Javasiana.com Beyond Blogging!!!

Aplikasi Perekam Layar PC Terbaik

6 min read

Aplikasi Perekam Layar PC

Aplikasi perekam layar PC merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk merekam  layar PC. Baik itu berupa video call, gaming maupun live streaming.

Seperti diketahui, bahwa fungsi dari perekam layar PC ini yaitu untuk merekam layar di PC. Baik secara keseluruhan ataupun pada bagian-bagian tertentu saja. 

Dari sekian banyak aplikasi sejenis, yang merupakan aplikasi berbayar.  Ada juga beberapa diantaranya yang menawarkan aplikasi perekam layar PC yang bisa anda dapatkan secara gratis. 

Dan meskipun tak berbayar, namun bukan berarti fitur yang diberikan menjadi terbatas. Malah justru, banyak aplikasi perekam layar PC gratis tersebut yang menawarkan fitur yang lengkap serta beragam.

Adapun alasan dari perekaman ini tentu saja untuk melakukan pengeditan bagian yang direkam tadi, agar hasilnya lebih  maksimal, atau sesuai dengan yang diinginkan.

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi Edit Foto PC Terbaik

Rekomendasi Aplikasi Perekam Layar PC Terbaik Tanpa Watermark

Seperti telah disebutkan sebelumnya, bahwa selain terdapat aplikasi berbayar, ternyata ada juga beberapa aplikasi perekam layar PC ringan yang bisa didapatkan secara gratis. Bahkan bukan itu saja, fitur yang diberikan juga tak kalah dengan aplikasi berbayar. Penasaran, apa saja aplikasi yang dimaksud ? berikut ulasannya. Diantaranya :

1. Movavi Screen Recorder Studio

Aplikasi Perekam Layar PC Movavi Screen Recorder Studio
Movavi Screen Recorder Studio

Aplikasi perekam layar PC gratis yang pertama yaitu Movavi Screen Recorder Studio. Selain bisa merekam layar PC, aplikasi ini juga memungkinkan anda untuk melakukan pengeditan dengan support beberapa fitur.

Seperti trim, crop serta plif. Bukan itu saja, anda juga bisa melakukan scree shoot pada layar dan menyimpannya.

Keunggulan lainnya yaitu selain bisa merekam layar, aplikasi ini bisa juga digunakan untuk merekam video melalui webcam. Bahkan, untuk merekam audio pun, bisa anda lakukan via mikrofon.

Aplikasi perekam PC ringan ini sangat kompatibel bagi Microsoft Windows 2000, XP, Vista, windows 7 serta windows 8. 

Dengan RAM sekitar 258 untuk windows XP, dan  1GB untuk windows 7 dan windows 8, serta 512 MB untuk windows Vista. Selain itu, tampilan grafis pada aplikasi ini sekitar 1024×768 pixel, 32 bit-color.

Dengan ruang hard disk sebesar 250 Mb untuk instalasi dan sekitar 2 GB untuk operasi yang sedang berjalan.

2. OBS Studio

OBS Studio
OBS Studio

Selain bisa diunduh secara gratis, OBS Studio juga merupakan aplikasi perekam PC ringan yang bisa digunakan pada semua platform. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur yang beragam, serta adanya support untuk streaming.

Kelebihan lainnya, yaitu tema pada menu bisa diganti-ganti. OBS sendiri merupakan kependekan dari Open Broadcaster Software Studio. Dirilis pertama kali pada tahun 2016, yang dikelola oleh perusahaan OBS serta QT. 

Untuk aplikasi perekam layar PC ini, OBS studio bisa menjadi pilihan bagi para youtuber. Dikarenakan tampilannya yang sederhana serta mudah digunakan. Namun karena tidak adanya panduan pada penggunaannya, maka anda diharuskan mempelajari dahulu mengenai langkah-langkah dalam pemanfaatannya.

3. Action !

Action !
Action !

Salah satu aplikasi perekam layar PC tanpa watermark yang bisa anda dapatkan secara gratis adalah Action. Format yang dihasilkan oleh aplikasi ini yaitu MV4 dan juga AVI.

Selain bisa merekam layar, aplikasi ini juga bisa melakukan screenshoot dengan sangat cepat. Sehingga sangat cocok untuk gaming maupun dalam perekaman video tutorial. 

Selain itu, kelebihan lainnya dari Action! yaitu hasil rekaman yang dilakukan bisa mencapai resolusi 1080p. Sehingga kualitas gambar menjadi sangat jernih, dengan kualitas tinggi.

Keunggulan lainnya yaitu anda juga bisa melakukan perekaman audio hingga streaming.

Dimana untuk perekaman audio, anda bisa melakukannya via mikrofon. Sementara untuk yang lainnya, aplikasi ini juga menawarkan streaming yang diambil dari youtube, facebook, dan sebagainya.

Actions ! sendiri merupakan salah satu aplikasi perekam layar PC tanpa watermark yang dibuat oleh Mirilis Ltd. 

Beberapa alasan mengapa aplikasi ini banyak digunakan yaitu karena adanya mode greenscreen. Dimana anda bisa mengubah background video saat anda merekam dengan webcam.

