat ini memiliki fungsi utama untuk menguatkan dan memperluas jangkauan sinyal dari suatu server. Sehingga sinyal dapat diterima oleh banyak perangkat elektronik.

  1. Membantu wilayah terpencil untuk mendapatkan sinyal

Dengan adanya repeater, wilayah-wilayah terpencil yang awalnya susah sinyal, akan mendapatkan sinyal yang lebih kuat dari sebelumnya. Sehingga dapat menggunakan perangkat elektronik dengan jaringan yang cukup lancar tanpa terputus-putus.

  1. Mengakses sinyal WiFi akan lebih mudah

Untuk para pengguna WiFi, repeater akan sangat memudahkan Anda untuk mengakses sinyal. Sehingga memperlancar kegiatan Anda untuk berselancar pada dunia digital. 

  1. Memaksimalkan dan meneruskan sinyal

Fungsi yang satu ini sesuai dengan cara kerja dari repeater, yaitu menangkap sinyal, kemudian mengelola dan menguatkannya. Baru setelah itu meneruskan sinyal pada berbagai perangkat elektronik yang terhubung pada jaringan di sekitar repeater.

  1. Mempermudah proses penerimaan dan pengiriman suatu data

Dengan adanya repeater, maka sinyal yang diterima otomatis akan lebih kuat. Sehingga lebih mempercepat proses Anda saat mengupload foto, dokumen, dan lainnya lewat media sosial. Selain itu, proses penerimaan data yang orang lain kirimkan pun akan lebih cepat Anda terima. 

  1. Mengurangi penggunaan kabel jaringan 

Repeater adalah suatu alat yang bekerja dengan menggunakan sinyal wireless, sehingga tidak membutuhkan suatu kabel jaringan yang panjang. Maka secara otomatis akan mengurang penggunaan kabel saat menggunakan repeater.

5 Manfaat dari Repeater 

Saat menggunakan perangkat repeater, Anda akan mendapatkan 5 manfaat, yaitu:

  1. Koneksi perangkat elektronik Anda akan semakin lancar, bebas dari masalah loading lama karena sinyal yang lemah. Namun hal ini tidak berlaku jika yang bermasalah adalah server utamanya.
  2. Sinyal cenderung akan lebih stabil, tidak mengalami naik-turun yang membuat Anda kesal saat mengakses informasi. 
  3. Jika Anda menggunakan perangkat modem, repeater akan membuat modem Anda tidak mudah panas. Karena penyebab utama panasnya sebuah modeh adalah sinyal yang diterima tidak stabil atau lemah.
  4. Sinyal yang naik-turun membuat baterai Anda menjadi cepat lowbat. Dengan adanya repeater, maka baterai Anda akan semakin awet dan dapat lebih lama untuk digunakan. 
  5. Memperlancar kegiatan Anda untuk berkomunikasi dengan orang lain melalui ponsel atau laptop, meskipun Anda tinggal di daerah terpencil. 

5 Kelebihan dari Repeater 

Selain memiliki fungsi dan manfaat, repeater juga memiliki 5 kelebihan. Berikut ini kelebihan dari repeater adalah:

Baca juga: Pengertian, Fungsi dan Bagaimana Cara Kerja VPN

  1. Sebuah perangkat tanpa kabel yang mampu untuk menggabungkan, menguatkan, dan membentuk kembali fungsi penerimaan sinyal sebelum dikirim ulang.
  2. Repeater mampu bekerja menggunakan sinyal fisik yang actual.
  3. Alat ini bisa menguatkan sinyal dari server utama.
  4. Mampu bekerja pada lapisan pertama untuk model OSI dan juga pada lapisan fisik.
  5. Sebuah perangkat berjenis analog yang mampu menguatkan sinyal input meskipun sifatnya digital atau analog.

5 Kekurangan dari Repeater 

Seperti perangkat lain pada umumnya, repeater tidak hanya memiliki kelebihan, tetapi juga memiliki beberapa kekurangan. 5 kekurangan dari repeater adalah sebagai berikut:

  1. Menggunakan bahan tembaga sebagai serat.
  2. Repeater harus Anda taruh di tempat yang cukup tinggi.
  3. Harus memanjangkan jarak fisik antara repeater dengan perangkat jaringan.
  4. Tidak mempengaruhi cara kerja jaringan secara serius.
  5. Menyambungkan pada berbagai media yang berbeda.

Kesimpulan

Dapat kita tarik sebuah kesimpulan bahwa pengertian repeater adalah suatu alat yang menggunakan sinyal wireless dan bertugas menguatkan sinyal dari server. S

ehingga dapat mengirimkan sinyal yang lebih kuat pada perangkat elektronik yang berada di sekitarnya. 

Semoga uraian di atas dapat membuat Anda lebih mengenal dan memahami sebuah alat bernama repeater. Repeater menjadi suatu alat yang pastinya sangat dibutuhkan pada era digital seperti saat ini.

Karena aktivitas sebagain besar orang saat ini bergantung pada sinyal internet.

Dengan adanya repeater, akan lebih memudahkan kegiatan seperti pekerjaan, proses belajar mengajar, dan juga hiburan seperti media sosial.

Anda akan dapat mengupload dokumen, foto, dan juga video secara cepat dengan sinyal yang cukup kuat. Juga dapat berkomunikasi dengan lancar bersama keluarga, teman, rekan kerja, atau pasangan yang berada jauh dari Anda.