Emulator Android PC

Anda bisa menjalankan aplikasi ataupun game android di perangkat komputer mudah dengan menggunakan beberapa emulator android pc ringan dan cepat berikut.

Saat ini semakin banyak game dan aplikasi android yang membutuhkan spesifikasi smartphone tinggi untuk menggunakannya.

Namun bagi Anda yang masih memiliki ponsel dengan spek kentang tidak perlu khawatir lagi karena kini sudah banyak bermunculan emulator android yang bisa digunakan untuk mengakses game dan aplikasi android di perangkat konputer.

Emulator android ringan bisa menjadi salah satu solusi bagi Anda yang ingin memainkan game android terbaik lewat perangkat komputer yang Anda miliki.

Terlebih saat ini sudah semakin banyak emulator-emulator android yang bisa digunakan pada perangkat-perangkat komputer dengan spesifikasi tidak terlalu tinggi.

Rekomendasi Emulator Android For PC Ringan juga Cepat

Di era yang penuh dengan perkembangan teknologi ini, kehadiran emulator-emulator android untuk PC dengan spek tidak terlalu tinggi sudah jamak terjadi.

Bagi Anda yang sedang mencari deretan emulator android terbaik untuk PC, berikut adalah beberapa rekomendasi yang patut Anda pertimbangkan.

1. LeapDroid

Emulator Android PC LeapDroid

Rekomendasi emulator android yang pertama patut Anda pertimbangkan adalah LeapDroid. Aplikasi ini bisa Anda install secara gratis pada platform OS Windows.

Untuk bisa menggunakan aplikasi ini, Anda tidak membutuhkan komputer dengan spek yang tinggi karena dengan komputer RAM 2 GB saja Anda sudah bisa memasang aplikasi ini di perangkat Anda.

Spesifikasi yang dibutuhkan untuk menginstal salah satu emulator android paling ringan ini adalah sistem OS minimal Windows 7 dengan spesifikasi prosesor minimal AMD Dual-Core ataupun Intel CPU.

Kapasitas free-space yang dibutuhkan adalah minimum 2 GB. Salah satu keunggulan dari LeapDroid ini adalah ia dapat dikustomisasi dengan cukup mudah.

Spesifikasi Minimum Yang Dibutuhkan

Persyaratan SistemWindows 7 ke atas, 32 bit atau 64 bit
ProcessorDual-core AMD  atau Intel CPU
Grapic ProcessingGraphical Processing Unit of GL2.1
Minimal RAM2 GB
Free Disk Minimal2 GB
Windows 8 upDisarankan mengaktifkan Hyper-V

Baca juga: Rekomendasi Game Online PC Terbaik Yang Seru Dimainkan

2. Emulator Android Nox Player

Emulator Android PC Nox Player

Rekomendasi emulator android yang bisa Anda gunakan selanjutnya adalah Nox Player. Aplikasi emulator ini menjadi salah satu emulator yang cukup populer dan memiliki banyak pengguna.

Bahkan tidak sedikit yang merekomendasikan Nox Player sebagai emulator untuk memainkan sejumlah game-game android dengan penuh ke-nyaman-an.

Perangkat lunak Nox Player ini termasuk ke dalam jenis emulator yang cukup ringan namun memiliki performa yang cukup menjanjikan.

Aplikasi ini bisa digunakan pada Windows maupun Mac. Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh emulator ini adalah adanya fitur multi-simulator yang memungkinkan Anda untuk membuka game atau aplikasi berbeda disetiap emulator.

Untuk bisa menggunakan aplikasi ini, Anda membutuhkan perangkat kompter dengan RAM minimal 2 GB dengan 2.2 GHz prosesor.

Selain itu, salah satu keunggulan yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan Nox Player adalah sudah mendukung penggunaan JoyStik dan beberapa konsol tambahan lainnya.

