Javasiana.com Beyond Blogging!!!

7+ Aplikasi Desain Rumah PC Terbaik untuk Kebutuhan Anda

3 min read

Aplikasi Desain Rumah PC

Bagi Anda yang berkecimpung dalam dunia arsitek maupun desain interior, tentunya membutuhkan yang namanya aplikasi untuk mendesain di perangkat komputer yang Anda miliki. Terlebih dengan adanya aplikasi desain rumah PC akan semakin memudahkan Anda dalam menyusun dan mendesain gambar-gambar terkait dengan rumah yang sedang Anda kerjakan.

Dengan adanya aplikasi yang bisa digunakan pada komputer, proses desain pun bisa menjadi lebih mudah. Bahkan kini sudah banyak bermunculan aplikasi-aplikasi desain yang bisa digunakan oleh para pemula untuk belajar mendesain rumah dan bagian-bagian yang terkait dengannya.

Meski demikian, memilih aplikasi untuk desain rumah di perangkat komputer tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Anda perlu memperhatikan sejumlah hal termasuk tingkat kemahiran yang Anda miliki dalam hal desain agar bisa memilih jenis aplikasi yang tepat seiring dengan kemampuan penggunaan yang Anda miliki.

Rekomendasi Aplikasi Desain Rumah PC 

Sebenarnya ada cukup banyak aplikasi atau software yang bisa digunakan untuk mendesain gambar rumah. Tentunya setiap aplikasi memiliki fitur dan kelebihannya masing-masing yang bertujuan untuk semakin memudahkan para penggunanya dalam melakukan desain. Sebagai rekomendasi, berikut adalah beberapa rekomendasi aplikasi desain rumah pc yang bisa Anda pertimbangkan.

1. ArchiCAD

Aplikasi Desain Rumah PC

Rekomendasi pertama yang bisa Anda pertimbangkan. Sebagai salah satu aplikasi desain rumah pc offline, ArchiCAD menyediakan sejumlah fitur yang sangat berguna dalam proses mendesain. Perlu Anda ketahui, bahwa ArchiCAD sendiri pada dasarnya merupakan aplikasi desain 3D yang sangatlah kompleks.

Baca juga: 7+ Aplikasi Desain Rumah Android Terbaik yang Perlu Anda Tahu

Berbekal dengan aplikasi yang yang satu ini, Anda bisa mendesain berbagai macam jenis objek termasuk untuk mendesain rumah. Aplikasi desain ini juga cukup mudah untuk digunakan sehingga tidak mengherankan apabila banyak mahasiswa baru di jurusan teknik arsitektur yang menggunakan aplikasi ini untuk kebutuhan desainnya.

2. Sweet Home 3D

Aplikasi Desain Rumah PC

Rekomendasi aplikasi desain rumah pc offline gratis yang bisa Anda pertimbangkan selanjutnya adalah Sweet Home 3D. Bagi Anda yang berkecimpung dalam dunia desain rumah, mungkin sudah tidak terlalu asing lagi dengan aplikasi yang satu ini. Sweet Home 3D dapat digunakan untuk mendesain rumah dan juga objek lainnya seperti bangunan untuk kebutuhan kantor dan lain sebagainya.

Salah satu keunggulan dari aplikasi desain rumah pc ini adalah cukup banyaknya plugin yang bisa digunakan untuk semakin memudahkan proses desain yang dilakukan. Plugin-plugin tersebut bisa diunduh secara langsung melalui website resmi dari penyedia aplikasi perangkat lunak tersebut.

3. Aplikasi Desain Rumah PC Google Sketchup

Aplikasi Desain Rumah PC

Selain sebagai penyedia mesin pencari yang cukup handal, nyatanya Google juga memiliki aplikasi untuk mendesain yang bisa digunakan secara gratis pada perangkat PC yang Anda miliki. Aplikasi ini bernama Google Sketchup. Walaupun termasuk ke dalam jenis aplikasi gratis, namun fitur yang dimilikinya sudah cukup lengkap yang akan membuat aktivitas mendesain Anda menjadi semakin optimal.

Baca juga: 5+ Aplikasi Pemutar Video PC Terbaik yang Bisa Anda Coba

Jika Anda tertarik untuk melakukan download aplikasi desain rumah untuk pemula ini maka Anda bisa langsung mendapatkannya di situs resmi Google Sketchup. Selain itu, aplikasi desain besutan dari Google ini juga cukup mudah untuk digunakan dan dipelajari bahkan oleh pemula sekalipun.

