BerandaInformasiAplikasiAplikasi Edit Video PC Terbaik

Aplikasi Edit Video PC Terbaik

Memilih aplikasi edit video PC perlu mempertimbangkan beberapa aspek. Editing video termasuk task yang cukup berat untuk dijalankan.

Spesifikasi perangkat memegang peranan besar dalam menentukan aplikasi yang tepat untuk menghasilkan video berkualitas.

Bicara soal software multimedia, Adobe selalu menempati urutan teratas, termasuk dalam video editing. Adobe Premiere Pro adalah aplikasi unggulan yang selalu diandalkan editor video professional.

Sayangnya, aplikasi ini belum dapat dijalankan di OS Linux, padahal jumlah pengguna Linux yang terus meningkat juga tidak bisa diremehkan.

Software edit video alternatif pun terus bermunculan untuk memfasilitasi pengguna Linux. Berbagai fitur dan inovasi terus dilakukan guna memberikan pengalaman editing video yang lebih memuaskan.

Dari yang gratis sampai yang berbayar, beberapa aplikasi terbaik telah kami rangkum untuk Anda pertimbangkan.

Rekomendasi Aplikasi Edit Video PC Terpopuler

Aplikasi Edit Video PC

1.  Adobe Premiere Pro

Adobe Premiere Pro memang layak ditempatkan di posisi puncak dalam daftar aplikasi terbaik untuk mengedit video. Software ini bisa Anda gunakan di Windows dan Mac. Kualitas Premiere Pro dalam bidang video editing pun sudah tidak diragukan lagi.

Adobe Premiere sudah lama diandalkan para video editor untuk menyelesaikan pekerjaan professional. Fungsi dan fitur yang lengkap menjadi kualitas utama yang diunggulkan oleh Adobe.

Ditambah dengan tampilan pengguna dan cara pakai yang intuitif, Adobe Premiere Pro memang pantas dinobatkan sebagai aplikasi terbaik untuk video editing di Windows dan Mac.

Tentu akan lebih menarik bila suatu hari software ini juga bisa digunakan di sistem operasi Linux.

Baca juga: Daftar Aplikasi Edit Foto Android Terpopuler di Play Store

2.  Lightworks

Lightworks adalah aplikasi edit video PC gratis yang kualitasnya setara software premium. Anda akan menemukan hampir semua fitur yang selama ini hanya ada di aplikasi berbayar.

Tidak hanya itu, Lightworks juga unggul dari segi interface yang bisa dikustomisasi dengan mudah sesuai kenyamanan pengguna.

Sebagai software cross-platform, Lightworks bisa dijalankan di Windows, Mac, dan Linux. Ini menjadi solusi bagi pengguna Linux yang selama ini kesulitan dalam mendapatkan aplikasi multimedia berkualitas.

Meskipun tidak selengkap Adobe Premiere Pro, Lightworks cukup bisa diandalkan untuk aktivitas editing video.

Mulai dari editing sederhana yang hanya memainkan transisi antar scene, sampai editing professional yang memerhatikan tiap detail dengan teliti.

Satu-satunya kekurangan dari Lightworks adalah format export file yang hanya dibatasi untuk MPEG. Kalau Anda ingin membuat video dalam format lain, Anda bisa melakukan upgrade ke versi premium.

Selain format file yang lebih lengkap, Lightworks Premium juga menawarkan lebih banyak fitur canggih seperti 3D dan upload langsung ke YouTube.

3.  HitFilm Express

Kalau Anda mencari aplikasi edit video PC gratis terbaik dengan cara kerja professional, kami sarankan untuk menggunakan  HitFilm Express.

Aplikasi ini menyediakan fitur dan tampilan yang cocok untuk editor professional. Sebaliknya, untuk level pemula, cara kerja software ini mungkin terlihat rumit dan membingungkan.

Berbagai fungsi editing tingkat lanjut bisa Anda dapatkan di HitFilm Express. Mulai dari pembuatan custom video masks sampai objek 3 dimensi, semua bisa Anda lakukan dengan software ini.

HitFilm Express adalah solusi professional berbiaya rendah yang ideal untuk pengerjaan project kecil atau non-komersial.

Kekurangan dari aplikasi ini adalah spesifikasi perangkat yang dibutuhkan. HitFilm Express membutuhkan prosesor yang kuat agar dapat berjalan mulus. Aplikasi ini akan terasa sangat berat bila dijalankan di PC dengan spesifikasi standar.

