Download Resetter Epson L210 + Cara Penggunaannya

Resetter Epson L210

Resetter Epson L210 sangat dibutuhkan jika perangkat printer Epson Anda mengalami error atau masalah pada software. Biasanya masalah tersebut muncul dengan indikator lampu yang terus berkedip dan printer tidak dapat mencetak.

Bagi mereka yang awam tentu saja masalah kecil seperti ini sudah dapat membuat pusing. Padahal jika tahu caranya Anda dapat menyelesaikan printer error dengan sendiri. Tanpa harus membawanya ke teknisi, printer dapat kembali normal dan bisa digunakan.

Review Printer Epson L210

Resetter Epson L210

Kita tahu teknologi sekarang ini terus mengalami perkembangan. Tidak terkecuali dengan perangkat printer yang menghadirkan berbagai inovasi terbaru. Bahkan sekarang ada printer yang sudah menggunakan teknologi wireless sehingga kita tidak membutuhkan kabel untuk mencetak.

Kemudahan-kemudahan tersebut diperuntukkan agar kita selalu produktif. Terlebih ketika pekerjaan kita berkaitan erat dengan dunia pencetakan maka memilih printer benar-benar perlu dipertimbangkan.

Sesuai dengan judul di atas tentu saja kali ini kita hanya akan membahas terkait persoalan Epson L210. Printer satu ini memang menjadi salah satu tipe printer yang banyak digunakan di Indonesia. Selain karena kemudahan saat menggunakannya, merk Epson sendiri sudah punya tempat di hati masyarakat kita.

Epson L210 pertama kali diperkenalkan pada tahun 2012. Printer satu ini cukup untuk memenuhi kebutuhan proses pencetakan sehari-hari. Namun tidak jarang muncul beragam keluhan dari para penggunanya. Kendala itu bisa berasal dari hardware atau software yang error.

Baca juga: Download Resetter Epson L3110 + Cara Reset Printer

Masalah yang Sering Muncul Pada Epson L210

Walaupun memang termasuk printer yang berkualitas, Epson L210 ini tetap memiliki potensi masalah. Tentu ada beragam faktor yang menyebabkan potensi masalah tersebut. Jika masalah yang timbul berasal dari hardware, barangkali Anda perlu membawa printer Epson kepada teknisinya.

Namun khusus untuk masalah software, sebenarnya dapat Anda atasi sendiri dengan menggunakan resetter Epson L210. Berikut adalah beberapa kendala yang sering dijumpai oleh user printer Epson:

  1. Fatal errors
  2. It is time to reset the ink levels
  3. It is nearly time to reset the ink levels
  4. Service required
  5. Ink pad is at the end of its service live
  6. Ink waste in full

Apa Itu Resetter Epson L210?

Di atas kita sedikit menyinggung resetter Epson L210, lalu apa sih yang dimaksud dan apa fungsinya? Bisakah resetter tersebut menyelesaikan semua problem printer Epson?

Resetter adalah sebuah software yang dikhususkan untuk memprogram ulang printer Anda. Sesuai dengan namanya, resetter berasal dari bahasa Inggris yang berarti “pemulih/pemasang ulang”. Maka fungsinya adalah untuk mengembalikan printer seperti kondisi awal pembuatannya.

Sebagaimana yang kita ketahui jika setiap merek dan jenis printer memiliki data programnya tersendiri. Data inilah yang kadang menyebabkan masalah saat Anda ingin menggunakan printer.

Cara kerja resetter adalah dengan menghapus data memori pada printer. Seluruh data yang error akan dihilangkan sehingga printer nantinya dapat dioperasikan kembali seperti sedia kala. Anda dapat melakukan cara reset printer sendiri tanpa membutuhkan teknisi.

Hal yang perlu diketahui bahwa resetter ini digunakan hanya untuk masalah software. Sebab itulah jika printer Anda mengalami masalah pada hardware-nya maka resetter bukan untuk menjadi solusi.

Baca juga: Cara Reset Printer Epson L120 Dengan Resetter dan Manual

Download Resetter Epson L210

Resetter Epson L210 dapat digunakan untuk mengatasi beberapa masalah seperti yang telah disebutkan diatas. Untuk menggunakannya tentu saja Anda perlu mendownload terlebih dahulu software tersebut. Berikut kami sudah siapkan link download resetter Epson:

  • Nama File: Resetter Epson L210
  • Ukuran File: 3 MB
  • Format File: Rar
  • Mendukung: Windows 7, 8, 8.1, 10, 11 (32bit/64bit)
  • File Upload: Mediafire.com
  • Tautan File: Download Rar

Catatan: Sebelum mengunduh file Resetter Epson L210, Terlebih dahulu matikan Antivirus / Windows Defender baik pada komputer maupun browser kalian (Jangan khawatir, karena file ini bukan virus).