Spesifikasi Minimum Yang Dibutuhkan

Processor2.2 GHz processor.
Minimal RAM2 GB
Grapics CardMinimal 1 GB Graphics Card
Minimal Video Memory1 GB Video Memory

3. Droid4X

Emulator Android PC Droid4X
Sumber Gambar: https://chrome.google.com/webstore/detail/droid4x/

Emulator android ringan yang tidak kalah menarik untuk digunakan berikutnya adalah Droid4X.

Emulator ini cukup menarik, pasalnya ia sudah mendukung fitur touchscreen apabila perangkat komputer yang Anda miliki sudah memiliki layar yang touchscreen.

Selain itu, Droid4X juga sudah menyediakan fitur untuk merekam layar emulator yang Anda gunakan tersebut.

Sebagai salah satu emulator yang cukup populer, Droid4X ini dapat digunakan pada perangkat-perangkat komputer dengan spek yang ringan.

Untuk bisa menggunakan emulator ini, Anda membutuhkan komputer dengan spesifikasi RAM 2 GB dan free disk space minimal 2 GB saja.

Spesifikasi Minimum Yang Dibutuhkan

Persyaratan SistemWindows XP/Vista/Windows 7/Windows 8/Windows 10 (32bit/64bit)
Minimal RAM2 GB
Free Disk Minimal2 GB

Baca juga: 14 Aplikasi Pengolah Kata Terbaik Untuk PC & Android

4. MEmu Play

Emulator Android PC MEmu Play

MEmu Play menjadi alternatif pilihan emulator android berukuran ringan yang patut Anda pertimbangkan selanjutnya.

Emulator ini sendiri mulai diluncurkan ke publik sejak tahun 2015 silam dan menjadi emulator yang cukup populer dan memiliki cukup banyak pengguna.

Emulator yang satu ini juga relatif cukup ringan dan dibekali dengan fitur yang cukup lengkap.

Salah satu fitur unggulan yang disematkan pada emulator ini adalah ia memiliki pengaturan tingkat lanjut yang memungkinkan bagi Anda untuk bisa mengutak-atik MEmu Player sehingga bisa lebih lancar dan nyaman ketika digunakan untuk memainkan game.

Selain itu, emulator ini juga cukup sering melakukan pembaruan untuk mengoptimalkan kinerja dan performanya.

Spesifikasi Minimum Yang Dibutuhkan

Persyaratan SistemWinXP SP3 / Win7 / Win8 / Win8.1 / Win10
Processorx86/x86_64 Processor (Intel atau AMD CPU)
Grapic ProcessingWindows DirectX 11 / Graphic driver with OpenGL 2.0
Minimal RAM2 GB
Free Disk Minimal2 GB
HardwareHardware Virtualization Technology (Intel VT-x/AMD-V)

5. Bluestack

Bluestack

Berbicara tentang emulator android pc tidak akan lengkap rasanya bila tidak membicarakan tentang Bluestack.

Emulator yang satu ini memiliki keunggulan dalam hal tingkat kestabilan dan juga performa yang dimilikinya. Emulator Bluestack ini bisa digunakan pada perangkat Windows maupun juga Mac.

Bluestack sendiri memiliki fitur unggulan berupa multi instance. Fitur canggih ini memungkinkan bagi Anda untuk bisa memainkan beberapa game secara serentak ataupun bisa juga memainkan game android yang sama namun dengan akun yang berbeda-beda secara bersamaan.

Spesifikasi Minimum Yang Dibutuhkan

Persyaratan SistemMicrosoft Windows 7 ke atas
Minimal RAM2 GB
Free Disk Space5 GB
ProcessorIntel or AMD Processor

6. YouWave

YouWave

Bisa dikatakan bahwa YouWave menjadi emulator android paling ringan yang bisa digunakan pada perangkat PC. Untuk bisa menggunakan aplikasi ini, Anda tidak membutuhkan spesifikasi komputer yang besar.

Kalau Anda ingin menggunakan emulator untuk aplikasi-aplikasi yang ringan maka YouWave bisa menjadi pilihan yang patut dipertimbangkan.