Bukan itu saja, alasan yang lainnya yaitu adanya antar muka yang intuitif, hasil rekaman dengan resolusi tinggi  serta bisa mengekspor hasil rekaman untuk disimpan pada format tertentu. 

4. Bandicam

Bandicam Aplikasi Perekam Layar PC Tanpa Watermark
BandiCam

Aplikasi perekam layar PC tanpa watermark lainnya yaitu Bandicam. Selain bisa diunduh secara gratis, aplikasi ini juga terbilang ringan dan mudah digunakan. hanya saja, aplikasi ini hanya bisa digunakan pada window saja.

Ada 2 versi yang ditawarkan aplikasi bandicam ini. yang pertama adalah versi registered dengan fitur yang lebih lengkap serta tanpa watermark. Sementara yang lainnya adalah versi unregistered, dengan fitur dan durasi perekaman yang terbatas.

Bandicam sendiri memiliki RAM sekitar 512 MB, serta VGA dengan ukuran 800 x 600, 16 bit warna. 

Selain bisa digunakan untuk format MV4 dan juga AVI, aplikasi perekam layar PC ringan ini juga bisa digunakan untuk merekam dan mengedit video, serta menambahkan overlay webcam, saat anda merekam video.

Bukan itu saja, fitur tambahan lainnya, anda juga bisa merekam game, mencampur suara anda dalam video hingga menambahkan logo, efek mouse serta animasi pada video yang sedang anda rekam. 

Dan tentu saja, video yang dihasilkan menghasilkan resolusi  tinggi, serta kualitas yang terbaik.

5. Cam Studio

Cam Studio

Salah satu aplikasi perekam layar PC ringan yang bisa anda dapatkan secara gratis yaitu Cam Studio.  Aplikasi ini memungkinkan anda dapat merekam gambar demi gambar dan mengubah hasil rekaman dari format AV  menjadi video SWF.

Keunggulan lainnya dari aplikasi ini yaitu, Cam Studio memiliki codec less sendiri, yang tentunya memiliki kemampuan untuk menghasilkan gambar dan video dalam kualitas tinggi, meskipun ukuran filenya terbilang kecil.

Sistem operasi yang biasanya menggunakan aplikasi perekam layar PC tanpa watermark ini yaitu window XP 32. Sementara untuk ukuran RAM yang dimiliki yaitu sekitar 1GB, dengan kartu yang kompatibel dengan direct X9. 

Umumnya, Cam Studio ini digunakan untuk membuat video presentasi, tutorial hingga demo dan video review mengenai suatu produk.

Fitur-fitur yang ada dalam aplikasi ini diantaranya bisa membuat keterangan pada gambar/video, mnenambahkan suara berkualitas tinggi hingga memasukkan film picture in picture yang didapat dari webcam, yang dialihkan pada desktop PC.

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi Edit Video PC Terbaik

6. Dxtory

Dxtory
Dxtory

Aplikasi perekam layar PC ringan yang bisa anda dapatkan secara gratis selanjutnya yaitu Dxtory. Salah satu keunggulan dari aplikasi ini yaitu pengaturannya yang mudah dipahami serta tampilannya yang terbilang menarik namun sederhana. Selain bisa merekam, aplikasi ini juga disertai fitur pengeditan video yang banyak digunakan oleh kreator konten.

Keunggulan lainnya yaitu software yang terbilang sangat kecil, bahkan kurang dari 10 MB. Aplikasi ini juga bisa digunakan dalam merekam data dari surface memory butter, yang tentunya tidak akan memerlukan kinerja RAM yang ada. Dan yang menarik, aplikasi perekam layar PC ini juga bisa menghasilkan rekaman, dengan kualitas yang baik, sehingga tak memerlukan proses kompres.

7. Videoproc

Videoproc

Hadir dengan teknologi yang mengesankan untuk aplikasi perekam Layar Pc Terbaik Ke-7 VideoProc menghadirkan perangkat lunak perekam layar video tercepat dan telah mencapai Akselerasi Perangkat Keras Level-3 yang telah ditenagai Intel®, AMD®, dan NVIDIA® GPU.

Aplikasi Perekam Layar Pc satu ini menghadirkan alat pengeditan dan transkode video yang sangat halus dengan kualitas terbaik yang dihadirkan mampu memberi banyak sekali keuntungan bagi penggunanya.

Anda dapat menggunakan aplikasi ini secara gratis.

Sedangkan jika anda memiliki pekerjaan yang lebih besar maka anda perlu berlangganan dan mendapat Software ini untuk Kualitas yang lebih baik dan profesional.

Dilengkapi dengan fitur Potongan, Pemangkasan dan Gabungkan Video satu dengan lainnya lalu merepresentasikannya dengan Kualitas terbaik yang bisa dimuat.

Dengan begitu barulah anda akan mendapat hasil dari jerih payah anda selama ini.

