Javasiana.com Beyond Blogging!!!

Kelebihan MacBook Pro dari Laptop Lainnya

3 min read

Kelebihan MacBook

Apakah Anda ingin membeli laptop baru? Tertarik dengan MacBook? Sebelum memutuskannya, yuk cari tahu kelebihan MacBook terlebih dahulu!

Seiring berkembangnya dunia teknologi, komputer atau laptop pun mengalami perkembangan yang sangat pesat.

Saat ini laptop sudah hadir dalam bentuk MacBook, dengan kualitas yang sangat bagus dan juga harga yang cukup mahal.

Dengan harga sekitar 23 sampai 43 juta rupiah, ada beberapa kelebihan MacBook yang setara dengan harga tersebut.

Ada 2 jenis MacBook, yaitu MacBook Air dan juga MacBook Pro. Kedua jenis MacBook tersebut diproduksi oleh perusahaan Apple.

Sudah tidak asing lagi pasti bagi Anda saat mendengar merek Apple, karena Apple selalu memproduksi produk yang memiliki kualitas tinggi.

Kali ini kita akan membahas kelebihan dan kekurangan MacBook yang wajib untuk Anda ketahui sebelum membeli MacBook. Agar Anda tidak menyesal setelah membelinya dengah harga yang relatif cukup mahal untuk sebagian besar orang.

Baca juga: Iphone vs Android: Mana Yang Terbaik Untuk Kebutuhan Anda?

Kelebihan MacBook Pro

Ada 10 kelebihan dari MacBook Pro, yang membuat Anda tidak merasa rugi setelah membelinya.

Berikut adalah penjelasan singkatnya!

1. Bodi yang ringan dan juga tipis

Kelebihan MacBook Pro

Berat dari MacBook Pro adalah sebesar 1,3 kg dengan ketebalan 14,99 mm. Ini adalah ukuran untuk jenis MacBook Pro ukuran 13 inci.

Sedangkan untuk yang 15 inci, beratnya 1,8 kg dan tebal 15,5 mm. Cukup ringan dan mudah untuk Anda bawa bepergian.

Karena dengan membawa laptop yang berat pasti akan membuat Anda cepat lelah dan juga tidak nyaman pastinya.

2. Memiliki panel touch bar

MacBook Pro memiliki fitur panel touch bar yang bisa Anda temukan pada bagian atas keyboard. Fitur ini berfungsi untuk menggantikan sejumlah deretan tombol Functions (F).

Kegunaan dari fitur ini, yaitu sebagai jalan pintas menuju tools, seperti navigasi, siri, emoji, dan lain-lain. Terdapat sebuah tombol scan sidik jari untuk otentifikasi pembayaran melalui Apple Pay yang berada pada bagian sebelah kanan touch bar.

3. Memiliki kualitas layar yang cukup tajam

MacBook Pro dilengkapi oleh teknologi retina display, yang berfungsi untuk layar agar terlihat sangat colorful, tajam, dan juga cerah.

Dengan teknologi ini, sangat memudahkan Anda untuk melihat hasil grafis atau foto dengan lebih jelas dan juga detail.

4. Mempunyai baterai yang tahan lama

Kelebihan MacBook Pro

Berdasarkan review dari pengguna, baterai MacBook dapat bertahan selama 10-12 jam. Hampir setengah hari, waktu yang cukup lama jika dibandingkan dengan laptop biasa yang hanya bertahan selama 4-5 jam.

Keunggulan yang satu ini membuat Anda tidak perlu terlalu sering mengisi ulang baterai. Sehingga baterai lebih awet dan tidak mudah rusak atau mengalami kebocoran.

5. Memiliki speaker yang lebih kencang

MacBook Pro memiliki speaker yang volumenya 58% lebih besar dari laptop lainnya dan bass 2,5 kali lipat lebih lantang. Cocok sekali untuk Anda yang suka edit video, menonton film, mastering dan mixing audio, dan juga mendengarkan musik.

6. Mempunyai spesifikasi yang mumpuni

MacBook dengn ukuran layar 13 inci, memiliki RAM sebesar 8 GB dan prosesor Intel Core i5 2.0 GHz dual-core. Selain itu kapasitas penyimpanannya juga cukup besar, yaitu 256 GB.

Sangat sesuai bukan dengan harga yang cukup mahal?

7. Kinerja dan performa yang andal

Kelebihan MacBook Pro

Hanya butuh waktu 15 detik untuk mematikan dan juga menyalakan MacBook Pro. Sangat cepat bukan? Selain itu, saat Anda sedang mengedit video, desain foto, atau bermain game, prosesnya akan sangat lancar.

