BerandaTutorialInternet & JaringanCara Cek Kecepatan Internet Lewat Speedtest Indihome

Cara Cek Kecepatan Internet Lewat Speedtest Indihome

Panduan hari ini adalah tentang cara cek kecepatan internet lewat halaman Speedtest Indihome.

Namun kenapa hal seperti ini dibutuhkan? Jawabannya cukup sederhana Karena kecepatan transfer data internet itu penting untuk pengguna.

Mereka dapat melakukan pemeriksaan langsung terhadap Internet yang melambat dan melaporkan keluhan jika kamu merasa ada yang tidak beres.

Semakin cepat internet yang digunakan, Maka penggunanya akan mendapat kenyamanan dan manfaat yang dinantikan. Mereka dapat menjelajah dengan kecepatan tak terbatas.

Apalagi layanan yang ditawarkan Perusahan Penyedia Jaringan Indihome sangat dipercaya ribuan orang diluar sana. Dan telah menjangkau hampir seluruh wilayah di Indonesia.

Buat kamu yang merasa kecepatan internet melambat kamu bisa memanfaatkan beberapa panduan berikut untuk memeriksa Kecepatan Internet yang saat ini kamu gunakan. Salah satunya dengan memanfaatkan Page Speedtest Indihome.

Apa itu Speedtest Indihome?

Halaman Speedtest IndiHome adalah sebuah website dimana dengan menggunakannya kamu dapat melakukan uji kecepatan internet, Baik yang menggunakan Paket dari IndiHome maupun paket internet lain yang tidak terikat dengan layanan Indihome.

Hasil akumulasi akan ditampilkan setelah pemeriksaan singkat yang membutuhkan waktu beberapa seconds, lalu akan menunjukkan beberapa detail seperti Ping, Kecepatan Unduhan, Upload, Jiter juga Ip Adress.

Speedtest Indihome sendiri merupakan halaman yang dikembangkan khusus untuk pengguna Indihome. Mereka dapat memeriksa internetnya disini dengan data yang akurat.

Test ini sendiri ditujukan untuk pemeriksaan apakah ada kendala yang terjadi saat kamu menggunakan Paket internet untuk menjelajah. Dan merasa kecepatan internet tidak seperti hari biasanya.

Untuk melakukan test kecepatan internet, kamu bisa mengikuti panduan selanjutnya tentang cara menggunakan Speedtest Indihome berikut ini!

Baca juga: Cara Root STB Indihome Dengan 12 Langkah Mudah!

Cara Menggunakan Speedtest Indihome Untuk Memeriksa Kecepatan Internet

Ada banyak sekali jenis paket internet di Indihome dan beberapa diantaranya juga mempengaruhi kecepatan akses internet.

Mulai dari paket yang mahal dan memberikan penggunanya kuota yang melimpah dengan benefit akses internet yang ngebut!

Ada juga paket yang murah dan diperuntukkan untuk kegiatan standart sehari hari. Jika kamu merasa ada yang tidak beres dengan internet kamu saat ini.

Berikut langkah – langkah cara cek kecepatan internet di halaman Speedtest Indihome:

  1. Pastikan kamu terhubung dengan internet saat ini.
  2. Jika kamu tidak terhubung, Silahkan hubungkan internet kamu.
  3. Lalu buka browser andalan di perangkat yang kamu gunakan.
  4. Kunjungi halaman https://fast.indihome.web.id/
  5. Terakhir untuk melakukan pemeriksaan kecepatan internet kamu tinggal Ketuk “Mulai”.

Dengan begitu pemeriksaan akan dilakukan selama beberapa saat dan akan menghasilkan beberada data test seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.

Hasil Pengecekan di Halaman Speedtest Indihome
Hasil Pengecekan di Halaman Speedtest Indihome

Baca juga: 4 Cara Cek Tagihan Indihome Online & Offline

Faktor Yang Membuat Internet Indihome Lemot

Jika kamu merasa internet kamu hari ini lemot dan tidak seperti hari biasanya, Bisa dipastikan ada masalah yang tidak kamu tahu.

Dan untuk mencari tahu alasannya, Beberapa penyebab internet lemot dibawah ini mungkin dapat membantu anda mengetahuinya:

  • Gangguan Cuaca Buruk, Di indonesia sendiri terdapat dua musim yakni Musim hujan dan Kemarau. Dan hal yang paling memungkinkan menjadi penyebab internet melambat ialah Saat terjadi hujan deras. Pada saat itulah kamu akan merasa internet menurun drastis.
  • FUP Melebihi Batas, FUP alias batas ketentuan pemakaian wajar yang dilakukan pengguna dapat mempengaruhi kecepatan internet disaat kamu telah melampaui batasan ini. Internet kamu akan sangat lambat bisa menurun antara 50 – 70 %.
  • Kerusakan Perangkat, Kerusakan yang terjadi pada perangkat yang menghubungkan kamu ke jaringan indihome dapat jadi Boomerang yang memutuskan layanan internet kamu saat ini. Kerusakan ini sering terjadi dan tidak disadari pengguna untuk itulah perlu dilakukan pengecekan.
  • Perbaikan atau Maintenance Jaringan, Faktor keempat dan hampir tidak terdapat solusi yang bisa dilakukan selain menunggu perbaikan selesai ialah Maintenance. Jaringan pada saat itu akan mengalami beberapa masalah mulai dari error, tidak terhubung ke jaringan, sinyal hilang juga kecepatan yang menurun.
  • Masuk ke Waktu Sibuk, Waktu sibuk ialah waktu dimana ada banyak aktifitas internet yang dijalankan tidak seperti biasanya. Ditandai dengan banyaknya aktifitas pekerjaan, hiburan, pembelajaran dan masih banyak lagi.

Setelah kamu mengetahui beberapa faktor yang membuat internet kamu melambat, kamu bisa memutuskan pemecahan masalahnya sendiri.

Baca juga: 12 Cara Mempercepat Koneksi Internet Paling Ampuh

Dan ini menjadi akhir dari perjumpaan kita kali ini, Jangan lupa untuk berlangganan jika dirasa artikel yang diberikan bermanfaat! Dengan begitu Kamu akan mendapat update artikel setiap harinya dengan konten konten kamu butuhkan mungkin di masa depan.

Artikel Terkait:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Rekomendasi :