Harga Materai 10000 di Kantor Pos, Tempat Fotokopi dan Minimarket - Javasiana.com
Home » Umum » Harga Materai 10000 di Kantor Pos, Tempat Fotokopi dan Minimarket

Harga Materai 10000 di Kantor Pos, Tempat Fotokopi dan Minimarket

Javasiana.com 19 Desember 2023

Materai merupakan lembaran kertas yang berbentuk kotak kecil. biasanya materai ini ditempelkan pada kertas sebelum dibubuhkan tanda tangan. Materai terdiri dari beberapa jenis, salah satunya yaitu materai 10000. Harga materai 10000 pun masih tergolong murah.

Materai berguna sebagai alat untuk membayar pajak dokumen yang digunakan oleh seseorang. Biasanya, dokumen tersebut dijadikan sebagai alat bukti ataupun keterangan. Materai 10000 biasanya dipakai dalam dokumen tersebut.

Untuk memperoleh meterai tempel 10000 sangatlah mudah karena di fotokopian biasa nya menjualnya. Anda juga bisa mendapatkannya melalui Kantor Pos terdekat yang harganya jauh lebih murah.

Apa Itu Materai?

Banyak orang yang tahu bentuk fisik dari materai namun tidak mengerti artinya. Materai atau nama lainnya bea materai adalah bukti pembayaran pajak atas pembuatan suatu dokumen. Keberadaan materai yang dibubuhi tanda tangan ini mampu meningkatkan kekuatan hukum.

Penggunaan materai ini tidak boleh sembarangan, melainkan ada aturannya sendiri yang telah diatur di dalam Undang-undang. Dewasa ini, materai sering dipakai pada dokumen untuk melamar pekerjaan.

Jenis materai nominal 10000 sedang laris manis karena mulai banyak yang menggunakannya. Tak heran jika tempat fotokopian seringnya kehabisan jenis materai ini. Jika sudah kehabisan, maka Anda bisa mencarinya di Kantor Pos terdekat.

Harga materai 10000

Mengetahui harga materai 10000 sangatlah penting agar Anda bisa menyediakan uang yang pas untuk membayarnya. Nyatanya, harga materai ini memiliki perbedaan di setiap tempatnya yang menyediakan. Berikut harga :

1. Kantor Pos

Kantor Pos merupakan tempat resmi penjualan materai ini. Perlu diketahui bahwa sekarang pemerintah telah menetapkan materai tunggal yaitu 10000 saja. Hal tersebut diberlakukan guna menambah perolehan pajak yang akan diterima oleh negara. 

Harga materai di Kantor Pos yang 10000 dibanderol dengan harga yang sama yaitu Rp 10.000. Jadi, Anda akan lebih menghemat uang jika melakukan pembelian langsung melalui Kantor Pos. Namun kendalanya adalah tidak semua rumah dekat dengan Kantor Pos.

Harga 1 lembar materai 10000 isi berapa? pada 1 lembar kertas materai berisi 50 buah materai. Apabila Anda ingin menjual kembali materai 10000, maka bisa langsung membelinya dalam jumlah yang banyak.

Saat ini Kantor Pos juga telah menyediakan penjualan materai secara online sehingga akan lebih memudahkan. Materai yang dijual yaitu jenis e-materai yang bisa disimpan dalam bentuk file pdf.

Baca juga:

2. Tempat Fotokopi

Hampir semua tempat fotokopi menyediakan materai 10000 asli untuk para pelanggannya. Biasanya, banyak orang mencari materai ini untuk lembar keaslian skripsi ataupun melamar kerja. 

Sebenarnya materai 10 ribu harganya berapa? apabila Anda membelinya di tempat fotokopi, maka harganya jauh lebih mahal dibandingkan membeli langsung di Kantor Pos. Ya, tempat fotokopian biasanya mengambil untung sehingga harganya dilebihkan.

Jangan kaget jika Anda menemukan harga materai 10.000 di fotocopy Rp 12.000- Rp 13.000 di tempat fotokopi. Harga tersebut termasuk standar dan tidak terlalu mahal. Daripada Anda harus jauh-jauh pergi ke Kantor Pos, maka tempat fotokopian bisa dijadikan sebagai opsi.

3. Indomaret

Harga materai di Indomaret juga terbilang lebih mahal dibandingkan harga di Kantor Pos. Namun, harganya cenderung lebih murah jika dibandingkan dengan tempat fotokopian. Anda pun bisa menjadikannya sebagai opsi jika malas pergi jauh-jauh ke kantor Pos.