Selain itu, proses pendaftarannya juga agak membingungkan. Tidak seperti aplikasi lain yang hanya memerlukan akun berisi email dan password, HitFilm Express mengharuskan Anda untuk mengirimkan sebuah link ke FXhome via sosial media.

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi Edit Foto PC Terbaik 2021

4.  Shotcut

Shotcut termasuk aplikasi edit video PC yang mudah digunakan. Saat melakukan import media misalnya, cukup dengan drag and drop media dari File Explorer ke halaman kerja Shortcut. Aplikasi ini termasuk salah satu rekomendasi kami untuk editor pemula yang mencari software praktis.

Pada awalnya, Shotcut adalah aplikasi edit video gratis untuk Linux sebagai alternatif Premiere. Setelah beberapa tahun, Shotcut pun dikembangkan ke Windows dan Mac dan kini menjadi aplikasi cross-platform.

Cara pakai Shotcut juga relatif lebih mudah dibandingkan aplikasi sejenis lainnya. Tetapi ini sama sekali tidak mengurangi kualitas Shotcut sebagai salah satu editor video terbaik untuk PC.

Dilengkapi dengan filter yang lengkap, Shotcut bisa diandalkan untuk kegiatan video editing professional.

Kekurangan Shotcut terletak pada filter yang tidak bisa dipreview. Anda harus menerapkan filter ke dalam video Anda untuk melihat hasilnya. Kelemahan ini seharusnya cukup mudah diatasi agar Shotcut dapat memberikan pengalaman editing video yang lebih kompetitif.

5.  Movie Maker Online

Berbeda dari aplikasi lain yang biasanya perlu diinstall ke sistem, Movie Maker Online adalah aplikasi edit video PC ringan yang dijalankan via browser.

Karena tidak bergantung pada system, secara otomatis Movie Maker Online juga bersifat cross-platform. Anda bisa menjalankannya di berbagai perangkat tanpa terbatas pada sistem operasi tertentu.

Setelah membuka Movie Maker Online, yang perlu Anda lakukan adalah mengunggah video yang ingin diedit. Langkah selanjutnya tidak jauh berbeda dari aplikasi editing video lain. Hampir semua fitur editing bisa Anda dapatkan di aplikasi ini.

Movie Maker Online juga menyediakan banyak gambar berkualitas bebas royalti. Artinya, Anda bisa mengunduh dan memasukkan gambar-gambar tersebut ke dalam video Anda tanpa harus membayar sepeser pun.

Kalau tidak puas dengan gambar-gambar yang tersedia di aplikasi, Anda juga bisa mengunduh gambar gratis dari sumber lain seperti Unsplash atau Picsabay, kemudian menggunggahnya ke editor.

Keunggulan dari aplikasi web-based adalah penghematan sumber daya. Anda tidak perlu khawatir soal kapasitas penyimpanan karena Movie Maker Online tidak diinstal ke sistem. Yang Anda butuhkan hanyalah browser modern versi terbaru seperti Chrome atau Firefox.

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi Perekam Layar PC Terbaik

Tips Memaksimalkan Performa Aplikasi Edit Video PC

Setelah memilih aplikasi terbaik, ada beberapa langkah lanjutan yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kinerja aplikasi.

Yang pertama adalah kustomisasi tampilan. Setiap aplikasi pasti diawali dengan tampilan default berupa susunan Menu dan Tools standar di setiap sisi.

Anda bisa mengubah susunan tersebut agar lebih sesuai dengan preferensi Anda. Misalnya dengan meletakkan Tools yang paling sering dipakai di posisi yang lebih mudah diakses.

Yang kedua adalah penambahan plugin. Aplikasi editor video selalu disertai dengan plugin bawaan. Untuk mendapatkan lebih banyak variasi, Anda juga bisa menginstall lebih banyak plugin yang disediakan di website resmi aplikasi atau pun pihak ketiga. Ini juga berlaku untuk filter dan efek.

Terakhir, pastikan spesifikasi perangkat Anda mencukupi untuk menjalankan aplikasi tersebut. Kami sarankan untuk melakukan upgade RAM dan VGA agar kualitas grafis perangkat Anda lebih memuaskan.

Dengan begitu, aplikasi edit video PC yang Anda jalankan juga dapat memberikan hasil yang maksimal.

Artikel Terkait:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Rekomendasi :