Tidak ada yang namanya loading lama. Akan sangat mempercepat penyelesaian tugas yang sedang Anda kerjakan. 

8. Memiliki banyak gesture dan trackpad yang luas

Kelebihan MacBook Pro lainnya adalah memiliki trackpad yang lebih luas dari laptop lainnya. Selain itu, gesturenya juga cukup bervariasi. Anda bisa melakukan swipe, spread, tap, atau pinch dengan menggunakan satu jari saja. 

9. Dapat meng-install OS Windows

Anda dapat meng-install Windows melalui MacBook ini, meskipun perangkat ini sudah memiliki sistem operasi MacOS. Jadi, bagi Anda yang lebih familiar dengan sistem operasi Windows, tidak perlu khawatir, Anda akan tetap bisa menggunakannya.

Ketahui! Cara Install Windows 10 di PC atau Laptop Plus Gambar

10. Laptop khusus para professional

Kelebihan MacBook yang terakhir adalah laptop ini khusus di desain untuk para pekerja profesional. Contohnya, content creator, desainer, gamers professional, programmer, arsitek, dan lain-lain.

Karena jenis pekerjaan tersebut membutuhkan perangkat yang memiliki fitur-fitur professional, kapasitas memori yang besar, dan juga cepat.

4 Kekurangan MacBook Pro

Selain memiliki banyak kelebihan, MacBook Pro juga memiliki 4 kekurangan yang menjadi pertimbangan untuk Anda sebelum membelinya. Berikut adalah penjelasan singkatnya!

1. Biaya service mahal

Jika display layar atau keyboard MacBook Pro mengalami kerusakan, Anda harus bersiap untuk mengeluarkan uang jutaan rupiah untuk memperbaikinya.

Begitu juga dengan kerusakan komponen lainnya. Oleh karena itu, berhati-hatilah saat menggunakannya, agar tidak mudah rusak.

2. Aksesoris MacBook harganya cukup mahal

Tidak hanya harga MacBook dan biaya servicenya yang mahal, ternyata aksesoris jenis laptop ini juga lumayan mahal. Contohnya seperti mouse, kabel data, atau aksesoris lainnya. Harganya pasti lebih mahal dari aksesoris laptop lainnya.

3. Dukungan game dan software yang kurang

Game dan software yang tersedia untuk sistem operasi MacOS cukup langka. Karena orang lebih banyak menggunakan sistem operasi windows, dan yang menggunakan MacOS cukup sedikit.

Jadi, para pengembang atau pembuat game atau software lebih tertarik untuk membuatnya dalam versi Windows. 

Karena membutuhkan biaya yang lumayan mahal untuk membuat software atau game lintas sistem operasi. Oleh karena itulah, software dan game pada MacBook tidak banyak atau langka.

Baca juga: Cara Uninstall Aplikasi di Laptop / PC

4. Ketahanan baterai MacBook tidak konsisten

Menurut dari salah satu Customer Reports, baterai Macbook memiliki ketahanan yang tidak konsisten. Mereka sudah membuktikan sendiri dengan melakukan 3 kali pengujian.

Untuk ukuran MacBook layar 13 inci dengan fitur touch bar. 

Pengujian pertama menghasilkan baterai dapat bertahan selama 16 jam. Tetapi, pada pengujian kedua terjadi penurunan, baterai hanya dapat bertahan selama 12,75 jam.

Dan yang lebih mengejutkan lagi, pada percobaan ketiga, baterai MacBook hanya dapat bertahan selama 3,75 jam.

Seperti itulah kelebihan dan kekurangan MacBook, semoga informasinya bermanfaat untuk Anda yang ingin membeli MacBook. Sebenarnya setiap barang atau perangkat elektronik pasti akan selalu memiliki kelebihan dan juga kekurangan.

Tetapi, alangkah baiknya untuk memilih perangkat elektronik yang kekurangannya tidak terlalu fatal dan masih bisa ditoleransi.

Dan yang lebih penting adalah membeli barang sesuai kemampuan. Jangan terlalu memaksakan diri, nanti ujung-ujungnya akan menyusahkan diri Anda sendiri.

Tidak mengapa membeli laptop yang lebih murah, tetapi kualitasnya lumayan bagus dan juga sesuai dengan kebutuhan pekerjaan Anda.

Namun, jika memiliki kelebihan uang, alangkah baiknya untuk membeli laptop yang berkualitas tinggi, agar mempermudah dalam menyelesaikan pekerjaan Anda.

Javasiana.com
Javasiana.com Beyond Blogging!!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.