7 Cara Setting Remote AC Sharp Biar Dingin Tapi Hemat Listrik

cara setting remote ac sharp biar dingin

Tidak dapat dipungkiri, udara Indonesia yang panas membuat sebagian besar masyarakat memilih untuk memasang AC di rumah. Salah satu merk AC yang paling populer di Indonesia adalah Sharp. Untuk itu, Anda perlu mengetahui cara setting remote AC Sharp biar dingin.

Kesalahan dalam setting remote AC akan membuat tagihan listrik Anda membengkak. Artikel ini akan membahas mengenai cara setting remote AC Sharp yang benar sehingga AC rumah Anda tetap dingin dan tagihan listrik tetap murah.

Cara Setting Remote AC Sharp Biar Dingin

cara setting remote ac sharp biar dingin

Berikut ini adalah penjelasan mengenai fungsi tombol remote AC Sharp serta 6 cara menggunakan remote AC Sharp agar bisa menghemat budget listrik bulanan Anda tapi tetap bisa menikmati udara yang sejuk:

1. Gunakan Suhu Mode Auto

AC Sharp memiliki lima jenis mode berbeda yang dapat Anda pilih, yaitu auto, cool, dry, fan, dan heat. Untuk menghemat listrik, pilihlah mode auto pada remote AC Sharp pada saat pertama kali menyalakan AC.

Jangan memaksa AC untuk langsung “bekerja keras” dengan mengatur suhu ke derajat yang paling kecil saat baru menyala, karena hal tersebut dapat berpotensi untuk merusak AC Sharp Anda.

Pada mode auto ini, Anda tidak bisa melakukan perubahan suhu secara manual, karena AC Sharp akan secara otomatis menyesuaikan keadaan ruangan. Bila ruangan dalam keadaan panas, maka AC akan secara otomatis menurunkan suhunya, begitupun sebaliknya.

Baca juga: Cara Kerja AC Dalam Ruangan dan AC Mobil

2. Naikkan Suhu Secara Bertahap

Setelah itu, Anda dapat secara bertahap menaikkan suhu AC sesuai yang diinginkan dengan menekan tombol “-” (minus). Semakin rendah angka yang tertera pada remote, berarti semakin dingin suhu yang dihasilkan.

Sebaliknya, jika Anda menekan tombol “+” (plus), maka suhu yang dihasilkan akan semakin panas, bahkan bisa lebih panas daripada suhu ruangan. Hal ini mungkin berguna bagi negara – negara yang mengenal musim dingin agar ruangan bisa tetap hangat.

3. Nyalakan Mode Cool

Terkadang, meski Anda sudah menaikkan suhu AC ke derajat paling rendah, ruangan masih tetap terasa panas. Hal tersebut tentunya bisa membuat Anda kesal dan tidak puas dengan kinerja AC rumah Anda.

Jika hal tersebut terjadi pada AC milik Anda, Anda bisa mencoba untuk menyalakan mode cool agar suhu ruangan bisa menjadi lebih dingin lagi secara cepat.

4. Aktifkan Mode Fan

Jika Anda masih belum puas akan tingkat kedinginan AC karena beberapa hal seperti udara yang terlalu panas atau Anda baru saja melakukan aktivitas yang berkeringat, maka Anda bisa mengaktifkan mode fan.

Mode fan adalah salah satu cara mengatur remote AC Sharp agar cepat dingin yang paling efektif. Pada mode ini, Anda tidak bisa mengatur besar suhu dalam derajat, tetapi Anda bisa mengatur seberapa kencang angin yang akan dihasilkan AC. 

Untuk mengaktifkannya, cukup tekan ikon berbentuk kipas pada remote AC Sharp. Semakin tebal gambar kipas yang muncul di layar remote, maka semakin kencang angin yang dikeluarkan oleh AC.

Baca juga: 10 Peralatan Yang Dibutuhkan Untuk Service AC Serta Biaya Jasanya

5. Aktifkan Mode Swing

Agar angin yang dihasilkan sebuah AC dapat menjangkau sebagian besar wilayah Anda, maka nyalakanlah mode swing pada remote AC. Dengan fitur ini, Anda dapat dengan mudah mengatur arah udara AC sesuai yang diinginkan.

Tombol swing pada remote AC Sharp terletak di samping kanan tombol fan. Ketika tombol swing dinyalakan, maka AC akan akan bergerak ke atas, ke tengah, maupun ke bawah. Anda juga bisa mengatur agar AC dapat terus menerus bergerak dari atas ke bawah tanpa henti.

Namun, jika tujuan Anda adalah untuk menghemat listrik, maka disarankan untuk menggunakan mode swing satu arah saja, daripada mode swing yang terus bergerak naik dan turun.

6. Jangan Sering Mematikan dan Menyalakan AC 

Saat pertama kali dinyalakan dan dioperasikan, AC memerlukan daya listrik yang sangat besar. Oleh karena itu, jangan sering mematikan dan menyalakan AC dalam jarak waktu yang terlalu dekat jika tidak ingin tagihan listrik Anda membengkak.

Hal tersebut jarang sekali diketahui oleh masyarakat. Karena itu, sebagian besar orang masih sering mematikan dan menghidupkan AC demi menjaga tagihan listrik.

7. Jangan Atur Suhu dibawah 23 Derajat

Semakin rendah suhu yang dihasilkan, maka semakin besar daya listrik yang diperlukan karena kompresor akan bekerja lebih keras untuk mengubah udara panas menjadi dingin. Oleh karena itu, disarankan agar jangan mengatur suhu AC di bawah 23 derajat celcius. 

Jika khawatir suhu yang dihasilkan akan menjadi kurang dingin, Anda dapat mengombinasikannya dengan mode cool. Walaupun suhu yang ditampilkan remote AC adalah 23 derajat celcius, namun jika mode cool aktif, maka AC Anda akan tetap dingin.

Baca juga: 13 Penyebab AC Tidak Dingin Beserta Tips Ampuh Mengatasinya

Akhir Kata

Cara mengatur remote AC Sharp agar dingin sebenarnya sangat mudah dilakukan. Anda hanya perlu untuk menyalakan mode auto saat AC pertama dihidupkan, menaikkan suhu secara bertahap, serta mengaktifkan mode cool, mode fan, dan mode swing jika udara belum dingin.

Jika Anda ingin menghemat listrik, janganlah terlalu sering mematikan dan menghidupkan AC Sharp Anda. Sebaiknya, atur waktu-waktu tertentu untuk menentukan kapan AC harus menyala serta kapan AC harus mati dengan fitur timer on dan timer off.

Dengan fitur timer off, AC akan secara otomatis mati dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Tentu saja hal ini berguna untuk mengurangi risiko AC yang menyala terus-menerus akibat Anda ketiduran atau kesiangan.

Anda juga disarankan untuk tidak mengatur suhu AC di bawah 23 derajat. Semakin rendah suhu yang diminta, semakin keras pula kerja AC untuk mengubah udara panas menjadi udara dingin dengan bantuan freon. Hal ini akan berdampak pada naiknya daya listrik Anda.Demikianlah cara setting remote AC Sharp biar dingin tapi tetap hemat listrik. Anda bisa menerapkan cara-cara tersebut pada AC Sharp rumah Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.