Emulator YouWave sendiri tersedia dalam dua versi yang berbeda yakni gratis dan berbayar. Untuk versi gratis, versi android yang disematkan adalah 4.04.

Sedangkan untuk versi yang berbayar adalah android dengan versi 5.1.1. Jika ingin menggunakan emulator ini, perangkat PC yang dibutuhkan adalah spesifikasi minimum Intel Pentium 1,6 GHz dengan disk space 500 MB.

Spesifikasi Minimum Yang Dibutuhkan

Persyaratan SistemWindows XP, Vista, Windows 7, Windows 8, Windows 10
Minimal RAM2 GB
Free Disk Space500 MB
ProcessorDual core AMD or Intel CPU
TambahanPremium version requires Windows 64 bit and VT-x support in CPU

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi Desain Rumah PC Terbaik

7. KoPlayer

KoPlayer

Emulator android berikutnya yang memiliki kinerja cepat dan ukuran ringan adalah KoPlayer. Emulator KoPlayer memiliki tampilan antar-muka yang terbilang sederhana sehingga memudahkan penggunaannya.

Emulator ini juga memiliki fitur untuk merekam layar dan hasil rekaman tersebut dapat Anda bagikan dengan orang lain secara lebih mudah.

Kalau Anda ingin menggunakan emulator ini, spesifikasi komputer yang dibutuhkan adalah minimal RAM 2 GB dengan prosesor jenis Dual Core AMD ataupun Intel CPU dengan free disk space minimum 10 GB.

Emulator KoPlayer ini juga memungkinkan para penggunanya untuk bisa menjalankan dua buah emulator secara sekaligus dalam perangkat komputer yang sama.

Namun perlu dicatat bahwa untuk melakukan hal ini, tentu saja Anda membutuhkan perangkat PC dengan spesifikasi yang lebih tinggi.

Spesifikasi Minimum Yang Dibutuhkan

Persyaratan SistemWindows 7 Keatas
Minimal RAM2 GB
Free Disk Space10 GB
ProcessorDual core AMD or Intel CPU
Resolusi minimum1024×768
GraphicsGraphics card – GPU with OpenGL 2.1

8. Emulator Android LDPlayer

LDPlayer

Kalau Anda termasuk sering memainkan game lewat android, maka emulator LDPlayer bisa menjadi alternatif yang patut dipilih selain NoxPlayer.

Emualtor LDPlayer memang secara khusus dirancang untuk memainkan game-game android. Maka dari itu, emulator ini menawarkan tingkat ke-nyaman-an yang optimal bagi penggunanya.

Anda bisa menggunakan emulator ini untuk memainkan sejumlah game-game populer seperti PUBG Mobile, Arena of Valor (AOV), Mobile Legends, Chess Rush, dan game-game setipe lainnya.

Sebagai salah satu emulator yang cukup populer, LDPlayer menawarkan keunggulan dalam hal kecepatan, stabilitas, dan juga fitur multi-tasking yang memungkinkan bagi Anda untuk bisa memainkan dua game berbeda dalam jendela yang sama. Fitur yang cukup menarik untuk digunakan, bukan?

Persyaratan SistemWindows XP XP3 / Win7 / Win8 / Win8.1 / Win10
Minimal RAM2 GB
Ruang hard disk kosong minimum36GB
ProcessorIntel atau AMD CPU x86 / x86_64
GraphicsWindows DirectX 11 / driver grafis dengan OpenGL 2.0
TambahanTeknologi Virtualisasi Perangkat Keras (Intel VT-x / AMD-V) diaktifkan di BIOS

Demikianlah ulasan mengenai beberapa jenis emulator android yang bisa Anda gunakan di perangkat PC. Emulator android dapat digunakan untuk menjalankan aplikasi-aplikasi di Playstore lewat perangkat komputer.

Kini dengan beberapa rekomendasi emulator di atas, Anda tidak perlu bingung lagi jika ingin mencari jenis emulator yang tepat sesuai kebutuhan Anda.