Untuk harga materai 10.000 di Indomaret dibanderol Rp 11.500 saja. Terdapat selisih Rp 1.500 jika dibandingkan dengan harga yang ada di Kantor Pos. Tentu harga tersebut masih terjangkau oleh Anda karena tidak terlalu mahal.

Setiap pembelian yang jumlahnya besar biasanya dilengkapi dengan materai. Banyak yang menanyakan materai 10000 untuk kwitansi berapa? untuk materai 10000 umumnya digunakan pada kwitansi yang nominalnya diatas 5 juta.

Kegunaan Materai 10000

Setelah mengetahui harga materai 10000 di berbagai tempat, Anda juga perlu mengetahui kegunaan dari materai 10000 yang selama ini sering ditemui. Berikut ini terdapat beberapa kegunaannya yang sayang jika dilewatkan:

1. Sebagai Kekuatan Hukum Dalam Surat Kontrak

Seseorang yang akan diterima kerja di suatu perusahaan, biasanya wajib menandatangani surat kontrak kerja. Surat tersebut berisi berapa lama kontrak kerja akan dilaksanakan dan apa saja sanksi yang diberikan jika melanggarnya.

Materai harga 6000 sudah tidak berlaku lagi, Anda harus menggantinya dengan materai 10000 sehingga harga materai 10000 harus tahu. Setelah dibubuhkan tanda tangan diatas materai, maka surat kontrak memiliki nilai hukum dan bisa dituntut jika terbukti bersalah.

2. Sumber Kekuatan Hukum Pada Surat Pernyataan

Surat pernyataan seringkali dibuat oleh seseorang guna menyatakan keadaan yang sebenarnya. Tak hanya di ranah lembaga hukum saja, surat ini juga ada di dalam kampus. Biasanya surat tersebut berkaitan dengan keaslian skripsi yang dibuatnya.

Materai pos 10000 harus ditempelkan pada surat tersebut sebagai sumber kekuatan hukum. Apabila suatu saat terbukti surat pernyataan tersebut tidak benar, maka akan ada sanksi tegas yang dikenakan. 

Baca juga:

3. Sumber Kekuatan Hukum Pada Surat Perjanjian

Surat perjanjian biasanya berkaitan dengan bisnis yang sedang dijalankan. Biasanya, akan ada dua pihak di dalam surat ini yaitu pihak pertama dan pihak kedua. Di dalam surat tersebut akan berisi perjanjian apa saja yang akan disepakati oleh kedua belah pihak.

Di setiap surat perjanjian, akan ada materai harga 10000 terbaru yang ditempelkan pada bagian penanda tangan. Nantinya materai ini memiliki kekuatan hukum yang sah di Indonesia. apabila ada salah satu pihak  yang melanggar, maka akan terkena sanksi.

Penutup

Mengetahui harga materai 10000 merupakan hal yang penting karena materai tersebut sering digunakan dalam berbagai dokumen penting. Anda pun bisa memilih ingin membelinya dimana karena sudah tahu variasi harganya di setiap tempatnya.

QnA (Questions And Answers) 

1. Dimana beli materai yang asli?

Pembelian materai bisa dilakukan di Kantor Pos yang tersebar di seluruh Indonesia. apabila rumah Anda jauh dari kantor Pos, maka tempat fotokopian biasanya menjualnya. Jadi, Anda tidak akan kesulitan mencarinya.

2. Apakah materai bisa direvisi?

Pembubuhan materai secara fisik maupun elektronik hanya bisa dilakukan satu kali saja. Apabila ada kesalahan dalam tanda tangan pada materai tersebut, maka harus mengulangnya dari awal. Dengan begitu, Anda perlu mengganti materainya yang baru.

3. Apakah e-materai bisa dibeli di Kantor Pos?

Tentu saja Kantor Pos melayani pembelian e-materai ini secara online. Anda yang ingin membelinya pun tidak perlu datang langsung ke kantornya. Cukup dengan mengunjungi website-nya saja dan lakukanlah pembelian.

4. Apa perbedaan materai biasa dengan e-materai?

Bagi orang awam tentu belum terlalu familiar dengan e-materai. Padahal sekarang zaman sudah canggih. Perbedaannya adalah materai biasa berbentuk fisik yang ditempelkan pada dokumen. E-materai bentuknya digital, bisa dicetak atau disimpan dalam format pdf.

Javasiana.com

Pecandu teknologi, Suka berbagi tips dan trik bermanfaat untuk anda semua.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Artikel Terkait