Cara Melakukan Reset Epson L210 Dengan Aplikasi

Jika Anda telah mendownload file resetter Epson L210 di atas maka ada tahapan yang perlu dilakukan. Untuk melakukan reset dan mengembalikan printer seperti semula silakan lakukan tutorial berikut:

  • Buka file software dan jalankan
  • Nanti Anda akan menemukan tampilan ‘Software epson adjustment program’, klik saja ‘Select’.
Resetter Epson L210
  • Pilih tipe atau seri printer Epson L210 di kolom ‘Model Name’.
  • Untuk pengaturan lainnya biarkan saja kosong, pada bagian ‘Port’ pilih ‘Autoselection’ lalu klik ‘Oke’.
  • Di tahap selanjutnya Anda harus memilih ‘Particular adjustment mode’ pada bagian kanan aplikasi.
  • Akan muncul jendela baru silakan pilih ‘Waste ink pad counter’ dan tekan ‘Ok’.
  • Pada bagian ‘Platen pad counter’ dan ‘Main pad counter’ pilih centang.
  • Lakukan ‘Initialize’ maka proses reset printer Epson L210 akan berjalan.
  • Tunggu proses reset selesai lalu matikan printer kemudian nyalakan kembali.

Baca juga: Download Resetter Epson L120 dan Cara Penggunaannya

Cara Reset Printer Epson L210 Secara Manual

Beragam masalah yang sering ditemui pada printer Epson sering membuat penggunanya pusing. Cara reset Epson L210 secara manual bisa menjadi alternatif selain menggunakan aplikasi. Berikut adalah step by step cara reset Epson manual yang dapat Anda ikuti:

  1. Agar proses reset manual berjalan sempurna silakan cabut kabel listrik printer selama 5 menit.
  2. Jika dirasa sudah cukup sekarang hubungkan kembali kabel listrik kemudian nyalakan printer seperti biasa.
  3. Apabila printer Epson L210 Anda sudah menyala sempurna tekan  tombol power dan resume lalu tahan selama 5 detik lebih.
  4. Ulangi lagi tekan tombol tersebut selama 3 detik saja.
  5. Printer akan melakukan resetting dan bisa digunakan kembali

Solusi Jika Gagal Reset Epson L210

Anda sudah melakukan dua cara di atas namun masih mengalami kegagalan? Bisa jadi masalah tersebut berasal dari faktor lain. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum melakukan reset Epson L210 kembali:

1. Kabel Listrik

Banyak orang terlebih dahulu mencabut kabel listrik sebelum melakukan reset. Hal ini bertujuan untuk membantu menghapusan data memori pada sistem printer. Diharapkan nantinya proses reset akan kembali normal.

2. Bersihkan Tabung Tinta

Silakan Anda lakukan pembersihan pada tabung pembuangan tinta. Barangkali pengguna lupa untuk membersihkan tabung pembuangan ini dan tinta dibiarkan begitu saja. Sebaiknya untuk selalu rutin mengecek bagian ini.

3. Roller Printer

Terdapat bagian yang sangat penting pada printer yaitu roller. Tidak jarang roller mengalami masalah karena terdapat kertas yang menyangkut atau benda asing lainnya. Silakan periksa kemudian bersihkan roller jika terdapat masalah.

4. Posisi Cartridge

Saat pengguna memasang ulang cartridge juga sering mengalami masalah. Biasanya posisi warna dan hitam terbalik sehingga terjadi error. Cek dan periksa kembali pastikan keduanya tidak tertukar.

5. Tinta Pada Cartridge

Anda juga dapat membersihkan ulang tinta pada cartridge. Jika sudah pengguna dapat melakukan reset printer Epson L210 kembali.

Tips-tips di atas diharapkan dapat menyelesaikan masalah saat Anda melakukan resetting printer Epson. Jika memang semua tahapan sudah dilakukan dengan benar dan printer masih error, ada baiknya Anda membawa printer kepada teknisi.

Kerusakan hardware juga menjadi salah satu yang kerap terjadi pada semua tipe printer Epson. Masalah tersebut bisa karena usia printer yang sudah tua atau mungkin cara penggunaannya yang kurang tepat.

Akhir Kata

Sebagai pengguna Epson Anda dapat menyelesaikan masalah error menggunakan resetter Epson L210. Ikuti langkah dan tahapannya di atas dengan teliti supaya printer Anda kembali normal. Cara tersebut memang tidak menjamin berhasil, namun tidak ada salahnya untuk dicoba, bukan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.