4. Chief Architect

Rekomendasi aplikasi desain rumah pc yang bisa Anda pertimbangkan selanjutnya adalah Chief Architect. Aplikasi ini menjadi salah satu pilihan yang cukup banyak digunakan terutama oleh para desainer profesional. Selain mudah digunakan, aplikasi bernama Chief Architect ini juga memiliki cukup banyak fitur penting yang akan membuat proses desain rumah Anda menjadi semakin maksimal.

Aplikasi ini dapat digunakan untuk mendesain ruangan maupun bangunan dalam format 2D maupun juga 3D. Salah satu keunggulan lain yang dimiliki oleh aplikasi ini adalah adanya fitur otomatis yang akan memudahkan Anda dalam mendesain sehingga bisa menghasilkan desain secara lebih cepat.

5. AutoCAD Architecture

Bagi para penggemar desain, mungkin sudah banyak yang kenal dengan salah satu aplikasi desain rumah pc offline terbaik ini. AutoCAD Architecture atau yang biasa dikenal dengan sebutan AutoCAD ini sendiri memang menjadi salah satu aplikasi yang cukup banyak digunakan bukan hanya di jurusan arsitektur namun juga dalam bidang teknologi lainnya.

Aplikasi desain bernama AutoCAD Architecture ini menjadi salah satu aplikasi desain yang cukup populer dan memiliki jumlah pengguna yang cukup banyak. Hal ini dikarenakan memasang aplikasi ini memiliki fitur yang terbilang lengkap sehingga semakin memudahkan dalam proses mendesain rumah dan juga bangunan-bangunaan lainnya.

6. Vectorworks Architecture

Aplikasi desain rumah PC yang perlu Anda pertimbangkan selanjutnya adalah Vectorworks Architecture. Boleh dikatakan bahwa aplikasi desain ini termasuk ke dalam jenis aplikasi yang cukup kompleks. Aplikasi desain ini memiliki tingkat kesulitan penggunaan yang cukup tinggi, Maka dari itu ia lebih banyak digunakan oleh para desainer profesional.

Baca juga: 14 Aplikasi Pengolah Kata Terbaik Untuk PC

Meskipun termasuk ke dalam jenis aplikasi desain yang cukup kompleks, namun hasil desain yang bisa didapatkan juga sebanding. Maka dari itu, kalau Anda termasuk orang-orang yang memang ingin menekuni dunia desain rumah secara sungguh-sungguh, tidak ada salahnya jika Anda mulai mempelajari penggunaan aplikasi desain yang satu ini.

7. Home Designer Suite

Dari sekian banyak jenis aplikasi desain rumah PC, Home Designer Suite juga termasuk salah satu yang perlu dipertimbangkan. Aplikasi desain ini terbilang sangat mudah untuk digunakan meski oleh para pemula sekalipun. Pada dasarnya tidak akan membutuhkan waktu lama untuk mempelajari penggunaan aplikasi desain yang satu ini.

Ketika mendesain menggunakan aplikasi ini, Anda bisa mendesain bangunan dalam bentuk varian 2D dan ataupun juga 3D. Kelebihan lain yang bisa didapatkan dari aplikasi ini adalah adanya fitur Drag and Drop yang akan memudahkan Anda dalam meletakkan dan menaruh komponen-komponen desain sehingga proses desain bisa menjadi lebih cepat.

8. FreeCAD

Aplikasi desain rumah pc offline gratis lainnya yang bisa Anda pertimbangkan adalah FreeCAD. Selain gratis, aplikasi desain ini juga termasuk ke dalam jenis Open Source. Dengan demikian Anda bisa mengunduhnya dengan mudah lewat situs resmi aplikasi yang bersangkutan.

Software bernama FreeCAD ini sangat cocok digunakan bagi Anda yang menyukai dunia desain interior rumah. Berbekal dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa mendesain gambaran rumah dengan mudah dan juga praktis. Jika Anda perhatikan, tampilan aplikasi FreeCAD ini sendiri secara khusus diperuntukkan bagi penggunaan sketsa rumah.

Sebagai sebuah aplikasi berbasis Open Source (Sumber Terbuka), maka ia mendukung penggunaan di banyak sistem operasi. Anda bisa download aplikasi desain rumah untuk pemula ini di perangkat komputer dengan sistem operasi seperti Windows, Linux, Fedora, dan lain sebagainya.

Demikianlah ulasan mengenai deretan rekomendasi aplikasi desain rumah PC yang bisa Anda pertimbangkan untuk kebutuhan desain Anda. Kini dengan berbagai rekomendasi yang telah disebutkan di atas, Anda tidak perlu bingung lagi jika ingin mencari aplikasi yang tepat untuk kebutuhan desain rumah dan bangunan Anda.

Avatar
Javasiana.com Beyond Blogging!!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.