8. Camtasia

Camtasia
Camtasia

Jauh lebih menarik menggunakan Aplikasi yang lebih lengkap dan bisa diandalkan, tanpa harus mengimpor hasil video ke beberapa software lainnya lalu menghambat waktu berharga anda. Camtasia adalah Aplikasi Perekam Layar juga Editor Video All In One Terbaik yang bisa dijadikan pilihan.

Dengan cara ini anda dapat menghasilkan Video dari Layar Komputer / Pc dan Laptop dengan lebih efisien karena sudah mencakup Alat untuk pengeditannya.

Mulai dari olesan sederhana dengan alat dan fitur editing yang diberikan.

Lalu buat animasi, effect dan sesuaikan preset yang ingin anda terapkan, Ekspor dengan kualitas HD. Camtasia menjadi rekomendasi terbaik buat kalian yang tidak ingin membuang waktu berharga anda dengan aplikasi edit video pc yang tidak anda kuasai sebelumnya.

Spesifikasi Yang Dibutuhkan:

Sistem Operasi Microsoft Windows 10 (64-bit) versi 1607 atau terbaru, macOS 10.13
Processor 2.8 Ghz 6th Generation Intel® Core™ i3 Processor with 2 CPU Cores atau 2.8 Ghz 1st Generation AMD® Ryzen™ 3 Processor with 2 CPU Cores (Windows), Intel® Core™ i5 Processor with 4 CPU Cores (Mac)
Minimum Ram 8 GB
GPU NVIDIA GeForce 10 Series atau series lebih tinggi
Ruang Penyimpanan Yang Harus Tersedia 4 GB
Resolusi Monitor 1366 x 768
Mikrofon Internal
Lain – Lain Akses Internet Dibutuhkan Untuk Membuka Akun Percobaan

9. ShareX

ShareX Aplikasi Perekam Layar PC Tanpa Watermark

Aplikasi Perekam Layar Lainnya yang bisa jadi Rekomendasi Ke-9 Jika anda tidak menemukan Software yang cocok untuk PC dan Kebutuhan Scree Recorder Video anda saat ini ialah ShareX.

Aplikasi ini cukup sederhana dan Ringan untuk di Install dengan beberapa versi Windows.

Tidak terlalu membebani Ram juga Penyimpanan Hard Disk anda, dengan aplikasi ini juga anda bisa menambah beberapa efek animasi, filter sebelum akhirnya merekam video layar yang saat ini anda kerjakan. Mulai dari rekaman sebagian atau seluruh layar monitor.

Lalu mencoba dengan metode perekaman baru dengan beberapa bentuk dan mode seperti Elips dan Persegi Panjang. Dan karena software ini bersifat Open Source hasilnya anda akan mendapat beberapa keuntungan seperti Software Gratis untuk Digunakan.

Peningkatan Sistem dan Memperbaiki beberapa masalah dilakukan konsisten, Dapat Digunakan Dengan Bebas karena tidak terikat dengan Hak Cipta (Hak Kepemilikan Properti).

Untuk Menggunakan Aplikasi Satu Ini Perhatikan Spesifikasi Yang Dibutuhkan Berikut,

Sistem Operasi Windows 10, 8.1 and 7
Versi Terbaru 13.4.0
GPU NVIDIA GeForce 510
Ukuran Aplikasi 150+ MB
CPU Intel Core 2 Duo E8400

Baca juga: Rekomendasi Emulator Android PC Terbaik

10. Icecream Screen Recorder

Icecream Screen Recorder

Software lainnya yang saya tawarkan kepada anda saat ini ialah Icecream Screen Recorder, Dengan aplikasi ini anda bisa merekam area layar monitor dan menghasilkan video dalam hasil yang memuaskan.

Jika anda adalah seorang kreator video.

Dan setiap harinya anda perlu merekam aktifitas yang berhubungan dengan streaming Game, Tutorial Aplikasi, dan sebagainya maka Icecream Screen Recorder adalah Pilihan yang paling tepat.

Gunakan aplikasi ini bersama dengan Tinjauan lainnya seperti Kamera Webcam dan Audio.

Buat Tangkapan layar monitor anda menjadi konten yang disukai banyak orang dengan memanfaatkan Aaplikasi Gratis Satu ini. Dan jangan lupa untuk mempertimbangkan versi Pro dari Icecream Recorder untuk mendapat lebih banyak fiturnya.

Spesifikasi Yang Dibutuhkan:

Sistem Operasi Windows Vista, Windows 7, 8 dan 10
Resolusi Video 1280 x 1024
Ruang Hard Disk Membutuhkan 5 Gb Ruang Kosong
CPU Membutuhkan Setidaknya Intel, AMD atau dengan prosesor lain yang kompatibel dengan kecepatan CPU 2,66 GHz
Ram 2 GB

Demikian adalah rekomendasi aplikasi perekam layar PC yang bisa anda dapatkan secara gratis.

Dari ke-10 aplikasi yang telah disebutkan diatas, tentunya ada satu atau beberapa aplikasi yang sering anda gunakan, bukan ? Dengan fitur open source yang ditawarkan, tentunya akan memudahkan anda dalam merekam layar PC tanpa harus dikenakan biaya.

Javasiana.com
Javasiana.com Beyond Blogging!!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.